Portal Lengkap Dunia Marketing

Marketing

Ini Strategi Renesola di 2019 untuk Perkuat Posisi di Pasar Lampu

Marketing – Kolaborasi dapat menjadi strategi jitu untuk memenang persaingan bisnis yang semakin ketat. Hal ini pula yang dilakukan Renesola Indonesia untuk memperkuat posisi dalam pasar lampu dan peningkatan kinerja perusahaan.

RenesolaDi tahun 2019 ini, Renesola membidik pertumbuhan sebesar 200%, naik dari penjualan 2018 yang mencapai 3,6 juta unit. Pemain lampu multinasional asal China tersebut juga manargetkan dapat menguasai 5% pangsa pasar lampu light emitting diode (LED) di Tanah Air.

“ Tahun 2018 lalu, penguasaan pasar Renesola berkisar 3% dari total penjualan lampu LED di Indonesia yang tercatat 120 juta unit. Angkanya diharapkan bertumbuh hingga 5% di tahun 2019 ini,” kata Noor Miftah Bakry, Country Director Renesola Indonesia.

Guna mencapai target tersebut, Renesola menyiapkan beberapa strategi, yakni kolaborasi, akuisisi, dan ekspansi. Untuk kolaborasi Renesola Indonesia menggandeng PT Pixel Perdana Jaya (Pixel), yang ditunjuk oleh TP Vision sebagai sole agent LED TV Philips di Indonesia.

Dalam implementasinya, kolaborasi ini akan memberikan tambahan benefit dengan sharing network antara Renesola dengan Pixel selaku distributor produk-produk elektronik dan small appliance merek ternama di Indonesia.

“Kami akan saling bertukar informasi tentang ketersediaan produk masing-masing di pasar dan melakukan joint promotion dengan pembiayaan bersama sqecara proporsional,” jelas Miftah.

Selain itu, salah satu langkah kongkret dalam kolaborasi ini, Renesola akan menyiapkan produk khusus dengan dua teknologi baru yang akan menjadi unggulan untuk dipasarkan di jaringan Pixel.

“Saat ini varian produk Renesola telah mencapai sekitar 32 stock keeping unit  (SKU) dan diharapkan pada kuartal II atau sebelum lebaran tahun ini sudah mencapai 47 SKU,” sebut Miftah.

Selain pengembangan promosi dan distribusi, Renesola juga memperkuat sisi logistik guna membantu pengembangan bisnis di Indonesia. Konkretnya, Renesola melakukan akuisisi bertahap terhadap PT SahabatUtama Indonesia (SUI), perusahaan transporter, freight & forwader.

“Akuisisi ini memberikan banyak keuntungan bagi Renesola karena mempunyai kontrol penuh terhadap end to end process, sejak produk keluar dari pabrik hingga sampai ke pelanggan,” ungkap Miftah.

Garap Pasar Solar

Strategi selanjutnya, Renesola akan melakukan ekspansi bisnis dengan merambah industri bidang solar energy di Indonesia. Dalam waktu dekat, akan diluncurkan beberapa produk solar photo voltaic (PV) beserta turunannya, inverter, charger dan produk lainnya terkait dengan solar PV dan komponennya.

Target pasarnya, Renesola membidik pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), building integrated solar PV (rooftop solar PV), lampu penerangan jalan umum solar, serta solar home system, termasuk produsen solar PV untuk menggunakan komponen solar panel Renesola.

“Untuk module PV, kami akan melakukan perakitan (local assembly) dengan beberapa pihak yang memiliki pengalaman dan kompetensi di bidangnya, serta sesegera mungkin dapat memenuhi minimum 40% konten lokal,” pungkas Miftah.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top