Gembleng Seller, Blibli Gelar Program ‘Blibli Coach’

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Bibli menggelar program “Blibli Coach” untuk para mitra seller Blibli agar dapat saling berbagi pengalaman dan memperluas jaringan di area mereka masing-masing.

Blibli Coach
Blibli Coach

Program yang digulirkan sejak 2021 silam ini merupakan bagian dari upaya Blibli mendorong peningkatan kualitas layanan yang diberikan oleh para mitranya. “Blibli senantiasa didukung oleh mitra seller terpercaya yang memiliki kesamaan prinsip dalam berusaha. Kualitas layanan, trust, inovasi, serta semangat kolaborasi menjadi kriteria kunci bagi Blibli dan para mitranya. Kriteria tersebut menginspirasi kami mengembangkan program Blibli Coach dengan tujuan mencetak lebih banyak seller unggulan yang menjadikan kepuasan konsumen sebagai tujuan utama.” kata VP Seller Activation & Academy Blibli, Shirley Handoko.

Ia menambahkan, Blibli Coach secara proaktif membantu para seller untuk membuat konten pemasaran, serta membuka peluang kerjasama lebih luas dengan para komunitas, asosiasi, dan pemerintah setempat hingga menggelar berbagai aktivasi menarik terkait pengembangan usaha secara digital melalui ekosistem Blibli maupun media social commerce seperti WhatsApp, Instagram, TikTok, dan lain-lain.

Saat ini program Blibli Coach telah berjalan di sembilan kota yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Kudus, dan Yogyakarta. Melalui program, Sejak diinisiasi, Blibli Coach telah berhasil menggaet lebih dari 890 seller unggulan baru. Para seller tersebut senantiasa mendapatkan pendampingan berkelanjutan untuk memberikan pelayanan terbaik serta produk terkurasi yang didukung oleh infrastruktur solid dari Blibli.

“E-commerce diprediksi akan tumbuh hingga 12%. Hal ini menunjukkan masih relevannya layanan e-commerce dalam membantu memenuhi kebutuhan para konsumen. Dengan semakin banyaknya penjual yang kredibel masuk ke dalam platform digital, harapannya semakin banyak pula konsumen yang berbelanja. Hal tersebut dapat membawa efek berganda pada akselerasi pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri,” kata Shirley.

Pemberdayaan berkelanjutan untuk para mitra seller

Bagi para mitra seller yang terlibat aktif dalam program Blibli Coach berkesempatan mendapat berbagai benefit, seperti di antaranya saldo Bliklan untuk memperluas pemasaran produk di ekosistem Blibli yang inklusif, voucher belanja exposure yang menaikkan potensi pencarian atas produk dan jasa yang dipasarkan, serta komisi spesial untuk program Seller get Seller atau program referral untuk mengajak para seller lokal berjualan di omnichannel platform Blibli.

Selain rangkaian benefit tersebut, Blibli juga memiliki berbagai program pengembangan seller lainnya sebagai bentuk kepedulian perseroan kepada seluruh mitra seller-nya, yaitu:

  • Social Media Channel sebagai program khusus untuk mitra seller berupa pengajaran berkala tentang update fitur, acara, serta tips dan triks bisnis online. Selain itu, program ini juga memfasilitasi kritik dan saran dari mitra seller, serta memberikan bantuan solusi untuk memberikan eksposur yang memadai bagi bisnis mereka melalui social media channel Tiktok dan Instagram @blibliseller. Social media channel @blibliseller juga melakukan kolaborasi dengan influencer untuk memberikan edukasi yang segmented kepada seller sesuai dengan keahlian di bidangnya masing-masing (niche). Tidak berhenti di sana, @blibliseller juga rutin melakukan kompetisi dan promosi di platform digital untuk meningkatkan semangat seller dalam berjualan di Blibli.
  • Yuk Series yang terdiri dari aktivasi, yakni Ngopi Yuk untuk mengedukasi mitra seller tentang langkah jitu meningkatkan transaksi, Belajar Yuk untuk bantu memaksimalkan pemanfaatan fitur-fitur pada ekosistem Blibli, serta Jualan Yuk untuk mengakuisisi seller baru dan membuka peluang kolaborasi dengan mitra atau sponsor.
  • Partner Gathering berupa acara unggulan tahunan untuk para mitra seller terpilih, yang bertujuan memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam meraih target bisnis.
  • EVC (E-commerce Virtual Conference) sebagai konferensi virtual untuk mitra seller ataupun para penggiat wirausaha untuk saling berbagi ilmu tentang pengembangan bisnis melalui pemasaran, operasional, dan tata kelola keuangan.
  • Webinar Blibli Seller berupa pelatihan rutin yang digelar setiap bulannya untuk para mitra seller dengan mengundang narasumber eksternal dengan berbagai topik menarik, seperti branding, kekuatan media sosial, cara beriklan yang efektif, dan lain sebagainya.
  • Masterclass Blibli Seller yang rutin digelar secara gratis setiap tahunnya dalam bentuk festival edukasi, yang di dalamnya mengundang berbagai ahli untuk membahas strategi, tips dan trik jitu meningkatkan potensi bisnis online, serta pemanfaatan lebih luas ekosistem Blibli yang inklusif.
  • Workshop Blibli Seller di beberapa kota besar terpilih, yang digelar tahunan sejak 2021 sebagai ajang diskusi intensif bersama para fasilitator kompeten untuk membesarkan bisnis dan meningkatkan penjualan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here