Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Digitalisasi Selamatkan UMKM di Tengah Pandemi 

Marketing.co.id – Hasil studi Sea Insights bertajuk “Data Digitalisasi Selamatkan UMKM Indonesia” yang didukung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, menyebutkan bahwa peningkatan pemanfaatan digital menjadi salah satu langkah percepatan ekonomi yang dapat membawa angin segar bagi para pelaku UMKM di Indonesia.

UMKM Digital

Foto: ilustrasi/shutterstock

Sekitar 70% pelaku usaha mengakui bahwa mereka akan terus memanfaatkan media digital melalui e-commerce (berjualan dan berbelanja) dan media sosial. Karena itu, transformasi digital menjadi suatu kebutuhan untuk mengembangkan usaha. UMKM di Indonesia telah aktif beradaptasi dalam menghadapi tantangan besar selama pandemi. Tiga tantangan UMKM selama masa pandemi ini meliputi pasokan, cash flow dan permintaan.

Pandu P Sjahrir, Presiden Komisaris Sea Group mengatakan, “Melalui Data Digitalisasi UMKM Indonesia periode Juni 2020, kami berharap dapat membantu memberi gambaran jelas dan mempercepat langkah transformasi digital yang signifikan dan berkelanjutan bagi UMKM di Indonesia. Terutama agar terjadinya kolaborasi di berbagai sektor yang perlu dukungan penuh dari pemerintah. ”

Terangkum dalam data digitalisasi ini, adaptasi yang dilakukan para pelaku usaha untuk menata kembali di masa new normal adalah mengubah strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. 45% pelaku usaha muda berjualan lebih aktif di platform e-commerce, 1 dari 5 adalah pengguna baru e-commerce. Pelaku usaha ini meliputi industri rumahan dan student entrepreneur yang membantu ekonomi keluarga, dalam sektor retail, pertanian maupun kesehatan.

Adapun UMKM mengubah strategi produksi dan jenis barang untuk memenuhi permintaan pasar yang dinamis. Beberapa pelaku usaha mulai memproduksi barang yang populer seperti masker dan hand sanitizer. Penelitian dari Sea Insights juga menunjukkan bahwa pendapatan rata-rata UMKM Indonesia yang mengadopsi e-commerce meningkat lebih dari 160% dan peningkatan produktivitas 110%.

Diungkapkan Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia bahwa hasil studi tersebut akan sangat bermanfaat untuk berbagai sektor terutama para pelaku usaha sebagai basis tolak ukur melakukan  langkah-langkah percepatan dalam aksesibilitas internet, meningkatkan keterampilan digital serta literasi digital yang akan didukung dengan sejumlah program seperti inkubasi, edukasi dan kurasi bekerjasama dengan berbagai e-commerce dan sektor swasta lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top