Cara Kembangkan Bisnis Online Lewat Fitur Telegram

telegram

Marketing.co.id – Berita Digital | Pandemi Covid-19 telah menciptakan tantangan baru di dunia usaha secara global, termasuk di Indonesia. Selama pandemi berlangsung, para pelaku bisnis didorong untuk bisa bersikap adaptif dan inovatif dalam menghadapi tantangan berbisnis, mulai dari omzet yang menurun, kesulitan memperoleh bahan baku usaha dikarenakan penerapan pembatasan sosial, hingga anjloknya permintaan akan barang yang dijual.

Selama beberapa bulan terakhir, situasi pandemi Covid-19 di Indonesia telah menunjukkan perbaikan. Hal ini ditunjukkan dengan menurunnya angka kasus aktif dan positif baru yang membutuhkan perawatan medis. Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, sejak gelombang pandemi Covid-19 kedua di bulan Juli 2021, secara keseluruhan kasus Covid-19 di Indonesia telah menurun sebesar 89-98%. Hal ini juga didukung oleh kegiatan vaksinasi yang terus berjalan dengan masif. Terlebih lagi, saat ini Pemerintah Indonesia telah melonggarkan berbagai aturan pembatasan sosial secara bertahap. Artinya, saat ini masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas normal dengan penerapan protokol kesehatan yang terus dijaga.

Dalam hal ini, situasi pandemi yang semakin membaik di Indonesia dapat menjadi sebuah momentum yang baik bagi para pelaku usaha untuk mulai kembali mendorong performa bisnisnya. Misalnya, dengan mengembangkan strategi digital marketing di media sosial, belajar mengelola keuangan bisnis menggunakan berbagai platform e-payment, atau mengeksplorasi peluang untuk mengembangkan bisnis lewat platform layanan pengirim pesan instan yang ada, salah satunya Telegram.

Berbeda dari platform layanan pengirim pesan instan lainnya, lewat berbagai fitur uniknya, Telegram juga bisa dimanfaatkan untuk semakin mengembangkan bisnis online Anda, lho! Penasaran? Yuk, simak cara mengembangkan bisnis online lewat empat fitur Telegram berikut:

1. Dapatkan tips dan edukasi seputar berbisnis dari channel Telegram

Di Telegram, Anda bisa menemukan berbagai channel yang membahas seputar bisnis, seperti marketing, sales, dan masih banyak lagi. Bahkan, ada berbagai influencer bisnis yang aktif memberikan tips berbisnis lewat channel Telegram mereka masing-masing, lho! Misalnya, Dewa Eka Prayoga, sosok di balik suksesnya Billionaire Coach dan Billionaire Store, sebuah perusahaan bisnis konsultan dan edukasi bisnis, sering membagikan informasi webinar seputar bisnis yang ia adakan lewat channel-nya di Telegram.

Selain itu, terdapat channel edukatif seperti @punya_bisnis, @bisnisdigitalid, dan @bisnismillenial yang juga membagikan berbagai tips dan trik berbisnis kepada para subscribers-nya di Telegram yang tentunya tidak ingin Anda lewatkan.

2. Gunakan bot untuk bantu jawab pertanyaan dari customer

Sebagai pemilik bisnis online, mungkin Anda sering mendapatkan sejumlah pertanyaan serupa dari berbagai customer atau calon customer terkait dengan barang atau jasa yang dijual. Selain itu, mungkin juga sesekali Anda harus menghadapi komplain dari customer, padahal pesanan yang harus Anda persiapkan sedang menumpuk, misalnya.

Dalam situasi seperti ini, Anda tentu butuh bantuan lebih untuk dapat memberikan layanan terbaik bagi customer Anda, baik itu berupa menjawab pertanyaan maupun menghadapi komplain dari customer.

Nah, di Telegram, Anda bisa membuat bot otomatis sebagai fitur customer support dari bisnis Anda. Misalnya, Anda bisa membuat chatbot untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan. Namun, untuk mengaktifkan fitur ini, Anda perlu memiliki sedikit kemampuan coding atau bisa juga bekerja sama dengan pihak ketiga yang memberikan layanan pembuatan chatbot untuk bisnis Anda.

3. Maksimalkan fitur video call untuk meningkatkan kualitas layanan customer support dari bisnis Anda

Kalau fitur chatbot dirasa belum cukup untuk memenuhi kebutuhan customer support dari bisnis yang Anda miliki, Anda juga bisa memaksimalkan penggunaan fitur video call untuk memberikan layanan customer yang lebih baik lagi. Dengan fitur video call, Anda bisa mengadakan live Q&A bersama customer Anda di grup Telegram. Cara ini juga cukup unik untuk meningkatkan engagement dengan customer Anda.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda bisa menekan simbol chat di ujung kanan atas grup Telegram, dan klik “Continue” untuk mengadakan video call instan. Namun, Anda juga bisa memilih opsi “Schedule a video call” untuk menjadwalkan agenda live streaming atau live customer support untuk customer Anda di grup Telegram untuk layanan yang lebih teratur.

4. Tingkatkan engagement di Instagram lewat grup Telegram

Tahukah Anda kalau di Telegram terdapat banyak grup yang khusus digunakan untuk meningkatkan engagement bisnis di Instagram? Grup-grup ini biasanya disebut “Instagram Engagement Groups”. Lewat grup ini, anggota grup saling menyebarkan link post Instagram ke grup engagement, kemudian para anggota grup lainnya dapat membantu memberikan likes dan comment pada post masing-masing. Namun, ketentuan ini tergantung pada rules atau aturan yang telah disepakati oleh para anggota dan pemilik grup, ya. Jadi, apabila Anda berminat untuk bergabung dengan grup engagement Instagram di Telegram, pastikan Anda sudah membaca dan memahami aturan grup dengan baik.

Menarik, bukan? Setelah mengetahui berbagai fitur Telegram di atas, sekarang saatnya Anda mulai mencoba fitur-fitur tersebut untuk mengembangkan bisnis online-mu di masa pandemi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here