Bangun Pabrik Baru, TAYS Optimistis Pertumbuhan Perusahaan Meningkat

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods I PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau Tays Bakers (TAYS) melaporkan berbagai peningkatan kinerja perusahaan pada Laporan Tahunan 2021. TAYS melaporkan peningkatan laba setelah pajak sebesar 35,5% dan pertumbuhan penjualan sebesar 2,5% pada tahun 2021.

Tays

Alexander Anwar, CEO Tays Bakers mengungkapkan, bahwa TAYS mencatatkan penjualan sebesar Rp315,9 miliar di tahun 2021, meningkat dari Rp308,2 miliar pada tahun sebelumnya. Pertumbuhan sebesar 2,5% ini berasal dari unit bisnis biscuit & crackers karena adanya process and flow improvement, optimization dan efisiensi pabrik, sehingga kapasitas yang ada saat ini dapat dimaksimalkan.

“Kami mengumumkan pertumbuhan laba dan kinerja perusahaan di tengah tantangan pandemi. TAYS optimistis bahwa penjualan dapat bertumbuh jauh lebih pesat lagi setelah pabrik baru selesai dibangun, karena unit Bisnis biscuit & crackers dengan produk TRICKS merupakan salah satu andalan kami,” ujar Alexander.

Dia pun memaparkan, pabrik baru yang akan dibangun di Sumedang ini ditujukan untuk menambah kapasitas produksi TRICKS baked potato crisps yang merupakan produk andalan Tays Bakers. Saat ini, kapasitas pabrik untuk kategori biscuit & cracker sudah hampir mencapai 100% dengan kapasitas 6.900 ton per tahun. Dengan pembangunan pabrik baru, maka kapasitas diperkirakan meningkat 200% – 250% menjadi sekitar 17.000 ton per tahun. Pabrik baru nanti akan memakai mesin-mesin dan sistem yang prosesnya lebih efektif, efisien dan terotomasi.

Selain pertumbuhan penjualan, laba bersih TAYS juga meningkat 35.5% dari Rp1,9 Miliar di tahun 2020 menjadi Rp2,6 miliar pada 2021. Secara EBITDA, juga terdapat peningkatan dari 9,39% di tahun 2020 menjadi 9,56% di 2021, atau tumbuh sebesar 4,33%.

“Sebagai perusahaan yang menitikberatkan pada pendekatan inovatif, kami optimis dapat menjaga kinerja positif perusahaan di tahun 2022 ini. Hal ini didukung oleh rencana perusahaan untuk meluncurkan beberapa produk inovatif baru dalam waktu dekat, didukung penambahan kapasitas dari pembangunan pabrik baru yang akan segera berjalan pada tahun ini,” tambah Alexander.

Didirikan pada tahun 1998, Tays Bakers memulai usahanya dengan 1-line produksi wafer stick dengan merek dagang Nitchi. Kini, perusahaan telah berkembang dan memiliki empat kategori produk yaitu Biscuit & Crackers, Rolled Wafer, Extruded Puff Snack dan Chocolate Confectionary dengan berbagai merek dagang yang cukup di kenal salah satunya produk Crisp Kentang Panggang TRICKS. Produk-produk Tays Bakers telah diekspor ke mancanegara, seperti ASEAN, China, Taiwan, Korea, Australia, Timur Tengah, hingga Amerika Serikat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.