Alfamart dan Pepsodent Ajak Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Indonesia

Marketing.co.id – Berita Marketing | Kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut anak-anak Indonesia menjadi perhatian utama dalam penyelenggaraan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) tahun 2023. Pepsodent, merek terkemuka dalam perawatan gigi dan mulut, bekerja sama dengan Alfamart, salah satu jaringan ritel terbesar di Indonesia, menghadirkan program “Pepsodent Sekolah Sehat x Alfamart” sebagai bagian dari inisiatif untuk meningkatkan kesadaran ini.

kesehatan gigi dan mulut pepsodent

Program kolaboratif ini diresmikan di SDN Cijantra I & III Tangerang, Banten, dan akan mencakup serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menjangkau sekitar 100.000 siswa di 250 Sekolah Dasar yang tersebar di 12 kota di seluruh Indonesia.

Distya Tarworo Endri, Head of Marketing Oral Care & Professional Marketing Unilever Indonesia, menjelaskan tujuan utama program ini, “Selama lebih dari 75 tahun, Pepsodent terus mendukung edukasi dan perawatan gigi dan mulut, salah satunya melalui penyelenggaraan BKGN setiap tahunnya. Di 2023, BKGN mengangkat tema ‘Senyum Sehat Indonesia, Mulut Sehat Gigi Kuat’, yang memberikan perhatian khusus kepada kondisi masyarakat Indonesia yang semakin rentan terhadap masalah gigi berlubang akibat konsumsi gula yang semakin tinggi.”

Menurut data, 47,9 juta penduduk Indonesia mengonsumsi gula secara berlebihan, dan bahkan di tahun 2023, konsumsi gula per kapita diproyeksikan meningkat hingga 9% dari tahun 2019. Kecenderungan ini tidak hanya terlihat pada orang dewasa, tapi juga pada anak-anak. Distya menekankan, “Tentu saja, hal ini harus diwaspadai bersama, karena jika tidak diimbangi dengan kebiasaan merawat gigi dan mulut yang baik, maka anak-anak berisiko mengalami gigi berlubang. Faktanya, hanya 2,8% masyarakat yang menyikat gigi pada waktu yang tepat, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Oleh karena itu, edukasi dan pembiasaan sejak dini sangat penting, terutama di lingkungan sekolah.”

Sebagai bagian dari BKGN, program “Pepsodent Sekolah Sehat” dijalankan sebagai misi berkelanjutan untuk menyebarkan edukasi kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak usia Sekolah Dasar dengan melibatkan berbagai mitra demi memberikan dampak yang optimal.

Joy Tarigan, Vice President Modern Trade Unilever Indonesia, menjelaskan, “Dalam pelaksanaan program ini, kami bermitra dengan Alfamart yang memiliki misi sejalan untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat. Jaringan Alfamart yang mencakup berbagai wilayah di Indonesia memungkinkan kami untuk menghimpun lebih banyak masyarakat dalam mendukung misi mulia yang kami usung. Program ‘Pepsodent Sekolah Sehat’ tidak hanya mengajarkan praktik kebersihan gigi dan mulut yang baik, tetapi juga menanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) secara lebih menyeluruh.”

Melalui program “Alfamart for All,” yang merupakan rangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR) berkesinambungan dari Alfamart, program ini memprioritaskan Alfamart Care, yang merupakan wujud kepedulian terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Solihin, Corporate Affair Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), menyampaikan, “Sebagai jaringan distribusi ritel terkemuka, Alfamart dengan senang hati mendukung kerja sama ini. Para karyawan Alfamart akan terlibat dalam kegiatan edukasi kesehatan mulut dan gigi, serta PHBS di 250 Sekolah Dasar yang tersebar di 12 kota, yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Lampung, Makassar, Lombok, Papua, Tangerang, Bekasi, Sukabumi, dan Bengkulu. Program ini secara keseluruhan menargetkan untuk menjangkau 100.000 siswa.”

Program “Pepsodent Sekolah Sehat x Alfamart” juga bekerja sama dengan Yayasan Seribu Guru. Setiap sekolah yang terlibat akan mendapatkan pelatihan guru untuk menjadi kader PHBS, pembentukan dokter kecil di sekolah, edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk siswa, produk perawatan kesehatan gigi dan mulut, serta fasilitas penunjang untuk sikat gigi bagi sekolah-sekolah terbaik.

Rangkaian program ini akan berlangsung mulai November 2023 hingga Maret 2024. Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu anak-anak Indonesia lebih berprestasi dan percaya diri dengan senyum yang sehat, gigi yang kuat, dan mulut yang sehat. Semoga program ini memberikan manfaat besar bagi generasi masa depan Indonesia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here