50 Pertanyaan untuk Menajamkan Visi Bisnis (Bagian 2)

Marketing.co.id – Kalau sebelumnya telah dituliskan beberapa pertanyaan yang memperkuat visi bisnis Anda, khususnya di bidang pemasaran, penjualan, dan operasional. Apakah Anda sudah mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut? Jika belum, mulailah mencari jawabannya dari pengalaman Anda, masukan tim, arahan mentor, riset, dan lain sebagainya. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang melengkapi 50 daftar pertanyaan yang akan menajamkan visi bisnis Anda.

27. Apa saja yang bisa Anda ubah atau perbaiki dari produk, jasa, atau bisnis untuk mulai menciptakan citra merek yang lebih menguntungkan dalam pikiran pelanggan?

28. Apa tiga kelemahan terbesar Anda sebagai sebuah organisasi?

29. Apa tiga kendala terbesar Anda untuk mencapai penjualan dan profitabilitas yang lebih tinggi?

30. Apa tiga potensi ancaman terbesar bagi bisnis Anda hari ini?

31. Jika Anda memiliki kemampuan untuk melihat masa depan, apa tiga hal terburuk yang bisa mengganggu bisnis Anda satu tahun sekarang?

32. Apa tiga langkah yang dapat Anda lakukan segera untuk mengantisipasi bahaya tersebut?

33. Jika Anda memiliki kemampuan khusus untuk melihat masa depan, apa tiga kesempatan besar dalam satu-dua tahun ke depan?

34. Apa tiga langkah yang bisa Anda lakukan segera untuk menyambut peluang besar tersebut?

35. Apa tiga kompetensi inti yang harus Anda kembangkan mulai saat ini untuk meraih kesempatan besar tersebut?

36. Bagaimana teknologi memengaruhi bisnis Anda? Perubahan apa yang disebabkan oleh internet yang memberi pengaruh pada Anda dalam melakukan bisnis?

37. Setelah menyadari perkembangan teknologi tersebut, aktivitas atau tindakan apa yang akan Anda perbaiki?

38. Perubahan apa yang harus Anda lakukan dalam bisnis, berkaitan dengan sumber daya manusia dan biaya, untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi?

39. Bagaimana Anda memprioritaskan lebih banyak waktu dan sumber daya pada aktivitas 20% yang menghasilkan 80% keuntungan Anda?

40. Bayangkan jika bisnis Anda terbakar habis hari ini. Apa produk, jasa, dan aktivitas yang akan Anda lakukan sesegera mungkin untuk memulainya kembali?

41. Lalu, apa produk, jasa, dan aktivitas yang tidak akan Anda lakukan untuk memulai kembali?

42. Lakukan analisis setiap aktivitas bisnis Anda. Apa bagian yang bisa Anda sederhanakan, outsource, hilangkan, atau hentikan?

43. Apa yang bisa Anda lakukan untuk menyederhanakan setiap proses bisnis?

44. Kegiatan apa yang bisa Anda hilangkan sepenuhnya untuk mempercepat proses produksi barang dan jasa?

45. Kegiatan apa yang bisa Anda outsource (alih-daya-kan) kepada pihak lain agar Anda dapat fokus pada aktivitas kunci?

46. Kegiatan apa yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan kerugian signifikan?

47. Apakah ada orang lain dalam aktivitas bisnis Anda seperti pelanggan, karyawan, dan lain sebagainya yang memiliki pengetahuan dan keterampilan seperti Anda saat ini?

48. Jika Anda bisa memulai bisnis atau karier lagi saat ini, apa yang akan Anda lakukan secara berbeda?

49. Apa keterampilan, kemampuan, dan bakat yang Anda miliki yang telah membawa Anda pada posisi hari ini?

50. Dari kesemua itu, apa yang paling penting dalam menunjang Anda untuk meraih target-target di masa yang akan datang?

Lengkaplah sudah daftar 50 pertanyaan guna menajamkan visi bisnis Anda dalam mengarungi tahun yang penuh dengan harapan dan keberuntungan ini. Semoga bermanfaat. (Kevin Wu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here