Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

4 Faktor yang Mendorong MAMI Tumbuh Fenomenal di 2020

Marketing.co.id Berita Financial Services | PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) mencatatkan pertumbuhan fenomenal di tahun lalu. Total dana kelolaan atau asset under management  MAMI meningkat sebesar 30% di tahun lalu menjadi Rp97,2 triliun pada akhir Desember 2020.

Asset Under Management (AUM) atau Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksa dana MAMI tumbuh sebesar 66,2% atau Rp19,7 triliun, menjadi sebesar Rp49,4 triliun pada akhir Desember 2020. Pertumbuhan yang fenomal di tahun lalu didorong oleh banyak faktor, diantaranya tata kelola perusahaan yang baik, jaringan distribusi yang kuat, inovasi produk dan layanan, serta edukasi finansial.

Afifa, Presiden Direktur MAMI menjelaskan, tata kelola perusahaan yang baik berperan sangat penting dalam mendorong pertumbuhan MAMI di tahun lalu.

“Karena kami selalu berpegang teguh pada standar tertinggi dalam etika, profesionalisme, hukum dan kepatuhan. Setiap sen yang kami hasilkan dari kegiatan pengelolaan aset telah sesuai dengan peraturan yang berlaku dan mandat investasi,” ucapnya.

Baca juga: [TIPS] Wah, 90% Orang Indonesia Tak Punya Dana Darurat

Proses bisnis dan operasional di MAMI telah ditata dengan baik sesuai dengan arahan yang jelas dari tim legal, risk and compliance. Divisi internal control di MAMI juga berfungsi sebagai checks and balances, untuk memastikan semua standar operasional prosedur benar-benar diterapkan.

“Di tengah pandemi COVID-19, perlambatan ekonomi global, dan skandal asuransi yang berdampak pada sentimen investor dan industri reksa dana di Indonesia pada tahun lalu, kami terus mendapatkan kepercayaan yang lebih besar dari lebih banyak investor Indonesia. Faktor utamanya adalah karena kami menerapkan tata kelola perusahaan yang kuat,” imbuh Afifa.

Jaringan distribusi MAMI yang kuat, serta inovasi produk dan layanan juga ikut mendorong pertumbuhan MAMI hingga mencapai titik puncak di tahun 2020. Afifa mengatakan, sebagai negara dengan perekonomian terbesar di kawasan Asia Tenggara, Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan yang sehat dalam beberapa tahun terakhir sebelum COVID.

Sumber gambar: http://www.cashflowrealtor.com/wp-content/uploads/2013/11/Money-Making.jpg

“Terlepas dari dampak terhadap perekonomian, pandemi juga seharusnya menyadarkan kita akan pentingnya tetap berinvestasi. Karena, kinerja sebagian besar kelas aset telah kembali melesat cepat, bahkan beberapa telah melampaui level sebelum COVID. Hal ini juga menegaskan pentingnya peranan MAMI bagi para investor dalam menghadirkan solusi investasi yang dikelola secara aktif pada beragam kelas aset di berbagai kawasan.”

Investasi Saham Syariah di China dan India

Di tengah pandemi, MAMI meluncurkan Reksa dana Manulife Saham Syariah Golden Asia Dolar AS (MAGOLD) pada November 2020. Pada produk ini  MAMI menawarkan pilihan investasi yang nyaman bagi para investor yang ingin mendapatkan peluang investasi dari saham syariah di kawasan China dan India.

Menurut Afifa pandemi telah cara berbisnis, termasuk pada jasa layanan investasi. Pemasaran melalui jalur digital menjadi lebih penting dari sebelumnya. Kemampuan untuk menyediakan produk yang tepat dengan memberikan pengalaman pelanggan (customer experience) yang terbaik menjadi faktor utama bagi investor dalam memilih pengelola kekayaan dan aset.

Baca juga: Menyederhanakan Customer Experience Lewat Media Sosial

Contoh digitalisasi yang dilakukan MAMI yakni dengan diluncurkannya reksa dana Manulife OVO Bareksa Likuid (MOBLI) di aplikasi OVO yang diklaim memiliki fitur pencairan tercepat pertama di Indonesia. MOBLI yang diluncurkan tahun 2020 untuk meningkatkan inklusi keuangan dan mendorong lebih banyak masyarakat Indonesia untuk mulai berinvestasi, terutama generasi muda.

Sampai dengan tahun lalu, MAMI telah menjalin kerja sama pemasaran reksa dana dengan 10 aplikasi berbasis online, untuk menjangkau generasi milenial yang ingin menikmati peluang berinvestasi di pasar modal termasuk pasar modal syariah.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top