Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Wujudkan Pendidikan Berkualitas di Indonesia, Finalis #AksiMudaIndonesia Berikan Kontribusi

Marketing.co.id – Berita Marketing | Semangat dan ide kreatif generasi muda dalam melakukan perubahan dapat membuahkan suatu aksi positif apabila diiringi dengan pendampingan yang sungguh-sungguh. Tahun ini, dalam kegiatan sosial rutin yang diselenggarakannya, Asuransi Astra mengajak para mahasiswa di seluruh Indonesia turut serta membawa perubahan dengan memberikan peace of mind kepada masyarakat sekitar dalam program #AksiMudaIndonesia. Fokus kepada 4 bidang, yaitu Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, dan Income Generating Activity, terpilih 12 finalis yang terdiri dari 3 finalis pada masing-masing bidangnya. Pada bidang pendidikan, tiga finalis yang dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya, yaitu perwakilan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Binus University.

Finalis AksiMudaIndonesia

Gunawan Salim, Chief Marketing Officer – Retail Business Asuransi Astra berbincang dengan salah satu finalis dari Binus University yang mengusung program Book Ground.

Finalis dari IPB University, merupakan perwakilan dari BEM Fakultas Kehutanan dan Lingkungan dengan mencanangkan program Rimbawan Mengajar. Para mahasiswa melihat Desa Purwabakti, Bogor, Jawa Barat memliki sumber daya alam yang berpotensi untuk menjadi kawasan ekowisata. Namun, potensi tersebut belum diimbangi dengan pengetahuan dan kemampuan masyarakat dalam mengelola kelestarian lingkungan. Salah satu permasalahannya, masih banyak ditemukan sampah berserakan dan tidak dikelola dengan baik. Oleh karenanya, para mahasiswa hadir untuk membentuk mindset dan memberikan edukasi kepada anak usia sekolah agar menimbulkan kesadaran sejak dini mengenai pentingnya menjaga kelestarian alam dan mengelola lingkungan.

Baca juga: Asuransi Astra Undang Mahasiswa Tunjukkan Kontribusi bagi Bangsa Melalui #AksiMudaIndonesia

Selanjutnya, finalis dari UNY yang merupakan anggota dari BEM Kalian Mahasiswa membawa program Aksi The New Laskar Tangguh dalam #AksiMudaIndonesia. Para mahasiswa ingin memotivasi masyarakat Desa Ngawen, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan mengadakan kegiatan rutin bernama Serbu Mengajar Sepekan yaitu memberikan kegiatan belajar mengajar serta Serbu Kebaikan Semalam yaitu melakukan kampanye guna mengedukasi masyarakat tentang pendidikan yang terdapat di wilayah tersebut. Dalam giat ini, mahasiswa bertujuan meningkatkan kesadaran pentingnya pendidikan juga tentunya mendukung pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia yang ditujukan tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga para warga di Desa tersebut.

Finalis selanjutnya menginisiasi program Book Ground yang merupakan perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi, Binus University. Para mahasiswa berupaya memberikan pelayanan dan fasilitas pembelajaran berupa sebuah perpustakaan terbuka di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan yang menyediakan peminjaman berbagai macam buku secara gratis. Program ini bertujuan dapat meningkatkan minat literasi membaca dan membuka kesempatan bagi anak-anak yang tidak memiliki kapabilitas untuk membaca atau membeli buku. Disertai dengan sesi mengajar untuk anak-anak di wilayah tersebut, harapannya program ini dapat memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh penerus bangsa dalam mengenyam pendidikan berkualitas.

Para finalis diberikan jangka waktu satu bulan untuk melakukan penerapan aksi sosial yang telah direncanakan sebelumnya dengan menyesuaikan kebijakan PPKM masing-masing daerah dan tentunya menjalankan protokol kesehatan yang disarankan oleh pemerintah. Tidak bergerak sendirian, Asuransi Astra memberikan bekal berupa modal serta pendampingan khusus dari beberapa mentor yang senantiasa mengarahkan agar ide-ide tersebut dapat memberikan dampak sosial yang maksimal. Nantinya, para finalis akan mempresentasikan hasil dari penerapan aksi sosialnya tersebut dan akan melalui penilaian lebih lanjut untuk dipilih satu aksi sosial terbaik dari masing-masing bidang.

“Kolaborasi yang dijalankan antara Asuransi Astra dengan ide-ide luar biasa dari para mahasiswa dalam program #AksiMudaIndonesia ini diharapkan dapat tepat guna untuk wujudkan pendidikan Indonesia yang berkualitas,” ujar L. Iwan Pranoto, Head of Corporate and Customer Service Management Asuransi Astra.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top