Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

Triwulan Pertama 2021 Citibank Indonesia Bukukan Laba Bersih Rp 596 Miliar

Marketing.co.id – Berita Finansial | Pada triwulan pertama 2021, Citibank N.A., (Citi Indonesia) berhasil membukukan Laba Bersih sebesar Rp 596 Miliar serta melaporkan rasio kinerja yang cukup baik sebagaimana tercermin pada Return on Equity (ROE) dan Return on Assets (ROA) yang masing-masing sebesar 14,1% and 3,5%.

Kondisi likuiditas Citi Indonesia sangat baik dengan Lending to Deposit Ratio (LDR) sebesar 62,5%. Hal ini didukung oleh simpanan yang tumbuh sebesar 5% di triwulan pertama tahun ini. Dengan menerapkan asas kehati-hatian dalam menghadapi dampak pandemi COVID-19, Citi Indonesia berhasil memperbaiki rasio Gross NPL menjadi 1,4% dari 2,3% di periode yang sama tahun lalu. Rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) Citi Indonesia per 31 Maret 2021 adalah 28,7%, meningkat dari 26,3% untuk periode yang sama tahun lalu.

CEO Citibank Indonesia Batara Sianturi mengatakan, “Di tengah ketidakpastian akibat pandemi COVID-19, kami berkomitmen untuk terus menjaga tingkat likuiditas dan meningkatkan kecukupan modal. Dengan penekanan yang kuat pada manajemen resiko, kami terus memastikan kecukupan cadangan kerugian untuk mengantisipasi potensi kerugian mengingat dampak pandemi COVID-19 yang masih berlanjut.”

Di Retail Banking, Citibank telah berpartisipasi sebagai mitra distribusi Sukuk Ritel SR014 yang ditawarkan secara daring. Sukuk ini kian melengkapi rangkaian produk yang ditawarkan Citi, di samping Reksa Dana dan Obligasi Pemerintah Indonesia.

Dengan tren penurunan suku bunga, Citibank telah merekomendasikan ke para nasabah untuk melakukan diversifikasi aset antara lain ke produk yang dapat juga memberikan proteksi jiwa dan pengaturan finansial jangka panjang khususnya untuk perencanaan pensiun atau pendidikan anak-anak.

Di ranah perbankan digital, Citi Indonesia menghadirkan tampilan baru untuk aplikasi mobile dan meningkatkan fitur-fitur serta berbagai layanan mobile yang dapat menjawab kebutuhan pelanggan. Salah satunya melalui layanan PayAll yang memberikan kemudahan dalam bertransaksi, serta LiveBank yang memberikan Nasabah kemudahan dalam menghubungi Relationship Manager melalui aplikasi Citi Mobile.

Berbagai peningkatan fitur serta upaya untuk mengedukasi para nasabah menghasilkan pertumbuhan pengguna aplikasi Citi Mobile sebesar 78% untuk periode yang sama di tahun 2020.

Di unit Treasury and Trade Solutions (TTS), Citi Indonesia melihat pertumbuhan yang pesat dalam hal jumlah klien di platform perbankan korporat berbasis web, CitiDirect. Pengguna platform ini mengalami peningkatan sebesar 12%, pertumbuhan pengguna seluler / tablet sebesar 53%, dan juga peningkatan penggunaan dokumen elektronik sebesar 66% secara yearon-year (dari Q4 2019 hingga Q4 2020). Sejalan dengan ini, transaksi langsung ke cabang atau melalui jalur non-digital menjadi berkurang 95%.

Transformasi Global Citi

Di bawah arahan CEO Citi Jane Fraser, Citi secara global tengah melakukan transformasi bisnis yang berani dan akan fokus dalam mencapai keunggulan dalam hal pemberian layanan nasabah, kegiatan operasional serta dari sisi risiko dan kontrol. Proses transformasi yang saat ini dilakukan akan meningkatkan keunggulan Citi di dunia baru yang sedang dibentuk kembali oleh para nasabah/klien yang menginginkan layanan keuangan yang lebih sederhana, cerdas, dan lebih personal, serta mampu mengikuti perkembangan kehidupan digital mereka.

Dengan fokus pada kekuatan Citi yang sesungguhnya dan menjunjung tinggi excellence di semua lini bisnis, Citi akan akan dapat terus meningkatkan kinerja keuangannya, semakin menutup jarak dengan bank-bank lainnya serta bertransformasi menjadi pemimpin industri yang maju secara digital.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top