Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Sering Bersihkan Smartphone untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Digitalisasi Pendidikan: Aplikasi Sebagai Ujung Tombak Dalam Modernisasi Pendidikan Era digital yang berkembang dengan pesat membuat teknologi semakin lumrah untuk digunakan di dalam berbagai bidang, termasuk dalam dunia pendidikan.Virus tidak menular melalui perantaraan ponsel, baju, dan udara

Marketing – Penyebaran virus Corona atau novel coronavirus (SARS-CoV-2 atau Covid-19) yang masif dan meluas hingga ke Indonesia patut untuk diwaspadai. OPPO turut mengampanyekan pola hidup sehat salah satunya dalam hal merawat smartphone agar senantiasa bersih dan bebas dari kuman.

“Sebaiknya kita tetap tidak panik terhadap adanya kasus virus Corona, justru sebaliknya harus memulai pencegahan dari diri sendiri, salah satunya dengan menjaga agar smartphone tetap bersih dan tidak menjadi sarang kuman atau bakteri,” tutur Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Guna mencegah penyebaran Covid-19, cara terbaik adalah menjaga kebersihan, mencuci tangan dengan sabun atau cairan antiseptik, menutup hidung dan mulut saat batuk, menggunakan masker, dan menghindari kontak dengan orang lain yang sedang terkena sakit flu atau batuk. Tetesan kecil dari batuk dan bersin dari orang yang telah terinfeksi dapat membawa virus Corona baru sejauh satu hingga dua meter.

Virus seperti Covid-19 menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang telah terpapar. Penyebaran virus melalui smartphone justru sangat kecil peluangnya, mengingat benda mati bukanlah tempat untuk bertahan yang ideal bagi virus. Menurut Kementerian Kesehatan RI, penyebaran novel coronavirus melalui barang kemungkinannya sangat rendah karena virus membutuhkan makhluk hidup seperti manusia atau hewan sebagai inang untuk bertahan hidup.

Meski smartphone bukan menjadi media perantara bagi virus Corona, pengguna tetap perlu untuk memperhatikan kebersihan perantinya. Rata-rata orang menyentuh layar smartphone lebih dari 2.000 kali sehari. Jadi tidak mengherankan bahwa ponsel dapat menampung banyak bakteri dan kuman. Layar dan bodi smartphone rentan kotor dan biasanya pengguna seringkali lupa untuk menjaga kebersihannya.

Kebiasaan-kebiasaan seperti menyentuh muka, hidung dan mulut sehabis memegang ponsel yang kotor berpotensi membawa dampak buruk bagi tubuh. Oleh karenanya, perilaku hidup bersih dan sehat sebagai upaya untuk mencegah tertular virus Corona perlu terus untuk dikampanyekan.

Aryo merekomendasikan pengguna untuk membersihkan permukaan ponsel dengan kain microfiber yang sedikit basah dengan air hangat dan sabun. Pengguna smartphone juga dapat menggunakan tisu wajah atau tisu bayi, lalu mengelapnya dengan kain lembut. Hindari untuk membersihkan layar smartphone dengan pembersih kaca jendela atau disinfektan yang mengandung bahan kimia kuat, yang justru bisa merusak elemen pelapis layar. Pembersih sinar UV-C juga bisa digunakan untuk menjangkau bagian sulit dan lubang-lubang kecil di smartphone.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top