Monday, October 27, 2025
Home Blog Page 783

Manulife Dapatkan Sertifikat ISO 27001:2013

[Reading Time Estimation: < 1 minute]

Marketing.co.id – Berita Financial | Manulife Indonesia secara resmi menerima sertifikasi ISO/IEC 27001:2013, suatu standar internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi atau juga yang biasa dikenal dengan Information Security Management System (ISMS). Manulife menggandeng PT Siggap Teknologi Internasional sebagai konsultan yang membantu dalam proses peraihan sertifikasi ini.

Manulife

Dengan menerapkan standar ISO/IEC 27001:2013, Manulife membuktikan komitmennya untuk senantiasa mengutamakan kepentingan nasabah, yakni dengan terus meningkatkan serta memelihara sistem manajemen keamanan informasi di perusahaan. Maka, keamanan serta kenyamanan nasabah saat melakukan proses transaksi akan lebih terjaga.

Proses Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 yang diraih oleh Manulife Indonesia sudah berjalan dan didapatkan sejak bulan Juni 2022. Hal ini merupakan bentuk kepatuhan perusahaan terhadap regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah, yaitu Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi, Peraturan POJK no. 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan, Peraturan SEOJK no. 14/SEOJK.07/2014 tentang Kerahasiaan dan Keamanan Data dan/Atau Informasi Pribadi Konsumen, dan Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara Nomor 8 Tahun 2020 tentang Sistem Pengamanan Dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik.

Selama lebih dari 37 tahun beroperasi di Indonesia, Manulife terus bertumbuh semakin hari semakin baik. Dengan adanya sertifikasi ini, sekitar 2 juta nasabah Manulife Indonesia mendapatkan keamanan data serta semakin nyaman bertransaksi. Manulife berkomitmen kuat untuk melindungi lebih banyak lagi masyarakat Indonesia sehingga mendapatkan ketenangan pikiran akan persiapan finansial untuk masa depan.

Acer Dukung Pelaksanaan International Olympiad in Informatics 2022

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Teknologi | Acer secara resmi menjadi pendukung International Olympiad in Informatics (IOI) yang tahun ini baru saja usai diselenggarakan di Yogyakarta, Indonesia. Acer menghadirkan laptop untuk semua kontestan di lokasi guna merancang algoritma dan melakukan tugas pemrograman.

Acer

IOI merupakan salah satu dari sejumlah olimpiade sains internasional yang diadakan setiap tahun di seluruh dunia. Pada kali ini, lebih dari 350 siswa sekolah menengah setara SMK dan SMA dari 80 negara lebih bersaing dalam kompetisi yang mengasah keterampilan informatika. Kompetisi ini turut didukung oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, dan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pertama, Acer ingin dapat menjadi bagian dalam menguatkan Human Resources melalui beberapa langkah konkrit seperti yang dilakukan pada acara International Olympiad in Informatics (IOI). Kedua, menghadirkan platform Jelajah Ilmu agar ekosistem pendidikan digital menjadi terintegrasi. Ketiga, menunjang pemenuhan dukungan digital dengan menghasilkan produk-produk dengan komponen fisik (hardware) yang sudah memiliki sertifikasi TKDN. Keempat, memberikan perlindungan data melalui cyber security services.

“Acer selalu mendukung penuh kegiatan yang berdampak besar bagi perkembangan kualitas pendidikan di dunia. Dengan terselenggaranya Olympiad in Informatics di Indonesia, Acer berharap kompetisi ini dapat meningkatkan mutu pendidikan yang telah berjalan dengan baik di Tanah Air sehingga dapat menghasilkan anak bangsa dengan talenta yang unggul,” kata Herbet Ang, President Director Acer Indonesia.

Sebagai pendukung resmi IOI 2022, Acer menyediakan laptop Acer Aspire 3 untuk semua kontestan yang berlaga. Model Aspire 3 dipilih karena memiliki keypad numerik terdedikasi yang memberikan efektivitas tinggi bagi kontestan untuk memecahkan persoalan algoritma dan melakukan kalkulasi super cepat dalam setiap soal yang diujikan. Setelah kompetisi, laptop Aspire 3 tersebut akan disumbangkan ke sekolah-sekolah terpilih sebagai bagian dari program Acer for Education di Indonesia.

Shopee Menghadirkan Rangkaian Koleksi Produk Declan Official

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.idBerita Lifestyle | Tren streetwear yang semakin marak membuat alas kaki seperti sneakers, sepatu kulit bahkan sandal menjadi incaran para pria untuk tampil lebih bergaya dan tetap trendi. Saat ini sudah semakin banyak brand lokal Indonesia dengan koleksi beragam model dan tentunya berkualitas tanpa perlu merogoh kocek yang dalam, salah satunya Declan Indonesia, salah satu brand yang menjual berbagai macam sepatu formal maupun non-formal.

Shopee

Terlebih, dengan semakin meningkatnya orang-orang beraktivitas di luar rumah, telah membuat kebutuhan untuk pakaian serta aksesoris pendukung yang memadai juga semakin diperhatikan. Salah satu fashion item aksesoris pendukung yang penting, khususnya bagi pria untuk dapat tampil memukau adalah alas kaki, baik itu sepatu, sneakers, sandal atau slip on.

Sebab, selain berfungsi untuk melindungi kaki, alas kaki juga akan mempengaruhi kesan terhadap tampilan seseorang. Namun, saat memilih alas kaki penting juga untuk bukan hanya memperhatikan model saja, tapi kenyamanan saat dipakai untuk aktivitas keseharian juga harus dipertimbangkan.

Jenis alas kaki cukup beragam macamnya dan memiliki tingkat kecocokannya masing-masing yang dapat disesuaikan dengan aktivitas maupun fashion style atau look yang sedang dipilih. Agar tetap terlihat trendi tanpa perlu mengorbankan kenyamanan saat beraktivitas, simak rekomendasi memilih alas kaki yang pas untuk menemani keseharian:

Sneakers untuk Tampilan Casual

Sneakers yang tepat dan nyaman menjadi salah satu pendukung untuk segudang aktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, penting untuk selektif dalam memilih sepatu yang pas sesuai kebutuhan. Selain itu, memperhatikan model penampilannya, dalam memilih sepatu hal lain yang dipertimbangkan adalah kenyamanan serta kualitasnya. Contohnya dengan sneakers Declan Sneakers Revend kalian akan mendapatkan tampilan yang klasik dengan bahan dan warna yang sporty. Tetapi jika ingin tampilan yang modern contohnya adalah Declan Sneakers Rovic yang memiliki variasi yang stylish dan modern.

Slip on untuk Segala Jenis Acara

Selain simple, keunggulan sepatu slip on lainnya adalah model sepatu ini cocok untuk digunakan ke segala jenis acara, baik formal maupun kasual. Sepatu slip on umumnya memiliki bantalan yang sangat empuk sehingga sangat nyaman untuk digunakan di berbagai jenis acara. Declan Slip On Casual Shoes Rascal 01-021 memadukan bahan katun kanvas dengan material insole terbaik demi kenyamanan dan durabilitas. Namun, apabila ingin tampilan yang lebih elegan dan klasik, kalian bisa memilih Declan Slip On Casual Shoes Broodey yang didesain menggunakan material berbahan kulit lentur dan dikombinasikan dengan sol semi transparan ICE LOOK yang memberikan kesan mewah.

Sandal untuk Sehari-hari

Memakai alas kaki yang nyaman untuk dipakai sehari-hari memang sangat penting untuk banyak orang, terutama sandal yang sering dipakai untuk kegiatan sehari-hari maupun bepergian. Sebab, kemana pun pergi, tetap memerlukan sandal yang nyaman untuk digunakan agar tidak mengakibatkan lecet pada kaki ketika dipakai. Dengan menggunakan produk dari Declan yang beragam seperti Declan sandal Birkin, Declan sandal Brat, dan Declan Sandal Slide Phantom yang memiliki desain anak muda dan trendy sangat cocok digunakan untuk menemani kegiatan sehari-hari.

Edwin Tanuwidjaja, Director of Declan Studios mengatakan, sebagai brand lokal yang menyediakan berbagai macam sepatu formal maupun non-formal seperti sport, serta slip on dan sandal, Declan terus berkomitmen untuk menghadirkan produk terbaik kepada masyarakat, salah satunya melalui kampanye Shopee Festival Pilih Lokal 17.8.

“Melalui kolaborasi ini, kami ingin mendukung masyarakat, khususnya bagi para pria untuk bisa terlihat fashionable dengan alas kaki terbaik dan berkualitas dari Declan. Sebab, semua model sepatu yang diproduksi oleh Declan mampu memberikan berbagai look sehingga konsumen bisa bebas memilih sesuai dengan style dan kenyamanannya. Inilah yang membuat Declan menjadi salah satu produk lokal yang semakin unggul,” ujar dia.

Selain itu, dia menambahkan, berharap inisiatif ini juga dapat memperluas jangkauan pasar dan mempermudah pengguna untuk menemukan dan berbelanja berbagai jenis produk alas kaki yang berkualitas dari Declan.

Declan sendiri hadir di kampanye Shopee Festival Pilih Lokal 17.8 yang berlangsung hingga 17 Agustus 2022. Declan akan menghadirkan berbagai penawaran menarik diskon hingga 90%, Bundle deals buy 2 hanya dengan harga 99ribu, serta ekstra voucher lainnya.

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia mengatakan, “Perkembangan tren fashion yang berjalan dengan cepat membuat produk fashion, salah satunya produk alas kaki baik sandal maupun sepatu, semakin beragam dan diminati. Adanya minat yang tinggi ini membuat brand lokal terus berinovasi dan mengembangkan potensi melalui meningkatkan variasi dan kualitas produk yang ditawarkan.”

Shopee pun menunjukkan komitmen dalam mendukung dan memberikan ruang untuk brand lokal berkembang melalui beragam fitur dan program. Maka itu, Shopee menghadirkan rangkaian koleksi produk Declan Official sebagai bagian dari kemeriahan kampanye Shopee Festival Pilih Lokal 17.8.

Marriott Ajak Rayakan Kembalinya Momen Berwisata Melalui Kampanye “Here”

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Marriott Bonvoy dikenal sebagai program dan marketplace wisata Marriott International dengan segudang penghargaan.

Baru-baru ini, Marriot Bonvoy meluncurkan ‘Here’, kampanye terbarunya di Asia Pasifik untuk merayakan kembalinya momen berwisata. Kampanye ini dikembangkan dari slogan global Marriott Bonvoy “Where Can We Take You”, dengan ‘Here’ sebagai ekspresi dari kenikmatan dalam menciptakan momen-momen otentik dan dekat dari hati yang dirindukan oleh para wisatawan.

Kampanye Marriott Bonvoy Here Ice Cream Moment
Kampanye “Here” oleh Marriott Bonvoy, merayakan kembalinya momen berwisata 2022.

“Walaupun berwisata biasanya dilakukan dengan mengunjungi destinasi pada bucket-list serta menyantap makanan di restoran kelas dunia maupun hidangan khas daerah di kios-kios lokal; kami melihatbahwa berwisata juga menciptakan berbagai momen-momen di luar ekspektasi, secara spontan, dan mungkin tidak begitu sempurna, tetapi selalu menjadi kenangan istimewa,” ujar Bart Buiring, Chief Sales and Marketing Office, Marriott International Asia Pacific.

“Dengan kampanye baru kami, kami harap untuk terus menginspirasi para wisatawan untuk memulaiperjalanan mereka ke berbagai destinasi di Asia dengan kembalinya momen dan kesempatanberwisata kali ini. Kami ingin mengingatkan kembali bahwa kesenangan berwisata juga dapatdiraih melalui momen-momen yang tidak terduga dan otentik, sebagaimana momen-momenyang terlihat indah di foto. Momen-momen kecil itu yang memberikan kenangan sangatberkesan dan mewujudkan adanya keinginan untuk melakukan petualangan berikutnya,” lanjut Bart.

Dibuat melalui kolaborasi dengan perusahaan kreatif berbasis di Singapura, The Secret Little Agency, film-film mempesona diambil di Malaysia, Indonesia, Jepang, dan Selandia Baru. Film yang memukau ini memiliki alur yang cepat, seru, dan juga otentik – merayakan kekuatan dari aktivitas berwisata melalui momen-momen yang dekat dan penuh makna bagi semua orang, mulai dari perjalanan bersama sahabat hingga liburan dengan keluarga tercinta. Ide ini juga dituangkan pada visual yang ada dari film, mulai dari berjalan menyusuri teras padi hijau di Bali yang memiliki pemandangan menakjubkan dan memukau mata, hingga terjebak di perayaan Holi di India secara tak terduga. Marriott Bonvoy mengajak para wisatawan untuk kembali berwisata dan bersenang-senang menikmati momen-momen spontan sepanjang perjalanan.

Kampanye ini tersedia di seluruh wilayah Asia Pasifik dan akan disiarkan mulai hari ini melalui media digital dan juga media out-of-home. Kampanye film dan visual ini akan ditampilkan di berbagai lokasi termasuk di Bandara Gimpo di Seoul, Stasiun Metro Shibuya, dan Stasiun Sentral di Melbourne.

Kampanye ini juga akan tampil di siaran hiburan dalam pesawat dan kanal-kanal digital maupun sosial tertentu.

Para wisatawan diundang untuk ikut dalam perbincangan kami dan terus terhubung dengan sesama wisatawan lainnya dengan menggunakan #TravelMakesUs untuk membagikan momen-momen di Instagram dan TikTok.

Atap Gedung Jadi Sumber Listrik Tenaga Surya ala Pupuk Kaltim

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT), meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Bontang, Kalimantan Timur (18/08).

Sebagai pelopor transformasi hijau industri petrokimia Tanah Air, PKT menjadikan inisiatif ini salah satu wujud komitmen PKT dalam mencapai target pengurangan emisi karbon hingga 32,50% pada 2030.

Peresmian PLTS di Pupuk Kaltim 2022
Peresmian PLTS di Pupuk Kaltim 2022

PLTS yang sudah mulai dibangun sejak Mei 2021, merupakan wujud komitmen PKT dalam penerapan Environment, Social, and Governance (ESG), yang juga tertuang dalam roadmap pertumbuhan kedua perusahaan 40 tahun kedepan. Upaya PKT mewujudkan transformasi hijau, dengan salah satu strategi menambah komposisi bauran energi listrik dari energi baru terbarukan (EBT), diharapkan mampu mendukung komitmen Indonesia dalam mencapai net zero emission di 2060. Sebelumnya, PKT telah mengganti sepeda motor operasional dengan motor listrik dan ke depannya akan mencakup bis dan kendaraan lainnya.

Direktur Utama PKT, Rahmad Pribadi mengatakan “Pengembangan konsep ESG dengan mempertimbangkan output yang memberikan banyak manfaat bagi lingkungan menjadi strategi kami dalam mempercepat laju dekarbonisasi industri petrokimia dan pupuk. PLTS Atap ini merupakan salah satu bagian dari ekosistem EBT di lingkungan PKT yang mana mampu menghasilkan energi bersih dan menekan emisi gas karbon secara optimal. Kemampuan PLTS Atap ini akan dapat menghemat 20% sampai 30% kebutuhan energi PKT di area perkantoran.”

PLTS Atap dengan total luas sekitar 6.500 M2 tersebut memanfaatkan area-area yang sudah ada, seperti diatas gedung kantor, kantin, dan area parkir di kompleks perkantoran PKT di Bontang. Memiliki kapasitas terpasang sebesar 1.256,04 Kilowatt Peak (kWp) dengan spesifikasi output memiliki tegangan 3 phase 400 Volt, sistem ini terpasang dengan menggunakan skema rooftop on grid tanpa baterai atau tersambung jaringan listrik PKT dengan total modul sebanyak 2.326 unit.

penerapan PLTS di lingkungan kantor Pupuk Kaltim
Penerapan PLTS di lingkungan kantor Pupuk Kaltim

Sistem on grid ini dapat mengirim kelebihan daya yang dihasilkan apabila PLTS mengalami kelebihan suplai ke jaringan secara otomatis. Sehingga, surplus daya tersebut nantinya dapat digunakan jika dibutuhkan. Sistem ini menghasilkan energi yang ramah lingkungan dan bebas emisi.

Dengan adanya pemasangan PLTS Atap di area perkantoran, mampu mengurangi konsumsi listrik dari perusahaan dengan rata-rata sekitar 139.000 KWh per bulan.

Sebagai perbandingan, konsumsi listrik di kawasan perkantoran PKT sendiri sebelumnya rata-rata mencapai di atas 150.000 kilowatt hour (KWh) per bulan. Sejak bulan Januari hingga Agustus 2022, produksi PLTS Atap PKT telah mencapai total 980,71 megawatt jam (MWH), dengan potensi produksi energi perhari dapat mencapai sebesar 3,21 MWH dengan kondisi matahari penuh.

Selain itu, jumlah produksi energi tersebut mampu menekan buangan gas limbah (CO2 Avoided) mencapai total 468,26 ton, atau setara penggunaan batubara (Standard Coal Saved) yang tadinya digunakan pada pembangkit listrik konvensional hingga sebesar 394,34 ton.

“Dengan adanya peresmian pendayagunaan PLTS Atap di lingkungan perkantoran ini, diharapkan dapat menjadi faktor pendukung bagi perusahaan dalam mencapai target penurunan emisi karbon secara berkelanjutan. Ke depannya, PKT akan terus focus dalam menghadirkan strategi dan terobosan terbaik guna menjadi pionir dalam transformasi industri petrokimia yang lebih hijau, juga untuk meningkatkan efisiensi energi secara menyeluruh. Dan yang paling penting, PKT juga akan terus mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan”, tutup Rahmad.

Schneider Electric dan Claroty Luncurkan Cybersecurity Remote Connection

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Schneider Electric dan Claroty Luncurkan Cybersecurity Remote ConnectionMarketing.co.id – Berita Digital | Schneider Electric bekerja sama dengan Claroty mengumumkan layanan terbaru untuk untuk connected service yang dilengkapi dengan Cybersecurity Remote Connection.

Pemeliharaan cybersecurity untuk aset fisik adalah hal yang sangat penting. APAC Connected Service Lead Schneider Electric Jessica Owen mengatakan, tanpa memiliki cara terkoneksi yang aman secara siber, tim service akan mengalami keterbatasan baik dalam melaksanakan support dari jarak jauh melalui saluran telepon atau kunjungan langsung ke lokasi yang memakan biaya dan waktu.

Solusi bersama dengan Claroty ini memberikan keleluasaan bagi tim service untuk melihat dan menganalisis sebanyak mungkin informasi yang dapat diakses seperti ketika melakukan kunjungan secara langsung ke lokasi, namun dengan kecepatan dunia digital modern saat ini.

Pelanggan semakin memiliki kendali terhadap semua akses, dan para manajer TI dapat mengakses data secara transparan. Sistem cybersecurity secara keseluruhan juga ditingkatkan dengan enkripsi end-to-end dan otentikasi keamanan dari Claroty.

Cybersecure Remote Connection memberikan pelanggan akses langsung kepada tim Digital Service Schneider Electric. Dengan memiliki kemampuan menyelesaikan masalah secara cepat bagi industri seperti manufaktur, pembangkit listrik, dan pertambangan mineral dan logam, berarti jutaan dolar dapat dihemat dalam optimalisasi produksi.

Namun, bila masalah-masalah yang terjadi mengakibatkan downtime, maka finansial yang menjadi taruhannya – biaya downtime yang tidak direncanakan membebani perusahaan manufaktur sekitar 50 miliar Dollar AS setiap tahun menurut Deloitte.

“Penawaran baru ini semakin melengkapi portfolio layanan jarak jauh terhubung dari Schneider Electric Process Automation sebagai pemimpin digital,” ungkap Nick Nindra, APJ Channel Sales Lead Claroty.

Setelah diaktifkan, Cybersecure Remote Connection akan menjadi pintu masuk akses jarak jauh yang dapat diandalkan, tanpa hambatan dan sangat aman di lingkungan OT, serta memungkinkan para ahli di Schneider Electric untuk dapat mengoperasikan dari jarak jauh. “Seolah-olah ahli yang memberikan support turut berada di ruang kendali, dan koneksinya secepat melakukan panggilan telepon,” jelas Nindra.

Connected Services memberikan keuntungan yang jelas dengan mengurangi waktu rata-rata untuk perbaikan (mean time to repair) dalam beberapa cara:

  • Ketika alarm memberikan peringatan kepada operator tentang suatu masalah dan meminta bantuan, alih-alih mengandalkan metode komunikasi verbal tradisional melalui telepon, pelanggan dapat mengaktifkan Cybersecure Remote Connection, dan tim engineer di Schneider Electric dapat memulai penyelesaian masalah segera setelah melakukan log in.
  • Banyak masalah yang sebelumnya memerlukan waktu tambahan dan biaya perjalanan, kini dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien melalui portal virtual Cybersecure Remote Connection. Apabila tetap memerlukan kehadiran secara fisik untuk menyelesaikan masalah, tim engineer dapat tiba di lokasi dengan sudah mengetahui detil lengkap situasi dan langkah untuk menyelesaikan masalah lebih cepat.
  • Cybersecure Remote Connection juga memungkinkan pemeriksaan terhadap kinerja sistem yang sedang berjalan. Para ahli dari tim Schneider Electric Connected Service dapat melakukan log in sesering yang diinginkan pelanggan untuk melakukan pemeriksaan dan menyelesaikan masalah secara proaktif.

 

Usung Tema “Semangat Muda”, National Gathering Franchise Biru 2022 Sukses Digelar

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Usung Tema “Semangat Muda”, National Gathering Franchise Biru 2022 Sukses DigelarMarketing.co,id – Berita Marketing | Perhelatan National Gathering Franchise Biru 2022 sukses digelar. Acara yang sudah diadakan untuk ketiga kalinya ini mengangkat tema “Semangat Muda”.

Sebanyak 94 Franchisee bersama pasangan dan anaknya berusia 20 tahun keatas hadir dalam acara yang berlangsung selama 3 hari (14-16 Agustus 2022) di Golden Tulip Holland Resort, Batu, Malang.

National Gathering Franchise Biru merupakan ajang temu akrab untuk membangun sinergi dan kolaborasi antara franchisee dan franchisor dengan mengedepankan pembelajaran berbagai topik edukasi yang relevan dan berguna untuk meningkatkan kompetensi para franchisee dalam mengelola usaha Biru.

Franchise Biru menghadirkan Coach Han “Tiger” Bidyono dari BARA Coaching dalam sesi edukasi. Pada hari pertama, Coach Han memaparkan topik berjudul “How To Stay Young and Sharp” dan “Money Magnet Attitude” dimana para peserta diajarkan apa dan bagaimana supaya tetap bersemangat muda dan mempunyai pola pikir yang mendukung sekaligus membangun nilai tambah yang tinggi sehingga meningkatkan pelanggan sekaligus menjadikan menjadikan pelanggannya setia.

Usung Tema “Semangat Muda”, National Gathering Franchise Biru 2022 Sukses DigelarDi hari kedua, Coach Han memberikan materi “Selling Like a Pro” untuk memberikan bekal kepada para peserta dalam meningkatkan fungsi dan efektifitas aspek penjualan secara aktif dalam menjalankan bisnis Biru. “Skill besar yang harus dimiliki entrepreneur adalah leadership dan selling. Selling menjadi salah satu kunci bilamana mengedepankan prinsip selling is helping, sehingga pelanggan mendapatkan solusi terbaik, ketenangan hati dan value for money,” ujar Coach Han.

Di hari ketiga, Pendiri dan Pemimpin Jaringan Waralaba Biru Yantje Wongso memberikan wawasan baru kepada pada franchisee melalui pengajaran Kecerdasan Spiritual (SQ) Biru dalam topik “Ekonomi Menurut Allah”, yang mengukuhkan pedoman “Rahasia Ilahi” yang melandasi dan selalu mendukung bisnis Biru.

Menurutnya, materi SQ Biru ini menjadi pedoman yang mendasari apa dan bagaimana Franchise Depo Air Minum Biru menjalankan manajemen dan kepemimpinan usaha. SQ Biru melengkapi faktor kunci keberhasilan (key success factor) dari Franchise Biru, yang secara konsisten sudah dijalankan sejak awal operasional usaha pada tahun 2002.

“Tuhan YME melalui usaha Biru sudah memberikan banyak berkat bagi Keluarga Biru yakni Franchisor, Franchisee, mitra, karyawan, vendor, rekanan, dan juga pelanggan,” ungkapnya.

Usung Tema “Semangat Muda”, National Gathering Franchise Biru 2022 Sukses DigelarSejumlah franchisee Depo Air Minum Biru nampak antusias dan bersemangat dalam menyambut National Franchise Gathering Biru 2022. Momentum pertemuan ini menjadi agenda yang ditunggu untuk saling bertemu akrab, meningkatkan diri dalam manajemen usaha, dan mendapatkan update terkini seputar perkembangan Franchise Biru.

Pesta Pesona Merah Putih dalam menyambut hari Kemerdekaan RI ke-77 diselenggarakan secara meriah dan penuh kegembiraan bersamaan dengan makan malam di hari kedua. Lelang lagu kemerdekaan, peragaan busana merah putih, dansa balon pasangan, kuis, kontes foto booth, dan undian doorprize menjadikan suasana malam berlangsung penuh tawa.

 

 

Perluas Pasar, KVG Bidik Pertumbuhan dan Pengembangan Industri Kenaf di Indonesia

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Perluas pasar, perusahaan Malaysia KVG bidik pertumbuhan dan pengembangan industri kenaf di Indonesia

Marketing.co.id – Berita Marketing | Perusahaan Malaysia Kenaf Venture Global (KVG) menandatangani MoU dengan PT Kenaf Diwana Sanjaya dan Pemerintahan Aceh, untuk perluasan industri kenaf dalam hal teknologi, penelitian, dan pengembangan benih kenaf di Aceh.

Penandatanganan yang berlangsung di Ritz-Carlton Pacific Place Jakarta pada Selasa (16/08), dihadiri CEO KVG Group Jazman Shahar Abdollah, CEO PT Kenaf Diwana Sanjaya Ikhsan, Plt. Asisten Perekenomian dan Pembangunan Sekda Aceh dan Perwakilan Pemerintahan Aceh Ir. Mawardi, serta Kuasa Usaha Sementara, Kedutaan Besar Malaysia Adlan Mohd Shaffieq, dan Kepala Kenaf dan Tembakau Nasional Malaysia, Haji Abdul Aziz Ab Aziz Ab Kadir.

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif di bidang ekonomi, masyarakat, dan lingkungan. Pada bidang ekonomi, diharapkan jalinan kerja sama KVG dan Indonesia dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini sejalan dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) yang sedang menggiatkan investasi dari luar dalam rangka mendorong perekonomian yang sempat melambat akibat pandemi Covid-19.

Ir. Mawardi mengatakan, “Pemerintah Aceh mendukung KVG dalam ekspansi industri kenaf di Aceh, khususnya di bidang riset dan pengembangan. Kami sangat menghargai kerja sama ini dan berharap semoga dengan masuknya KVG ke Aceh, akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Aceh.”

Dampak positif untuk masyarakat dari kerja sama ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan warga setempat. Hal ini akan memengaruhi kinerja ekonomi daerah dan mempertinggi daya beli masyarakat, serta menekan angka kemiskinan.

Di bidang lingkungan, kerja sama ini diharapkan dapat menjaga kesehatan lingkungan dan akan mampu membantu menekan emisi karbon dunia, yang sejalan dengan agenda pertemuan G20 untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Inisiatif pengembangan bisnis kenaf ini juga menjadi faktor pendorong menuju konsep hijau dan berkelanjutan sesuai dengan arahan “UN Habitat”.

Pada pertemuan G20, degradasi lahan terkait perusakan mangrove dan lahan gambut serta keanekaragaman hayati menjadi isu yang diperdalam. Lahan gambut yang selama ini dikenal sebagai lahan yang tidak subur, namun memiliki fungsi penting bagi kelestarian lingkungan, merupakan penyimpan karbon terbesar kedua setelah hutan tropis. Kenaf diharapkan dapat menjadi komoditas alternatif untuk menjawab mengatasi degradasi lahan.

Kenaf (Hibiscus Cannabinus) yang juga dikenal dengan nama Yute Jawa, adalah tumbuhan kategori serat panjang, yang dapat tumbuh dengan baik di beragam jenis tanah, mulai dari tanah gambut organik hingga tanah gurun berpasir. Tumbuhan ini pun dapat tumbuh di tanah yang telah terkena banjir, kesuburan rendah, dan jangkauan pH yang luas serta toleransi terhadap kekeringan. Kenaf dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan karung goni, karpet, geotekstil, dan kerajinan.

Dalam perjalanannya, KVG berkomitmen untuk mendorong konsep kehidupan yang berkelanjutan (sustainability) melalui budidaya kenaf, dengan dukungan mitra yang dapat dipercaya. KVG pun secara progresif memberdayakan industri kenaf di tingkat lokal dan internasional dalam rangka mengangkat sektor sosial ekonomi dan memulihkan alam untuk kepentingan generasi selanjutnya. Dalam upaya memaksimalkan potensi bisnis, KVG dan grup perusahaannya berkomitmen membuka potensi dan peluang dari hasil panen, serta membuka potensi penuh kenaf dengan inovasi teknologi.

“Kami bertekad menjadi yang terdepan dalam kemajuan teknologi yang terkait industri kenaf, serta bergerak menuju IR 4.0. Hal ini untuk memastikan bahwa produksi dapat dilakukan lebih efisien dan sejalan dengan industri manufaktur global. Intinya, kami bertekad mencapai tujuan yang telah kami ajukan yaitu ekspansi di Indonesia dan mengaktifkan kemajuan teknologi, yang berkaitan dengan pengembangan kenaf, karena KVG juga bertujuan untuk membawa pertanian ke tingkat lebih tinggi melalui penggunaan teknologi terbaru,” papar Jazman.

Kemajuan teknologi telah memungkinkan penemuan dan penerapan kenaf di berbagai sektor, yaitu otomotif, kertas, bangunan, konstruksi, dan sebagainya. Manfaat penting lainnya dari kenaf adalah kemampuannya dalam mengisolasi panas dan ini telah membuat kenaf tersedia sebagai isolator termal dalam produk otomotif dan sebagai bahan bangunan, menggantikan bahan yang tidak dapat diperbarui.

Jazman menjelaskan, KVG mengutamakan ilmu pengetahuan, kemajuan teknologi dan inovasi untuk menuju Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 4.0. Integrasi pendekatan dan teknologi holistik berkelanjutan dalam operasi KVG adalah salah satu inisiatif untuk memastikan relevansi pertanian dalam kaitannya dengan sektor lain dan dalam jangka panjang.

Ikhsan meyakini kerja sama ini akan meningkatkan kualitas industri kenaf di Indonesia. PT Kenaf Diwana Sanjaya pun memiliki visi dan misi yang sama dengan KVG dalam pengembangan industri kenaf.

Di tahun 2022, KVG akan fokus mengembangkan bisnis kenaf di Indonesia dan Asia Tenggara, sebagai batu loncatan. Perusahaan ini juga memiliki rencana untuk berkontribusi dan mendukung pertumbuhan sosial ekonomi di Indonesia.

Didukung Sandiaga Uno, Bhinneka Luncurkan OKOCEMall.com

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Bhineka meluncurkan OKOCEMALL.com di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf, Senin, (15/8). Peluncuran ini diserta dengan onboarding atau bergabungnya 100 UMKM binaan OK OCE Indonesia dalam ekosistem bisnis Bhinneka yang bisa melayani pengadaan korporasi (B2B) hingga pemerintah (B2G).

Kemitraan ini pun dikukuhkan lewat penandatanganan kerja sama antara Bhinneka, Aronawa, dan OK OCE Indonesia yang diapresiasi dan didukung penuh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno.

“Disrupsi teknologi telah mengubah cara bisnis berjalan, dan memaksa setiap pelaku bisnis dari berbagai kalangan untuk mengikuti perkembangan yang ada. Digitalisasi UMKM yang terjadi saat ini bersama Bhinneka, diharapkan bisa membantu pemasaran produk, mempermudah transaksi, sehingga bisa meningkatkan omzet atau pendapatan pelaku UMKM itu sendiri”, ujar Sandiaga Uno.

Di saat yang bersamaan, Ketua Umum OK OCE Indonesia, Iim Rusyamsi mengatakan, langkah digitalisasi yang dilakukan bersama Bhinneka merupakan upaya bersama agar pelaku usaha UMKM menjadi melek digital, dan bisa memanfaatkan teknologi untuk kebutuhan bisnis mereka.

Tidak berhenti hanya pada proses onboarding saja, pendampingan terhadap 100 UMKM OK OCE yang terdaftar di Bhinneka sudah dilakukan sejak kuartal kedua tahun ini, sehingga mereka siap untuk go-online.

Sementara itu, Founder Aronawa sekaligus Chief of Commercial and Omnichannel Bhinneka, Vensia Tjhin, mengatakan, langkah perusahaan memfasilitasi onboarding 100 UMKM OK OCE ini merupakan upaya mendukung program pemerintah dalam digitalisasi.

“Kami berharap, langkah ini membuat UMKM lebih maju dan bisa naik kelas, sehingga target jumlah lapangan kerja yang menjadi bagian dari program Kemenparekraf bisa terpenuhi,” ujarnya.

Adapun pemerintah telah menargetkan 30 juta UMKM bisa onboard digital hingga tahun 2024 mendatang. Sementara hingga saat ini, baru sekitar 19 juta atau setara dengan 63% dari target UMKM yang sudah berjualan di platform digital.

Sebagai informasi pula, Aronawa.com yang hadir sejak 2021 menjadi platform e-Procurement Marketplace untuk bisnis dari hulu ke hilir. Tidak hanya hadir untuk melayani konsumen dari segmen korporasi, UMKM, dan pemerintah, tetapi juga hadir untuk semua pelaku bisnis dari berbagai tingkatan kecil, menengah, maupun besar. Sistem pengadaan barang dari Aronawa.com diketahui tidak memerlukan biaya instalasi, tidak memungut biaya langganan, dan tidak memerlukan dukungan teknis IT yang rumit.

Tingkatkan Pemesanan Sewa Mobil, Zoomcar Hadir di Blibli

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]
Tessa Karina, Marketing Head Zoomcar Indonesia
Tessa Karina, Marketing Head Zoomcar Indonesia

Zoomcar telah menginvestasikan lebih dari $25 juta untuk rencana ekspansinya di Indonesia

Marketing.co.id – Berita Otomotif | Zoomcar, salah satu platform car-sharing  di Indonesia, mengumumkan telah bermitra dengan Blibli, platform e-commerce terkemuka di Indonesia untuk meningkatkan pilihan perjalanan yang nyaman, andal, dan hemat biaya bagi pelanggan.

Melalui kerja sama ini, Zoomcar akan menawarkan benefit berupa potongan harga hingga 60% untuk semua mobil termasuk mobil mewah yang dipesan selama lebih dari 24 jam di Blibli.

Dengan pembatasan perjalanan yang sekarang berkurang, semakin banyak tamu yang menghargai kenyamanan opsi mengemudi sendiri tanpa repot dengan Zoomcar. Baik itu untuk liburan, kunjungan keluarga, perjalanan darat dengan teman, atau perjalanan bisnis, tamu Zoomcar telah menikmati pemesanan mobil yang membuka pengalaman berkendara yang tak terlupakan.

Kedua perusahaan teknologi tersebut telah menjalin kerja sama untuk menyediakan layanan berbagi mobil tanpa kunci pertama di Indonesia. Mengikuti kemudahan regulasi perjalanan, Blibli membukukan peningkatan permintaan sewa mobil 4 kali lipat pada paruh kedua tahun 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Theresia Magdalena, Vice President Travel Category Blibli mengatakan, “Blibli bangga dapat bekerja sama dengan Zoomcar, dalam menyediakan layanan car-sharing online tanpa kunci pertama di Indonesia. Kolaborasi strategis kedua perusahaan teknologi tersebut juga memperkuat posisi Blibli sebagai omnichannel commerce terdepan untuk kebutuhan lifestyle dan travel.”

Sementara itu, Tessa Karina, Marketing Head Zoomcar Indonesia mengatakan, “Atas nama Zoomcar Indonesia, saya dengan senang hati mengumumkan kemitraan strategis kami dengan Blibli, salah satu marketplace terkemuka di Indonesia. Kerja sama yang dibawa Zoomcar dan Blibli lebih lanjut untuk menciptakan kemudahan akses bagi calon konsumen kami. Saya berharap kemitraan ini akan meningkatkan perdagangan transportasi digital Indonesia.”

Selain itu, sebagai platform perdagangan ramah lingkungan, Blibli dan Zoomcar memiliki semangat yang sama untuk mengurangi emisi CO2 dengan menyediakan rangkaian lengkap mobil, termasuk Low-Cost Green Car (LCGC) bagi pelanggan yang ingin mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih ramah lingkungan.

Menjadikan pelanggan sebagai inti dari layanannya, Blibli secara konsisten memenuhi kepuasan pelanggan dengan memastikan proses, keamanan, dan kenyamanan yang prima. Selama periode peluncuran, pelanggan juga dapat menikmati penawaran khusus dengan diskon sebesar 25% untuk setiap pemesanan car-sharing.

Hmmm… Lezatnya Rakoes Nasi Goreng Anak Kos

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]
Wijin, Co-Owner Rakoes Nasi Goreng

Perpaduan komplit dari topping kulit ayam crispy dan kerupuk bawang yang endul di lidah, Nasi Goreng Anak Kos yang dihadirkan Rakoes kali ini dapat menjadi makanan andalan bagi anak kos dengan harga terjangkau

Marketing.co.id – Berita UMKM | Terlepas dari penampilannya, nasi goreng rupanya menjadi salah satu menu comfort food orang Indonesia. Selain karena rasanya yang enak dan bervariasi, keistimewaan makanan satu ini juga ditentukan dari bumbu rempah yang digunakan.

Hadir di tengah momentum 17 Agustus tahun ini, Rakoes kembali menghadirkan sensasi petualangan rasa lewat promo menarik bagi para pelanggan yaitu Nasi Goreng Anak Kos. Pada promo tersebut, Rakoes menyediakan dua porsi sekaligus untuk menu Nasi Goreng Anak Kos dengan harga Rp23.000,00. Pelanggan pun dapat mengajak pasangan ataupun teman terdekat untuk bersama-sama menikmatinya.

Sejak 16 Juli lalu, Rakoes telah melakukan peluncuran promonya dan masih memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk dapat menikmati Nasi Goreng Anak Kos tanpa batas waktu hingga saat ini. Tentu saja, menu kali ini berbeda dari nasi goreng biasa.

Perpaduan topping yang komplit mulai dari kulit ayam crispy dan kerupuk bawang, menjadikan kelezatan pada Nasi Goreng Anak Kos semakin endul di lidah. Belum lagi, rasanya yang enak dengan cita rasa pedas di dalamnya, mampu menggugah selera makan bagi setiap pecinta nasi goreng.

Agar tak ketinggalan promonya, pelanggan dapat memesan menu Nasi Goreng Anak Kos dengan mendatangi langsung gerai Rakoes Indonesia terdekat atau melalui pemesanan online seperti GrabFood, GoFood, ShopeeFood, dan juga Traveloka Eats.

Memulai perjalanannya pada tahun 2021 di Surabaya, Rakoes sebagai bisnis kuliner telah berkembang pesat. Sukses dengan pembukaan 35 gerai waralaba di wilayah Jabodetabek hingga menyasar Sidoarjo, Tulungagung, Bandung, Malang, dan Lampung, Rakoes senantiasa melakukan inovasi pada setiap menu lokal yang disajikan.

Rakoes mencatat, hingga pertengahan tahun 2022, brand kuliner yang didirikan oleh Wijaya Saputra atau yang akrab disapa Wijin ini telah memiliki beberapa menu andalan yang menjadi favorit, antara lain adalah Nasi Goreng Kampoeng, Nasi Goreng Gila, dan juga Mie Goreng Spesial.

“Meskipun nasi goreng adalah makanan yang sudah lumrah dan mudah ditemukan sehari-hari, Rakoes justru tidak berhenti menjadikan menu nasi goreng ini tetap spesial di hati masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Rakoes selalu konsisten menghadirkan varian menu nasi goreng yang berbeda dari yang lainnya,” tutur Wijin, Co-Owner Rakoes Nasi Goreng.

Rakoes juga mengajak masyarakat untuk menikmati sensasi petualangan rasa baru lainnya di sajian nasi goreng yang spektakuler. Tak mau kalah dengan menu Nasi Goreng Anak Kos yang bisa didapatkan dengan harga Rp23.000,00 untuk dua porsi, Nasi Goreng Rakoes Banget juga menawarkan promo spesial berupa potongan diskon sebesar 30%.

Hanya dengan harga Rp 29.400,00, penikmat nasi goreng sudah bisa mendapatkan Nasi Goreng Rakoes Banget, lengkap dengan perpaduan topping sosis, ayam crispy, kulit ayam crispy, kerupuk bawang, serta menawarkan cita rasa pedas yang nikmat dan khas. Menu terbaru dari Rakoes ini sudah tersedia di seluruh gerai Rakoes Indonesia dan bisa dipesan melalui GrabFood, GoFood, ShopeeFood, dan Traveloka Eats. Sudah Coba?

 

 

Victor Rindanaung: Jurus Jitu Pemenang Marketing Award 2022

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Marketing Award 2022 | Setelah dua tahun kita menghadapi tahun penuh tantangan di dalam menjangkau pelanggan, saya melihat banyak sekali usaha yang dilakukan para marketer dalam penjurian Marketing Award tahun 2022 ini. Terutama dalam mempertahankan eksistensi brand di mata konsumen Indonesia. Hybrid communication menjadi suatu perubahan cukup mendasar yang dilakukan para marketer andal, bagaimana menggunakan semua channel baik offline maupun digital agar tetap bisa ada di hati para pelanggannya serta menarik minat calon pelanggan baru. Semua ini menjadi suatu hal yang sangat menentukan pengalaman yang bisa diberikan oleh setiap brand.

Victor Rindanaung, CEO Frontier Technology Indonesia. Foto: marketing.co.id/lialily.

Hybrid customer journey menjadi layanan fundamental, dengan semakin mempertajam experience di setiap touchpoint yang dimiliki para brand owner. Dimulai dari pengalaman dalam toko atau cabang ke channel digital atau sebaliknya, adalah suatu fundamental experience yang sudah saatnya dikelola secara simpel namun terintegrasi dengan baik di semua unit atau layanan usaha di perusahaan kita.

Untuk itu, para marketer sudah perlu memikirkan integrasi semua touchpoint yang dimiliki oleh brand, bagaimana pola responsiveness yang mudah dipahami pelanggan, serta bagaimana kelanjutan dari journey yang diharapkan terjadi sampai mencapai loyalitas pelanggan terhadap brand kita. Oleh sebab itu pemanfaatan teknologi yang tepat guna menjadi sesuatu yang sangat penting, karena tidak mungkin perusahaan melakukan hybrid marketing tanpa teknologi.

Dalam penjurian Marketing Award kali ini, saya melihat tren hybrid marketing menjadi sangat penting untuk memenangkan dompet pelanggan. Persaingan merebut pelanggan akan menjadi lebih mahal daripada biasanya, untuk itu diperlukan peranan teknologi guna mencapai titik ROI yang diinginkan. e-Mail marketing misalnya, tools ini membuat semua communication journey menjadi lebih murah. Selain karena biaya per e-mail yang sangat murah, teknologi e-mail pun sudah sangat maju saat ini sehingga bisa mencapai pelanggan dengan tepat waktu dan tepat sasaran. Bagaimana e-mail bisa membuat konversi terhadap peningkatan penjualan menjadi sangat memungkinkan apabila diintegrasikan dengan semua touchpoint baik offline maupun digital, semuanya untuk konversi dan kepuasan pelanggan.

Selamat untuk para Pemenang Marketing Award 2022, dan tetap semangat bagi peserta lainnya, semoga di lain kesempatan bisa berkarya lebih baik lagi dan pelanggan dipuaskan.

Semangat!

Victor Rindanaung
CEO Frontier Technology

Kampanye “The Rising Tide” Berhasil Mengedukasi 14.500 Masyarakat 

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Akhirnya target Muryansyah melakukan solo Triathlon, dengan bersepeda, berenang dan berlari marathon sepanjang 1.293 kilometer dari Bali ke Jakarta selama 30 hari, berhasil dituntaskan. Ditemani tim pendamping kesehatan dan pengamanan, ia tiba di Jakarta sesuai jadwal. Muryansyah langsung bergabung dalam event Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)  bertema “The Rising Tide – A Grassroot Movement for Sustainability”.

The Rising Tide mengampanyekan kesadaran lingkungan, dengan menciptakan ekosistem pengelolaan sampah rumah tangga berkelanjutan. Misinya  adalah menggugah kesadaran masyarakat dan para pihak, betapa masalah lingkungan — terutama sampah plastik perlu mendapatkan perhatian serius.

“Lebih dari 14.500 masyarakat teredukasi mengenai pentingnya memilah sampah sebagai bagian dari usaha daur ulang, dalam rangka mengurangi timbulan sampah nasional,” kata Muryansyah. Ia bersama organisasi yang dipimpinnya, Mulung Parahita, menjadi inisiator sekaligus pelaku dari gerakan The Rising Tide.

Saat mendapat kesempatan tatap muka dengan Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, Muryansyah menyampaikan temuannya bersama tim Mulung Parahita. ”Selama perjalanan, kami mengumpulkan 77,9 ton sisa konsumsi rumah tangga, 78% adalah plastik, dan 40% di antaranya memiliki nilai daur ulang  tinggi. Sedangkan di luar sisa konsumsi rumah tangga yang dikumpulkan, sepanjang jalan saya melihat banyak kemasan kecil mengotori jalan. Inilah masalah sampah yang sesungguhnya,” kata Muryansyah.

“Pada kesempatan ini, yang paling penting saya berterima kasih atas inisiatif ini. Kita telah melihat gambarannya sepanjang perjalanan dari Bali ke Jakarta,” kata Siti Nurbaya. Saya menerima catatan dari Muryansyah. Semacam energi baru sekaligus metode, teknik dan cara-cara menstimulir kampanye bersih sampah, bersih lingkungan, dan cara pilah sampah dari rumah. Ini merupakan langkah besar, yaitu edukasi.”

Sebagaimana diketahui, KLHK sejak awal mendukung kampanye The Rising Tide, dan secara konsisten mendorong produsen agar menyusun road map pengurangan sampah dengan target pengurangan 30% timbulan sampah per Desember 2029. Strategi pengurangan sampah plastik industri sudah diuraikan melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 75 Tahun 2019 tentang Peta Jalan Pengurangan Sampah. Produsen juga didorong untuk memproduksi kemasan plastik yang lebih besar (size up) — mengutamakan kemasan besar, untuk membantu pemerintah mengejar target pengurangan timbulan sampah plastik.

Dalam event yang sama, Corporate Sustainability Director  Le Minerale, Ronald Atmadja mengatakan, bahwa sebagai perusahaan air mineral yang berkomitmen untuk ikut melestarikan lingkungan di Indonesia, perusahaannya akan terus bersinergi dengan banyak pihak untuk menggencarkan gerakan ekonomi sirkular nasional.

“Sebagai produsen, Le Minerale menyatakan dukungan dan komitmennya dalam gerakan ini. Kami dukung misi KLHK untuk mengurangi angka timbulan sampah. Karenanya, kami dengan terintegrasi terus menggerakan Ekonomi Sirkular sebagai bagian dari Extended Producers Responsibility (EPR) yang kini digaungkan oleh pemerintah. Kami juga mulai mengarah pada upsizing dan melakukan berbagai edukasi pilah sampah dari rumah,” kata Ronald.

Sebagai tindak lanjut dari Gerakan The Rising Tide,  para stakeholders menyerukan  komitmen bersama bertajuk: “Indonesia Stop Wariskan Sampah”. Komitmen ini  melibatkan pemerintah yang diwakili KLHK, produsen diwakili Le Minerale, industri daur ulang diwakili oleh Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI), dan komunitas penggerak lingkungan diwakili oleh Mulung Parahita.

 

Allianz Life Edukasi Pentingnya Atur Keuangan bagi Keluarga Muda

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Financial Services | Allianz Life Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli, berpartisipasi dalam kegiatan Industry Social Responsibility atau ISR. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian acara Top Agent Award 2022 yang diselenggarakan oleh AAJI di Bali. ISR yang bertujuan untuk mengembangkan UMKM di Desa Wisata Taro, Kabupaten Gianyar ini, sekaligus untuk menyampaikan literasi keuangan dan asuransi kepada keluarga muda.

“Literasi keuangan dan asuransi adalah pengetahuan yang penting untuk dimiliki masyarakat Indonesia. Kami di Allianz, melakukan literasi keuangan kepada berbagai lapisan masyarakat, mulai dari pelajar, generasi milenial, sampai ke usia dewasa. Dengan memiliki pemahaman dasar sampai tingkat lanjut mengenai cara mengelola keuangan, kami percaya masyarakat Indonesia dapat memiliki kehidupan yang lebih baik, dari sisi keuangan keluarga maupun untuk berbisnis,” kata Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli.

Sebuah survei dan analisa yang diselenggarakan UNICEF, UNDP, Prospera, dan SMERU tahun 2021, bertajuk Analysis of the Social and Economic Impacts of COVID-19 on Households and Strategic Policy Recommendations for Indonesia, menyebutkan bahwa akibat pandemi, 75,3% rumah tangga yang memiliki anak mengalami penurunan pendapatan.

Baca juga:Selama Pandemi Masyarakat Berpendapatan Rendah Lebih Banyak Belanja

Fakta lain dari survei tersebut menyebutkan, bahwa 51,5% responden tidak memiliki tabungan yang cukup. Untuk bertahan hidup, 27,3% responden menggadaikan harta benda, dan 25,3% responden meminjam uang secara informal dari keluarga atau teman-teman.

Data ini menunjukkan pentingnya edukasi dan literasi keuangan bagi masyarakat. Kondisi kehidupan yang tidak terduga dapat menjadi pemicu tidak seimbangnya keuangan. Oleh karena itu, Allianz Life Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli menyampaikan edukasi pengelolaan keuangan sederhana untuk keluarga muda.

Literasi keuangan
Allianz Literasi Keuangan

Literasi keuangan mengingatkan kembali pentingnya menabung, membuat pengeluaran berdasarkan skala prioritas pencatatan keuangan (uang masuk dan uang keluar) sederhana, mempersiapkan dana darurat dan pemahaman mengenai pentingnya perlindungan asuransi, sebagai salah satu komponen dalam perencanaan keuangan.

Baca juga: Tips Perencanaan Keuangan untuk Milenial dari Sequis

Diikuti oleh para peserta keluarga muda dari delapan banjar di wilayah Desa Wisata Taro, sesi literasi keuangan dan asuransi juga menyampaikan pentingnya pemisahan antara keuangan pribadi atau keluarga, dengan keuangan untuk bisnis.

Harapannya setelah mengikuti sesi literasi keuangan ini, keluarga muda di wilayah Desa Wisata Taro dapat meningkatkan kemampuan mengelola keuangan dengan lebih baik lagi, dan menjadi pelaku UMKM yang semakin sukses mengembangkan bisnis.