Monday, October 27, 2025
Home Blog Page 784

Blockchain CoinEx Smart Chain Diperkenalkan di Vietnam

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | CoinEx Smart Chain (CSC) telah menghadiri acara Blockchain Global Day 2022, yang berlangsung akhir Juli lalu di Kota Ho Chi Minh, Vietnam.

Acara yang bertema “Into the Infinity Con-Verse” tersebut menjadi pusat para startup lokal yang mendorong mereka untuk menghadirkan banyak aplikasi blockchain, yang berfokus pada game dan keuangan.

COINEX
Pendiri dan CEO bursa kripto CoinEx, Haipo Yang.

Hadir banyak ahli blockchain yang mengisi acara tersebut, yang tentu mendorong minat para anak muda untuk lebih berkarya di bidang blockchain, bahkan menarik minat mereka yang baru ingin berkecimpung di bidang ini. “CoinEx dan CMC hadir sebagai tamu undangan dan sponsor. Kami mendirikan stan merek dan menyampaikan pidato online terkait metaverse,” ujar pendiri dan CEO bursa kripto CoinEx, Haipo Yang.

Lanjut dikatakan, CSC membangun jembatan persahabatan yang memungkinkan kerjasama saling menguntungkan dengan banyak komunitas blockchain di Vietnam.

Dalam 12 bulan terakhir, chain publik ini telah melakukan beberapa peningkatan teknis. Misalnya, merilis mainnet CSC dan blockchain explorer, serta CSC cross-chain bridge, yang mendukung Ethereum, BNB Smart Chain (BSC) dan TRON.

Yang menarik, dengan CSC cross-chain bridge, pengguna tidak perlu membayar biaya apa pun untuk menukar aset berdasarkan chain lain ke aset CSC. Chain explorer publik juga telah dioptimalkan berkali-kali, yang kini telah mendukung CRC721 NFT, verifikasi kontrak dan ringkasan data on-chain. “Setelah menghadiri acara blockchain di Vietnam, CSC menyaksikan pertumbuhan pesat teknologi blockchain di negara tersebut,” ungkap Haipo Yang.

Lanjut dikatakan, selama beberapa tahun terakhir, Vietnam mengesankan dunia dengan proyek-proyek hit seperti Axie Infinity, Coin98, dan Kyber Network.

Menurut penelitian dari TechSci Research, perusahaan riset pasar global, industri utama Vietnam, seperti perawatan kesehatan, energi, transportasi dan manufaktur, juga perlu mengintegrasikan blockchain sambil mengejar pertumbuhan lebih lanjut. Diharapkan, dari 2023 hingga 2027, pasar blockchain di negara itu akan berlipat ganda.

Pameran ini juga memungkinkan CSC untuk terjun ke pasar lokal, terlibat dengan pengembang blockchain di Vietnam dan membawa lebih banyak proyek luar biasa ke ekosistem CSC. “Di masa depan, CSC akan tetap berkomitmen pada industri blockchain dan berjuang untuk kesuksesan lebih lanjut bersama dengan banyak perusahaan blockchain di seluruh dunia,” ujar Haipo Yang.

 

MyAstraLife, Inovasi Anyar Astra Life

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | Hasil survei terbaru Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2021 mengungkapkan bahwa pertumbuhan industri 4.0 mengakibatkan tingginya tingkat penetrasi internet di Indonesia sebesar 77,02%. Salah satu perubahan perilaku yang terjadi adalah meningkatnya waktu penggunaan perangkat mobile dan banyaknya aplikasi yang diunduh.

kiri ke kanan: windy riswantyo (VP Digital Insurance Business and Marketing) Windawati Tjahjadi (Presiden Direktur Astra Life) dan Stephanie A. Gunadi (Direktur) berpose usai memperkenalkan MyAstraLife di ajang GIIAS 2022 di ICE BSD, Tangerang (16/08). Foto: marketing.co.id/lialily.

Tak mau ketinggalan merespon digitalisasi, PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) menghadirkan aplikasi MyAstraLife yang diluncurkan dalam ajang pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS2022 di ICE BSD, Tangerang pada 16 Agustus 2022. Astra Life turut berpartisipasi sebagai sponsor di bawah naungan Astra Financial.

“Peluncuran aplikasi MyAstraLife merupakan komitmen kami untuk memberikan layanan digital agar menjangkau seluruh nasabah Astra Life di seluruh Indonesia. Dengan tema yang diangkat Astra Financial untuk GIIAS, yaitu “Spirit of Future”, peluncuran MyAstraLife merupakan sebuah langkah yang tepat. Tidak berhenti sampai sini saja, kami akan terus berinovasi sebagai upaya membantu nasabah agar merasakan kemudahan dan kenyamanan sesuai tagline kami, Love Life.” ujar Windawati Tjahjadi, Presiden Direktur Astra Life usai peluncuran MyAstraLife di ICE BSD, Tangerang (16/08).

MyAstraLife menghadirkan sejumlah fitur untuk mempermudah pengalaman berasuransi nasabah Astra Life, mulai dari My Portofolio untuk mengakses semua detail polis milik nasabah maupun keluarganya, baik perlindungan kesehatan dan total nilai perlindungan jiwa dari seluruh polis, termasuk asuransi kantor dan pribadi, serta My Claim untuk pengajuan klaim yang lebih mudah, melanjutkan draf pengajuan klaim, informasi status klaim, hingga melihat riwayat klaim.

Selain itu, nasabah juga bisa memanfaatkan MyFund Value untuk memperoleh informasi portofolio dari polis unit link yang dimiliki termasuk mengunduh unit statement report, serta My E-card sebagai pengganti kartu asuransi fisik saat berobat di rumah sakit rekanan agar lebih praktis karena cukup menunjukkan atau scan e-card.

Tidak hanya itu, nasabah juga bisa memanfaatkan fitur Pencarian Rumah Sakit Rekanan terdekat maupun di lokasi lainnya. Bagi yang belum tergabung menjadi nasabah Astra Life, aplikasi MyAstraLife juga bisa dimanfaatkan untuk mencari produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan menemukan berbagai promo dan tips menarik dari Astra Life. 

“Dengan digitalisasi, cara pendekatan kepada calon nasabah maupun nasabah loyal terasa lebih personal. Selain itu proses pembayaran klaim juga dapat dilakukan lebih cepat.” tutup Windawati. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store bagi pengguna android dan Apps Store bagi pengguna iOS dengan kata kunci “MyAstraLife”. Berbagai promo menarik ditawarkan untuk pengguna baru.

Marketing.co.id: Portal berita Marketing dan Bisnis.

P&G Indonesia Kembali Menegaskan Komitmen untuk Pemberdayaan Perempuan

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id Berita Consumer Goods | Procter & Gamble (P&G) Indonesia bersama WEConnect International dan WomenWorks menggelar webinar dengan tema “How to Do Business” dengan melibatkan para pelaku usaha perempuan Indonesia. Acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi bagi pelaku usaha perempuan untuk memahami kualitas yang dibutuhkan oleh industri, sehingga mereka mampu mengakselerasi bisnisnya dan terkoneksi ke dalam rantai pasokan perusahaan yang lebih besar. Pada kesempatan ini, P&G Indonesia juga kembali menegaskan komitmennya untuk mendukung agenda pemberdayaan perempuan melalui keragaman pemasok (supplier diversity) di dalam bisnisnya, serta lewat program ANJANI.

P&G Indonesia

Keragaman pemasok mengacu pada penggunaan secara proaktif bisnis milik kelompok yang masih belum terwakili secara ekonomi seperti perempuan, sebagai pemasok ke dalam rantai pasokan organisasi. Bagi P&G, keragaman pemasok telah menjadi strategi bisnis selama lebih dari 40 tahun. P&G Indonesia berkomitmen untuk mengembangkan basis keragaman pemasok dengan bekerja secara langsung dengan bisnis bersertifikat yang dimiliki oleh pelaku usaha perempuan Indonesia.

Tidak hanya itu, dengan menginisiasi program ANJANI di tahun 2020 atau yang dikenal sebagai Women Entrepreneur Academy di negara lain tempat P&G beroperasi, P&G Indonesia bersama WEConnect International menjadikan program tersebut sebagai wadah untuk menghilangkan batasan-batasan bagi para pelaku usaha perempuan dengan tidak hanya memberikan program pelatihan, pengetahuan, dan mentoring, namun juga menjembatani pelaku usaha perempuan untuk terkoneksi dalam rantai pasokan perusahaan selaku pihak pembeli (buyer).

Annisa Darojati, Director of Purchases P&G Indonesia menyampaikan, “Keragaman pemasok dapat membantu mempercepat pertumbuhan bisnis bagi para pelaku usaha perempuan serta memberdayakan mereka dalam mendorong kemajuan di masyarakat sekitarnya. Tujuan dari keragaman pemasok adalah memberdayakan perempuan, sebagai salah satu elemen masyarakat yang seringkali kurang terwakili secara ekonomi, dan memberikan kesempatan yang sama kepada mereka untuk berkembang. Program ini merupakan cara yang konkret bagi kami di P&G untuk mewujudkan misi perusahaan kami sebagai force for good and force for growth”.

Ke depannya, para pelaku usaha perempuan di Indonesia diharapkan akan terus berkembang dan bertambah. P&G Indonesia, bersama dengan WEConnect International, akan terus mengupayakan berbagai inisiatif untuk memberdayakan usaha perempuan, serta mengakselerasi akses yang luas bagi para pelaku usaha perempuan untuk menjadi bagian dari keragaman pemasok perusahaan besar.

Sebagaimana yang dikemukakan oleh Khalya Karamina Siregar, Indonesia Market Lead WEConnect International, “Usaha milik perempuan adalah salah satu pendorong inovasi dan pertumbuhan lapangan pekerjaan yang belum dimanfaatkan secara optimal, baik di negara maju maupun berkembang. Dengan memanfaatkan keunggulan yang dimiliki pelaku usaha perempuan, maka ide, produk, dan layanan baru dapat dihasilkan ke pasar global. Telah terbukti di berbagai negara bahwa usaha milik perempuan adalah sumber inovasi yang signifikan dan menjanjikan dalam global value chains (GVC). Lewat program ANJANI, kami optimis bermitra dengan P&G untuk memberdayakan lebih banyak pelaku usaha perempuan di Indonesia, serta menghapus kesenjangan gender yang masih terjadi, khususnya di sektor bisnis dan ekonomi.”

Manfaat dari keberlangsungan ANJANI pun telah dirasakan oleh Rika Agusmelda sebagai anggota WEConnect International dan alumni ANJANI yang menyatakan, “Salah satu tantangan saya adalah bagaimana mengakselerasi bisnis saya dengan cara masuk ke dalam rantai pasokan perusahaan yang lebih besar. Lewat program ANJANI yang diselenggarakan P&G dan WEConnect International, saya mendapat begitu banyak keahlian dan pengetahuan yang membantu saya memahami kualifikasi bisnis seperti apa yang dibutuhkan di industri, agar dapat terkoneksi dan berbisnis dengan perusahaan yang lebih besar. Selain itu, jejaring yang saya bangun dengan para peserta ANJANI pun telah membuka banyak peluang bisnis bagi saya. Ke depannya, semoga semakin banyak perusahaan seperti P&G yang secara aktif mendukung pemberdayaan perempuan dengan menerapkan keragaman pemasok pada bisnisnya.”

“Memberikan peluang kepada bisnis UMKM tidak hanya menguntungkan pelaku usaha. Sudah terbukti bahwa mendorong keragaman pada rantai pasokan dapat memberikan P&G akses yang lebih besar kepada inovasi serta penawaran dan ide yang lebih beragam yang lebih mewakili konsumen kami,” tutup Annisa.

Bayer Tandatangani MoU untuk Dorong Penguatan Sektor Pertanian 

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Sektor pertanian merupakan salah satu prioritas pengembangan oleh pemerintah, mengingat perannya sebagai penopang terbesar ketiga bagi perekonomian Indonesia. Menindak lanjuti arahan Presiden Joko Widodo terkait mendesaknya peningkatan produksi nasional jagung, telah ditandatangani nota kesepahaman antara Direktur Bayer Indonesia, Patrick Gerlich dengan Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo.

Bayer

Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, di tengah restriksi global, serangan hama hingga isu perubahan cuaca yang masih berlangsung, Indonesia harus mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri. Tak hanya itu, sebagai salah satu negara dengan lahan pertanian terluas di dunia, Indonesia juga memiliki peluang besar berkiprah dalam sektor pertanian global.

“Pengembangan sektor pertanian nasional harus terus diperkuat. Komitmen kerja sama yang terjalin bersama Bayer, menjadi langkah konkret dan tindak lanjut dari arahan presiden terkait penguatan produksi pangan nasional. Kami menilai model program ‘Better Life Farming’ menjadi solusi tepat, dan telah terbukti mampu memberdayakan petani serta dapat diimplementasikan di seluruh wilayah pertanian Indonesia,” ujar dia.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) terbaru menyebut, pada triwulan kedua 2022, kontribusi sektor ini pada Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 12,98%. Produksi jagung sebagai salah satu komoditi pertanian, juga tengah menjadi perhatian pemerintah. Pada awal Agustus ini, pemerintah bahkan menyiapkan langkah perluasan lahan tanam jagung sebanyak 141.000 hektar dan penggunaan bibit unggul seperti hibrida dan bioteknologi.

Direktur Bayer Indonesia, Patrick Gerlich menyampaikan, Bayer memahami urgensi peningkatan sektor pertanian dalam negeri, khususnya di tengah kondisi geopolitik dan ancaman krisis pangan saat ini. Sebagai perwujudan dari visi perusahaan ‘Health for All, Hunger for None’, ‘Better Life Farming’ memberdayakan para petani dengan memberikan akses terhadap inovasi terbaik, pengetahuan yang relevan, serta jaringan kemitraan yang luas.

“Kami sangat antusias dengan kemitraan yang terjalin bersama Kementerian Pertanian, dan optimis kolaborasi ini dapat memberikan dampak yang lebih optimal. Bukan hanya penguatan ekosistem pertaniaan, tetapi lebih lanjut juga mampu mensejahterakan para petani Indonesia, serta berkontribusi meningkatkan ekonomi bangsa,” ujar dia.

Adapun nota kesepahaman berisikan komitmen untuk membangun sinergi melalui pemberdayaan masyarakat pertanian dalam mendukung percepatan peningkatan produktivitas pertanian di Indonesia. ‘Better Life Farming’ merupakan program pemberdayaan berkelanjutan yang diinisiasi Bayer untuk meningkatkan sektor pertanian sekaligus menaikkan kesejahteraan petani Indonesia.

Model ‘Better Life Farming’ diterapkan melalui tiga pendekatan utama, yaitu: kemitraan dengan pelaku bisnis di sepanjang rantai nilai; pengembangan ekosistem pendukung bisnis pertanian melalui pembentukan one stop solution center bagi petani sebagai penggerak ekonomi desa; serta pemberdayaan petani melalui akses kepada teknologi pertanian mutakhir. Sejak digagas pada 2020 lalu, ‘Better Life Farming’ telah menjangkau sekitar 800.000 keluarga petani di 15 provinsi di Indonesia.

Sebelumnya pada awal Agustus, pemerintah menegaskan upaya penguatan sektor pertanian. Salah satunya untuk peningkatan produksi komoditas jagung; termasuk menyiapkan strategi “Roadmap Jagung 2022-2024” guna memenuhi kebutuhan jagung di dalam dan luar negeri.

“Upaya peningkatan produksi jagung nasional tersebut dijalankan melalui 2 langkah penting: ekstensifikasi (perluasan lahan) dan intensifikasi (peningkatan produktivitas) pertanian. Langkah intensifikasi inilah yang menjadi sorotan utama Bayer melalui program ‘Better Life Farming’,” imbuh dia.

Daewoong Foundation Membuka Laboratorium Bioanalitik di UI

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Daewoong Fondation bekerjasama dengan Universitas Indonesia (UI) mendirikan Laboratorium Bionalitik UI-DF yang telah diresmikan pada 16 Agustus 2022. Dengan dibukanya laboratorium ini diharapkan dapat mengaktifkan riset bio di Indonesia dan menumbuhkan bakat-bakat di bidang bio.

Seorang peneliti tengah memasukkan spesimen ke dalam tabung. Dengan dibukanya laboratorium bioanalitik mutakhir pertama di Indonesia diharapkan dapat mengaktifkan riset bio di Indonesia. Foto: marketing.co.id/lialily.

Laboratorium Bioanalitik UI-DF terletak di lantai empat Gedung Laboratorium & Pusat Penelitian Terpadu UI dengan luas 336m2. Laboratorium ini merupakan yang pertama di Indonesia dan dirancang sesuai standar ketat GLP (Good Laboratory Practice). Dengan adanya laboratorium ini dapat membantu merevitalisasi penelitian di bidang Bioteknologi di Indonesia dengan berbagai peralatan analisis yang mutakhir.

Chang Woo Suh, Presiden Direktur PT Daewoong Infion yang hadir sebagai perwakilan dari Daewoong Foundation menjelaskan, “Kami senang dapat mendorong perkembangan industri bio Indonesia dengan mendirikan laboratorium bioanalitik pertama, bekerja sama dengan UI yang merupakan universitas terbaik di Indonesia. Daewoong Foundation berharap dapat terus bekerja menuju pengembangan dengan membangun infrastruktur penelitian dan mendukung individu-individu berbakat di Indonesia.”

Kiri ke kanan: drg. Nurtami, Ph.D, SpOF(K) (Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI), Chang Woo Suh (Presiden Direktur PT Daewoong Infion, sebagai perwakilan dari Daewoong Foundation), dan dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D (Sekretaris Universitas Indonesia). Penandatanganan kerjasama dilakukan sebelumnya oleh Daewoong dan Universitas Indonesia di Balai Sidang UI, Depok pada 16 Agustus 2022. Foto: marketing.co.id/lialily.

Sejak tahun 2018 Daewoong Foundation telah berkontribusi dalam pengembangan industri bio Indonesia dengan mendirikan dan mengoperasikan laboratorium biofarmasi di UI. Laboratorium bioanalitik yang baru ini dibangun melalui dana yang diperoleh dari Daewoong Foundation sebesar US$ 3 Juta sehingga diharapkan dapat digunakan untuk berbagai penelitian kolaboratif, untuk organisasi nirlaba, lembaga pemerintah dan swasta yang membutuhkan penelitian terkait.

“Talenta UI telah mampu membangun ketrampilan dan melakukan penelitian yang sukses di lingkungan yang maju. Di laboratorium ini, kami akan menciptakan hasil penelitian yang luar biasa untuk berkontribusi pada pengembangan industri biofarmasi dalam negeri dan selanjutnya menjadikannya sebagai contoh model kerjasama yang sukses antara Indonesia dan Korea,” tambah Prof Arif Kuncoro, SE. MA. Ph.D, Rektor UI.

Secara aktif Daewoong Foundation mendukung pengembangan talenta di Indonesia sejak 2013. Telah menyelenggarakan berbagai program pelatihan dan memberikan beasiswa senilai Rp 6,9 miliar kepada sekitar 530 mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Padjajaran (UNPAD), dll.

Marketing.co.id: Portal berita Marketing dan Bisnis.

 

Maxx Coffee Kampanyekan Promo “Proudly Indonesian”

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 sekaligus 7 tahun berdirinya Maxx Coffee di Indonesia, mempersembahkan “Proudly Indonesian”. Ini merupakan rangkaian promo yang diselenggarakan mulai tanggal 10 – 31 Agustus 2022 di outlet Maxx Coffee seluruh Indonesia.

Maxx Coffee

Pelanggan Maxx Coffee dapat menikmati special design Proudly Indonesian cup, menu khusus Latte Cinta Bangsa, berbagai rangkaian promo, dan acara sesi manual brew produk kopi asli Indonesia andalan Maxx Coffee.

Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 merupakan perayaan kemerdekaan yang spesial, karena bangsa Indonesia dapat menyadari betapa semangat kebersamaan dan ketangguhan, bisa melewati masa-masa sulit di tahun-tahun sebelumnya. Meskipun situasi pandemi belum usai, namun masyarakat sudah menjalin hubungan kembali dan terlihat tanda bergeliatnya ekonomi.

Melalui kampanye “Proudly Indonesian”, Maxx Coffee sebagai brand lokal ingin menunjukkan kebanggaan dan support bagi masyarakat Indonesia yang telah tangguh melalui masa-masa sulit ini, dengan menyajikan tempat yang nyaman untuk bertemu dan bekerja (Work from Cafe), menyediakan pilihan kopi Indonesia, dan juga pilihan menu makanan dan minuman menarik lainnya.

Melalui campaign Proudly Indonesian, pelanggan MAXX Coffee dapat menikmati menu, diskon, hingga acara yang menarik, antara lain;
Special Independence Cup

Setelah sukses bekerja sama dengan Tutu dalam pembuatan mural di Maxx Coffee Buah Batu Bandung, kini Maxx Coffee kembali mengeluarkan desain Special Independence Cup yang melambangkan landmark dari asal kopi-kopi Indonesia yang merupakan produk andalan Maxx Coffee, yaitu Aceh, Sumatera, Jawa, Bali, dan Toraja. Dengan scan cup ini melalui filter hologram, pelanggan bisa mendapatkan diskon 50%.

Latte Cinta Bangsa – tersedia 10-31 Agustus 2022

Menu minuman kopi khusus berbasis espresso dengan topping steamed susu manis dengan harga spesial 17 ribu rupiah, periode 15-21 Agustus 2022.

Diskon 50% – periode 15-31 Agustus 2022

Gunakan filter hologram khusus untuk scan Special Independence Cup, lalu post ke Instagram story dan mention @maxxcoffeeid. Dapatkan diskon 50% untuk minuman kedua (ukuran regular).

Explore the Flavours of Indonesia  Diselenggarakan tanggal 17 Agustus 2022 di Maxx Coffee Kemang Village, dan 28 Agustus 2022 di Maxx Box. Penikmat kopi Indonesia dapat mengikuti manual brew session produk kopi Indonesia andalan Maxx Coffee yaitu: Aceh Gayo, Sumatera Lintong, Jawa Ciwidey, Bali Kintamani, Sulawesi Toraja, dan juga House Blend (Toraja, Mandheling, Bali).

Wafer Tango & Vanesha Prescilla Ajak Masyarakat Peduli Kaum Disabilitas

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  Berita Consumer Goods | Tim Wafer Tango bersama Vanesha Prescilla, salah satu artis muda berbakat pemeran utama sejumlah Film Box Office Nasional mengunjungi Yayasan Peduli Kemanusiaan (YPK) di Pulau Dewata, Bali. Dimana, Propinsi Bali termasuk 10 besar daerah dengan penyandang disabilitas terbanyak di Indonesia menurut data Survei Penduduk Antar Sensus pada tahun 2015.

Wafer Tango

Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group menjelaskan, berdasarkan data berjalan Biro Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020 jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 22,5 juta orang atau sekitar 5% dari jumlah penduduk Indonesia. Penanganan penyandang disabilitas ini sebenarnya telah diamanatkan dalam UU No.8 Tahun 2016. Pemerintah tentunya tidak bisa sendirian dalam membantu para penyandang disabilitas, butuh dukungan dari masyarakat.

Berlokasi di Annika Linden Centre, tim Wafer Tango dan Vanesha Prescilla mengunjungi YPK, sebuah lembaga sosial yang sejak tahun 2001 telah melayani lebih dari 60.000 warga Bali terkait permasalahan disabilitas secara gratis. Pelayanan yang diberikan oleh YPK diantaranya rehabilitasi penyandang disabilitas fisik, fisioterapi keliling, pencegahan gangguan pendengaran, pelayanan kesehatan, serta edukasi dan keterampilan.

”Kami dari Tango, OT Group, mengajak Vanesha Prescilla, talenta muda berbakat di industri kreatif melihat dan mengunjungi salah satu pusat pelayanan kaum disabilitas terbaik di Bali, yang memberikan pelayanan secara gratis. Dengan harapan, Vanesha dapat ikut menyebarkan semangat kepedulian dan pemahaman yang benar terhadap kaum disabilitas, khususnya kepada kaum milenial,” jelas Harianus pada acara kunjungan ke YPK Bali.

Pada kunjungan ke YPK Bali ini, Vanesha Prescilla dan tim Tango ikut serta pada acara gathering yang merupakan rangkaian peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2022 dan HUT Ke-77 RI yang diadakan oleh pengurus yayasan untuk sejumlah anak-anak penyandang disabilitas. Acara ini sering diadakan untuk memberi semangat dan meningkatkan rasa percaya diri para penyandang disabilitas yang dirawat oleh pihak YPK.

Vanesha Prescilla mengatakan, “Aku mau mengajak masyarakat terutama generasi milenial agar mendukung program-program peduli kaum disabilitas. Kita dapat membantu dengan apa yang kita miliki, baik dalam bentuk dana maupun talenta. Aku tadi bertemu dengan relawan-relawan muda yang memberikan waktunya untuk melatih adik-adik ini beragam keterampilan, misalnya menggambar, menari, bermain musik.”

Elsye Suryawan Ketua Dewan Pengurus YPK Bali pun sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh Tango dan Vanesha Prescilla. Kepedulian terhadap penyandang disabilitas memang harus terus ditingkatkan. Masih banyak masyarakat yang salah memahami mereka sehingga menimbulkan stigma yang kurang baik. Padahal jika ditangani dengan benar dan metode yang tepat, kaum disabilitas bisa mandiri dan berprestasi.

Selain menyumbangkan produk, Tango juga menyerahkan dana hasil pengumpulan donasi yang diumumkan oleh Vanesha Prescilla melalui Instagram resminya. Vanesha melalui Instagram resminya sebelum kunjungan ke YPK Bali, melakukan aksi donasi. Donasi dengan nilai tertinggi akan digandakan jumlahnya oleh Tango. Donasi tertinggi senilai Rp10 juta dan digandakan nilainya menjadi Rp20 juta, yang kemudian diserahkan langsung ke pihak YPK.

Rayakan Hari UMKM Nasional, Lazada Rekomendasikan Lima Brand Lokal

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id Berita Lifestyle | Bertepatan dengan hari UMKM Nasional 2022, para pecinta produk lokal bisa turut berbangga dengan keberhasilan brand lokal dalam merintis perjalanan untuk menghasilkan produk berkualitas dan tumbuh menjadi brand lokal ternama. Terkait itu, Lazada pun selalu menciptakan kesempatan bagi mitra brand lokal Indonesia untuk mengembangkan usaha mereka melalui ruang digital.

Lazada Luxcrime

Lazada telah menjadi rumah bagi berbagai brand dan produk untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Kemudahan berbelanja melalui aplikasi memungkinkan pecinta produk lokal untuk mencari barang yang diinginkan hanya dalam hitungan detik. Mudahnya mengakses produk lokal  memungkinkan UMKM untuk terlibat aktif dalam perkembangan ekosistem ekonomi digital. Tak heran jika Lazada pun menjadi tempat berkumpulnya produk-produk berkualitas dari brand lokal – yang pastinya tidak kalah keren dan bisa banget untuk melengkapi gaya sehari-hari.

Russ & Co

Russ & Co merupakan brand streetwear lokal asal Bandung dengan produk-produk unggulan seperti kaos, kemeja, crew neck, hoodie, kaos kaki sampai ikat pinggang. Produk Russ & Co juga dibandrol dengan harga yang sangat bersahabat. Berkat usaha mereka yang selalu serius untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan di setiap tahunnya, Russ & Co bahkan berhasil memperoleh gelar penghargaan LazMall of the Year 2022 dari Lazada.

Aerostreet

Brand Aerostreet didirikan pada tahun 2015 oleh Aditya Caesarico di Klaten. Awalnya Aditya hanya menjual sepatu ke sekolah-sekolah, namun seiring berjalannya waktu, Aerostreet terus berkembang dan menyediakan berbagai variasi produk mulai dari sepatu olahraga hingga sepatu formal. Bahkan sekarang Aerostreet sudah bisa menjual hingga 6.000 pasang sepatu per hari. Jargon Aerostreet “Now everyone can buy a good shoes” yang berarti bahwa siapapun dapat membeli sepatu yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

House of Kyny

Brand fesyen ini dibentuk oleh pasangan selebriti papan atas yang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kalian, yaitu Tantri Namirah dan Haykal Kamil. Lewat semangat mereka “The Runway Stealer”, House of Kyny memiliki keinginan agar masyarakat bisa mendapat dorongan percaya diri layaknya model yang sedang beraksi di panggung peragaan busana ketika memakai produk mereka.

Avoskin

Brand produk kecantikan ini didirikan oleh Anugrah Pakerti, salah satu penerima penghargaan “Forbes Under 30 Indonesia and Asia”. Dalam produksi setiap produknya, Avoskin tidak main-main dan hanya menggunakan bahan baku natural terbaik yang diperoleh secara langsung dari dataran tinggi Jawa dan Bali. Avoskin juga menjadi salah satu skincare lokal hits yang berhasil mencuri perhatian para beauty enthusiast Indonesia.

Luxcrime

Luxcrime adalah produk lokal yang berfokus pada kosmetik dan perawatan kulit yang terinspirasi oleh kecantikan wanita Indonesia. Produk-produk Luxcrime dikembangkan dengan formula berkualitas tinggi dan tanpa menggunakan bahan kimia. Komitmen menjaga keamanan setiap produknya berhasil membawa Luxcrime meraih berbagai penghargaan selama hampir 7 tahun perjalanan. Luxcrime memang tidak main-main dengan kualitas produk.

Selain brand-brand tersebut, pastinya masih banyak lagi brand lokal berkualitas di platform Lazada. Merayakan Hari UMKM Nasional 2022, Lazada juga menawarkan berbagai promosi menarik, mulai dari diskon, voucher, hingga gratis ongkir untuk para pelanggan brand lokal Indonesia.

ShopeePay dan ukmindonesia.id Gelar Pelatihan Gratis Jilid Dua

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital I ShopeePay bersama ukmindonesia.id kembali menghadirkan pelatihan virtual yang merupakan kelanjutan dari peluncuran buku panduan UMKM “Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay”. Pelatihan kedua yang diadakan bertepatan dengan Hari UMKM Nasional ini diperuntukkan secara gratis bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan mengusung topik “Strategi Penentuan Harga Jual Produk pada Kanal Digital dan Strategi Mengembangkan Bisnis Bersama ShopeePay”.

ShopeePay

Eka Nilam Dari, Head of Business and Partnerships ShopeePay mengatakan, UMKM merupakan salah satu tulang punggung dan roda penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan kontribusinya yang mencapai kisaran 61% terhadap PDB nasional. Namun, banyak hal yang harus dilakukan UMKM untuk dapat bersaing dan bertahan di tengah derasnya kompetisi pasar, mulai dari branding yang kuat, strategi promosi yang tepat, pemilihan kanal penjualan, hingga penentuan harga jual produk yang sesuai dengan konsumen yang disasar.

“Untuk itu, sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, ShopeePay bersama ukmindonesia.id mengemas berbagai tantangan tersebut ke dalam sebuah buku panduan yang mudah diakses, dibarengi dengan seri pelatihan UMKM gratis, yang kali ini membahas tentang cara menentukan harga jual produk pada kanal digital,” ujar dia.

Musa Fernandus, Trainer dan Financial Consultant ukmindonesia.id menambahkan, bahwa penentuan harga jual produk yang tepat berperan penting dalam memaksimalkan penjualan sebuah brand dan kunci mendapatkan laba yang diinginkan. Untuk itu, diperlukan pemahaman yang mendalam dan strategi yang tepat dalam menentukan harga produk yang sesuai dengan target konsumen serta pasar. Hal tersebut dapat dipelajari oleh pelaku UMKM, salah satunya dengan mengikuti pelatihan seperti yang kali ini dihadirkan ShopeePay.

“Dengan aktif belajar para pelaku UMKM bisa mendapatkan ilmu yang lebih luas untuk bisa memajukan bisnisnya, makin dikenal luas dan dapat bertahan di tengah kompetisi pasar saat ini,” ujar dia.Dalam sesi pelatihan, ada 3 kunci utama yang harus diingat oleh setiap pelaku usaha dalam menentukan harga jual produk yang tepat:

Ingat! Penentu Harga Jual Bukan hanya Modal dan Keuntungan
Mendapatkan keuntungan adalah salah satu tujuan dari setiap pemilik bisnis, namun hal tersebut tidak bisa dijadikan satu-satunya penentu dari harga produk yang ditetapkan. Selain ada perhitungan pada harga pokok bahan yang digunakan dan keuntungan yang ingin didapat, diperlukan juga pemahaman tentang keunggulan produk yang ditawarkan di pasar. Untuk itu, perlu mencermati keunggulan produk dan keunikan yang ditawarkan terlebih dulu. Setelah itu, amati kelangkaan dan permintaan pelanggan, lalu tentukan harga yang tepat. Semakin unik dan langka produk, semakin leluasa juga dalam menentukan harga yang diinginkan.

Lakukan Evaluasi Harga secara Berkala
Dari waktu ke waktu, kondisi pasar cenderung berubah-ubah mengikuti permintaan dan kesediaan barang. Untuk itu, harga jual produk yang ditentukan pada saat awal membangun bisnis pun harus secara berkala disesuaikan agar tidak merugi. Lakukan evaluasi terhadap harga yang ditawarkan dengan harga yang ada di pasar, dan jangan ragu untuk melakukan penyesuaian harga jika diperlukan. Riset yang dilakukan secara rutin juga bisa membantu dalam menentukan posisi produk, dibandingkan dengan kompetitor di industri yang sama.

Tambah Nilai Jual Produk dengan Berinovasi
Selain memikirkan bagaimana cara menentukan harga jual dan melakukan evaluasi harga secara berkala, pelaku bisnis juga dapat menambahkan nilai jual produknya dengan melakukan inovasi. Cara inovasinya pun beragam, mulai dari meningkatkan kualitas produk, layanan pelanggan, atau menghadirkan varian produk baru. Dengan melakukan banyak inovasi, nilai jual produk dari suatu bisnis dapat terus meningkat, semakin bersaing, dan semakin diminati oleh banyak pelanggan.

Untuk mendukung UMKM dari sektor mikro semakin bertumbuh dan berdaya di era digital, ShopeePay menghadirkan fitur Transfer ShopeePay yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha yang masih berjualan di media sosial dan mengandalkan metode transfer untuk kebutuhan transaksi pelanggannya.

Fitur ini memberikan keuntungan berupa layanan transfer bank tanpa biaya admin, tanpa batas kuota transfer setiap harinya, dan langsung sampai ke sesama pengguna ShopeePay atau berbagai rekening bank. ShopeePay juga menghadirkan fitur ShopeePay THR yang bisa dimanfaatkan pemilik usaha di berbagai inisiatif yang mereka lakukan untuk menarik konsumen, misalnya kompetisi atau giveaway melalui media sosial.

Dengan fitur ini, mereka bisa mengirimkan saldo ShopeePay kepada karyawan atau pelanggan dengan mudah. Mereka juga bisa mendapat keuntungan dan mendapatkan bonus sampai dengan jutaan rupiah lewat penggunaan fitur ini.

 

MyRepublic Perluas Cakupan Internet Serentak di 3 Kota 

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Memasuki semester kedua di tahun 2022, MyRepublic menambah 3 kota lagi di Pulau Jawa dan Sumatera yaitu Serang, Cilegon dan Lampung sebagai kota ke 16, 17 dan 18. Dengan bertambahnya 3 kota sekaligus semakin banyak masyarakat Indonesia yang dapat merasakan pengalaman berinternet terbaik untuk menunjang semua aktivitas online di rumah.

MyRepublic

Director Sales and Marketing MyRepublic Iman Syahrizal menjelaskan, “MyRepublic berencana untuk terus memperluas area cakupan hingga akhir tahun mencapai target total 21 kota di Indonesia. Kami terus menambahkan titik sambung di ketiga kota dan saat ini masih berfokus pada area perumahan. Semoga MyRepublic dapat diterima dengan baik di warga Lampung, Cilegon dan Serang dan dapat menjadi alternatif internet provider bagi masyarakat.”

Adapun pembukaan cabang MyRepublic ini dilakukan bersamaan secara hybrid antara Lampung dan Cilegon dilakukan secara meriah di Kantor Cabang Lampung yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman No.122, Kelurahan Rawa Laut, Kecamatan Enggal, Bandar Lampung dan untuk Kantor Cabang Cilegon dilaksanakan di Jalan Lingkar Selatan No. 6 Kedaleman, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Banten.

Pembukaan di Lampung turut dihadiri oleh Walikota Bandar Lampung, Hj Eva Dwiana, S.E., M.Si., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bandar Lampung, Ahmad Nurizki Erwanfi, dan Kapolsek Tanjung Karang Barat, Kompol Mujiono S.H., M.H. Perwakilan Direksi MyRepublic juga hadir memeriahkan acara yaitu Director Sales and Marketing, Iman Syahrizal, dan Chief Technology Officer, Hendra Gunawan.

Tak hanya memperluas cakupan area ke kota-kota baru, dia menambahkan, MyRepublic juga terus meningkatkan brand awareness-nya dengan membangun 79 Sales Point of Presence untuk kemudahan pelanggan mendapatkan informasi. Selain itu, MyRepublic juga tak henti mengembangkan layanan internetnya dengan meluncurkan inovasi seperti kecepatan simetris upload dan download 1:1 untuk semua produk MyRepublic.

Dengan kecepatan simetris ini MyRepublic optimis memberikan pengalaman berinternet cepat dan handal untuk aktivitas online di rumah. Inovasi MyRepublic juga mencakup variasi produk yang berfokus pada customer experience. MyRepublic baru saja meluncurkan paket MyGamer250 yaitu paket 250 Mbps lengkap dengan voucher game untuk memberikan pengalaman berinternet dengan kecepatan tinggi dan sangat sesuai untuk gamers.

Produk MyRepublic tersedia tidak hanya untuk perumahan tetapi juga untuk bisnis kecil dan menengah. MyRepublic juga memiliki beragam channel komunikasi baik WhatsApp Maira (08898 1500818), Telegram bot (ID: @myrepublicidbot), hingga web selfcare (maira.myrepublic.net.id) bagi pelanggan yang membutuhkan bantuan terkait layanan.

“Bagi warga Lampung, Cilegon, dan Serang yang ingin berlangganan, tentunya terdapat Opening Promo special dan terbatas dari MyRepublic. Calon pelanggan dapat langsung mengunjungi kantor cabang Lampung dan Cilegon. Calon pelanggan MyRepublic di Serang juga dapat mengunjungi Point of Presence myrepublic.co.id,” imbuh dia.

 

Bertahan 62 Tahun, Martabak Pecenongan 78 Membagikan Tiga Rahasia Suksesnya

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita UMKM | Bermula dari sebuah bisnis martabak dengan menggunakan gerobak yang sederhana di 1960, Martabak Pecenongan 78 berhasil diterima oleh masyarakat luas. Berulangkali mengalami jatuh bangun pada masa-masa awal merintis, tak membuat Martabak Pecenongan 78 patah arang.

Bertahan Arungi Kompetisi Bisnis Kuliner Selama 62 tahun - Martabak Pecenongan 78
Bertahan Arungi Kompetisi Bisnis Kuliner Selama 62 tahun – Martabak Pecenongan 78

Di tengah persaingan bisnis yang kian sengit, usaha turun temurun milik keluarga ini tak lantas nyaman dengan keadaan dan berdiam diri. Bahkan, di tengah pandemi sekalipun, Martabak Pecenongan 78 telah membuktikan kemenangannya dengan membuka ratusan cabang baru.

Siapa menyangka, pahit getirnya kegagalan kini membawa salah satu kuliner legendaris kota Jakarta ini merengkuh pasar dan melebarkan sayap hingga ke lebih dari 400 cabang di seluruh Indonesia. Dalam semangat Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, airasia food bersama Martabak Pecenongan 78 berbagi tips seputar mempertahankan eksistensi bisnis dan berekspansi kepada sesama pejuang UMKM kuliner di tanah air.

Sukses mempertahankan eksistensinya selama 62 tahun, Martabak Pecenongan 78 menerapkan sejumlah strategi praktis seperti yang terangkum berikut ini:

Konsistensi adalah kunci utama

Ada kalanya, pemilik bisnis “latah” dengan tren kekinian dan langsung melakukan pivot bisnis untuk menarik perhatian pasar. Namun, sebaliknya, Rey Christian selaku pemilik dari Martabak Pecenongan 78 tak lantas mengiyakan hal tersebut sebagai strategi yang tepat bagi kebertahanan sebuah bisnis.

Menurutnya, tren hanyalah bersifat sesaat, sedangkan konsistensi adalah kunci yang membuat sebuah bisnis bisa berusia panjang. Seorang pemilik bisnis haruslah konsisten dengan produk yang mereka jual dan mencari potensi-potensi di sekitar untuk mengembangkannya.

“Dari dulu hingga sekarang, Martabak Pecenongan 78 fokus di menu martabak. Namun, kami mengikuti selera pasar melalui inovasi menu, seperti meluncurkan martabak Sultan yang super besar dan mewah, hingga fleksibel dalam cara kami berkomunikasi dengan target market. Jika dahulu hanya mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut, kini kami aktif mengembangkan media sosial, juga mengedepankan layanan pemesanan online, salah satunya dengan airasia food,” jelas Rey.

Kepercayaan pelanggan adalah modal yang harus dijaga

Ketika sebuah bisnis semakin besar, acap kali kualitas produk tak lagi menjadi prioritas. Akibatnya, pelanggan merasa kecewa dan berujung pada penurunan performa bisnis secara keseluruhan. Sebagai generasi penerus bisnis Martabak Pecenongan 78, Rey Christian selalu menomorsatukan kualitas demi menjaga kepercayaan pelanggan.

“Mungkin beberapa orang melihat harga kami di atas rata-rata jika dibandingkan dengan merek martabak lainnya. Namun, kami dapat memastikan bahwa pelanggan mendapatkan kualitas rasa dan bahan baku yang terbaik. Ketika situasi mendesak, misalnya harga bahan baku mahal, mungkin pemilik bisnis tergiur untuk mengganti dengan kualitas yang lebih rendah. Tetapi kami sangat menghindari hal tersebut, karena bagi kami kepercayaan pelanggan adalah modal yang harus dijaga,” ungkapnya.

Lebih dari itu, Martabak Pecenongan 78 selalu menanggapi serius setiap kritik dan saran dari pelanggan. “Martabak Pecenongan 78 memiliki call-center yang akan siap merespon pelanggan jika memiliki keluhan dengan produk kami. Sekian puluh tahun, kami tetap menjaga komitmen agar pelanggan selalu merasakan pengalaman terbaik,” sambung Rey.

Keterbukaan terhadap kolaborasi

Di tengah persaingan pasar yang semakin menantang, kolaborasi menjadi sebuah solusi untuk menyatukan kekuatan. Selain berkolaborasi dengan sejumlah publik figur dan influencer ternama dalam memasarkan produknya, Martabak Pecenongan 78 juga terbuka terhadap kolaborasi bersama layanan pesan-antar makanan online, seperti airasia food.

Rey mengungkapkan brand AirAsia yang telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia menjadi salah satu nilai tambah yang menarik Martabak Pecenongan 78 untuk bergabung sebagai mitra merchant.

“Walaupun baru berjalan selama empat bulan, namun peran airasia food dalam mendukung bisnis kami sangatlah signifikan, terlihat dari peningkatan transaksi yang terus bergerak vertikal ke atas. Saya juga merasa sangat terbantu dengan tim merchant relations dari airasia food yang sangat komunikatif dan kooperatif dalam membantu kami. Contohnya, mereka rutin menawarkan kolaborasi kampanye sebagai stimulus transaksi pelanggan. Saya sangat senang dapat ambil bagian sebagai merchant generasi pionir airasia food dan saling bertumbuh bersama,” tutup Rey.

 

Kolaborasi BSI – Hartadinata Permudah Masyarakat Mencicil Emas Batangan

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Financial Services | Emas telah dikenal sebagai salah satu instrumen investasi untuk lindung nilai (safe haven) yang terbukti mampu memproteksi kekayaan dari ancaman inflasi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, produk cicilan emas merupakan salah satu solusi bagi masyarakat Indonesia dalam mewujudkan rencana dan impian di masa depan.

Untuk memudahkan masyarakat dalam berinvestasi emas, PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA), perusahaan manufaktur perhiasan emas terintegrasi di Indonesia, menjalin kerja sama dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam transaksi pembelian emas batangan. Kerja sama kedua belah pihak diresmikan pada 11 Agustus 2022 lalu.

Dengan kerja sama ini, HRTA menjadi salah satu pemasok emas untuk pembelian emas batangan secara cicilan di BSI. Saat ini, nasabah BSI dapat mencicil pembelian produk emas batangan unggulan HRTA yaitu EmasKITA ber-teknologi BullionProtect®, mulai dari gramasi 10 gram di cabang BSI.

Baca juga: Pegadaian Ajak Nasabah Premium Investasi Emas

“Kerja sama ini merupakan keberlanjutan atas keberhasilan rekam jejak Perseroan yang terbukti (proven track record) dalam memperoleh kepercayaan dari institusi keuangan besar di Indonesia. Produk EmasKITA menjadi top of mind dalam berinvestasi emas batangan yang terpercaya dan aman bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Direktur Utama, HRTA Sandra Sunanto.

Kerja sama yang dilakukan dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) ini melengkapi rangkaian kerja sama program cicilan emas batangan HRTA sebelumnya, yang telah dilakukan dengan institusi keuangan lainnya seperti PT Bank BJB Syariah dan PT Taspen (Persero).

Melalui kerjasama dengan BSI, HRTA optimis bahwa kedepannya kerja sama dengan institusi lain juga akan berkembang kedepannya, terlebih melihat kinerja positif HRTA pada Semester 1 tahun 2022 (1H2022).

Baca juga: Beli Emas Mulai Rp500? Pegadaian dan Tokopedia Punya Solusinya

Emas batangan
Foto: Hartadinataabadi.co.id

“Kami optimis keberlanjutan kerja sama institusi akan terus berkembang dan akan diikuti dengan kolaborasi strategis lainnya di masa mendatang. Hal ini tentunya menjadi katalis positif yang mendorong pertumbuhan kinerja keuangan HRTA di tahun 2022,” jelas Sandra.

Melihat kinerja positif pada 1H2022 juga, HRTA menargetkan untuk perseroan bisa tumbuh terus tumbuh positif kedepannya. Manajemen HRTA menargetkan pertumbuhan nilai penjualan sebesar 29,77% YoY dari Rp5,24 triliun di tahun 2021 menjadi Rp6,8 triliun di akhir tahun 2022.

 

Inovasi Campaign dari Olround untuk Mobil Listrik Hyundai

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Otomotif |  Melihat minimnya pengetahuan masyarakat terhadap penggunaan dan perawatan mobil listrik, mendorong Olround  untuk mengedukasi masyarakat seputar mobil listrik melalui ide yang segar, inovatif, dan mudah dipahami.

Sukses dengan peluncuran seri mobil listrik terbaru Hyundai pada Maret lalu, Olround sebagai agensi digital yang fokus pada pengembangan kreativitas ide dan berbasis pada data, turut mewarnai peluncuran Hyundai IONIQ 5 lewat ragam inovasi yang dihadirkan, salah satunya melalui inovasi The Paracube.

“Kami merasa sangat antusias bisa menjadi bagian dari perjalanan kampanye Hyundai untuk semakin memperkuat posisinya sebagai pioneer produksi mobil listrik pertama di Indonesia, melalui inisiasi The Paracube. Ide ini kami kembangkan menjadi sebuah cubic yang berisikan sebuah pesan dari ‘masa depan’ yang dikirimkan oleh Hyundai IONIQ 5 kepada beberapa masyarakat terpilih untuk bisa merasakan langsung pengalaman masa depan bersama Hyundai di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 lalu,” ungkap Hirzi Harmaen, Creative Director Olround Agency.

Baca juga: Astra Otopower Ramaikan Gelaran GIIAS 2022

The Paracube terinspirasi dari Parametric Pixels yang ada di salah satu fitur Hyundai IONIQ 5 EV. Fitur ini berada di sisi Front & Rear Lamp yang terdiri dari kumpulan pixelated lights dan membentuk sebuah signature lights di Hyundai IONIQ 5 EV, sehingga dapat menjadi visual identity dari Hyundai IONIQ 5 EV di setiap elemen desainnya.

mobil listrik
Tim Olround

Tak hanya sampai disitu, Olround juga turut menghadirkan inisiasi lainnya, antara lain peluncuran tiga video teaser yang menampilkan inovasi terbaru dari Hyundai IONIQ 5 EV yaitu Vehicle to Load dan berkolaborasi dengan Fitra Eri sebagai salah satu tokoh otomotif dalam membuat walkaround video yang membedah sisi luar dan dalam dari Hyundai IONIQ 5 EV.

Uniknya, produksi video tersebut juga ditenagai oleh Hyundai IONIQ 5 EV lewat fitur Vehicle to Load (V2L) dan berhasil menjadi video organic Hyundai Motors Indonesia dengan nilai tertinggi mencapai lebih dari 500.000 views di Youtube.

Astrid Ariani Wijana, GM Marketing Dept PT. Hyundai Motors Indonesia mengungkapkan, Olround menunjukkan pemahaman sangat baik terhadap perkembangan otomotif hingga tantangannya termasuk tren mobil listrik di Indonesia.

Baca juga:[Survei] 76% Bisnis Masih Khawatir Soal Keamanan Mobil Listrik

“Kami melihat bahwa deretan inisiasi yang dilakukan oleh Olround untuk Hyundai IONIQ 5 EV mampu mendapatkan respon positif dari masyarakat khususnya para pecinta otomotif di Indonesia dengan nilai engagement rate sebesar 4.5% untuk kampanye Hyundai IONIQ 5. Nilai ini merupakan yang tertinggi jika dibandingkan dengan kampanye peluncuran produk Hyundai sebelumnya,” ungkap Astrid.

Ke depannya, Olround sebagai bagian dari ekosistem ALVA Holding Group, digital powerhouse terbesar di Asia Tenggara, akan terus melahirkan ide-ide kreatif, segar, dan inovatif untuk memberikan hasil terbaik yang dapat dipahami masyarakat luas.

“Dengan mengedepankan teknologi sebagai landasan berpikir kami, Olround dan Hyundai akan terus berkomitmen untuk melahirkan ide kampanye melalui fitur-fitur berteknologi tinggi dan juga bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat dalam setiap line up unit yang dijual di Indonesia,” jelas Hirzi.

 

Bidik Nasabah BPR, Komunal Luncurkan Fitur E-Deposito

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Financial Services | Komunal meluncurkan fitur terbarunya, yaitu E-Deposito di platform DepositoBPR by Komunal. Melalui fitur E-Deposito, nasabah akan menerima advis elektronik, sehingga mengeliminasi kebutuhan akan bilyet fisik. Fitur ini menjawab pesatnya kebutuhan nasabah dan BPR dalam proses pembukaan deposito.

Platform DepositoBPR diluncurkan oleh Komunal untuk membantu BPR go-digital dan lebih mudah terhubung dengan para nasabah. Hingga Juli 2022, DepositoBPR by Komunal telah memproses penempatan deposito dari masyarakat ke lebih dari 160 mitra BPR Komunal yang tersebar di seluruh Indonesia hingga lebih dari Rp 1 triliun sejak diluncurkan.

Pertumbuhan tersebut mencakup peningkatan nilai transaksi, basis nasabah yang semakin besar, serta penguatan dan perluasan ekosistem pelayanan DepositoBPR by Komunal. Pertumbuhan Deposito BPR menunjukkan besarnya potensi pasar dalam menggerakkan perekonomian Indonesia.

Baca juga: PermataBank Syariah Hadirkan Layanan Digital untuk BPRS

Pada umumnya, para nasabah akan menerima bilyet fisik selama kurun waktu 3-5 hari setelah membuka deposito di BPR. Bilyet fisik memiliki berbagai kekurangan, antara lain: rentan terselip, rusak kondisinya jika tidak disimpan dengan baik, dan juga ribet karena harus dikirim kembali ke BPR penerbit.

Dengan fitur E-Deposito, para nasabah akan mendapatkan advis elektronik (Surat elektronik bukti penempatan deposito). Terlebih, nasabah dapat langsung menerima advis elektronik setelah proses pengajuan E-Deposito. Advis E-Deposito memungkinkan proses yang lebih cepat, mudah, dan nyaman.

Aplikasi Deposito
E-Deposito di platform DepositoBPR by Komunal.

Direktur Utama PT Komunal Sejahtera Indonesia (DepositoBPR by Komunal), Kendrick Winoto mengatakan, fitur E-Deposito untuk mendukung seluruh BPR semakin maju secara digital. Pihaknya meyakini fitur baru ini dapat mempermudah para nasabah dan BPR, sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat diberdayakan secara finansial.

“Kami percaya hadirnya fitur E-Deposito ini akan mempercepat dan mempermudah proses pendanaan dan pencairan deposito. Nasabah juga tidak perlu khawatir akan bilyet deposito yang berpotensi hilang atau rusak,” tutur Kendrick.

Baca juga: Capai Penyaluran Deposito & Kredit Sebesar Rp 1,35 T, Komunal Gandeng Generasi Milenial

Kendrick menambahkan, fitur tersebut juga digunakan untuk memfasilitasi BPR dalam penyediaan layanan E-Deposito melalui platform DepositoBPR Komunal. Selain prosesnya praktis, BPR tidak perlu melakukan upaya pengiriman bilyet fisik kepada dan dari nasabah, serta tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli materai.

“Dengan fitur E-Deposito tentunya dapat memangkas biaya operasional, seperti biaya cetak dan kirim bilyet, sehingga produk deposito juga menjadi lebih inklusif dan pada akhirnya nominal minimum deposito bisa diturunkan,” lanjut Kendrick Winoto.

E-Deposito digadang-gadang cocok untuk nasabah Gen-Z atau millennial. Mereka bisa memulai investasi E-Deposito mulai dari Rp 300 ribu dengan imbal hasil cukup tinggi. Pembukaan deposito di mitra BPR melalui platform DepositoBPR by Komunal dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga 2M.