Tuesday, October 28, 2025
Home Blog Page 775

Raih Pendanaan Rp68 Miliar, Motor Listrik Charged Indonesia Siap Meluncur di Kuartal 4 2022

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

motor listrik Charged Indonesia - Declout 2Charged Indonesia berencana meluncurkan rangkaian sepeda motor listrik yang  terjangkau dan praktis untuk armada komersial dan kendaraan individu di Indonesia  pada kuartal 4 tahun 2022 

Marketing.co.id – Berita Otomotif | DeClout Ventures Pte. Ltd. (DeClout Ventures) telah  merintis investasi sebesar US$4,5 juta atau sekitar sekitar Rp68 miliar kepada Charged Indonesia, sebagai bagian dari pendanaan perdana mereka.

Charged Indonesia merupakan sebuah perusahaan scale-up (perusahaan dengan  pertumbuhan tinggi) yang berkecimpung dalam bidang produksi dan distribusi sepeda  motor listrik yang didirikan pada tahun 2022. Charged Indonesia menghadirkan pilihan  mobilitas berkelanjutan yang kompetitif dalam kepraktisan dan terjangkau bagi konsumen  dibandingkan dengan sepeda motor berbahan bakar minyak yang selama ini  kita kenal.

pabrik Charged Indonesia - Declout 2Charged Indonesia saat ini sedang dalam proses meluncurkan sebuah komplek industri  Zero energy (sumber energy mandiri yang menggunakan sumber daya energi  berkelanjutan) seluas 16.000-meter persegi di Jabodetabek, sebagai lokasi untuk pusat  penelitian dan pengembangan, experiential center, serta sebagai pusat produksi.

Diawali  dengan 3 model sepeda motor listrik yang praktis dan terjangkau untuk memenuhi  berbagai kebutuhan termasuk transportasi pribadi, logistik, armada perusahaan, dan  layanan ride-hailing, Charged Indonesia bertujuan untuk mempercepat diterimanya  kendaraan listrik di Indonesia, guna mengurangi polusi udara dan meningkatkan  pengalaman berkendara di Indonesia.

Direktur Komersial Charged Indonesia Stephanus Widi menyampaikan, emisi karbon dari  sepeda motor berbahan bakar minyak adalah salah satu sumber utama polusi udara di  Indonesia, dan Charged Indonesia bermaksud untuk membantu mengatasi ini dengan  mendorong perubahan bagi para pengguna sepeda motor berbahan bakar minyak untuk  bertransisi ke pada moda transportasi yang ramah lingkungan.

“Kami berkomitmen mendorong perubahan besar menuju penggunaan sepeda motor listrik yang terjangkau,  praktis dan juga diminati penggunanya di Indonesia, dan berusaha meningkatkan  pengalaman berkendara yang dirasakan oleh jutaan pengendara dan penumpang sepeda  motor. Kami melihat diri kami sebagai bagian dari gerakan keberlanjutan di Indonesia  bersama dengan Pemerintah, BUMN, LSM, jaringan mitra pemasok, dan anggota  ekosistem lainnya untuk menciptakan masa depan dengan udara yang lebih bersih,  pengurangan polusi, dan kesehatan yang lebih baik untuk generasi masa depan dan  lingkungan kita,” katanya.

“DeClout Ventures berkenan dapat bermitra dengan Charged Indonesia untuk mendorong  penggunaan sepeda motor berbasis listrik di Asia Tenggara, dimulai dari Indonesia.  Investasi ini merupakan investasi yang strategis bagi kami karena kami melihat  keselarasan dan sinergi yang kuat antara bisnis Charged Indonesia dan perusahaan  portofolio yang kami miliki dalam bidang infrastruktur kota cerdas, IOT, dan teknologi  bersih,” kata Mr Lim Swee Yong, CEO DeClout Ventures.

 

Bagaimana Cara Mencegah Cacar Monyet Pada Penderita Diabetes?

0
[Reading Time Estimation: 4 minutes]

Cacar Monyet Rentan Dialami Penderita Diabetes, Ini Penjelasan Dokter esehatan yang Tepat Allianz Indonesia

Bagaimana cara mencegah penyebaran rantai cacar monyet khususnya pada penderita diabetes?

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Dr. Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD, CHt, FINASIM, atau yang dikenal dengan Dr. Jeff menjelaskan bahwa cacar monyet atau Monkeypox lebih rentan terkena pada orang dengan faktor risiko. Bahkan, melansir dari data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, tercatat ada sebanyak 47.652 kasus secara global per 26 Agustus 2022.

Terkait dengan faktor risiko, secara umum ada empat tipe orang yang rentan terpapar virus cacar monyet. Yaitu mereka yang sedang hamil, anak-anak berusia kurang dari 8 tahun, mereka yang terpapar dengan hewan seperti petugas di kebun binatang, dan mereka dengan imunitas atau kekebalan yang melemah.

“Kekebalan yang melemah ini terdiri atas kekebalan yang disebut innate dan adaptive. Innate ini contohnya adalah kekebalan yang diperantarai sel makrofag dan lainnya. Sedangkan kekebalan Adaptive adalah kekebalan yang diperantarai limfosit sel B dan sel T. Kelemahan dari imunitas atau kekebalan ini menyebabkan virus Monkeypox mudah masuk ke dalam tubuh penderita diabetes sehingga lebih rentan terjadi infeksi dan bermanifestasi menjadi gejala”, jelas Dr. Jeff.

Selain itu, Dr. Jeff juga menjelaskan bahwa penderita gangguan imun seperti penyakit autoimun khususnya diabetes berisiko mengalami infeksi parah ketika terkena cacar monyet. Karena, pada penderita diabetes terjadi hiperglikemia alias kelebihan gula yang menyebabkan disfungsi dari respon imun ketika melawan kuman-kuman termasuk virus cacar monyet. Itulah yang menyebabkan penderita diabetes biasanya berisiko mengalami gejala yang lebih berat saat terkena cacar monyet.

“Memang pada penderita diabetes itu kan terjadi perubahan dari sel-sel kekebalan yang disebut dengan cell-mediated immunity dan yang kedua dari antibodi atau antibody-mediated immunity, perubahan yang terjadi berupa penurunan pada keduanya. Nah, untuk cell-mediated ini biasanya itu yang menurun adalah fungsi sel makrofag. Dimana sel tersebut memiliki kemampuan untuk membunuh virus yang masuk, termasuk virus cacar monyet ini,” tambahnya.

Meskipun penderita diabetes terpapar virus cacar monyet, harapan sembuh dan pulih tetap ada. Tetapi, yang perlu menjadi perhatian adalah ketika menjalani pemulihan perlu dilakukan upaya untuk menstabilkan kadar gula darah. Berhubung kadar gula yang tinggi tidak terkontrol dengan kekebalan tubuh yang akan menurun. Sehingga, dengan mengontrol kadar gula maka kekebalan tubuh akan menjadi pulih juga sehingga tidak mudah terkena infeksi yang lain.

“Perlu juga dilihat apakah penderita diabetes ini sudah mengalami komplikasi pada organ-organ tubuh lainnya. Yang mana kalau terjadi komplikasi atau komorbid, hal ini dapat menyebabkan penderita diabetes lebih sulit dan lebih lama waktu yang diperlukan untuk pulih dibanding biasanya. Hal ini disebabkan adanya gangguan fungsi pada organ-organ dalam sebagai collateral damage, adanya kerusakan ini menyebabkan pemulihan biasanya lebih lama”, ujar Dr. Jeff.

Ketika penderita diabetes terpapar cacar monyet, penanganan yang dilakukan adalah sama halnya dengan pasien-pasien tanpa diabet. Hanya saja pada penderita diabetes, harus dilakukan juga secara simultan dan segera upaya untuk mengontrol kadar gula darah, upaya ini penting untuk untuk menghindari lonjakan jumlah sel yang rentan mengalami kerusakan lanjutan akibat infeksi cacar monyet.

“Cacar monyet pada penderita diabetes diatasi secara bersamaan dengan pemberian antivirus dan insulin untuk menurunkan kadar gula darah tinggi (Biasanya bila ada klinis mendukung dan gula darah tinggi di atas 250), gula darah tinggi ini harus cepat diatasi untuk mencegah agar tidak terjadi komplikasi ke organ-organ lain”, sahut Dr. Jeff.

Lantas, bagaimana cara mencegah penyebaran rantai cacar monyet khususnya pada penderita diabetes?

Dr. Jeff mengutarakan bahwa penting untuk menerapkan protokol kesehatan, secara spesifik berupa tindakan berikut:

  1. Vaksinasi, bisa dengan vaksin cacar air sejauh ini, untuk vaksin spesifik Monkeypox saat ini masih terbatas pada uji klinis.
  2. Hindari kontak dengan hewan yang terinfeksi terutama hewan yang sakit atau mati.
  3. Hindari kontak dengan tempat tidur dan bahan lain yang terkontaminasi virus.
  4. Masak dengan matang semua makanan yang mengandung daging atau bagian hewan.
  5. Sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.
  6. Hindari kontak dengan orang yang mungkin terinfeksi virus.
  7. Lakukan seks aman, seperti menggunakan kondom.
  8. Memakai masker yang menutupi mulut dan hidung Anda saat berada di sekitar orang lain.
  9. Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering disentuh.
  10. Gunakan alat pelindung diri (APD) saat merawat orang yang terinfeksi virus.

Selain itu cegah adanya kontak cairan tubuh, tidak makan bersama dengan pasien yang terpapar virus cacar monyet, dan pastikan gula darah tetap terkontrol. “Bila gula darah tidak terkontrol atau berlebih maka hal ini akan meningkatkan risiko terinfeksi cacar monyet. Oleh karena itu bila gula terkontrol akan jauh lebih bisa ditekan risiko penularannya”, jelas Dr. Jeff.

Menanggapi tentang rentannya penderita diabetes dengan cacar monyet, Jessica Rukmanto, Co-Founder mGanik Group, menghimbau supaya setiap dari kita penting untuk menjaga kesehatan gula darah dan juga menerapkan protokol kesehatan. “Pastikan juga tetap mengatur pola makan untuk menjaga kadar gula darah sehingga tetap stabil. Selain itu, hindari kontak langsung dengan pasien yang terkontaminasi dengan virus cacar monyet dan rutin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer berbahan dasar alkohol, merupakan sebuah langkah preventif untuk melindungi diri,” tambah nya.

Dr. Jeff juga menyarankan langkah preventif lainnya adalah melakukan screening singkat pada pasangan seksual, dengan pertanyaan simpel atau upaya lainnya. Apabila ada riwayat terpapar cacar monyet, sebaiknya perlu disarankan melakukan karantina dan menghindari kontak langsung, membersihkan alat-alat mandi, pakaian, dan jangan menggunakannya secara bersamaan.

“Penggunaan benda secara bersamaan dapat menularkan virus cacar monyet melalui kontak yang dekat seperti pelukan, kontak dari bahan-bahan linen atau bahan-bahan ruangan seperti sprei dan kemeja. Alat-alat yang digunakan bersama, yang ada di rumah juga dapat menjadi penularan dan pastinya dari hewan-hewan peliharaan sehingga harus hati-hati apabila ada kontak, terutama bila ada riwayat diabetes apalagi bila kadar gula darah kita masih belum terkontrol” pungkas Dr. Jeff.

Program dan Promo Semarak BAF 25 Tahun untuk Pelanggan selama September

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Promo Semarak BAF 25 Tahun

Promo Semarak BAF 25 Tahun berlaku untuk seluruh produk pembiayaan BAF

Marketing.co.id – Berita Marketing | Genap berusia ke-25 tahun pada 24 September 2022 mendatang, PT Bussan Auto Finance (BAF) memasuki momentum penting dalam perjalanannya sebagai perusahaan pembiayaan yang senantiasa memberikan solusi keuangan bagi masyarakat Indonesia.

Beragam transformasi, strategi bisnis, dan prestasi yang ditorehkan selama seperempat abad, mampu mempertahankan eksistensi dan kinerja BAF untuk tetap andal dan dipercaya konsumen setianya juga mitra usaha.

Di tengah situasi yang menantang, BAF terbukti mampu meraih prestasi gemilang di tahun 2021 dengan mencatatkan pertumbuhan yang solid. Penerapan network strategy baru, diversifikasi portfolio bisnis, serta akselerasi digital selama pandemi turut berkontribusi terhadap pertumbuhan bisnis BAF yang kian melesat. Hal tersebut tidak terlepas dari komitmen penuh, dedikasi, loyalitas, dan etos kerja yang tinggi dari lebih dari 8.000 karyawannya di seluruh Indonesia.

Presiden Direktur BAF Lynn Ramli mengungkapkan bahwa di tahun istimewa ke-25, BAF semakin mantap dalam mewujudkan misi dan visi perusahaan untuk memberikan layanan terbaik bagi konsumennya.  “Selain terus memberikan kinerja yang lebih baik, kami sangat bersyukur atas dukungan dan kepercayaan masyarakat Indonesia selama 25 tahun BAF mengukuhkan diri, melanjutkan keberlangsungan bisnis di industri pembiayaan. Semoga momentum 25 tahun ini dapat terus memacu semangat kami dalam meningkatkan kapabilitas dan layanan prima kepada BAF Friends (konsumen BAF),” ujarnya.

Sebagai ungkapan terima kasih terhadap dukungan konsumen setia BAF yang menyertai perjalanan BAF selama seperempat abad ini, BAF mempersembahkan hadiah dan beragam penawaran menarik melalui Promo Semarak BAF 25 Tahun untuk konsumen yang melakukan #CicilAjadiBAF selama periode 31 Agustus hingga 24 September 2022, di antaranya Total Hadiah 25 motor Yamaha Fazzio Neo yang akan diundi setiap hari, dan total hadiah Rp250 juta saldo GoPay dimana setiap harinya saldo GoPay Rp 10 juta akan diberikan kepada 100 konsumen pertama yang membayar cicilan tepat waktu.

Promo Semarak BAF 25 Tahun berlaku untuk seluruh produk pembiayaan di BAF seperti motor baru Yamaha, motor bekas berkualitas, mobil, elektronik, gadget, furnitur, mesin pertanian, BAF Dana Syariah, dan BAF AdiDana. Promo berlaku untuk pengajuan pembiayaan melalui kantor jaringan BAF, aplikasi BAF Mobile dan WhatsApp Business BAF di nomor 08118018873.

Tema Semarak BAF 25 Tahun merupakan bentuk kontinuitas serta komitmen BAF untuk terus produktif, tumbuh, dan bangkit dari situasi saat ini guna mewujudkan kualitas pelayanan yang prima tanpa mengesampingkan kesehatan konsumen dan karyawan. BAF secara aktif mendorong BAFers (karyawan BAF) dan BAF Friends untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

“Melalui rangkaian promo dan program yang kami berikan untuk konsumen setia BAF, harapan kami dapat sejalan dengan upaya pemulihan ekonomi nasional yang tercermin dalam perwujudan ekonomi berkelanjutan yang dilakukan BAF. Semoga BAF terus tumbuh menjadi perusahaan yang andal, dipercaya dan senantiasa melekat di hati masyarakat yang tidak hanya berorientasi pada bisnis namun juga peduli terhadap lingkungan sekitar,” tutup Lynn.

Komitmen Menjaga Kualitas, Colatta Raih Top Brand Award 2022

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Award Achievers | Sebuah pencapaian membanggakan berhasil diraih oleh Colatta. Menempati posisi pertama Top Brand Award 2022 di kategori Chocolate Compound dan Glaze/Topping.

Sebagai produk cokelat asli buatan Indonesia, Colatta terpilih menjadi pemenang berdasarkan hasil survei independen yang melibatkan lebih dari 12 ribu responden yang dilaksanakan serentak di 15 kota besar Indonesia.

PT Gandum Mas Kencana (GMK) sebagai produsen cokelat Colatta sangat mengapresiasi kepercayaan masyarakat terhadap Colatta. Pencapaian ini juga menjadi sebuah tolak ukur bahwa brand cokelat Colatta yang berdiri sejak 1985 ini semakin dikenal dan diakui oleh banyak orang berkat kualitas dan eksistensinya di dunia cokelat.

“Kami dari Gandum Mas Kencana sangat bangga dan bersyukur dapat meraih Top Brand Award 2022. Penghargaan ini merupakan hasil dari konsistensi GMK dalam menyediakan produk cokelat yang inovatif dan berkualitas. Kami sangat berterima  kasih atas kepercayaan dan dukungan para pelanggan setia selama ini. Tentunya penghargaan ini akan membuat brand Colatta semakin dipercaya, “ungkap Sri Utami, Marketing Manager PT Gandum Mas Kencana.

Mutu & Inovasi Produk

Sejak 1985, GMK telah menunjukkan eksistensinya di bidang industri makanan khususnya cokelat dengan brand Colatta dan produk berbahan dasar powder yang dikenal dengan brand Haan dan Bendico.

Berawal dari perusahaan privat yang khusus menyediakan kebutuhan baking skala rumahan, GMK telah berkembang menjadi salah satu pemain utama dalam industri cokelat. Kini, GMK telah menjadi pengekspor cokelat yang telah merambah ke sejumlah negara di Asia, Afrika, Eropa dan berencana mengembangkan sayapnya ke berbagai negara lainnya.

“Berbagai jenis cokelat dan produk lainnya dari Colatta sangat mengedapankan kualitas bahan baku di setiap produknya. Bahkan cokelat asli buatan Indonesia ini diproduksi dan dirancang sedemikian rupa menyesuaikan dengan kebutuhan para pelaku bisnis, salah satunya UMKM,” ujar Sri Utami yang biasa disapa Uut.

Kekuatan brand Colatta hingga berhasil meraih Top Brand Award 2022 ini berkat terpenuhinya tiga parameter Merek Top, yakni Top of Mind Share, Top of Market Share, dan Top of Commitment Share. Parameter merek peraih Top Brand ini menunjukkan merek yang paling dikenal oleh konsumen, paling banyak dibeli oleh konsumen, dan mampu menciptakan loyalitas konsumen.

“Colatta Compound Chocolate memiliki citarasa cokelat yang lezat dengan intensitas yang kuat, hasil akhir yang mengkilap, serta hasil yang konsisten meski dipanaskan berulang kali. Begitu pula dengan produk Colatta Glaze, topping cokelat siap pakai ini juga memiliki varian rasa nikmat dengan warna yang memikat. Keunggulan-keunggulan inilah yang akhirnya membuat Colatta dipilih oleh masyarakat untuk digunakan di berbagai jenis aplikasi seperti praline, ganache, isian, dan dekorasi kue,” pungkas Uut.

Berbagai produk yang berada di bawah merek Colatta juga telah didukung oleh sertifikasi Halal, HACCP, ISO 9001, dan ISO 22000. Begitu juga dengan proses pembuatannya yang telah melalui teknologi tinggi, penggunaan bahan baku berkualitas, dan diproduksi serta didistribusikan oleh sumber daya manusia yang unggul.

Menjaga Kepercayaan Pelanggan

Penghargaan ini juga menjadi pengingat bagi GMK untuk berkomitmen menjaga kualitas dan menempatkan customer sebagai center dimana customer experience selalu diperhatikan dan dijaga. Untuk mempertahankan penghargaan ini, Uut mengatakan akan terus mengedepankan kualitas dan menjaga kepercayaan masyarakat dengan beragam produknya, sesuai dengan misi GMK yang menginspirasi orang untuk terus mengembangkan passion dalam kreasi makanan supaya bisa menyenangkan banyak orang.

Dengan kebutuhan pasar yang terus berkembang dan berbagai ide serta tren yang terus bertumbuh, GMK memahami bahwa setiap konsumen membutuhkan produk yang berkualitas. Didukung dengan teknologi tinggi, tim riset dan quality management, GMK dapat memenuhi kebutuhan serta mengembangkan produk yang sesuai dengan permintaan konsumen.

Tak hanya kualitas, perusahaan juga akan terus berinovasi menghadirkan produk yang terus mengikuti tren di dunia food and beverage baik di skala rumahan, industri, dan food service. Tentunya dengan harga yang bersaing pula.

Berdasarkan pengalaman yang berhasil dibangun puluhan tahun tersebut, GMK memahami berbagai kebutuhan di bidang industri makanan yang tentunya berbeda-beda antara satu konsumen dengan yang lainnya. Industri makanan membutuhkan bahan baku berkualitas yang tentunya akan mempengaruhi produk jadi. Selain itu, harga yang bersaing menjadi titik penting dalam bisnis ini.

“Ini tidak akan berakhir disini, kami akan terus menjaga kualitas produk dan layanan kami untuk terus menumbuhkan kepercayaan konsumen yang sudah terbina dengan baik agar brand kami tetap menjadi nomor satu pilihan konsumen. Penghargaan ini juga pastinya akan memacu semangat kami untuk konsisten menciptakan inovasi dan terobosan-terobosan baru,” pungkas Uut.

Hari Pelanggan Nasional 2022, Menciptakan Pelanggan sebagai Promotor

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Hari Pelanggan Nasional, atau Harpelnas dirayakan setiap tanggal 4 September. Dicetuskan oleh Handi Irawan, CEO Frontier, pada di tahun 2003, banyak pihak yang mendukung ide ini, baik dari BUMN, swasta dan pemerintah. Bahkan, Presiden ke-5 Republik Indonesia saat itu, Megawati Soekarnoputri sendiri yang meresmikannya. Di tahun 2022 ini, peringatan Hari Pelanggan Nasional mengambil tema “Menciptakan Pelanggan sebagai Promotor”.

harpelnas hari pelanggan nasional 2022

Memang, loyalitas pelanggan adalah kunci untuk membangun bisnis yang berkelanjutan. Kepuasan pelanggan yang kuat dan ulasan positif dari pelanggan dapat membantu perusahaan Anda tumbuh dan berkembang. Selain itu, pelanggan yang senang dan puas dengan produk atau layanan Anda cenderung berbagi pengalaman mereka dengan orang lain, baik dari mulut ke mulut atau di akun media sosial mereka. Hasilnya, mereka menjadi pendukung merek Anda.

Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, Anda harus memastikan bahwa pelanggan Anda mendapatkan pengalaman positif dari awal hingga akhir: dari percakapan awal tentang apa yang mereka butuhkan dan inginkan hingga pengiriman produk (atau layanan). Penting juga bagi karyawan Anda untuk memahami mengapa penting bagi mereka untuk tidak hanya memenuhi pesanan, tetapi juga memberikan layanan yang sangat baik (excellence).

Jadi, jika Anda menginginkan kesetiaan dan bisnis berulang dengan pelanggan Anda, maka Anda perlu berinvestasi dalam layanan pelanggan yang hebat.

Free Download: Bulletin Hari Pelanggan Nasional 4 September 2022

Perusahaan yang menawarkan layanan pelanggan yang hebat sering kali lebih sukses daripada pesaing mereka karena mereka telah membangun reputasi sebagai perusahaan yang responsif dan suka membantu. Selain itu, menawarkan produk atau layanan berkualitas tinggi tidak akan berarti banyak jika pengalaman pelanggan dalam proses bersentuhan dengan brand tersebut juga tidak menyenangkan.

Oleh karena itu, Hari Pelanggan Nasional 2022 ini merupakan momentum yang tepat untuk mengingatkan kembali betapa pentingnya membahagiakan pelanggan. Tujuan Harpelnas adalah untuk meningkatkan semangat pelayanan perusahaan dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan. Sebab memahami kebutuhan dan kepuasan pelanggan bukanlah pekerjaan yang bisa dikuasai dalam semusim saja. Pelanggan memiliki harapan yang selalu meningkat, apalagi inovasi produk selalu berkembang dari waktu ke waktu, maka perusahaan juga perlu meningkatkan pelayanan demi memuaskan pelanggan.

Harpelnas sudah memiliki logo khusus dalam melengkapi spirit melayani pelanggan. Logo Harpelnas berupa senyum manusia berwarna hijau yang mana senyum di dalam logo itu berarti menggambarkan kepuasan pelanggan. Sedangkan warna hijau dipilih untuk mewakili keramahan dan sikap bersahabat dari perusahaan kepada pelanggan. Warna hijau juga mengandung filosofi sebagai kesejukan dan kesuburan, dalam konteks Harpelnas tentu saja berkaitan dengan kesuburan ekonomi. Sebab tujuan jangka panjang dan tersirat dari Harpelnas adalah perekonomian Indonesia akan semakin maju.

Pada akhirnya, setiap perusahaan diharapkan dapat belajar tentang esensi dari Hari Pelanggan Nasional, yang merupakan cetusan dari sebuah pemikiran dan pengalaman bertahun-tahun memahami tingkah laku berbagai perusahaan di Indonesia. Tujuannya, agar dapat tercipta ekosistem di mana pelanggan puas, pelanggan loyal, perusahaan maju dan akhirnya negara pun maju.

IT Hadirkan Sekaligus 20 Produk Smart Home

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Tehnology | IT (Immersive Tech), merk ekosistem produk gaya hidup, tak tanggung-tanggung langsung memperkenalkan 20 produk dari ekosistem smart home yaitu home security dan home appliance melalui kampanye #MakeITSmarter di Jakarta (30/08).

Melalui 20 produk yang diluncurkan bersamaan, pengguna IT dapat menjadikan rumahnya lebih aman dan nyaman karena semua bisa dikendalikan dalam hanya dalam satu genggaman dengan aplikasi IT.

Andre Tanudjaja, Project Director IT (Immersive Tech) mengatakan, “Teknologi yang makin user friendly, didukung oleh konektivitas internet yang lebih baik akan mempercepat adopsi perangkat smart home di Indonesia. Kami menghadirkan produk IoT yang relevan dengn teknologi terkini dan sudah dapat di kontrol lewat asisten virtual seperti Siri dan Google Assitant.”

Dengan mengintegrasikan perangkat pintar ke virtual assistant seperti Siri dan Google Assistant, maka pengendalian dapat dilakukan dengan mudah hanya dari satu smartphone saja berkat aplikasi IT Smart yang telah dikembangkan bersama Tuya Smart.

Koleksi produk smart home terbaru dari IT, telah mengadopsi tren interoperability atau mampu “berkomunikasi” satu sama lain, cross brand, cross device dan cross platform.

Produk smarthome IT telah digunakan di beberapa project hunian milenial dan kompleks apartemen dari pengembang kenamaan, Agung Sedayu Group, seperti di Apartemen PIK2 Tokyo, Apartemen Gold Coast dan masih banyak lagi. Kepercayaan dari pengembang ternama menunjukkan kualitas dari produk-produk tersebut.

Produk-produk smarthome IT bisa didapatkan di channel Erajaya Group seperti Urban Republic, Erafone, iBox, Samsung by NASA dan laman e-commerce eraspace.co serta di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee.

IT menyiapkan sejumlah promo menarik dengan nilai hingga Rp 1,5 juta seperti paket Smart Bundle untuk Apartment dan Residential, gratis filter tambahan untuk pembelian IT Smart Air Purifier S280 dan P400, gratis jasa instalasi untuk pembelian IT Smart Wifi Doorlock X3, IT Smart Curtain MT750, IT Smart Outdoor Camera W01 dan IT Smart Floodlight Camera FW01 (syarat dan ketentuan berlaku).

Pemegang kartu kredit DBS dan Bank Mandiri bisa menikmati diskon hingga Rp 350.000 dan cicilan 0% hingga 18 bulan. Tidak berhenti di sana, pengguna juga berkesempatan untuk mendapatkan voucer khusus member Eraclub hingga Rp 250.000 dan voucer IT Official Store di Tokopedia dan Shopee hingga Rp 250.000 selama masa launching.

Marketing.co.id: Portal berita Marketing dan Bisnis.

 

 

 

 

Garden Villa Tawarkan Apartemen Hanya 5 Tingkat

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Property & Retail | Sukses meluncurkan Anandamaya Residences dan Asya, Astra Property melalui Astra Land Indonesia kembali menghadirkan Arumaya-Garden Villa yang berlokasi di TB Simatupang, Jakarta Selatan. Inovasi paling baru dari Astra Property yaitu Garden Villa merupakan projek residensial yang terintegrasi dengan Arumaya Residence.

Desain ruang tamu dan ruang keluarga di Garden Villa, TB Simatupang, Jakarta Selatan. Foto: Istimewa.

“Menawarkan konsep low rise apartment bernuansa resort, Garden Villa hadir memenuhi ekspektasi masyarakat perkotaan akan hunian mewah dan eksklusif dengan privacy yang sangat terjaga. Dengan harga mulai dari Rp3 miliar hingga Rp5 miliar dan dilengkapi oleh berbagai fasilitas yang mumpuni secara digital melalui 1 aplikasi, kami optimis konsumen akan melirik Garden Villa.” ujar Wibowo Muljono, Presiden Direktur PT Astra Land Indonesia.

Pembangunan Garden Villa hingga saat ini telah mencapai 42% dan terus dikejar untuk memenuhi penyelesaian di tahun 2024. Datang ke lokasi langsung, dapat dilihat bahwa Garden Villa menekankan tampilan modern dan ramping dengan kombinasi pola modular serta layar vertikal yang melambangkan arsitektur lokal Indonesia, yaitu konsep layar Krepyak.

Garden Villa yang terhubung dengan Arumaya Residences, menawarkan berbagai fasilitas unggulan seperti Olympic Length Infinity Sky Pool dengan double view facilities, termasuk Sky Gym and BBQ area. Kehadiran fasilitas tersebut memungkinkan penghuni bisa merasakan sensasi berolahraga dan bersantai sambil menikmati pemandangan kota sekaligus view Gunung Salak.

Dengan konsep smart home, sepertinya layak dikatakan Garden Villa merupakan low rise apartment yang modern, berteknologi tinggi namun tidak meninggalkan sisi humanis bagi para penghuninya. Dengan total 59 unit, Garden Villa menawarkan empat tipe kamar yaitu Studio 1 BR, 2 BR dan 3 BR.

Dikelilingi oleh sarana transportasi yang memudahkan mobilitas seperti terminal Lebak Bulus, MRT Lebak Bulus dan Fatmawati yang hanya berjarak 0,8 KM dari hunian juga dekat dengan jalan tol JORR dan Depok-Antasari (Desari), serta lokasi yang strategis dan eksklusif, rasanya berinvestasi di Garden Villa merupakan langkah tepat.

Selain sarana transportasi untuk mobilitas, Garden Villa juga dikelilingi berbagai fasilitas publik seperti Universitas Prasetya Mulya, Sekolah High Scope, Pusat Perbelanjaan Cilandak Town Square dan Pondok Indah Mall serta fasilitas kesehatan seperti Siloam Hospital, Mayapada Hospital dan Klinik Mata Nusantara.

“Serah terima unit Garden Villa akan dilakukan pada kuartal 4 (Q4) tahun 2024 yang akan kami lakukan melalui aplikasi “Living” by Astra Land yang telah kami siapkan mulai dari sekarang untuk memudahkan konsumen kami berinteraksi sebelum, saat serah terima hingga sesudah menerima unit.” tutup Wibowo.

Marketing.co.id: Portal berita Marketing dan Bisnis.

 

 

4 Pondasi Percepatan Transformasi Digital Pendidikan di Indonesia

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Indonesia diprediksi akan mencapai era keemasannya pada tahun 2045 dimana akan mengalami bonus demografi dengan jumlah 70 persen populasi berada di usia produktif (15-64 tahun) dan 30 persen lainnya akan berada di usia tidak produktif (dibawah 14 tahun dan di atas 65 tahun).

Studi terbaru dari Kearney yang bertajuk “Unleashing a digital transformation for equitable, high-quality education”, menunjukkan bahwa pemerintah perlu menerapkan sistem yang dapat mendukung terciptanya tenaga kerja yang adaptif, kolaboratif dan siap dengan perkembangan teknologi di berbagai industri. Bonus demografi yang terjadi pada tahun 2045 dapat dioptimalkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Salah satu hal yang semenjak pandemi Covid-19 dimulai sangat membantu adalah adanya dukungan digitalisasi, utamanya di bidang pendidikan. Digitalisasi di bidang pendidikan mendukung akses yang lebih mudah dalam implementasi layanan pembelajaran. Sayangnya, belum semua daerah di Indonesia mendapatkan layanan digital dengan baik.

Shirley Santoso, Presiden Direktur & Partner Kearney menjelaskan, “Pemerintah mempunyai “pekerjaan rumah” agar terjadi keseimbangan digitalisasi pendidikan bahkan hingga pelosok wilayah Indonesia. Dengan digitalisasi sistem pendidikan, maka akan bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan hal ini akan memberikan dampak positif bagi kualitas sumber daya manusia. Melalui teknologi, maka pembelajaran akan merata, banyak lahir talenta digital yang berkualitas tinggi, dan sistem pendidikan akan lebih tertata dengan baik, tidak hanya di pulau Jawa, tapi di seluruh Indonesia.”

Terdapat empat pondasi yang harus dibangun untuk mempercepat transformasi digital agar dapat menguntungkan sistem pendidikan di Indonesia, yaitu:

  1. Peningkatan kualitas layanan pembelajaran digital

Mewajibkan digitalisasi di semua sekolah dan mengembangkan database pendidikan nasional yang teritegrasi sebagai langkah awal percepatan transformasi digital di sektor pendidikan. Contohnya seperti di Singapura yang menerapkan e-learning dengan nama Singapore’s Student Learning Space yang memiliki spesifikasi produk berstandar tinggi, ramah pengguna dan telah didukung oleh AI.

2. Peningkatan infrastruktur dan kurikulum sekolah dengan menghubungkan pondasi industri digital dan sektor pendidikan.

Akses internet serta kompetensi keahlian guru di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) harus ditingkatkan agar dapat melakukan akses universal ke infrastruktur TIK dan layanan e-learning  untuk siswa dapat berjalan baik

3. Digitalisasi pada ekosistem pendidikan

Berkolaborasi dengan perusahaan swasta untuk membantu digitalisasi ekosistem pendidikan yang mumpuni. Ekosistem pendidikan digital yang handal akan menarik para pelaku di bidang teknologi pendidikan untuk berinvestasi dalam digitalisasi dan mendukung pertumbuhan sektor ini.

4. Pendanaan dan regulasi

Diperlukan masterplan teknoloi pendidikan yang jelas dan didukung oleh pendanaan yang memadai serta investasi swasta yang inovatif. Jika dapat dilakukan maka akan mengurangi beban pengeluaran pemerintah serta dalam pengembangannya akan mendapat dukungan dari banyak pihak.

“Investasi TIK di Indonesia masih jauh di bawah 0,1 persen dari rata-rata PDB untuk negara-negara dengan transformasi digital yang sukses di sektor pendidikan seperti Singapura, Estonia, Cina, India dan Amerika Serikat. Investasi TIK di bidang pendidikan dibatasi hingga Rp4 triliun pada tahun 2020 dan diperkirakan akan mencapai Rp8 triliun pada tahun 2030. Jika Indonesia ingin mencapai ambisi pada tahun 2045 maka pemerintah harus menerapkan transformasi digital yang efektif untuk memperkuat sistem pendidikan di Indonesia.” tutup Ishan Nahar, Principal Kearney.

Marketing.co.id: Portal berita Marketing dan Bisnis.

 

 

Dukung Industri Mamin, Food ingredients Asia 2022 Kembali Digelar  

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.idBerita Lifestyle | Pertumbuhan tahunan industri bahan baku makanan diprediksi akan meningkat mencapai 5,30% pada periode 2021-2026. Pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia bahkan menunjukkan kinerja yang positif di masa pandemi, dimana pertumbuhannya mencapai 2,45% di kuartal 1 2021. Tidak hanya itu, negara ke-4 terpadat di dunia ini juga menunjukkan tren penjualan produk makanan produk makanan kesehatan yang tinggi, yaitu 8% dari total populasi.

Fi Asia 2022

Berangkat dari hal tersebut dan dalam rangka mendorong pertumbuhan serta mengikuti tren pasar secara berkelanjutan, Informa Markets siap menyelenggarakan pameran bahan baku makanan dan minuman bertajuk Fi Indonesia 2022 yang ke-25 di Asia. Dalam ajang Fi Indonesia 2022, lebih dari 300 produsen bahan makanan terkemuka dari seluruh dunia akan menampilkan berbagai inovasi bahan baku makanan dan minuman terbaru. Food ingredients Asia (Fi Asia) 2022 akan hadir kembali di Indonesia pada 7 – 9 September 2022 di Jakarta International Expo.

Ketua Umum Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Ir. Adhi S. Lukman, mengatakan, bahwa Indonesia tetap menunjukkan pertumbuhan di industri makanan dan minuman, di tahun yang penuh tantangan ini. Diperkirakan, kinerjanya semakin membaik karena konsumsi rumah tangga yang sudah semakin pulih. Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) memproyeksikan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) industri makanan dan minuman (mamin) sepanjang 2022 akan mencapai 5% secara tahunan. Meski demikian, kenaikan harga pangan dan energi membuat sejumlah industri makanan dan minuman menaikan harga jual produknya rata-rata sekitar 5% di bulan ini.

“Penting bagi para pelaku industri untuk mendapatkan info terbaru mengenai perkembangan industri bahan makanan dan minuman agar dapat berkompetisi dalam industri tersebut. Fi Asia menjadi platform yang tepat dan komprehensif untuk berbagai skala bisnis dalam meningkatkan dan memperkuat keberadaan dan kapasitas pelaku industri di kawasan ASEAN. Kami sangat menghargai Food Ingredients Asia (Fi Asia) yang terus mendukung industri makanan dan minuman nasional dengan menyelenggarakan pameran bahan baku makanan dan minuman bertaraf internasional di Indonesia,” ujar dia.

Rungphech Chitanuwat, Group Director ASEAN, Fi Asia (Thailand) Co Ltd, mengatakan, “Ini pertama kalinya Fi Asia diselenggarakan dalam skala penuh secara tatap muka setelah tiga tahun dilakukan secara virtual. Dalam ajang ini, ada berbagai perusahaan negeri maupun swasta yang akan menghadirkan inovasi bahan baku makanan dan minuman yang canggih guna menciptakan nilai tambah dan meningkatkan pengembangan produk. Selama tiga tahun terakhir, pelaku industri menghadapi sejumlah tantangan akibat pandemi.”

Tahun ini, Fi Asia akan hadir dengan 8 pavilions yaitu Natural Ingredients Pavilion, New Business Pavilion, Beverage Ingredients Pavilion, Thailand Pavilion, USA Pavilion dan yang terbaru India Pavilion, Malaysia Pavilion dan China Pavilion yang hadir secara hybrid. Fi Asia juga menerapkan konsep Smart Event untuk pertama kalinya di Asia dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pengalaman ekshibitor dan pengunjung selama berjalannya pameran.

“Fi Asia 2022 akan diisi dengan International dan Halal conference yang merupakan program kolaborasi dengan SEAFAST Center dan Insitute Pertanian Bogor (IPB), lebih dari 40 Technical Workshop & Seminar dari eksibitor ternama, Spotlight Product Showcases yang akan menampilkan produk terbaru di tema Healthy Snack, Alternative Proteins, and Health Ingredients, Sustainability Square dimana visitor dan eksibitor dapat memahami mengenai keberlanjutan, terutama bagaimana Informa Markets fokus pada keberlanjutan yang bermanfaat bagi para peserta di Fi Asia 2022, Student Products Competition dan Highlight Seminar mengenai Meat Alternative. Untuk menyikapi masa pandemi yang belum usai dan meningkatkan pengalaman ekshibitor serta pengunjung, Fi Asia 2022 juga akan diselenggarakan secara online,” papar dia.

Dewan Penasihat dan Ilmuwan Senior South East Asian Food and Agricultural Science and Technology – SEAFAST Center IPB Prof. Dr. Purwiyatno, mengatakan, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dimana 84% atau 229 juta jiwa, Indonesia memiliki market halal yang sangat besar. Oleh karena itu, perkembangan inovasi dan teknologi makanan dan minuman yang mendukung pangsa pasar halal, akan sangat diperlukan.

“Dalam acara Fi Asia 2022, South East Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center bersama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) akan menyelenggarakan konferensi  internasional, salah satunya adalah Halal Conference bertemakan ‘Updates on Halal Certification Producers in Indonesia’. Konferensi ini menjabarkan mengenai tren produk halal dan bagaimana memasuki pangsa pasar halal di Indonesia,” jelas Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi.

 

Peluang Kerja di Industri Penulisan Terbuka Lebar

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Bekerja sebagai penulis, memangnya bisa diandalkan? Jawaban pertanyaan tersebut tentunya sangat bisa. Pasalnya, banyak penulis novel atau biografi yang menjadikan penulisan sebagai karir bisa sukses dan dipastikan ‘hidup’ layak.

alveo.co.id
Aulia R. Sungkar, founder sekaligus Direktur Alveo.co.id

Apalagi di era digital seperti sekarang keahlian menulis ternyata semakin dibutuhkan, mengingat hampir semua orang telah mengakses konten digital, termasuk konten tulisan. Bahkan profesi sebagai penulis mampu bertahan dan bertumbuh di masa pandemi.

Terbukti dengan banyaknya lowongan kerja penulis. Mulai dari lowongan penulis konten untuk perusahaan, penulis yang paham teknik search engine optimization alias SEO, penulis naskah iklan alias copywriting, penulis report writing alias penulis laporan perusahaan seperti annual report dan sustainable report, hingga jasa yang terkait di sekitarnya, seperti penyunting naskah buku, sampai penerjemahan dari bahasa Indonesia ke bahasa asing maupun sebaliknya.

Seperti dikemukakan Aulia R. Sungkar, founder sekaligus Direktur Alveo.co.id, perusahaan yang berfokus melayani berbagai macam jenis penulisan kreatif, penerjemahan, dan penyuntingan naskah, menyebutkan peluang kerja di bidang penulisan terbentang lebar.

“Peluang kerja di industri penulisan masih terbuka lebar. Hal ini sejalan dengan Riset Dentsu Aegis Network yang memaparkan industri penulisan terus bertumbuh positif dari tahun ke tahun,” ujar Aulia, yang akrab dengan nama panggilan Ollie.

“Berdasar Dentsu Insights Consumer Report konsumsi online di Indonesia naik sebesar 70 persen selama 60 hari setelah pandemi melanda pada 2020. Dan ini akan terus meningkat dari tahun ketahun,” imbuhnya.

Hal ini pun dibuktikan langsung oleh Ollie yang mendirikan Alveo sejak 2016. Hingga kini, sebagai sebuah agensi penulisan dan penerjemahan jumlah klien dan pekerjaan Alveo terus bertumbuh dari tahun ke tahun.

Kini Alveo.co.id mempekerjakan lebih dari sepuluh staf dan profesional, baik fulltime maupun paruh waktu, dari berbagai bidang sebagai penulis, penerjemah, penyunting naskah, serta marketing dan admin.

“Saya bersyukur perusahaan saya terus bertumbuh bahkan di masa pandemi kemarin. Pola kerja dari rumah (WFH) pun sangat fleksibel diterapkan di bidang ini ketika di puncak pandemi kemarin,” urainya.

Dirinya pun melihat agensi lain mengalami pertumbuhan yang baik. Jadi ini menurutnya sebagai indikator bahwa profesi penulisan akan terus bertumbuh pesat.

“Yang menarik adalah, kita tidak harus berlatar belakang sastra untuk bisa menjadi seorang penulis. Karyawan kami pun berasal dari berbagai latar pendidikan yang berbeda,” ungkap Ollie.

Lanjutnya terpenting adalah jika kita berhasrat menjadi seorang penulis, maka yang paling utama growth mindset harus dipegang erat. Keinginan untuk terus meningkatkan skill kepenulisan dengan belajar berbagai teknik atau gaya penulisan harus terus dipupuk.

“Hanya dengan begitu kita bisa tetap relevan mengikuti berbagai perkembangan terbaru di industri ini,” Ollie memungkas pemaparannya. (AM)

 

 

Program Indofood Riset Nugraha Ajak Mahasiswa Meneliti Potensi Pangan

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | PT Indofood Sukses Makmur Tbk  (“Indofood”) melalui Program Indofood Riset Nugraha (IRN) tahun akademik 2022/2023 mengajak mahasiswa S1 tingkat akhir untuk meneliti potensi pangan Indonesia. Ini mengingat pemenuhan kebutuhan pangan masih menjadi tantangan bersama. Terlebih dengan populasi dunia yang terus meningkat dan perubahan iklim yang mempengaruhi produksi pangan sehingga diperlukan solusi dan terobosan yang sustainable untuk keamanan pangan nasional.  

Indofood

Direktur PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dan Ketua Program IRN Suaimi Suriady mengatakan, bahwa saat ini dunia menghadapi tantangan berat dan nyaris tiada henti. Berbagai krisis seperti perubahan iklim, tensi geopolitik dan juga Covid-19 yang memasuki tahun ke-3 mempengaruhi cadangan pangan dunia dan mendisrupsi rantai pasok global, sehingga menyebabkan terjadi kenaikan harga pangan yang dipengaruhi langsung oleh kenaikan harga energi dan pupuk.

“Dalam menjawab tantangan tersebut, telah terjadi perubahan besar terhadap pendekatan produksi pangan dengan munculnya teknologi baru untuk produksi pangan, meningkatnya upaya eksplorasi sumber pangan baru yang berasal dari laut dan darat, baik sumber daya nabati maupun hewani,” ujar dia.

Dia menambahkan, ini menjadi tantangan Pemerintah Indonesia untuk segera mencari alternatif sumber pangan baru baik secara individual ataupun kolektif. Langkah pemerintah dalam mencari sumber pasokan pangan baru atau diversifikasi pangan sejalan dengan Program Indofood Riset Nugraha (IRN) periode 2022-2023 yang ingin berkontribusi dalam menjawab tantangan pangan tersebut.

Tak heran jika IRN mengundang mahasiswa dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia, untuk menyampaikan ide-ide baru dan gagasan segarnya dalam menghasilkan penelitian-penelitian terkait upaya penganeka ragaman pangan. Mempertimbangkan kondisi saat ini, maka Program Indofood Riset Nugraha (IRN) periode 2022-2023 menetapkan tema Penelitian Pangan Fungsional Berbasis Potensi dan Kearifan Lokal.

“Program IRN berperan sebagai sarana tumbuhnya ide-ide brilian dari para mahasiswa dengan menggali kekayaan alam Indonesia yang dapat dikembangkan menjadi sumber pangan, dan berpotensi dikembangkan sebagai sumber pangan fungsional, selain itu, pangan fungsional diharapkan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kesehatan masyarakat,” papar dia.

Program IRN yang merupakan program Corporate Social Responsibility Indofood dibawah pilar Building Human Capital, terbuka bagi mahasiswa S1 dari berbagai jurusan yang tengah menyelesaikan tugas akhir. Objek penelitian adalah sumber pangan yang berasal dari pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, kelautan serta perternakan. Adapun cakupan bidang penelitian meliputi bidang agro teknologi (budidaya), teknologi proses dan pengolahan, gizi dan kesehatan masyarakat, serta bidang sosial, budaya, ekonomi dan pemasaran.

Untuk mendapatkan dana penelitian, mahasiswa harus mendaftarkan proposal penelitiannya melalui website www.indofoodrisetnugraha.com atau mengirimkannya melalui alamat email ke sekretariat IRN, mulai tanggal 1 hingga 30 September 2022. Sedangkan jangka waktu penelitian adalah selama maksimal satu tahun.

Sedangkan syarat lain adalah menyertakan riwayat hidup lengkap mahasiswa dan dosen pembimbing serta penelitian dilakukan di Indonesia. Proses berikutnya proposal yang diterima akan dilakukan seleksi administratif dan seleksi substansi yang dilakukan secara daring. Pengumuman penerima dana IRN akan dilakukan pada sekitar minggu kedua bulan Oktober 2022.

Para peserta program penelitian IRN akan mendapatkan pendampingan dari Tim Pakar IRN selama penelitian. Tim pakar yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Purwiyatno Hariyadi, MSc berjumlah delapan (8) orang berasal dari  berbagai bidang. Sejak pertama kali diluncurkan di tahun 2006, Program IRN telah menerima sekitar 5.700 proposal dan mendanai lebih dari 930 penelitian mahasiswa.

“Kami berharap mahasiswa yang bergabung dalam program IRN akan berhasil menciptakan terobosan, solusi pangan yang sustainable berbasis potensi dan kearifan lokal yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia, daya saing bangsa serta pada akhirnya dapat mendukung kemandirian pangan dan gizi nasional,” tutup Suaimi.

 

Bank DBS Indonesia Dukung Agenda Berkelanjutan Melalui Green Savings

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial | Menurut survei EY Future Consumer Index pada Februari 2022, responden cenderung melakukan pembelian yang lebih berkelanjutan (sustainable), termasuk di Indonesia. Pelanggan di Indonesia memperhatikan dampak yang dihasilkan dari pembelian mereka, dengan 72% responden memperhatikan dampak lingkungan dan 68% responden memperhatikan dampak sosial. Selain itu, 52% pelanggan di Indonesia lebih memilih brand dengan visi yang sejalan dengan prinsip mereka.

Bank DBS Indonesia

Menyikapi tren tersebut sejak awal, Bank DBS Indonesia, yang telah bergabung dengan United Nation Net-Zero Banking Alliance (UNEPFI), kini berupaya menyelaraskan portofolio kredit dan investasi untuk mencapai emisi nol bersih (net zero) pada tahun 2050. Dengan menghadirkan rekening Green Savings sejak setahun lalu, nasabah telah berkontribusi melalui penyisihan langsung sebagian bunga tabungan, dan Bank DBS Indonesia menyalurkan donasi tersebut kepada mitra wirausaha sosial terpilih.

Consumer Banking Director, PT Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung mengatakan, “Bank DBS Indonesia memiliki tiga pilar keberlanjutan (sustainability pillars) yakni Responsible Banking, Responsible Business Practice, dan Impact Beyond Banking. Rekening Green Savings yang telah hadir sejak tahun lalu bagi nasabah untuk mendukung keberlangsungan sosial lingkungan di Indonesia, mewujudkan dua dari tiga pilar keberlanjutan kami, yakni Responsible Banking dan Impact Beyond Banking dengan menghadirkan rangkaian solusi finansial komprehensif yang berbasis ESG, mulai dari investasi hingga tabungan, untuk mendukung wirausaha sosial di Indonesia.

Head of Segmentation, Liabilities and Mortgage, PT Bank DBS Indonesia Natalina Syabana mengatakan, “Sebagai purpose-driven bank atau bank yang digerakkan oleh tujuan positif, Bank DBS Indonesia secara berkelanjutan menyalurkan kontribusi nasabah Green Savings melalui pada mitra wirausaha sosial terpilih. Dalam satu tahun, sebanyak hampir 3.000 nasabah telah memberikan dampak positif dan mendukung agenda keberlanjutan dengan memberikan kontribusi melalui sebagian bunga tabungan yang dampaknya sudah dirasakan oleh para petani kakao.”

Bank DBS Indonesia memiliki mitra wirausaha sosial terpilih Krakakoa yang memiliki visi memajukan perkebunan kakao. Indonesia sebagai produsen cokelat ketujuh terbesar di dunia kini dihadapkan pada berbagai masalah seperti kurangnya generasi baru petani kakao, usia pohon kakao yang sudah tua sehingga kualitas kakao menurun, serta minimnya pengetahuan petani kakao dan teknologi untuk menghasilkan cokelat yang berkualitas. Dengan inisiatif dan dukungan ini, diharapkan Indonesia dapat kembali menjadi tiga besar produsen cokelat di dunia.

Finance & Accounting Manager dari Krakakoa, Fatimah Aziss menambahkan, Krakakoa merupakan wirausaha sosial produsen cokelat yang memiliki misi ‘farmer-to-bar’ untuk memajukan pertanian kakao yang berkelanjutan dalam aspek lingkungan maupun bisnis. Krakakoa membina petani kakao dengan memberikan pendampingan dan akses akan bibit kakao unggul dan fasilitas pascapanen sehingga dapat menghasilkan panen yang berkualitas sehingga meningkatkan kesejahteraan petani kakao di Indonesia. Keterlibatan nasabah Bank DBS Indonesia melalui rekening Green Savings telah membantu kami mewujudkan hal itu.

“Kontribusi yang terkumpul disalurkan kepada 20% dari total petani kakao di bawah binaan Krakakoa yang berlokasi di Lampung dan Sulawesi Barat dalam bentuk pembinaan berkelanjutan, berupa: lebih dari 20.250 bibit unggul; fasilitas Solar Dryer Dome untuk meningkatkan penyerapan biji kakao sebanyak 38%; serta fermentation boxes dan rak pengeringan yang mempercepat proses pengeringan biji kakao dan menjaga kualitas panen sehingga harga jual bisa lebih tinggi 2-3 kali lipat di atas harga pasar,” imbuh dia.

Penderita Penyakit Tidak Menular di Kepulauan Seribu Tinggi, FKUI Beri Edukasi

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Marketing | Angka kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) di Kepulauan Seribu cukup menghawatirkan. Dibuktikan dari hasil Riset Kesehatan Dasar Provinsi DKI Jakarta tahun 2018, beberapa kasus memiliki angka hampir sama bahkan melebihi Provinsi DKI Jakarta. Hipertensi 30,81% (DKI Jakarta 33,43%) dan Diabetes Melitus 2,97% (DKI Jakarta 2,57%). Angka obesitas (32%) pun melebihi angka Provinsi DKI Jakarta (29,80%). Jika tidak tertangani dengan baik, maka PTM dapat berpengaruh terhadap tingkat produktivitas kerja yang berdampak langsung pada tingkat ekonomi keluarga.

Selain faktor metabolik (tekanan darah, gula darah, obesitas, gangguan fungsi ginjal) dan faktor perilaku (pola makan, merokok, aktivitas fisik), perilaku hidrasi berperan penting. Efek jangka panjang jika pemenuhan hidrasi tidak tercukupi maka akan terjadi gangguan metabolisme.

Indonesian Hydration Working Group (IHWG) bekerja sama dengan Program Studi Magister Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta pada tanggal 3 Agustus 2022 yang lalu.

Baca juga: PKGM, FK-KMK, UGM Didukung Danone SN Indonesia Luncurkan Buku Seri Cegah Stunting

Kegiatan penyuluhan bertema “Pulau Panggang KEHATIKU – Keluarga Sehat Hidrasi Kuat”, diadakan untuk meningkatkan kebiasaan minum air putih dan mencegah kasus dehidrasi. Penurunan kasus dehidrasi diharapkan selaras dengan penurunan kejadian PTM, sehingga tingkat produktivitas kerja turut meningkat dan pertumbuhan ekonomi pun membaik.

Kegiatan ini dihadiri oleh 98 orang ibu-ibu yang tergabung sebagai Jumantik (juru pemantau jentik), kader Posyandu, Dasawisma, serta PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) dari kelurahan Pulau Panggang.

“Melalui edukasi ini, diharapkan peserta banyak menyerap ilmu dan menerapkan dalam praktik sehari-hari”, kata Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK(K) yang merupakan ketua tim pengabdi sekaligus ketua IHWG dalam sambutannya.

edukasi kesehatan
Kegiatan Pengabdian Masyarakat FKUI di Kep. Seribu

“Tidak hanya mengaplikasikan dalam keseharian, peserta juga dapat melakukan sosialisasi kepada keluarga dan rekan-rekan kerjanya”, ujar kepala Puskesmas Kelurahan Pulau Panggang, dr. Tri Lusmantoro.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Seksi Kesejahteraan Pulau Panggang, Sofiah. Selanjutnya, peserta terbagi dalam 4 kelompok yang didampingi oleh masing-masing narasumber. Peserta diberikan penyuluhan tentang pentingnya minum air mineral yang cukup dalam kehidupan sehari-hari sebagai salah satu upaya pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM).

Baca juga: Sequis Hadirkan SOFI, Asuransi Penyakit Kritis dengan Proteksi Pasti & Premi Kembali

Peserta juga dibekali pengetahuan tentang syarat air layak minum, yaitu air tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak tercemar. Para peserta sangat antusias mendengarkan materi dengan dibuktikan banyaknya peserta yang dapat menjawab pertanyaan kuis dengan benar.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat FKUI ini didanai Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM UI) melalui hibah internal Universitas Indonesia. Melalui kegiatan ini, Universitas Indonesia turut mendukung Sustainable Development Goals nomor 8, yaitu peningkatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta pekerjaan yang layak.

Kenali Penyakit Gangguan Tidur dan Perlukah Diagnostik Sleep Test?

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Lifestyle | Ternyata kualitas tidur setiap orang benar-benar tidak boleh diabaikan. Banyak kecelakaan kerja, kecelakaan di jalan raya, dan menurunnya produktivitas di kantor disebabkan oleh penyakit gangguan tidur atau yang lebih dikenal dengan sebutan obstructive sleep apnea.

Penyakit gangguan tidur antara lain terindikasi dengan mendengkur, terengah-engah atau tersedak, bahkan beberapa kali berhenti bernapas saat tidur. Penyakit ini bisa menjadi pemicu penyakit komorbid seperti stroke, aritmia jantung, jantung koroner, hipertensi, demensia, dan obesitas.

Kabar kurang baik lainnya, jumlah penderita penyakit gangguan cukup banyak. Sebuah penelitian menyebutkan, bahwa jumlah penderita penyakit gangguan tidur skala ringan hingga berat di seluruh dunia hampir mencapai 1 miliar orang. Meski belum ada angka pasti, persentase jumlah penderita penyakit tersebut di Indonesia diyakini tidak kecil.

Seiring dengan acara soft opening yang digelar belum lama ini, Swedish Medical Center (SMC) Jakarta, klinik berkonsep layanan umum yang kini berubah menjadi layanan pengobatan preventif (preventive medicine), meluncurkan layanan tes diagnostik penyakit gangguan tidur (sleep test).

Baca juga: Anda Mengalami Coronasomnia? Ini Dia Cara Mendapatkan Kualitas Tidur yang Baik

Mungkin Anda baru mendengar istilah medis tersebut. Menurut dr. Reza Aditya Digambiro, M.Kes., M.Ked(PA), Sp.PA, Direktur Operasional SMC Jakarta, layanan sleep test berguna untuk membantu pencegahan berkembangnya penyakit secara preventif atau pencegahan lebih dini.

“SMC Jakarta berubah konsep dari klinik umum menjadi klinik layanan pencegahan penyakit secara preventif karena memang di Indonesia belum ada. SMC bukan hanya merupakan klinik layanan preventive medicine yang pertama dan terlengkap di Jakarta, melainkan juga di Tanah Air,” katanya.

SMC Jakarta
dr. Reza Aditya Digambiro, M.Kes., M.Ked(PA), Sp.PA, Direktur Operasional SMC Jakarta (tengah) sedang berbincang dengan dr. Radite Nusasenjaya, MKK, Sp.OK (kanan) dan Achmad Chaeroni, Agency Director Prudential Indonesia, yang menjadi pasien sleep test (kiri) di sela-sela acara Soft Opening SMC Jakarta di Pondok Kemangi Pluit, Jakarta Utara, belum lama ini.

Sebagai klinik layanan pencegahan penyakit secara preventif, SMC Jakarta memiliki beberapa layanan seperti medical checkup, colon hydrotherapy, pap smear test, fertility therapy, ozone therapy, sports recovery massage, stress and anxiety consultation, dan masih banyak lagi, termasuk sleep test.

Seperti sudah sering kita dengar, bahwa biaya pencegahan lebih murah ketimbang biaya pengobatan suatu penyakit. “Penyakit gangguan tidur, misalnya, itu sebetulnya juga berbahaya. Penderitanya bahkan bisa berhenti bernapas beberapa kali dalam satu jam ketika tidur dan itu sangat berbahaya,” ungkap dr. Radite Nusasenjaya, MKK, Sp.OK, salah satu dokter SMC Jakarta.

Baca juga: Yuk Kenali 6 Jenis Alat Bantu Pernapasan!

Achmad Chaeroni, Agency Director Prudential Indonesia, yang menjadi pasien sleep test di SMC Jakarta, mengaku dirinya memang mendengkur kalau tidur. Tapi, ia baru tahu jika selama tidur sempat berhenti bernapas setelah menggunakan layanan sleep test dari SMC Jakarta. “Setelah diterapi, sekarang kualitas tidur saya menjadi lebih baik,” katanya.

Manajemen SMC Jakarta meyakini jumlah penderita penyakit gangguan tidur di Indonesia cukup banyak. Karena dampaknya amat fatal, klinik spesialis pencegahan penyakit ini mengimbau agar masyarakat bersedia melakukan sleep test lebih awal agar biaya yang dikeluarkan tidak lebih mahal.