Tuesday, October 28, 2025
Home Blog Page 774

PINTU Ungkap Pertumbuhan Crypto pada Coinfest

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU hadir dalam acara Coinfest Asia – festival crypto terbesar di Indonesia sebagai Platinum Sponsor. Pada acara pembukaan Coinfest Asia, Founder & CEO PINTU Jeth Soetoyo hadir sebagai pembicara dengan tema bertajuk “Is Indonesia the Crypto Sleeping Giant in Asia?” bersama dengan Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Tirta Senjaya, Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Yos Ginting, Indodax, dan dimoderatori oleh Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia Asih Karnengsih.

Aplikasi Pintu

Jeth Soetoyo, Founder & CEO PINTU mengungkapkan, “Sesuai tema yang diangkat, Indonesia dengan populasi penduduk terbesar keempat di dunia menjadi sangat menarik untuk perkembangan crypto. Salah satunya jika berbicara tentang regulasi, Indonesia terdepan dibandingkan dengan negara-negara lainnya seperti adanya larangan aktivitas crypto di Cina, hingga penerapan pajak yang tinggi di India. Sinergitas dari pelaku usaha dan inisiatif dari Bappebti terjalin sangat baik sehingga pertumbuhan crypto yang sangat pesat dapat diimbangi dengan perlindungan yang komprehensif bagi investor,”

Tirta Senjaya, Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menjelaskan, lebih lanjut tentang regulasi, “Indonesia merupakan salah satu negara yang membuat regulasi terkait dengan transaksi aset crypto seperti regulasi, pajak, anti-money laundry, travel rule, cbdc, hingga nantinya mengenai stablecoin. Pemerintah juga sudah mengatur secara baik ekosistem perdagangan crypto, kliring, kustodian, dan sebentar lagi pembentukan bursa crypto. Seluruh aturan tersebut tujuannya untuk melindungi konsumen. Kami terus melengkapi, mengevaluasi, dan menambahkan berbagai syarat untuk melindungi konsumen.”

Adopsi crypto di Indonesia semakin masif, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Finder Crypto Adoption Agustus 2022 yang melakukan survei ke 217,947 orang di 26 negara, disebutkan bahwa kepemilikan aset crypto orang Indonesia mencapai 29,8 juta dengan persentase tingkat kepemilikan di Indonesia mencapai 16 persen atau lebih tinggi dari rata-rata global 15%.

Yos Ginting, Ketua Kadin terus memantau perkembangan investasi crypto, penting dipahami, crypto hanya salah satu pemanfaatan teknologi blockchain yang kebetulan menjadi fokus perhatian semua orang, karena nilai transaksinya besar dan partisipasi ekosistem didominasi oleh investasi karena ada opportunity untuk mendapatkan keuntungan. Padahal pemanfaatan teknologi blockchain itu sangat luas sekali dan Indonesia memiliki potensi untuk memanfaatkan teknologi blockchain. Indonesia memiliki tools yang sama seperti developer blockchain di seluruh dunia dan kita mempunyai objek yang sangat diverse dan lengkap.

“Saya optimistis dengan perkembangan teknologi blockchain di Indonesia, salah satunya respons yang sangat positif pada gelaran acara Coinfest Asia ini yang menarik animo masyarakat,” ujar dia.

Coinfest Asia, festival crypto terbesar di Indonesia telah selesai diselenggarakan pada 25-26 Agustus 2022 berlokasi di Café Del Mar Bali. Coinfest Asia dihadiri kurang lebih 1400 partisipan terdiri dari penggiat, pelaku industri, pemerintah, hingga media dari berbagai negara di dunia. Aplikasi PINTU pada gelaran acara ini menjadi Platinum Sponsor dengan berbagai kegiatan di antaranya Founder & CEO PINTU Jeth Soetoyo menjadi panelis di acara pembuka. PINTU juga membuka booth untuk berbagi informasi mengenai aplikasi PINTU, fitur-fitur unggulan, mini games, hingga menjalin networking dengan partner-partner.

“Di balik besarnya potensi market crypto di Indonesia, yang juga menarik adalah para pengusaha atau developer di Indonesia mampu mengembangkan inovasi-inovasi terbaik melalui pemanfaatan teknologi blockchain dengan potential market bukan hanya di Indonesia melainkan global. Hal tersebut menjadi menarik bagi seluruh pihak bukan hanya developer atau pelaku industri, akan tetapi turut memberikan tambahan pemasukan bagi negara,” tutup Jeth.

MMS Group Indonesia Siap Pasok Energi Primer

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Penandatangan kontrak antara Direktur PT Multi Harapan Utama (MHU) Margareta dengan Direktur Utama PT Indonesia Power (PTIP) Ahsin Sidqi di Kantor PTIP Jakarta merupakan langkah MHU dan PTIP dalam memperkuat pasokan batubara untuk PLN dan anak usahanya. Kontrak ini ditandatangani berdasarkan surat keputusan penunjukkan PTIP pada 31 Agustus 2022.

Sebelumnya, MHU telah menjadi pemasok batubara terpercaya kepada PTIP untuk PLTU Suralaya 1-7. Pemberian kontrak jangka Panjang (5 tahun dengan hak 3 kali perpanjangan) ini merupakan bentuk kepercayaan PTIP kepada MHU atas komitmennya dalam memenuhi kebutuhan salah satu PLTU terbesar di Indonesia itu. Batubara yang disuplai memiliki kualitas kalori (CGV) (kCal/Kg AR) 4.800-4.600 dengan volume sebanyak 1 juta MT/tahun.

Head of Corporate Communication and Projects Adri Martowardojo mengatakan, bahwa kerjasama jangka panjang ini merupakan salah satu bentuk nyata dari komitmen dalam memenuhi Domestic Market Obligation (DMO) kepada PLN dan anak usaha sebagai mitra strategis jangka panjang penyediaan energi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Kerjasama antara MHU dengan PTIP ini adalah hasil dari hubungan yang terjalin dengan baik selama ini, tujuan utamanya adalah untuk mendukung ketahanan energi dan listrik nasional, khususnya wilayah Jawa dan Bali, sehingga masyarakat bisa merasa tenang, tentram, dan nyaman,” ujar dia.

Pada tahun 2021, total produksi MHU tercatat 13,8 juta ton/tahun, meningkat 25% dibandingkan tahun 2020. Saat ini MHU merupakan salah satu produsen batubara dengan kenaikkan produksi yang signifikan dalam 3 tahun terakhir, dengan tujuan penjualan batu mencapai ke 14 negara.

“Salah satu cara untuk mengamankan pasokan batu bara kedepannya adalah dengan memberikan kontrak jangka panjang kepada perusahaan yang telah terbukti memenuhi komitmennya selama ini. Kontrak ini merupakan langkah strategis bagi PTIP dalam menjaga kehandalan dan ketersediaan listrik dan energi nasional,” imbuh Direktur Utama PTIP Ahsin Sidqi.

Votre Peau Hadirkan Duo Ampuh Atasi Jerawat Anti Ketarik

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.idBerita Lifestyle | Tidak bisa dipungkiri bahwa jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang banyak dialami, baik oleh wanita maupun pria. Biasanya, jerawat dapat timbul karena pori-pori wajah yang tersumbat oleh minyak ataupun debu dan kotoran. Memahami permasalahan kulit tersebut, Votre Peau menghadirkan Salicylic Acid Acne Facial Wash dan Toner yang dapat membantu mengatasi jerawat sehingga penggunanya dapat kembali percaya diri.

Votre Peau

Galih Andrianto, Head of Brand Votre Peau ​​mengungkapkan, bahwa Votre Peau Salicylic Acid Acne Facial Wash dan Toner dapat menjadi duo ampuh untuk mengatasi kulit wajah berjerawat. Dengan kombinasi 2 in 1 Cleanser dan Toner, yaitu Votre Peau Salicylic Acid Acne Facial Wash dan Toner, dapat bekerja maksimal untuk mengangkat minyak berlebih penyebab jerawat pada wajah tanpa memberikan efek tertarik serta menghidrasi wajah agar tetap lembab.

“Kedua produk Votre Peau Salicylic Acid Acne Facial Wash dan Toner diformulasikan oleh para ahli, bebas alkohol (Alcohol Free), dan tanpa wewangian (No Fragrance) sehingga aman untuk digunakan. Selain itu, Votre Peau Salicylic Acid Acne Facial Wash memiliki 3x Acne Prove Fighter sedangkan Votre Peau Salicylic Acid Acne Toner memiliki 5 kandungan utama yang dapat membantu mengatasi kulit wajah berjerawat,” ujar dia.

Dia menambahkan, beberapa keunggulan dari Votre Peau Salicylic Acid Acne Facial Wash adalah kandungan Salicylic Acid untuk membantu mengurangi produksi minyak penyebab jerawat di wajah sehingga membantu mengatasi permasalahan jerawat. Salicylic Acid merupakan golongan BHA yang khusus bermanfaat untuk melarutkan sumbatan komedo dan lemak. Kemudian ada kandungan Herbal Tea Tree Oil yang berfungsi untuk menenangkan jerawat, anti inflamasi, anti bakteri, dan antiseptik. Selain itu produk ini juga dapat membantu menyamarkan pori-pori pada wajah serta memiliki manfaat sebagai skin conditioner yang dapat menghidrasi sehingga kulit terasa tetap lembab.

Dilengkapi dengan 5 powerful ingredients membuat Votre Peau Salicylic Acid Toner ampuh untuk atasi jerawat. Kelima kandungan tersebut adalah Salicylic Acid yang membantu penetrasi untuk cegah produksi minyak berlebih akibat jerawat, Lactic Acid yang lebih lembut dan lebih menghidrasi bila dibandingkan dengan jenis AHA lainnya, Witch Hazel sebagai kandungan alami untuk membantu menenangkan kulit serta membantu permasalahan jerawat.

Selain itu, Votre Peau Salicylic Acid Toner juga diperkaya dengan Allantoin untuk menghidrasi dan melembabkan kulit serta membantu mengecilkan pori-pori kulit, dan Zinc PCA untuk melembabkan kulit dan membantu mengontrol produksi minyak berlebih. Keunggulan lainnya dari Votre Peau Salicylic Acid Toner adalah produk ini aman untuk digunakan sejak usia 12 tahun.

“Dengan hadirnya kedua produk Votre Peau Salicylic Acid Acne Facial Wash Toner, kami harapkan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, dan dapat membantu untuk mengatasi permasalahan kulit berjerawat sehingga masyarakat Indonesia dapat semakin percaya diri dengan penampilannya,” tutup Galih.

Harpelnas 2022: Blibli Padukan Teknologi dan Empati

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Blibli percaya kepuasan pelanggan berawal dari layanan setulus hati dan penuh empati. Pada momentum istimewa Hari Pelanggan Nasional 2022, Blibli juga hadir dengan program untuk menebarkan lebih banyak senyuman di wajah para pelanggan melalui penawaran spesial dan bonus point rewards. Di tahun ini, Blibli tidak ingin senyuman berhenti hanya pada pelanggan setia Blibli, tapi kami ingin menyebarkan senyuman ini untuk masyarakat yang kurang beruntung melalui program donasi.

Blibli

Di era digital saat ini, Blibli percaya bahwa teknologi yang di kembangkan dengan empati akan dapat menghadirkan pengalaman yang menyenangkan bagi semua pelanggan. Hal ini dilakukan Blibli mulai dari inovasi yang dihadirkan dengan menempatkan kepuasan pelanggan sebagai fokus utama, hingga memastikan bahwa semua agen customer care dilatih untuk memiliki kepekaan (high touch) ketika berkomunikasi dengan pelanggan.

Lisa Widodo, COO Blibli mengatakan, kepuasan pelanggan adalah yang utama bagi Blibli. Hal ini hanya bisa dihadirkan jika semua karyawan Blibli memiliki empati kepada pelanggan. Salah satu hal yang penting adalah bagaimana tim customer care kami selalu berusaha memberikan sentuhan personal dengan layanan yang setulus hati untuk bisa melampaui harapan pelanggan. Kini, pada Harpelnas 2022, Blibli memperkuat komitmen tersebut untuk menciptakan senyum terbaik di wajah pelanggan, karena senyuman pelanggan adalah kebahagiaan kami,” ujarnya.

Layanan pelanggan berbasis empati, serta didukung dengan teknologi yang membantu produktivitas dan fleksibilitas bekerja 24/7 darimana saja, tim customer care Blibli selalu berupaya untuk memberikan layanan yang melampaui harapan pelanggan. Salah satunya terbukti bahwa lebih dari 98% pelanggan menunggu kurang dari 20 detik untuk dapat tersambung dengan agen customer care Blibli. Kemampuan ini melebihi standar industri yang pada umumnya membutuhkan waktu 46 detik menunggu. Keberhasilan dalam memastikan kenyamanan pelayanan purna beli ini, pada akhirnya menyumbang pada terciptanya loyalitas pelanggan.

Atas komitmennya ini, deretan pengakuan atas kinerja layanan pelanggan Blibli diberikan oleh berbagai lembaga yang kredibel, seperti Global Contact Center World Awards – World 2021, Global Contact Center World Awards – Asia Pacific 2022, The Best Contact Center Indonesia pada 2020/2021 dan Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) 2020.

Hadirkan AHA Moment Bagi Pelanggan

Dalam menghadirkan layanan yang penuh empati, banyak AHA Moment yang terjadi pada pelanggan Blibli, dimana customer care Blibli berhasil membantu pelanggan memenuhi harapannya. Salah satu momen AHA yang paling berkesan adalah saat tim customer care membantu pelanggan untuk mendapatkan barang yang dipesan untuk dibawa ke luar kota. Berawal dari keluhan yang disampaikan oleh pelanggan karena barang yang dipesan yang akan dibawa keluar kota tidak kunjung diproses oleh seller. Memahami urgensi pelanggan untuk bisa segera mendapatkan barang tersebut, agen premium care berinisiatif untuk mengganti pesanan ke seller lain, lalu mengambil pesanan di toko pesanan tersebut dan mengantarkannya ke pelanggan yang hendak pergi ke luar kota. Pelanggan merasa terkejut dan tersentuh atas upaya yang diberikan tim customer care untuk memenuhi pesanan tersebut.

Lisa menambahkan, “Untuk membuat Harpelnas 2022 jadi lebih istimewa, kali ini Blibli menghadirkan program khusus Senyum Untuk Kamu yang ditujukan kepada pelanggan setia Blibli, dan program Senyum Untuk Mereka secara khusus turut mengajak mitra dan pelanggan berbagi senyum mereka ke lebih banyak orang utamanya mereka yang kurang beruntung dengan menggandeng brand partner Pepsodent untuk didonasikan melalui Benih Baik.”

Senyum untuk Kamu: Promo Khusus Pelanggan Setia Blibli 

Dalam program Senyum Untuk Kamu di Harpelnas 2022, Pelanggan setia Blibli bisa mendapatkan T-shirt gratis hingga menikmati cashback sampai 70% dalam memenuhi berbagai kebutuhannya, mulai dari fashion, hobi, hingga groceries. Pelanggan dapat menikmati promo spesial Hari Pelanggan Nasional selama 3–4 September 2022.

Senyum untuk Mereka: Yuk berdonasi bersama Benih Baik

Dari waktu ke waktu, Blibli konsisten menjalankan berbagai inisiatif yang mampu memberikan dampak sosial positif terhadap masyarakat luas karena penting bagi Blibli untuk berkontribusi menciptakan hidup yang lebih baik bagi banyak orang. Kini, memaknai Harpelnas 2022, Blibli mengajak para pelanggan untuk berdonasi bagi pengobatan anak-anak dengan bibir sumbing melalui upaya kolaboratif berdampak sosial positif bersama Pepsodent.

Bagaimana caranya? Lewat kolaborasi bersama Pepsodent, Blibli akan menyalurkan sebagian dari hasil penjualan produk dari Official Store Pepsodent di Blibli. Penggalangan donasi ini akan berlangsung pada 3–30 September 2022. Blibli memastikan seluruh donasi akan disalurkan secara tepat sasaran melalui kolaborasi dengan mitra terpercaya yakni Benih Baik.

Harpelnas 2022: Kepuasan Pelanggan Prioritas Utama Telkomsel

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]
Harpelnas 2022 hari pelanggan nasional
Adiwinahyu Basuki Sigit, Director of Sales Telkomsel. Foto: Dokumentasi Telkomsel.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Hari Pelanggan Nasional atau Harpelnas 2022 setiap tahunnya diperingati secara serentak pada tanggal 4 September. Banyak perusahaan di Indonesia yang memanfaatkan momen ini untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para pelanggan setianya, termasuk Telkomsel.

Memperingati momen Hari Pelanggan Nasional 2022, Telkomsel mengatakan akan terus mendengarkan suara pelanggan. Bagi Telkomsel, setiap masukan menjadi sangat penting agar Telkomsel bisa terus meningkatkan kualitas layanan.

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit kepada Marketingcoid mengatakan, pelanggan merupakan tujuan dari semua upaya yang Telkomsel lakukan selama ini. Telkomsel tidak akan mungkin tumbuh hingga sebesar hari ini tanpa kepercayaan dari seluruh pelanggan.

Oleh karena itu, di setiap langkah yang dilakukan, Telkomsel senantiasa mengedepankan prinsip customer-centric dalam menghadirkan produk dan layanan, agar dapat selalu memberikan nilai tambah yang berdampak pada kenyamanan dan kepuasan pelanggan yang merupakan prioritas dan bagian terpenting bagi Telkomsel.

“Bagi kami, setiap masukan pelanggan menjadi sangat penting agar Telkomsel bisa terus meningkatkan kualitas layanan. Telkomsel selalu berupaya memberikan kemudahan yang dapat menjawab seluruh kebutuhan pelanggan secara berkelanjutan, dan kami akan terus memperkuat konsistensi Telkomsel untuk menjaga amanah pelanggan dengan terus hadir dan menjadi manfaat di setiap aktivitas masyarakat dalam membuka semua peluang kemajuan,” ujarnya.

Di momen Hari Pelanggan Nasional 2022 ini, Sigit ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kepercayaan para pelanggan yang selama 27 tahun telah setia memilih dan mengandalkan Telkomsel untuk mendampingi setiap langkahnya.

“Kepuasan pelanggan selalu menjadi pusat prioritas dan bagian terpenting di setiap langkah Telkomsel dalam menghadirkan produk dan layanannya,” pungkasnya.

Selamat Hari Pelanggan Nasional 2022

 

 

Harpelnas 2022, Menyebarkan Kebahagiaan ke Semua Pelanggan

0
[Reading Time Estimation: < 1 minute]
Gabrielle Halim, CEO Erajaya Food & Nourishment. Foto: marketing.co.id/Lialily.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Harpelnas 2022 atau Hari Pelanggan Nasional bagi CEO Erajaya Food & Nourishment Gabrielle Halim merupakan reminder untuk melakukan refleksi dan mengevaluasi segala aspek yang berhubungan dengan touchpoints dengan pelanggan.

“Ini kesempatan kami untuk memperbaiki yang kurang, meningkatkan yang sudah baik dan terus mencari peluang untuk memberikan ‘wow moments’ kepada pelanggan kami,” katanya.

Menurutnya, excellent customer service adalah bagian dari DNA Erajaya Group dan Paris Baguette. Bahkan, salah satu nilai luhur Paris Baguette adalah ‘spread joy to everyone’, menyebarkan kebahagiaan ke semua pelanggan.

Pastry, cakes dan baked goods yang disajikan dengan pelayanan yang tulus dari hati,  diharapkan dapat memberi senyum di wajah para pelanggan. Dan, itu dapat terjadi dengan adanya customer interaction dan customer journey yang positif dan memorable di semua touchpoints.

Gabrielle Halim percaya ini nantinya akan menjadi bagian dari dialog pelanggan setia Paris Baguette dengan network di sekitarnya, apakah itu keluarga, teman, saudara atau kolega.

Percakapan tersebut diyakininya akan membawa dampak positif kepada bisnis, karena 88% konsumen mempercayai dan melakukan action berdasarkan rekomendasi temannya dibandingkan iklan tradisional.

“Saya berharap momen Hari Pelanggan Nasional ini menjadi stimulus yang mendorong lebih banyak perusahaan untuk lebih customercentric,” pungkasnya.

 

Selamat Hari Pelanggan 2022

 

 

 

 

 

 

Ajinomoto Sharing Knowledge Praktik Sirkular Ekonomi

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.idBerita Consumer Goods | PT Ajinomoto Indonesia (Ajinomoto) melakukan praktik sirkular ekonomi untuk ciptakan proses produksi ramah lingkungan. Pabrik Ajinomoto di Mojokerto telah melakukan berbagai upaya untuk mencapai Zero Waste yang merupakan upaya meminimalkan dan mengurangi pencemaran lingkungan hingga ke titik nol.

Ajinomoto

Berbagai upaya yang dilakukan meliputi pengurangan emisi karbon, pengurangan konsumsi air, penerapan Bio-Cycle & Eco-Activity yang menghasilkan co-product seperti Pupuk AJIFOL, AMINA, dan bahan baku pakan ternak FML. Selain itu, ada juga peningkatan pengelolaan air limbah supaya ketika disalurkan ke Sungai Brantas kualitas airnya menjadi lebih baik dan bersih.

Konsep circular economy (ekonomi sirkular) berkaitan dengan salah satu kebijakan yang digulirkan Kementerian Perindustrian, yakni industri hijau. Implementasi industri hijau mengupayakan efisiensi dan efektivitas terhadap penggunaan sumber daya secara berkelanjutan sehingga mampu menyeleraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sehingga mampu menyeleraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Yudho Koesbandryo, Direktur PT Ajinomoto Indonesia mengatakan, adapun pengembangan ekonomi sirkular membawa peluang bagi sejumlah sektor industri di Indonesia, termasuk Ajinomoto. Dimana, Ajinomoto telah melakukan praktik ekonomi sirkular sejak 2009. Ajinomoto selalu mempertahankan dan meningkatkan efisiensi produksi dari hulu hingga hilir pada proses produksi yang ada.

“Di hulu, dengan teknologi yang kami punya, kami menekan penggunaan raw materials untuk meningkatkan produktivitas. Pada proses tersebut hingga mencapai hilir nya, kami menghasilkan co-product atau produk samping yang memiliki nilai jual dan bisa diaplikasikan di bidang pertanian dan peternakan. Selain mengolah produk samping cair dari hasil produksi MSG, di Agriculture Development (Agri Dev) Department kami juga bertanggung jawab untuk mengolah produk samping dalam bentuk padat menjadi pembenah tanah GCC Mix, material pakan ternak TRITAN, dan beberapa co-product lainnya yang juga mempunyai nilai jual,” ujar Yudho ketika menjadi pembicara dalam Webinar Festival Peduli Sampah yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK) RI.

Selain proses pembuatan co-product yang menerapkan Bio-Cycle & Eco-Activity, dia memaparkan, Ajinomoto juga banyak menerapkan aktivitas produksi yang ramah lingkungan seperti pengurangan 34.900 ton emisi karbon (CO2) dengan berbagai cara seperti mengurangi konsumsi bahan bakar seluruh transportasi di tempat kerja, memangkas penggunaan tenaga listrik, dan mengatasi kebocoran uap pada peralatan produksi.

“Kami mempunyai target mengurangi 180.000 ton CO2 pada tahun 2023, dari based line tahun 2018. Kemudian, ke depan kami juga berencana untuk memakai bio mass boiler, saat ini sedang dalam proses persiapan dan mudah-mudahan tahun depan sudah bisa kami aplikasikan untuk menggantikan batu bara,” lanjut Yudho.

Ajinomoto juga berkomitmen mendukung pelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan air hingga 31%, dari based line tahun 2016, dengan melakukan penghematan melalui peningkatan kualitas air (water treatment) pada aktivitas produksi. Komitmen ini juga sebagai wujud partisipasi Ajinomoto dalam mensukseskan program pelestarian lingkungan hidup dari Pemerintah Indonesia dan seiring dengan cita-cita Ajinomoto Co., Inc (Jepang) dalam membantu mengurangi dampak lingkungan hingga 50%.

“Kami aktif mengerjakan kegiatan reduce, reuse, recovery, dan recycle untuk penggunaan air di setiap aktivitas yang ada. Hal ini cukup menggembirakan, karena meski dengan mengurangi penggunaan air hingga 31%, kemampuan produksi MSG dan seasoning lain masih bisa meningkat,” ungkap Yudho.

Kemudian, masalah lingkungan lain di Indonesia adalah jumlah sampah plastik yang dari tahun ke tahun kian menumpuk. Menyoroti masalah ini, Ajinomoto turut mengambil langkah konkrit. Brand MSG AJI-NO-MOTO®, yang lekat dengan keseharian keluarga Indonesia, ikut berkontribusi mengatasi permasalahan penumpukan sampah plastik dengan mengurangi hingga 30% penggunaan material plastik di kemasannya.

Atas inisiasi itulah Brand MSG AJI-NO-MOTO® memperoleh rekor MURI sebagai bumbu MSG pertama di Indonesia dengan kemasan yang ramah lingkungan. Selain itu, PT AJINOMOTO INDONESIA juga mengurangi penggunaan plastik pada produk lainnya seperti: Masako® sejumlah 8,4% dalam setiap kemasan 9gr dan Sajiku® sejumlah 9,5% di setiap kemasannya, dan ke depannya akan dilakukan penelitian lebih lanjut supaya bisa terus menekan penggunaan material plastik di setiap produk.

“Kami mencoba menjalankan aktivitas ini dalam 3 bagian yaitu upstream (terkait sustainability misalnya resources), midstream (efisiensi dan stability) dan downstream (benefit bagi masyarakat dan pelanggan kami). Saat ini porsi terbesar kami di upstream dan midstream karena sebagai baseline kami, namun mulai tahun 2022 ini kami sudah membuat studi kelayakan dan roadmap untuk downstream. Dalam hal aktivitas downstream kami memerlukan lebih banyak dan lebih luas lagi mitra untuk kolaborasi,” ujar dia.

Melalui langkah-langkah tersebut, Ajinomoto berharap dapat menginspirasi banyak pihak untuk melakukan gerakan lainnya yang bertujuan menjaga kelestarian lingkungan. Ajinomoto berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, dengan meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga Indonesia melalui produk dan layanan yang berkualitas tinggi.

57% Konsumen di Asia Tenggara Mencari Produk Melalui eCommerce

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Berdasarkan laporan yang dirilis Lazada menemukan bahwa 57% pembeli di wilayah di Asia Tenggara mencari produk secara langsung di pasar eCommerce, menjadikan platform eCommerce sebagai mesin pencari baru. Dimana, laporan thought leadership, Lazada Sponsored Solutions (LSS), “Transforming Southeast Asia: From Discovery to Delivery”, di rilis dalam gelaran LazMall Brands Future Forum (BFF) 2022 yang diadakan di Resorts World Sentosa – sekaligus mengukuhkan James Dong sebagai Chief Executive Officer, Lazada Group.

James Dong sebagai Chief Executive Officer, Lazada Group memaparkan, dengan penetrasi pengguna eCommerce yang diperkirakan akan mencapai 413 juta pengguna pada tahun 2025, perjalanan belanja yang lebih dinamis melihat 57% pembeli di kawasan ini mencari produk langsung di pasar eCommerce. Pergeseran dari mesin pencari yang umum digunakan ini menyoroti pentingnya solusi pemasaran eCommerce dan digitalisasi bisnis untuk tetap tangguh dan relevan di tengah kenaikan suku bunga global dan tekanan inflasi.

“Pasar eCommerce seperti Lazada telah melampaui media sosial dan mesin pencarian untuk menjadi saluran penemuan pilihan. Perubahan perilaku dan pola pikir selama dua tahun terakhir telah mendorong lebih banyak konsumen berkualitas tinggi yang mencari produk otentik berkualitas tinggi, dan pengalaman yang berkualitas, untuk datang ke LazMall,” papar dia memberikan keynote speech pada acara tersebut.

Dia menambahkan, tak ayal jika setiap merek sekarang memiliki kesempatan untuk membangun mindshare dan terhubung dengan konsumen menggunakan alat dari Lazada, untuk mempercepat pertumbuhan mereka di ruang eCommerce dan melibatkan audiens yang tepat.

James Chang, Chief Business Officer Lazada Group menambahkan, bahwa LazMall tetap menjadi penawaran utama yang akan terus dikembangkan dan diinvestasikan untuk dapat meningkatkan pengalaman, keterlibatan, dan retensi pelanggan. Industri eCommerce di Asia Tenggara mengalami pertumbuhan luar biasa dari 2019 hingga 2021, didorong oleh pemakaian pembeli yang belum pernah terjadi sebelumnya selama pandemi.

“Bahkan ketika konsumen melanjutkan gaya hidup pasca-pandemi mereka, Lazada tetap percaya diri karena pembeli terus membeli, dengan 8 dari 10 konsumen terus berbelanja online untuk kemudahan dan kenyamanan, meskipun pengeluaran rata-rata per pengguna lebih rendah dibandingkan dua tahun terakhir,” papar Chang.

LazMall juga melihat lonjakan pertumbuhan pembeli yang tak terduga, dan terus bergerak maju serta memusatkan upayanya dengan menarik dan mempertahankan pelanggan di luar harga dan promosi. Survei Lazada menemukan bahwa kelekatan dan retensi pelanggan kemungkinan besar terjadi dengan pilihan produk yang lebih luas, harga yang kompetitif, peningkatan kenyamanan dan pilihan yang bervariasi, serta pengalaman berbelanja yang sangat dipersonalisasi.

Laporan LSS menunjukkan bahwa penemuan yang dipimpin oleh pencarian dan rekomendasi produk membantu pembeli dalam proses pengambilan keputusan, dengan 94% pembeli menggunakan fungsi pencarian untuk menemukan produk di Lazada, dan 94% benar-benar membeli produk yang mereka temukan melalui pencarian. Selain itu, 71% pembeli membeli produk dari hasil fitur ‘Rekomendasi’ Lazada yang disesuaikan untuk pengguna.

Howard Wang, Chief Technology Officer Lazada Group menjelaskan, bahwa teknologi canggih Lazada, yang didukung oleh infrastruktur cloud Alibaba, adalah pendorong di balik penawaran yang ada di platform, mulai dari keterlibatan konsumen, pemberdayaan penjual, dan integrasi mitra. Kecerdasan data perusahaan membantu merek dan penjual menargetkan audiens dengan lebih akurat, dan meningkatkan konversi.

“Ini semakin diperkuat dengan penggunaan augmented reality (AR), yang meningkatkan hasil bisnis dan meningkatkan pengalaman merek bagi pembeli. Selain itu, teknologi AR Lazada yang memungkinkan pengguna untuk mencoba produk kecantikan secara real-time dengan hasil yang nyata, memungkinkan merek untuk memberikan pengalaman belanja virtual yang disesuaikan dan ultra-realistis. Virtual Try On (VTO) memiliki fitur kaya fungsi yang memungkinkan konsumen untuk memilih dan mencoba produk. VTO telah melihat kesuksesan yang signifikan dengan mitra merek LazMall di bidang kecantikan, berkontribusi pada peningkatan konversiyang signifikan hingga 3,1X dan peningkatan  hingga 11% dalam nilai pesanan rata-rata,” kata dia.

Rencana Pelabelan BPA Berpotensi Menimbulkan Masalah Baru

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.idBerita Consumer Goods | Rencana Badan Pengawas Obat dan Makanan untuk merevisi Peraturan BPOM Nomor 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan, khususnya pelabelan Biosphenol-A (BPA) pada Air Kemasan Galon  hanya akan membuka kotak pandora yang bisa menimbulkan efek yang sulit dikendalikan.

Rachmat Hidayat, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Air Kemasan Indonesia (ASPADIN) mengatakan, jika rencana peraturan ini diterapkan, BPOM akan membuka kotak pandora. Nanti akan ada pelabelan bebas kandungan logam berat, pelabelan cemaran kimia, cemaran mikroba, itu kotak pandora. Ribuan pelabelan untuk ribuan makanan kemasan di Indonesia.

“Pemerintah dan lembaga terkait termasuk BPOM telah memberikan keputusan yang menyebut bahwa air minum dalam kemasan dengan bahan polikarbonat telah aman dikonsumsi masyarakat. Pada tahun 2020, BPOM juga menggelar penelitian selama lima tahun terkait batas migrasi pada galon PET maupun polikarbonat, yang dinyatakan masih di bawah batas aman. BPOM meneliti ratusan jenis kandungan kimia dalam ratusan jenis kemasan. BPA hanya salah satu kandungan dari ratusan kemasan itu,” kata Rachmat dalam kesempatan bincang-bincang di program Inilah Ngobrol Tempo, bertema  “Polemik Revisi Label BPA: Manfaat VS Mudharat”.

Dr. Nugraha Edhi Suyatma, Dosen dan Peneliti di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan dan Seafast Center Institut Pertanian Bogor (IPB) mengemukakan, ia kurang sependapat dengan sisipan pasal 61 a dan b dalam revisi Peraturan BPOM No.18 tahun 2018, yang dikhawatirkan akan  menimbulkan mispersepsi pada konsumen, seolah kemasan plastik lain di luar polikarbonat terkesan aman. Padahal  BPA ada dimana-mana tidak hanya di polikarbonat, ada di kemasan kaleng, bahkan di botol bayi, itu juga harus dilabeli semua.

“Kandungan BPA justru terbanyak ada pada kemasan makanan kaleng, dengan hampir 90% bahan enamel pada kaleng merupakan hasil polesan epoksi yang bahan bakunya adalah BPA. Upaya menetapkan aturan label BPA menurutnya seperti membuat persepsi bahwa kemasan dengan label BPA free sudah aman. Padahal, dari  PET juga memiliki risiko dari kandungan yang lain, seperti dari kandungan acetaldehyde lalu etilen glikol, dan dietilen glikol,” papar Dr. Nugraha.

Sementara itu bicara potensi timbunan sampah plastik akibat penerapan pelabelan BPA Free, Ketua Komisi Penegakan Regulasi Satgas Sampah Nawacita Indonesia, Asrul Hoesein menyebut, ada hal krusial yang saat ini diabaikan, yakni penerapan Undang-Undang No 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Undang-undang ini seharusnya diperkuat dengan peraturan pemerintah yang bisa mendorong penerapan Extended Producer Responsibility, sebuah aksi yang merupakan bagian dari tanggung jawab produsen.

“Faktanya, galon sekali pakai juga jatuhnya di TPA. Malah merugikan masyarakat karena yang seharusnya di rumah tangga diisi ulang, malah sekali pakai. Jadi perdebatan ini sebetulnya tidak perlu, kalau terus dibahas jadi semakin jelas siapa yang ada di belakang polemik ini,” tegas Asrul.

Sejauh ini air mineral memang telah menjadi pilihan bagi masyarakat untuk pemenuhan hidrasi tubuh, termasuk asupan sejumlah mineral yang dibutuhkan. Diungkapkan dr. Dyah Novita Anggraini, praktisi kesehatan yang juga hadir dalam forum Ngobrol Tempo, sebesar 70% tubuh manusia mengandung air, sehingga dibutuhkan asupan air agar fungsi tubuh berjalan dengan baik. Air mineral diketahui telah memiliki kandungan mineral yang juga dibutuhkan tubuh, seperti mikro nutrien yang harus diasup dari luar tubuh.

“Seluruh air mineral dalam kemasan sudah memenuhi standar SNI, di bawah Kemenperin dan BPOM. Selain itu, higienis karena sudah ada parameter fisik yang sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan. Kandungannya juga tidak berwarna dan tidak mengandung mikroorganisme berbahaya seperti E-Coli,” tutup dr. Dyah.

Akhirnya Ada Peluang Jadi Tetangga RANs

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Property & Retail | Siapa yang tak kenal dengan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina?. Kedua pasangan yang dijuluki Sultan Andara ini sedang bersiap untuk berbisnis di dunia Properti. Pasar properti Indonesia yang mulai membaik saat ini menjadi salah satu alasan mereka untuk mencoba masuk ke properti.

Alasan lainnya adalah saat melihat para karyawan Rans Entertainment yang mayoritas adalah milenial dan gen Z kesulitan memiliki properti pribadi seperti apartemen, rumah atau tanah. Fasilitas dan lingkungan yang kurang tepat juga menjadi alasan mereka untuk membuat sebuah properti yang nyaman.

Raffi Ahmad (kanan) saat akan memberikan buket bunga kepada Loemonggo Haoemasan, Presiden Direktur Asiana Group (kiri) disaksikan Nagita Slavina (tengah) sebagai tanda resmi menjadi konsultan untuk bisnis properti RANS. Acara perkenalan berlangsung di Senayan Park, Jakarta (02/09). Foto: marketing.co.id/lialily.

Awal mula Raffi dan Nagita tertarik membangun apartemen setelah melihat Power RANSger, sebutan karyawan RANS rata-rata berasal dari generasi milenial dan gen Z mengungkapkan impian mereka terhadap hunian yang akan ditempati.

“Dari cerita itu tercetuslah harapan pembuatan apartemen yang bukan hanya akan berlaku sebagai sekedar tempat tinggal tapi juga dapat memenuhi kebutuhan lifestyle kaum muda,” kata Raffi Ahmad dalam acara Jadi Tetangga RANS di Senayan Park Jakarta, Jumat (2/9).

Agar lebih mantap dan seusai dengan konsep yang diinginkan, Raffi dan Nagita menggandeng Presiden Direktur Asiana Group, Loemongga Haoemasan sebagai konsultannya.

Loemongga dikenal sebagai pengembang proyek apartemen mewah di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Sebelumnya ia telah membangun delapan apartemen termahal dan termewah di Jakarta diantaranya Nirvana Kemang, dan Senopati Suite.

Gayung bersambut. Loemongga bersedia memberikan mentoring developing bangunan gaya baru dengan menyesuaikan kebutuhan milenial dan generasi selanjutnya.

“Sekaligus bisa memfasilitasi generasi muda untuk berjejaring, belajar, berbagi cerita dan karya, memberikan inspirasi dan saling membuka peluang untuk bekerja sama, bersinergi serta gotong royong lintas karya dalam segala bidang,” kata Loemongga.

Nilai-nilai inilah yang akan dimulai dari titik awal program yang nantinya akan dilaksanakan. Raffi dan Nagita akan melibatkan masyarakat khususnya kaum muda produktif untuk berkontribusi untuk pencarian nama, pembuatan logo, rekomendasi fasilitas, dan desain beberapa spot strategis apartemen.

Caranya dengan mengadakan sayembara sehingga menjadikan apartemen yang dibangun itu dipersembahkan oleh kaum milenial, dari milenial, untuk milenial. Nantinya apartemen yang akan dibuat bisa dimiliki oleh konsumen dari luar daerah juga.

Rencananya apartemen yang akan dibangun oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ini akan berlokasi persis di lahan yang berada tepat di depan rumah mereka. Dengan luas tanah sekitar 2 hektar, RANS akan memanfaatkan dengan maksimal lahan tersebut dan membuat lingkungan yang nyaman untuk menjadi tempat tinggal. Tertarik jadi tetangga RANS?

Marketing.co.id: Portal berita Marketing dan Bisnis.

TAF Syariah Dapat Suntikan Modal Rp750 Miliar

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.idBerita Financial | Toyota Astra Financial Services (TAF) Syariah menandatangani Perjanjian Line Facility dengan Bank Syariah Indonesia (BSI). Perjanjian kerjasama ini bertujuan untuk suntikan modal kerja unit usaha Syariah Toyota Astra Financial Services, yang sering kita sapa TAF Syariah senilai Rp750 miliar.

Agus Prayitno, Presiden Direktur PT Toyota Astra Financial Services (TAF) mengatakan, terus bertumbuhnya ekonomi Syariah, market pembiayaan otomotif roda empat Syariah dan Pembiayaan konsumen Syariah di Indonesia, ini menjadi tujuan utama untuk terus membesarkan TAF Syariah sebagai unit kerja Pembiayaan syariah di TAF.

“Sebagai perusahaan pembiayaan mobil yang merupakan gabungan dari Toyota Financial Services (TFS) dan Astra International, kami Toyota Astra Financial Services tepat di bulan kemerdekaan Indonesia, kami sangat senang dan bangga dapat bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam kerjasama permodalan unit kerja untuk TAF Syariah,” ujar Agus.

Dia menambahkan, performa TAF Syariah selama 2021 lalu mencatatkan pertumbungan positif lebih dari 125% dibanding catatan pencapaian ditahun sebelumya, ini menandakan pertumbuhan yang sangat baik dari market pembiayaan syariah di Indonesia.

Tri Wahyudi, Division Head Toyota Astra Financial Services yang turut mendirikan Unit Usaha Syariah TAF menambahkan, bahwa suntikan modal unit Syariah ini akan digunakan TAF Syariah untuk seluruh kegiatan pembiayaan Syariah. TAF Syariah di tahun 2021 lalu telah berhasil memberikan Pembiayaan syariah di angka Rp381 miliar. Tahun 2022, TAF Syariah menargetkan amount finance dalam Pembiayaan syariah diangka Rp439 miliar.

Variasi produk-produk TAF Syariah yang tawarkan TAF dalam unit usaha syariah ini antara lain; Pembiayaan Pembiayaan Syariah Mobil Toyota, Daihatsu, Lexus, TAF Fleet Syariah, TAF Siapdana Syariah, Kinto Syariah dan TAF Used Car Syariah.

Permintaan Pembiayaan TAF Syariah terus menghijau dan tumbuh di kota-kota besar antara lain Jakarta, Bandung, Serang, Surabaya, Medan, Bogor dan kota besar lainnya di Indonesia. Saat ini, TAF Syariah telah melayani Pembiayaan Syariah di 37 kantor cabang. Adapun di tahun 2023 TAF Syariah akan terus memperluas coverage layanan pembiayaannya dengan menggenapkan jumlah kantor cabang TAF Syariah menjadi 40 kantor cabang di seluruh Indonesia.

Berbeda dengan kantor cabang TAF di kota-kota lain di Indonesia, TAF Syariah secara serius menggarap pasar pembiayaan syariah dengan membangun kantor cabang TAF Syariah di Kota Serambi Mekkah, Provinsi Aceh, Kota Banda Aceh, Indonesia, yang akan beroperasi di tahun 2023.

“Toyota Astra Financial Services (TAF), terdaftar dan diawasi oleh OJK, TAF adalah perusahaan pembiayaan mobil terbaik yang memberikan solusi kepemilikan mobil baru dengan syarat yang mudah, proses cepat dan aman. TAF menawarkan paket pembiayaan mobil untuk semua jenis mobil Toyota, Daihatsu dan Lexus,” ujar dia.

 

Kisah Empat “Mesin Logistik” Indonesia

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Pelabuhan memiliki peran untuk mengefisienkan biaya logistik melalui peningkatan produktivitas bongkar muat dan penurunan Port Stay atau Waktu Sandar Kapal di Pelabuhan.

Sebagai salah satu pintu pengiriman logistik dunia, pelabuhan dan ekosistem disekitarnya yang mendukung, akan meningkatkan manfaat dan nilai tambah bagi PT Pelabuhan Indonesia (Persero). Foto: marketing.co.id/lialily.

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, kini memiliki 4 klaster bisnis untuk meningkatkan efisiensi rantai logistik di Indonesia. Dengan menggunakan Strategi Value Added Creation, diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan bisnis inti kepelabuhanan, meningkatkan peluang potensi bisnis baru serta mengintegrasikan end-to-end pelayanan kepelabuhanan dan logistik sehingga dapat menghasilkan manfaat dan nilai tambah.

Tercatat beberapa aksi korporasi yang sejalan dengan program efisiensi, diantaranya penyelesaian inbreng atau pengalihan saham pada anak perusahaan sesuai subholding yang telah dibentuk yakni: Subholding Terminal Petikemas (SPTP), Subholding Pelindo Multi Terminal (SPMT), Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM), dan Subholding Pelindo Solusi Logistik (SPSL).

SPTP melakukan beberapa pembenahan seperti standarisasi dan digitalisasi bisnis proses, pengaturan jam kerja bagi tenaga kerja bongkar muat (TKBM), serta peningkatan kehandalan peralatan penunjang kegiatan terminal.

Beberapa aksi korporasi juga dilakukan oleh SPMT demi meningkatkan efisiensi pelabuhan seperti: serah terima operasi 10 terminal non petikemas di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Sistemisasi serta digitalisasi proses bisnis non petikemas.

SPJM juga melakukan beberapa rencana kerjasama dengan Crane Maker dari Tiongkok dan beberapa fabricator serta pabrik baja dari Indonesia untuk membangun crane lokal sehingga Indonesia dapat swasembada dalam penyediaan peralatan bongkar muat atau crane. Walaupun baru dimulai dengan penggunaan komponen lokal sebesar minimal 20%, SPJM optimis akan segera meningkatkan persentase nya secara bertahap sesuai dengan kapasitas dan kemampuan industri.

SPSL pun segera berbenah untuk menciptakan nilai tambah yang bertujuan untuk mewujudkan layanan logistik yang terintegrasi. Pembangunan infrastruktur seperti pembangunan Jalan Tol Cibitung Cilincing (JTCC) ini diharapkan dapat mendukung kelancaran arus barang melalui penyediaan aksesibilitas darat yang menghubungkan kawasan industri yang luas di sebelah Timur Jakarta dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

Akses jalan tol ini tentunya akan berpengaruh besar dalam upaya menekan biaya logistik yang sejalan dengan visi perusahaan yakni to become the best solution provider for an integration logistic ecosystem.

Pelindo pasca merger, terbukti telah melakukan strategi penambahan nilai untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi logistik secara bertahap. Empat langkah dilakukan PT Pelabuhan Indonesia (Persero), untuk mencapai standarisasi operasional dan komersial, yakni :

  • pengembangan kapabilitas organisasi dan manusia,
  • pola bisnis operasi berbasis perencanaan dan control,
  • optimalisasi infrastruktur dan peralatan – termasuk penataan lay-out pelabuhan, dan
  • membangun budaya keselamatan melalui peningkatan kesadaran akan keselamatan dan standarisasi protokol keselamatan.

Marketing.co.id: Portal berita Marketing dan Bisnis.

Berbagi Pengalaman Tentang Digitalisasi UMKM di Indonesia Digital MeetUp 2022

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Perkembangan digitalisasi telah banyak merubah banyak bisnis model yang sebelumnya tak pernah ada sebelumnya. Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) termasuk yang mau tak mau harus memanfaatkan dan mengikuti perkembangan teknologi.

Agar para pengusaha UMKM ini lebih melek digital, maka diadakanlah “Indonesia Digital MeetUp 2022” yaitu ajang berkumpulnya komunitas UMKM Digital yang berlangsung dari tanggal 1-2 September 2022 di Gedung SMESCO, Jakarta Selatan. Acara ini diinisiasi untuk menjadi pemantik momentum UMKM Indonesia bertransformasi dan menjadi pemain utama dan mandiri di negara sendiri.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki (tengah) saat membuka acara “Indonesia Digital MeetUp 2022” di gedung SMESCO, Jakarta pada Kamis (01/08/22). Foto: Istimewa.

Dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Indonesia Digital MeetUp diharapkan bisa menjadi ajang percepatan digitalisasi UMKM yang terus digaungkan hingga kini. Acara ini diisi oleh lebih dari 15 pakar nasional dan internasional yang berbagi kesuksesan dan pengalaman mereka dalam mengembangkan platform bisnis digital. Beberapa nama yang populer di dunia digital dan UMKM seperti Dewa Eka Prayoga, Oscar Darmawan, dr Tirta dan Christina Lie, tampil dalam sesi conference day.

Salah satu peserta yang ditemui di sela acara “Indonesia Digital Meetup 2022” yaitu Baharudin Gia, dari PR Agency Casa Kreatif mengatakan, “Saat ini digital branding sudah menjadi salah satu kunci bagaimana kita di kenal dan mendapatkan reputasi positif. Dengan melakukan eksperimen kecil seperti mengetikkan nama anda atau brand anda di Google dan kemudian muncul, maka apa yang tampil merupakan cerminan dari anda atau brand anda. Banyak hal yang bisa didapatkan dengan mengikuti acara ini.”

Gelaran acara Indonesia Digital MeetUp 2022, tidak melulu hanya merupakan sesi Conference Day, namun juga ada “kopi darat” diantara komunitas IDE yang dipelopori oleh Yasirli Amri. Pertemuan komunitas tersebut merupakan tindak lanjut sebagai bagian dari inisiatif untuk memajukan dunia Internet Marketer di Indonesia.

“Kami di IDE berharap para Internet Marketer tidak anti sosial karena kita harus membangun relasi baik kepada pemilik brand, advertiser dan publisher sehingga tercipta ekosistem yang saling mendukung. Saat ini kami sedang mempersiapkan distrik-distrik di tiap daerah untuk membangun koneksi antar anggota dan para pemain digital marketing sehingga kita bisa bertumbuh, baik secara keilmuan dan juga pendapatan.” ujar Yasirli.

Tantan Hilyatana, co-Founder IDE juga berpendapat yang sama. Menurutnya silahturahmi merupakan kunci sukses yang sudah terbukti mumpuni, karena dapat menghubungkan bisnis antar anggota dan juga bisa berkolaborasi didalamnya.

Bagi para pemilik brand, digital marketers, pemula yang ingin belajar tentang Internet Marketing dan pemilik jasa produk digital yang ingin bergabung di komunitas IDE, bisa melakukan pendaftaran di laman Komunitas IDE.

Marketing.co.id: Portal berita Marketing dan Bisnis.

BCA Rayakan Harpelnas 2022: “Kesetiaan Anda adalah Motivasi Kami”

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Sejalan dengan tantangan dan dinamika perubahan yang terjadi, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senantiasa mengedepankan inovasi dan kolaborasi dalam rangka menghadirkan ragam solusi dan layanan perbankan yang relevan kepada segenap nasabah. Inovasi dan kolaborasi tersebut menjangkau ekosistem secara hybrid, baik online maupun offline, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini dan tetap memperhatikan customer experience.

Demikian strategi utama BCA dalam menjaga loyalitas nasabah, terutama di tengah tantangan pandemi dan kondisi ekonomi global yang terus dinamis serta memberikan pengaruh terhadap aktivitas ekonomi nasional.

“Pada Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September mendatang, kami patut memberikan apresiasi yang tinggi kepada segenap nasabah BCA yang sudah setia dalam masa pasang surut ekonomi maupun berbagai dinamika yang terjadi beberapa waktu belakangan ini. Kami bahagia karena inovasi dan kolaborasi yang ditawarkan perseroan dalam ragam solusi dan layanan perbankan BCA selalu mendapat tempat istimewa di hati para nasabah dan nasabah. Loyalitas ini sangat BCA butuhkan demi memacu kami untuk selalu relevan dengan ragam kebutuhan nasabah setia kami,” ujar Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, di sela-sela perayaan Hari Pelanggan Nasional, pada Jumat (02/09).

Baca juga: Sederet Penawaran Super dari ShopeeFood dan ShopeePay di Harpelnas 2022

Seperti diketahui, inovasi digital dan loyalitas nasabah menjadi salah satu faktor penentu kenaikan CASA sebesar 17,3% YoY mencapai Rp817,8 triliun per Juni 2022. Kenaikan CASA tersebut berkontribusi hingga 81% dari total dana pihak ketiga. Pertumbuhan CASA juga menjadi penopang utama pencapaian dana pihak ketiga, yang untuk pertama kalinya menyentuh milestone Rp1.000 triliun. Per Juni 2022, total dana pihak ketiga tumbuh 12,9% YoY menjadi Rp1.011 triliun, sehingga turut mendorong total aset BCA naik 11,9% YoY menjadi Rp1.264,5 triliun.

Solidnya pendanaan CASA sejalan dengan peningkatan aktivitas perbankan transaksi. Per semester I 2022, total volume transaksi naik 40% YoY mencapai 10 miliar transaksi, yang mayoritas berasal dari mobile banking. Pengembangan solusi digital secara konsisten menjadi modal utama untuk mempertahankan kekuatan BCA di segmen perbankan transaksi.

Harpelnas 2022
Direktur BCA Subur Tan (tengah) dan Direktur BCA Rudy Susanto (kiri) secara langsung melayani salah satu nasabah di KCU BCA City Tower, Jakarta pada Jumat (02/09).

Sebagai informasi, volume transaksi internet banking BCA pada kuartal II-2022 tumbuh 17% dibandingkan kuartal II-2021 menjadi 1,2 miliar. Volume transaksi mobile banking BCA pada kuartal II-2022 melonjak 53% menjadi 3,6 miliar dibandingkan kuartal II-2021. Sementara itu, nilai transaksi internet banking BCA mencapai Rp 8.422 triliun dan mobile banking BCA mencapai Rp 2.554 triliun pada Semester I-2022.

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi kepercayaan nasabah kepada BCA. Kepercayaan ini memotivasi kami untuk terus berkomitmen meningkat pelayanan sesuai kebutuhan nasabah terkini dan selanjutnya bersama-sama kontribusi dalam menggerakkan roda perekonomian nasional. Perseroan juga terus mendorong dan mengapresiasi berbagai inisiatif hijau yang dikembangkan nasabah. Hal ini sejalan dengan komitmen BCA dalam mendorong percepatan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang mengedepankan prinsip environmental, social, and governance (ESG). Komitmen tersebut terwujud melalui penyaluran kredit untuk sektor-sektor berkelanjutan yang mencapai Rp169,5 triliun per Juni 2022,” lanjut Jahja.

Baca juga: Bank DBS Indonesia Paparkan Prospek Investasi Berbasis ESG di Tahun Macan Air 

Pada akhir Juni 2022, BCA melayani sekitar 31 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 62 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.242 kantor cabang, 18.065 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam.

“Sebuah kebahagiaan terbesar bagi kami mendapatkan kepercayaan dan kesetiaan Bapak, Ibu, Bro and Sis, bahkan di tengah tantangan ketidakpastian karena pandemi. Kesetiaan Anda adalah motivasi kami untuk senantiasa berkarya dengan kreatif dan inovatif, mengedepankan solusi dan layanan perbankan terbaik. Kami, akan terus melangkah tangguh, relevan, dan berkelanjutan ke depan,” tutup Jahja.