Hari Pelanggan Nasional 2022, Menciptakan Pelanggan sebagai Promotor

Marketing.co.id – Hari Pelanggan Nasional, atau Harpelnas dirayakan setiap tanggal 4 September. Dicetuskan oleh Handi Irawan, CEO Frontier, pada di tahun 2003, banyak pihak yang mendukung ide ini, baik dari BUMN, swasta dan pemerintah. Bahkan, Presiden ke-5 Republik Indonesia saat itu, Megawati Soekarnoputri sendiri yang meresmikannya. Di tahun 2022 ini, peringatan Hari Pelanggan Nasional mengambil tema “Menciptakan Pelanggan sebagai Promotor”.

harpelnas hari pelanggan nasional 2022

Memang, loyalitas pelanggan adalah kunci untuk membangun bisnis yang berkelanjutan. Kepuasan pelanggan yang kuat dan ulasan positif dari pelanggan dapat membantu perusahaan Anda tumbuh dan berkembang. Selain itu, pelanggan yang senang dan puas dengan produk atau layanan Anda cenderung berbagi pengalaman mereka dengan orang lain, baik dari mulut ke mulut atau di akun media sosial mereka. Hasilnya, mereka menjadi pendukung merek Anda.

Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, Anda harus memastikan bahwa pelanggan Anda mendapatkan pengalaman positif dari awal hingga akhir: dari percakapan awal tentang apa yang mereka butuhkan dan inginkan hingga pengiriman produk (atau layanan). Penting juga bagi karyawan Anda untuk memahami mengapa penting bagi mereka untuk tidak hanya memenuhi pesanan, tetapi juga memberikan layanan yang sangat baik (excellence).

Jadi, jika Anda menginginkan kesetiaan dan bisnis berulang dengan pelanggan Anda, maka Anda perlu berinvestasi dalam layanan pelanggan yang hebat.

Free Download: Bulletin Hari Pelanggan Nasional 4 September 2022

Perusahaan yang menawarkan layanan pelanggan yang hebat sering kali lebih sukses daripada pesaing mereka karena mereka telah membangun reputasi sebagai perusahaan yang responsif dan suka membantu. Selain itu, menawarkan produk atau layanan berkualitas tinggi tidak akan berarti banyak jika pengalaman pelanggan dalam proses bersentuhan dengan brand tersebut juga tidak menyenangkan.

Oleh karena itu, Hari Pelanggan Nasional 2022 ini merupakan momentum yang tepat untuk mengingatkan kembali betapa pentingnya membahagiakan pelanggan. Tujuan Harpelnas adalah untuk meningkatkan semangat pelayanan perusahaan dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan. Sebab memahami kebutuhan dan kepuasan pelanggan bukanlah pekerjaan yang bisa dikuasai dalam semusim saja. Pelanggan memiliki harapan yang selalu meningkat, apalagi inovasi produk selalu berkembang dari waktu ke waktu, maka perusahaan juga perlu meningkatkan pelayanan demi memuaskan pelanggan.

Harpelnas sudah memiliki logo khusus dalam melengkapi spirit melayani pelanggan. Logo Harpelnas berupa senyum manusia berwarna hijau yang mana senyum di dalam logo itu berarti menggambarkan kepuasan pelanggan. Sedangkan warna hijau dipilih untuk mewakili keramahan dan sikap bersahabat dari perusahaan kepada pelanggan. Warna hijau juga mengandung filosofi sebagai kesejukan dan kesuburan, dalam konteks Harpelnas tentu saja berkaitan dengan kesuburan ekonomi. Sebab tujuan jangka panjang dan tersirat dari Harpelnas adalah perekonomian Indonesia akan semakin maju.

Pada akhirnya, setiap perusahaan diharapkan dapat belajar tentang esensi dari Hari Pelanggan Nasional, yang merupakan cetusan dari sebuah pemikiran dan pengalaman bertahun-tahun memahami tingkah laku berbagai perusahaan di Indonesia. Tujuannya, agar dapat tercipta ekosistem di mana pelanggan puas, pelanggan loyal, perusahaan maju dan akhirnya negara pun maju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here