Ninja Xpress Hadirkan Layanan Live Selling, Bantu Penjualan UKM Saat Ramadan

Marketing.co.id – Berita UMKM | Belanja online telah berkembang pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, terutama saat bulan Ramadan di mana daya beli masyarakat meningkat dan memberikan peluang bisnis yang menjanjikan. Agar dapat memanfaatkan potensi ini, pelaku UKM harus memahami tren e-commerce yang sedang berkembang. Salah satu tren e-commerce yang sedang naik daun dan dapat meningkatkan penjualan adalah live selling.

Andi Djoewarsa Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress
Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress Memaparkan Tentang Perkembangan Live Selling di Indonesia

Hasil survei Suara UKM Negeri Vol 2 yang dilakukan pada November 2022 terhadap lebih dari 300 penjual e-commerce (shipper) yang menggunakan layanan Ninja Xpress di Indonesia menunjukkan bahwa satu dari tiga shipper telah melakukan live selling. Survei tersebut juga mengungkapkan tiga alasan utama mengapa shipper melakukan live selling, yaitu mampu menarik pelanggan baru, menjadi cara yang baik untuk mempererat hubungan dengan pelanggan, dan dapat meningkatkan popularitas merek dan minat pembelian.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress mengungkapkan, “Sebagai perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia, Ninja Xpress terus memberikan solusi yang dibutuhkan pelanggan. Bagi yang ingin memanfaatkan momentum Ramadan, layanan live selling dari Ninja Xpress siap menjadi solusi untuk meningkatkan penjualan.”

Menurut “Navigating Ramadan with Digital 2023” yang diterbitkan oleh Google, platform digital memainkan peran penting dalam menentukan pilihan belanja selama Ramadan. Penggunaan media digital dan platform digital terus meningkat di kalangan masyarakat Indonesia selama Ramadan. Selain itu, survei “Tren Perilaku Belanja Online Sambut Ramadan 2023” yang dilakukan oleh Snapcart menunjukkan bahwa 98% responden tertarik untuk berbelanja online selama Ramadan. Hal ini dipengaruhi oleh empat faktor utama, yaitu gratis ongkir (71%), metode pembayaran COD (37%), program Ramadan yang menarik (36%), dan keseruan live selling dengan penjual (16%).

Live selling adalah strategi penjualan yang menjanjikan. Misalnya, pada program live selling di TikTok, TikTok Shopping Hoki Sale pada Januari 2022 mencatatkan peningkatan nilai transaksi (GMV) hingga 411% dan peningkatan pesanan di TikTok Shop hingga 564,1%.

Di samping memiliki peluang yang menjanjikan, live selling tentu memiliki tantangan tersendiri. Survei Suara UKM Negeri Vol 2 menjelaskan, tantangan dalam melakukan live selling yang dihadapi oleh shipper, diantaranya mengelola keinginan pembeli saat live selling, memilih platform live selling yang tepat untuk digunakan, serta persiapan dan saat melakukan live selling itu sendiri.

Melalui layanan live selling Ninja Xpress, shipper tidak perlu repot-repot lagi dalam hal persiapan hingga pelaksanaan live selling. Bahkan, untuk talent, seperti host/KOL/MC/Model, hingga studio khusus untuk live selling dan photo produk sudah disiapkan oleh Ninja Xpress. Ramadan kali ini, tema yang dibawa adalah “Ramadan in Color”. Untuk shipper yang ingin menggunakan layanan ini, dua hal yang perlu disiapkan, yaitu menyediakan produk yang dijual dan menyiapkan promosi apa saja yang ingin diberikan.

Untuk terus memberikan layanan yang optimal, Ninja Xpress juga tengah melakukan rekrutmen live selling talent sebagai host yang akan memandu live selling berlangsung. Ninja Xpress juga akan menyediakan trainer profesional untuk talent terpilih sebagai bagian dari fasilitas pelayanan Ninja Xpress untuk shipper yang menggunakan jasa pengiriman Ninja Xpress.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here