Dalam artikel ini Anda akan menemukan cara meningkatkan omzet penjualan melalui komunitas.
Marketing.co.id – Berita UMKM | “Banyak jalan menuju Roma”. Pepatah ini juga berlaku untuk meningkatkan omzet penjualan. Saat ini bukanlah era one to one atau one to many selling.
Pada saat dunia semakin horizontal di mana antara pelanggan dapat berkomunikasi, kita juga harus selalu hadir di tengah-tengah mereka. Inilah era many-to-many di mana para pelanggan dapat membantu kita meningkatkan omzet penjualan. Syaratnya kita harus bisa melayani dan selalu dekat dengan mereka.
Untuk itu, hendaknya kita mulai bergabung dengan komunitas untuk membina hubungan. Selain itu, kita juga dapat bekerja sama dengan pihak lain untuk menambah referensi atau menghadiri acara-acara tertentu yang masih berhubungan dengan dunia bisnis.
DI tengah kemajuan teknologi internet, membangun jaringan mutlak harus dilakukan mengingat para pelanggan sudah saling terhubung. Untuk itu kita hendaknya lebih dekat dengan mereka bila ingin menambah jumlah pelanggan.
Tips membangun jaringan
Bergabung dengan komunitas lain
Sekarang ini di kota-kota besar banyak berkembang komunitas-komunitas yang beranggotakan berbagai kalangan, baik komunitas online maupun offline. Oleh karena itu, kita tidak boleh terlalu gagap teknologi alias gaptek. Saat ini adalah era informasi, di mana siapa yang cepat mendapatkan informasi maka dialah yang akan menjadi pemenang.
Mengaktifkan komunitas pelanggan
Pelanggan yang sudah bergabung ke dalam komunitas harus didorong untuk lebih aktif lagi dalam memasarkan produk kita. Caranya bisa dengan memberikan insentif kepada mereka yang bersedia membantu memasarkan produk. Insentifnya bisa berupa point reward yang dikumpulkan sampai jumlah tertentu dan nantinya dapat ditukarkan dengan hadiah.
Untuk mengaktifkan komunitas, kita harus mencari informal leader di dalam komunitas tersebut, kemudian kita bina agar dapat memengaruhi anggota komunitas yang lain.
Membangun hubungan dengan pelanggan lama
Pelanggan lama bisa membantu mengembangkan jaringan bisnis yang kita miliki. Tentu saja, mereka mau membantu jika merasa puas dengan layanan yang kita berikan. Oleh karena itu, layanan prima, baik sebelum dan sesudah transaksi harus selalu diperhatikan, jangan sampai terjadi kesan pertama begitu menggoda, setelah terjadi transaksi, pelanggan kecewa.
Bekerja dengan pelanggan lama akan membuat perusahaan lebih efisien karena menurut survei untuk mendapatkan pelanggan baru memerlukan biaya enam kali lebih mahal di bandingkan dengan mempetahankan pelanggan lama.
Menghadiri acara di luar jam kerja
Segeralah mengatur waktu Anda untuk menghadiri acara-acara di luar jam kerja guna melakukan sosialisasi diri sambil mengembangkan hubungan dengan orang lain.
Bekerja sama dengan pihak lain
Ada saatnya di mana kita tidak harus bekerja sendiri. Berkerja sama dengan pihak lain asal saling menguntungkan dapat kita lakukan. Contohnya, para penyedia layanan GSM maupun CDMA mereka juga bekerja sama dengan pihak lain seperti produsen handphone untuk memasarkan produk dan jasa mereka.