Portal Lengkap Dunia Marketing

Salesmanship

Menjadi 10 Besar (1)

www.marketing.co.id – Menjadi 10 besar?  Siapa yang tidak mau? Semua orang tentu ingin menjadi 10 besar. Bahkan jika mungkin, semua orang ingin menjadi nomor 1 !!  Memang lebih mudah untuk berbicara daripada mencapainya.  Jika semua orang ingin menjadi nomor 1, mengapa begitu sedikit orang yang bisa mencapainya?  Mengapa demikian?

Alasannya sangat sederhana:  Mereka tidak mempunyai komitmen untuk menjadi nomor 1 !! Ada suatu perbedaan yang sangat besar antara INGIN dengan KOMITMEN. Semua orang ingin, tetapi kebanyakan dari mereka tidak benar-benar komitmen untuk mencapainya. Untuk mempunyai komitmen, kita harus bekerja keras, disiplin dan memerlukan pengorbanan. Sebagai contoh, saya ingin memiliki badan seperti Ade Rai, kuat dan berotot. Tetapi apakah saya mempunyai komitmen untuk bertahan dalam latihan fisik yang sangat berat, diet ketat, harus makan ini, tidak boleh makan itu, serta pergi ke gym sementara teman-teman yang lain nonton film. Inilah komitmen, disiplin, kerja keras dan pengorbanan. Inilah mengapa semua orang ingin, tetapi kebanyakan dari mereka tidak pernah mencapai apa yang mereka inginkan. Karena mereka tidak mempunyai komitmen yang cukup untuk mencapai keinginan mereka.

Oke, kembali ke topik menjadi 10 besar, berikut adalah nasihat dari Brian Tracy. Putuskan dan komit untuk menjadi 10 besar dalam industri Anda. Mengapa? Karena survei telah membuktikan bahwa mereka yang mencapai 10 besar di industri mana pun, bisa menikmati paling tidak 80% penghasilan lebih banyak, daripada mereka yang hanya di posisi rata-rata.

Coba perhatikan 10 besar dokter di Indonesia. Apakah penghasilan mereka jauh lebih tinggi daripada rata-rata dokter lainnya? Mereka yang berada pada posisi 10 besar menikmati penghasilan yang jauh lebih tinggi, tetapi mereka tidak perlu menjual atau memasarkan jasa mereka. Orang-orang yang datang kepada mereka, siap untuk booking jadwal jauh di muka dan bahkan rela antri berjam-jam hanya untuk berkonsultasi dengan para dokter top 10 besar ini. Hanya dokter? Tidak hanya dokter.  Para dokter gigi 10 besar pun menikmati hasil yang sama. Begitu pula dengan para pengacara, akuntan, aktor, penyanyi, konsultan, pilot, arsitek, penulis, restoran dan seterusnya.

Apakah untuk mencapai 10 besar itu bisa kita raih hanya dalam semalam? Tentu saja tidak ! Kita semua tahu bahwa ini butuh proses dan waktu. Terkadang, bahkan butuh waktu sampai bertahun-tahun. Jika Anda memutuskan dan komit untuk menjadi top 10 besar sebagai tenaga penjual dalam bidang Anda (misalnya otomotif, medis, properti, vacuum cleaner, pemasaran jaringan dan lain-lain), mungkin Anda membutuhkan waktu 5 tahun lagi untuk mencapai tujuan, dan akhirnya menjadi 10 besar.

Anggaplah Anda akan mencapai posisi 10 besar dalam bidang bisnis Anda pada 2015 mendatang. Hmmm… rasanya masih terlalu  jauh sekali. Tetapi nanti di tahun 2015, Anda bisa menikmati penghasilan setidaknya 3 kali lebih besar daripada penghasilan Anda saat ini. Di lain pihak, apabila Anda memutuskan untuk “tetap” meneruskan apa yang Anda lakukan saat ini, Anda mungkin bisa berkembang, tetapi pastinya tidak akan menjadi top 10 besar, dan tidak bisa menikmati penghasilan yang 3 kali lebih besar.

Tidak peduli apa pun keputusan Anda, tahun 2015 pasti akan datang juga. Pertanyaannya adalah, di tahun 2015 nanti, apakah Anda akan menikmati penghasilan 3 kali lipat lebih besar? atau hanya sedikit lebih besar dari yang sudah Anda dapatkan saat ini?  Pilihannya ada pada Anda, dan ini pilihan yang harus diambil oleh semua tenaga penjual.

Masalahnya adalah banyak tenaga penjual TIDAK memutuskan untuk menjadi 10 besar dalam bidang mereka. Jika mereka tidak memutuskan untuk menjadi 10 besar, mereka sebenarnya hanya memutuskan untuk menjadi” rata-rata” – artinya penghasilan mereka hanya rata-rata, hidup rata-rata dan masih harus berjuang mati-matian menghadapi setiap konsumen dan menghadapi penolakan setiap hari. Walaupun tenaga penjual rata-rata ini menderita karena menghadapi penolakan setiap hari. Sebaliknya mereka yang mencapai posisi 10 besar, malah mendapatkan banyak telepon dan pesanan dari pelanggan yang ingin sekali membeli dari mereka. Mereka bahkan harus menolak beberapa pesanan!

Inilah yang kerap menjadi ironi dalam hidup. Mereka yang rata-rata dan di bawah rata-rata sangat membutuhkan pesanan dan uang. Bahkan mereka harus bekerja mati-matian untuk mendapatkan pesanan dan menghadapi penolakan hari demi hari. Tak hanya itu, mereka bahkan rela memberikan diskon, mengurangi dan mengorbankan komisi untuk mendapatkan pesanan. Semua cara mereka lakukan agar mendapatkan pesanan. Tetapi pelanggan tetap saja menolak untuk membeli. Di sisi lainnya, mereka yang berada di posisi 10 besar mempunyai banyak pesanan dan uang yang lebih dari cukup, tetapi terus saja mendapatkan pesanan. Bahkan seringkali pelanggan rela MEMBAYAR LEBIH untuk mendapatkan jasa mereka!

Ironis? Ya memang, itulah kenyataannya ! Anda yang memutuskan, dan Anda juga yang memilih! Saat Anda tidak memilih untuk menjadi 10 besar, Anda otomatis akan menjadi rata-rata dan harus terus bekerja keras hari demi hari.

Itulah mengapa SANGAT penting untuk menjadi 10 besar dalam bidang apa pun yang Anda lakukan. (James Gwee T.H., MBA.)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top