Mastercard Strive Indonesia Targetkan Jangkau 300.000 Usaha Kecil di Tahun 2025

Marketing.co.id  –  Berita UMKM|Mastercard, bekerja sama dengan Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI) dan Mercy Corps Indonesia, kemarin meluncurkan Mastercard Strive Indonesia. Program ini akan berlangsung selama tiga tahun dengan tujuan memberdayakan 300.000 usaha kecil di Indonesia agar dapat sukses di era ekonomi digital.

Mastercard Strive Indonesia merupakan bagian dari portfolio program filantropi – yang didukung oleh Mastercard Center for Inclusive Growth – bertujuan membantu usaha kecil di seluruh dunia agar dapat berkembang di era ekonomi digital.

Program Strive juga telah diluncurkan di berbagai negara – termasuk Amerika Serikat, Inggris, Meksiko, dan Ceko. Secara kolektif, Program Strive bertujuan untuk memberikan dukungan kepada lebih dari 10 juta usaha kecil. Di Asia Pasifik, Indonesia adalah negara pertama yang meluncurkan Program Strive.

Di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peran krusial dalam perekonomian nasional, dengan jumlah mencapai 64 juta atau 99% dari total jumlah perusahaan nasional, dan memberikan kontribusi sebesar 61% pada Produk Domestik Bruto (ekon.go.id). Namun, hanya sekitar 17,5 juta UMKM yang telah menjadi bagian dari ekosistem digital( ekon.go.id). Selain itu, sekitar 18 juta UMKM di Indonesia masih memerlukan akses ke pembiayaan formal, dan 46 juta UMKM masih memerlukan tambahan pembiayaan untuk keperluan modal usaha dan investasi(setkab.go.id).

Baca juga: CIMB Niaga Konsisten Beri Dukungan Pada Pemberdayaan Ekonomi Penyandang Disabilitas

“Digitalisasi dapat membantu usaha kecil menghemat biaya, meningkatkan pendapatan, mengatasi ketidakpastian pendapatan, dan meningkatkan produktivitas. Namun, untuk dapat memanfaatkan keuntungan dari digitalisasi, mereka membutuhkan dukungan yang tepat,” kata Payal Dalal, Senior Vice President, Social Impact, International Markets Mastercard Center for Inclusive Growth.

“Strive Indonesia dirancang untuk menciptakan permintaan akan digitalisasi dan mengurangi hambatan dalam menerapkan transformasi digital agar usaha kecil dapat memanfaatkan teknologi digital untuk membangun ketahanan dan berkembang,” lanjutnya.

Ade Soekadis, Executive Director, Mercy Corps Indonesia, mengatakan, salah satu fokus program Mercy Corps Indonesia yakni meningkatkan peluang ekonomi dan akses terhadap layanan keuangan. “Melalui pelatihan dan pendampingan digital kewirausahaan, meningkatkan akses ke layanan keuangan dan pasar, serta mendukung ekosistem, Mercy Corps Indonesia mendukung terbentuknya sistem pasar yang efektif dalam memenuhi kebutuhan usaha mikro dan kecil, termasuk usaha yang dimiliki perempuan dan anak muda,”papar Ade.

Navin Jain, President Director, PT Mastercard Indonesia, mengatakan, usaha kecil merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, dan pemerintah Indonesia telah berupaya untuk memperluas cakupan digitalisasi bagi UMKM yang merupakan salah satu pilar terkuat dalam perekonomian Indonesia.

Mastercard Strive Indonesia
(Kiri-Kanan) Navin Jain, President Director, PT Mastercard Indonesia; Ferry Irawan, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian; Safdar Khan, Division President, Southeast Asia, Mastercard; Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia; Subhashini Chandran, Vice President, Social Impact, Asia Pacific, Mastercard Center for Inclusive Growth; dan Ade Soekadis, Executive Director of Mercy Corps Indonesia, berfoto bersama setelah peluncuran Mastercard Strive Indonesia.

“Kemitraan ini memperkuat komitmen Mastercard dalam mendukung upaya pemerintah untuk membantu 30 juta UMKM beralih ke ekosistem digital pada tahun 2024. Dengan mendukung pertumbuhan usaha kecil, kita juga dapat memperkuat komunitas dan perekonomian lokal. Mastercard juga percaya kolaborasi ini dapat membantu UMKM memperkuat ketahanan dan mengoptimalkan potensi mereka untuk memajukan pertumbuhan ekonomi yang inklusif,” kata Navin.

Melanjutkan kesuksesan Mastercard Academy 2.0 dalam mendorong digitalisasi usaha kecil di Indonesia dan memberikan mentoring (pendampingan), terutama untuk para pengusaha perempuan, Mastercard Strive Indonesia akan berfokus pada tiga tujuan.

Baca juga: Bukalapak Gelar Kompetisi Perempuan Jagoan Pencari Cuan (PUJAAN), Berhadiah Modal Usaha

Pertama, mendorong adopsi teknologi digital, memperluas jaringan dan pengetahuan – Menciptakan permintaan dan mengurangi hambatan dalam adopsi teknologi melalui program mentoring, serta mengatasi biaya digitalisasi.

Kedua,memberikan akses terhadap permodalan – Bekerja sama dengan lembaga bank dan non-bank untuk lebih mendemokratisasi akses kredit untuk usaha kecil, terutama kepada usaha yang dipimpin atau dimiliki oleh perempuan.

Ketiga, memperkuat ekosistem pendukung usaha kecil – membentuk jaringan pembelajaran dan melakukan penelitian mengenai digitalisasi usaha kecil untuk berbagi praktik dan wawasan terbaik, menciptakan inisiatif bersama guna mengatasi hambatan sistemik, menyediakan data kuantitatif yang bermanfaat bagi ekosistem dan memicu perubahan positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here