Manifesto Pemasaran Modern Bagian 2

Marketing.co.id – Kalau sebelumnya sudah ada enam manifesto pemasaran modern, berikut ini adalah enam sisanya:

7.   Teknolgi

Apakah Anda percaya teknologi merupakan sebuah solusi? Technology is an enable. Tetapi marketer modern harus terbiasa dan terampil dalam penyediaan dan penggunaan teknologi untuk meraih keuntungan terbaik.

8.   Kreatif

Kita perlu kreativitas seperti halnya kita membutuhkan teknologi. Kita perlu bercerita seperti halnya kita membutuhkan data.

Kami percaya kekuatan emosi yang sering kali  irasional sama kuatnya dengan kekuatan logika yang rasional. Jika pemasaran kita berubah menjadi modern kita membutuhkan semangat, kreativitas, dan keahlian otak kanan seperti halnya analisis dan logika otak kiri.

Era digital menyediakan akses untuk semuanya. Dalam konteks ini, kita perlu inovasi dan kreativitas dalam produk dan layanan desain, serta pemasaran untuk membuat kesan.

9.   Konten

Pemasaran konten dan fokus pada media yang dimiliki merupakan perubahan mendasar dalam pemasaran yang lebih dari sekadar iseng saja.

Konten lebih dari sekadar kata-kata, gambar, atau video. Game, aplikasi, peristiwa, dan sebagainya memberikan pengalaman konten yang kaya juga.

Konten memperkuat kredibilitas merek dan otentisitas. Untuk marketer modern, konten adalah ekspresi penting dari merek.

10.  Multi-screen

Revolusi mobile baru saja dimulai. Tetapi yang akan terjadi lebih dari sekadar ‘mobile’. TV adalah layar, buku adalah layar, kios dalam toko adalah layar, billboard adalah layar.

Online, offline, above the line, below the line, perlu kita pikirkan untuk memberikan pengalaman pelanggan tanpa terputus.

Marketer modern berpikir tentang pengalaman pelanggan secara keseluruhan dan banyak layar yang mengontrol dan memediasi itu.

11. Media Sosial

Media sosial telah mengubah budaya budaya bisnis kita, cara kita bekerja, dan cara kita terlibat dengan rekan-rekan dan pelanggan.

Ini adalah tentang menciptakan bisnis yang memiliki DNA sosial. Ini adalah tentang menyadari bahwa segala sesuatu termasuk pemasaran sekarang terjadi dalam lingkungan di mana pelanggan dapat dan akan berbicara tentang apa yang kita lakukan dan dapat berbagi dengan dunia. Marketer  modern tahu bahwa merangkul media sosial bukanlah pilihan.

12. Komersial

Marketer modern harus komersial. Ini artinya mengetahui di mana uang berada dan mengapa. Ini berarti mengetahui bagaimana mengukur dan mengoptimalkan metrik kunci komersial.

Marketer bisa dan harus mengambil tanggung jawab lebih untuk target pendapatan. Di e-commerce, transaksi yang terjadi adalah dari klik tertinggi dalam perjalanan pelanggan.

Marketer modern harus mengoptimalkan perjalanan pelanggan bersama seluruh jalurnya termasuk saluran penjualan dan purna jual. Penjualan dan pemasaran harus lebih erat, selaras dan memiliki akuntabilitas.

Itulah 12 menifesto marketing modern. Apakah Anda memiliki pandangan yang berbeda? Beritahu kami dalam kolom komentar.

Sumber: INC.COM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.