Portal Lengkap Dunia Marketing

Salesmanship

Magnet Penjualan

MindiartoMarketing.co.id – Dalam dunia penjualan, peranan pribadi yang unggul (personal excellence)  akan memberikan jaminan sangat besar terhadap keberhasilan mencapai sasaran yang ditentukan. Sasaran tersebut dapat berupa target penjualan, retensi dan loyalitas pelanggan, pengendalian inventory, membuka pelanggan baru, memperpendek umur piutang, dan lain-lain.

Mari kita telaah tiga hingga lima tahun terakhir Anda, apakah karier Anda tergolong macet? Mungkin prestasinya bukan top five dari 100 karyawan lainnya, atau Anda termasuk orang yang jarang dimintai pendapat oleh orang-orang hebat di sekitar Anda, bahkan mungkin bawahan Anda minta pendapat langsung ke atasan Anda? Kalau situasi ini terjadi, kemungkinan ada suatu masalah serius dan besar yang sedang Anda hadapi.

Anda jangan berharap memperoleh belas kasihan dari orang lain, karena lingkungan Anda tidak punya kewajiban untuk memaklumi segala keterbatasan Anda. Dan Anda pun tidak berhak merebut belas kasihan dari orang lain.

Seseorang dilahirkan karena memiliki kekuatan mistik sehingga karisma adalah berkat dan karunia yang tidak bisa dipindahtangankan dan diduplikasi.

Daya Tarik dan Kepemimpinan Unggul

Kepribadian yang menarik akan membantu banyak dalam menjalankan roda kepemimpinan, dan ini merupakan kunci seorang pemimpin untuk menginspirasi, memengaruhi, mengedukasi, dan memotivasi tim penjualan agar dapat berlari sekuat tenaga yang dimiliki.

Namun, kepribadian yang menarik perlu dibungkus dengan kemampuan manajerial PDCA (plan–do–check–action). Daya tarik pribadi dalam memimpin penjualan/magnet penjualan merupakan penguat dari kompetensi dasar yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran perusahaan.

MagnetMagnet Kepribadian

Magnet kepribadian dapat kita ciptakan secara mudah, namun dibutuhkan konsistensi dan pencitraan yang sesuai dengan karakter pribadi Anda. Contoh-contoh sederhana magnet kepribadian bisa Anda tunjukkan dengan cara selalu memberikan salam lebih dahulu dengan suara tegas dan penuh antusiasme.

Bisa juga dengan keberanian Anda dalam setiap pengambilan keputusan sulit, betul-betul bertindak dengan penuh perhatian dan peduli (full attention dan caring), selalu disiplin dalam hal waktu (datang lebih awal saat ada janji pertemuan), terbiasa melakukan konfirmasi dan reminder sebelum pertemuan, selalu membawa suasana pertemuan menyenangkan namun tetap berbobot, dan lain-lain.

Delapan Petunjuk Praktis Magnet Penjualan

Pertama, awali dengan menggunakan ekspresi yang bersemangat, penuh  tantangan, dan keluarkan simbol-simbol bahwa Anda adalah dewa penyelamat masalah pelanggan.

Kedua, bawa selalu cerita yang menyegarkan. Anekdot dan cerita yang inspiratif akan membuat ingatan kehadiran Anda menjadi tak terlupakan dan menjadi inspirasi pelanggan Anda untuk dibagikan kepada rekan/relasi yang lain.

Ketiga, tawarkan pokok pikiran Anda yang betul-betul mendalam, sehingga  kehadiran Anda membawa suasana baru, berbeda dengan kehadiran orang lain pada umumnya.

Keempat, berpikir inovatif dan kreatif akan memberikan warna lain dalam meningkatkan daya tarik/magnet pribadi Anda sebagai pemimpin kelompok penjualan. Agar kreatif dan mencapai kemampuan berinovasi yang hebat dibutuhkan kerja keras secara konsisten untuk mau out of the box, dan jauhkan diri Anda dari jiwa “me too”.

Kelima, terampil dalam menggali sesuatu yang tersembunyi (hidden problem  skill). Hal ini dibutuhkan manakala Anda menggali informasi yang mendalam dan terselubung. Diperlukan kemampuan analisis situasi, komunikasi dengan bahasa tubuh/nonverbal communication, interprestasi atas setiap jawaban maupun pertanyaan yang muncul, dan adanya unconnecting reasons dalam memberikan tanggapan.

Keenam, tunjukkan perasaan dan hasrat Anda dengan sungguh-sungguh di dalam proses interaksi, seperti tidak bertelepon dan ber-SMS, atau tidak menginterupsi pembicaraan yang sedang berlangsung. Fokus dengan masalah yang bersangkutan, dan tidak melakukan copy-paste masalah yang sama dirasakan orang lain. Pandangan dan perhatian ditujukan hanya untuk yang bersangkutan. 

Ketujuh, libatkan pelanggan Anda untuk bersama-sama mencari solusi terbaik dan menguntungkan semua pihak. Lakukan komitmen bersama untuk menuntaskan masalah dan meraih pencapaian sasaran sesuai waktu yang telah disepakati.

Kedelapan, gunakan secara seimbang komunikasi nonverbal selama proses interaksi tersebut, sehingga magnet penjualan benar-benar dirasakan oleh pelanggan Anda, lingkungan, bawahan, dan atasan Anda.

Selamat mencoba.

(Tunggu sajian berikutnya, “Magnet Komunikasi Nonverbal”)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top