Pria Indonesia Tidak Pelit Perihal Kenyamanan di Pesawat

M_Insight_01Marketing.co.id – Saat ini, berbagai inovasi layanan telah dikembangkan oleh maskapai-maskapai penerbangan di seluruh dunia untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satunya pelayanan tambahan selama penerbangan di dalam pesawat.

Karena bagi pengguna jasa penerbangan, melewatkan waktu di pesawat memerlukan strategi sendiri, bagaimana mereka dapat membunuh rasa bosan dalam durasi penerbangan yang cukup lama, dan bagaimana mereka bisa nyaman selama di perjalanan.

Berbagai pelayanan ekstra yang disediakan maskapai penerbangan di antaranya pemilihan kursi dengan ruang yang lebih luas, makanan dan minuman, hingga hiburan di atas pesawat.

Pada Maret 2013, Skyscanner, situs pencarian perjalanan global terkemuka, mengadakan survei terhadap penumpang pesawat dari Indonesia mengenai layanan tambahan yang mereka rela bayar dalam sebuah penerbangan. Lewat survei ini terkuak beberapa fakta menarik terkait perilaku pengguna jasa penerbangan.

Survei tersebut mengungkap bahwa pria Indonesia ternyata lebih royal dalam mengeluarkan uang saat berada di ketinggian 30.000 kaki di udara. Sebanyak 74% dari mereka rela melepas uang tunai di pesawat demi layanan ekstra yang ditawarkan dalam penerbangan, jumlah yang beda tipis dengan penumpang perempuan (72%).

Sementara itu, tontonan film dalam pesawat menduduki tempat teratas dalam daftar hiburan selama penerbangan yang paling digemari penumpang Indonesia. Sebanyak 83% dari mereka rela membayar biaya tambahan untuk menonton film favorit mereka selama penerbangan.

Lebih lanjut, terungkap bahwa film layar lebar menjadi layanan yang paling diminati dan hanya separuh dari responden yang bersedia membayar untuk layanan WiFi di pesawat.

Sebanyak 71% responden lebih menyukai cara tradisional dalam memperoleh informasi dan bahkan bersedia membayar ekstra untuk membaca koran dan majalah terkini ketimbang berselancar dengan internet di pesawat.

Beberapa maskapai penerbangan seperti Emirates kini menawarkan siaran televisi secara langsung selama penerbangan, dan para penumpang pesawat ditanya kerelaannya membayar lebih untuk menikmati layanan itu. Lebih dari separuh responden (64%) bersedia membayar lebih untuk mendapatkan akses siaran TV.

Walau demikian, games ternyata lebih populer, 66% dari penumpang bersedia membayar lebih untuk dapat bermain game konsol di pesawat. Dan mayoritas dari mereka adalah penumpang pria.

Ketika berbicara kenyamanan dalam pesawat, kursi dengan tempat kaki yang lebih luas menjadi pilihan favorit. Sejumlah 69% penumpang bersedia membayar lebih supaya dapat meregangkan kaki mereka, khususnya untuk penerbangan jarak jauh.

Mengurai lebih dalam hasil survei ini, temuan lainnya menunjukkan bahwa penumpang berusia antara 25 dan 34 tahun lebih rela mengeluarkan uang mereka untuk layanan siaran TV dan WiFi. Sementara penumpang berusia antara 45 dan 54 tahun bersedia membayar lebih untuk mendapatkan tempat duduk berdampingan, dengan dua kursi saja di satu baris.

M_Insight_02

Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner Indonesia, Tika Larasati, mengatakan, “Kami terkejut begitu mengetahui WiFi bukan pilihan hiburan utama dalam pesawat bagi penumpang Indonesia mengingat negara ini merupakan salah satu pengguna jejaring sosial terbesar di dunia untuk Facebook dan Twitter. Berdasarkan survei ini, dapat disimpulkan bahwa kenyamanan dan pengalaman dalam pesawat adalah kebutuhan utama bagi penumpang Indonesia.“

Di samping hiburan dan kenyamanan, makanan dan minuman tetap menjadi layanan utama di dalam penerbangan. Lebih dari 95% penumpang bersedia membayar lebih untuk mendapatkannya.

Sumber: Skyscanner

Redaksi Majalah Marketing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.