Kunci Sukses Joyoboyo Menjadi Top Brand di Indonesia

Joyoboyo sukses meraih Top Brand Award 2023 setelah konsisten menjaga kualitas dan hubungan dengan konsumen.

Award Achievers | Brand adalah salah satu aset perusahaan yang paling penting. Tak heran jika saat ini semua bisnis berlomba-lomba memperkuat brand mereka. Agar sebuah brand dikatakan kuat, pertama kali brand harus bisa muncul dulu di benak konsumen ketika mereka memikirkan tentang suatu kategori produk tertentu.

Brand bisa muncul di benak konsumen baik secara sadar maupun di bawah sadar. Brand juga bisa muncul di urutan pertama, kedua, atau ketiga, saat konsumen memikirkan suatu produk atau layanan tertentu. Biasanya, brand yang tidak muncul di urutan tiga teratas dalam benak konsumen akan gagal bersaing di pasar.

Setelah muncul, brand juga harus mampu bertahan lama di benak konsumen setianya. Brand harus mampu bertahan di tengah segala informasi lain yang berseliweran di benak konsumen. Selanjutnya, kemunculan dan ketahanan brand di benak konsumen harus mampu menciptakan image atau kesan positif yang cukup kuat hingga akhirnya mampu memicu keputusan pembelian. Karena itulah para pemasar menemukan satu istilah ampuh dalam memasarkan produk atau layanannya, yaitu brand awareness.

Membangun brand membutuhkan investasi yang sangat besar sehingga para pemilik brand membutuhkan sebuah ukuran kesuksesan sebuah brand di pasar. Top Brand mampu memberikan ukuran tersebut melalui tiga pengukuran dimensi, yakni Top of Mind (TOM) dengan bobot 40%, Last Used (LU) dengan bobot 30%, dan Future Intention  (FI) dengan bobot 30%.

Ketiga dimensi ini bisa dikatakan mampu memberikan gambaran secara cepat tentang kondisi brand di pasar. TOM mencerminkan seberapa dikenal brand di khalayak luas, LU menunjukkan seberapa besar penetrasi brand di khalayak luas dan FI menunjukkan  seberapa menarik sebuah brand bagi khalayak luas di masa mendatang. Ketiga dimensi ini mampu mendiagnosa kondisi brand dengan lebih cepat.

CEO Frontier Group sekaligus Penggagas Top Brand Handi Irawan dalam banyak kesempatan selalu mengingatkan pentingnya memiliki brand yang kuat  jika ingin sukses di pasar dengan persaingan yang ketat seperti sekarang ini. Menurut Handi Irawan, ada 3 hal yang perlu diperhatikan ketika membangun brand, yakni quality before price, innovation before cost, dan engagement before sales.

Salah satu brand peraih Top Brand Award 2023 adalah Joyoboyo kategori Plastik Anti Panas. Dalam Top Brand Index, Joyoboyo menempati urutan ketiga dengan skor 22,10%.

Ditemui Marketingcoid beberapa waktu lalu, Marketing Departement Head Sinar Joyoboyo Plastik Himawan Wijaya mengaku sangat senang dan bangga telah meraih penghargaan tertinggi bagi brand-brand top di Indonesia ini.

Menurut Himawan, diraihnya Top Brand Award 2023 oleh Joyoboyo merupakan bukti nyata dari kerja keras selama ini sekaligus apresiasi bagi para konsumen. “Senang sekali bisa meraih Top Brand Award untuk kedua kalinya. Joyoboyo bisa meraih Top Brand karena konsisten menjaga kualitas produk dan hubungan dengan konsumen,” ujar Himawan.

Lebih lanjut Himawan mengatakan, Joyoboyo menggunakan penghargaan ini sebagai salah satu icon branding. Tujuannya untuk menunjukkan kepada konsumen bahwa produk Joyoboyo sudah mendapatkan predikat Top Brand. Sehingga, konsumen bisa lebih percaya.

Untuk mempertahankan penghargaan ini bahkan menjadi nomor satu, Himawan mengatakan Joyoboyo akan terus mengikuti perkembangan pasar, seperti dunia digital dan yang pasti selalu mendengarkan kritik dan saran dari konsumen.

Melihat kondisi pasar yang mulai membaik, Himawan menargetkan pertumbuhan bisnis double digit di tahun 2023. “Tahun ini kami ingin lebih baik dari tahun sebelumnya dengan target tumbuh duble digit. Kami optimis target tersebut bisa dicapai terlebih pemerintah sudah menghapus PPKM dan industri pariwisata sudah mulai menggeliat, dimana bisnis kuliner sudah mulai aktif kembali,” pungkas Himawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here