Kadin Indonesia dan 1ENGAGE Berkolaborasi untuk Transformasi Digital UMKM

Marketing.co.id – Berita Digital | Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama 1ENGAGE dengan bangga mengumumkan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) untuk mendukung transformasi paradigma bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia melalui program e-UMKM Naik Kelas menjadi #BintangDigital.

kadin
Yap Kok Leong (KL), CEO 1ENGAGE dan Aldi Haryopratomo, Wakil Ketua Umum Bidang Kewirausahaan Kadin Indonesia saat penandatanganan MOU antara Kadin Indonesia dan 1ENGAGE.

Kemitraan strategis antara Kadin Indonesia, sebagai payung organisasi dunia industri dan usaha Indonesia, dan 1ENGAGE, agen teknologi pemasaran startup yang menjadi pionir solusi e-UMKM, menandai langkah maju dalam mendukung pertumbuhan bisnis online UMKM. Langkah ini memberikan akses kesetaraan terhadap solusi digital, mengukuhkan posisi UMKM dalam ranah digital.

MoU ini mencerminkan kolaborasi untuk mengembangkan solusi digital yang memahami kebutuhan khusus UMKM. Fokus utama MoU adalah memanfaatkan WhatsApp, platform pesan terbesar di Indonesia, sebagai alat inovatif untuk memperluas peluang operasional online bagi UMKM, meningkatkan daya saing, dan memperkuat kehadiran mereka secara inklusif.

Inisiatif ini juga sejalan dengan skema kemitraan inklusif (inclusive loop model) yang diperkenalkan oleh Kadin Indonesia. Skema ini memfasilitasi UMKM untuk mengadopsi transformasi digital, meningkatkan produktivitas, dan mempraktikkan bisnis berkelanjutan.

Wakil Ketua Umum Bidang Kewirausahaan Kadin Indonesia, Aldi Haryopratomo, menyambut baik penandatanganan MoU dengan 1ENGAGE. “Kami berkolaborasi dengan 1ENGAGE dengan visi bersama untuk memberikan solusi inklusif dalam mendukung percepatan pertumbuhan bisnis online UMKM di Indonesia. Para pelaku UMKM dapat menjadi anggota Kadin Indonesia melalui program e-UMKM secara gratis, mendapatkan dana hibah untuk pengembangan bisnis online mereka,” ujar Aldi.

Program e-UMKM bertujuan membawa 1 juta UMKM Indonesia naik kelas menjadi #BintangDigital melalui pelatihan, pembinaan bisnis online, penggunaan media promosi digital, dan perlindungan hukum lewat kepemilikan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Aldi menambahkan, “Titel #BintangDigital akan diberikan kepada setiap UMKM yang sukses mengembangkan bisnis mereka, menjadi teladan bagi wirausahawan lain, dan mendorong keberlangsungan program. Saya yakin akan ada banyak #BintangDigital yang bermunculan dari berbagai sektor dan provinsi di seluruh Indonesia.”

1ENGAGE, dengan pengalaman dalam mengembangkan solusi teknologi transformatif, berharap dapat memberikan kontribusi signifikan. Yap Kok Leong (KL), CEO 1ENGAGE, mengatakan, “Kami sangat antusias berkolaborasi dengan Kadin Indonesia dalam menghadirkan solusi inklusif melalui kekuatan WhatsApp, platform pesan yang digunakan oleh lebih dari 200 juta masyarakat Indonesia.”

KL menyoroti tiga faktor kunci untuk kesuksesan program ini, yaitu video awareness, pelatihan online dan offline, serta solusi pemasaran berbasis teknologi seperti customer data platform (CDP) dan fitur pemasaran digital lainnya.

Penandatanganan MoU ini merupakan kelanjutan dari penunjukkan 1ENGAGE sebagai partner teknologi marketing oleh GSMA APAC dan Meta pada acara GSMA: M360 APAC di Seoul, September 2023.

Aldo Rambie, Head of Industry Meta Indonesia, melihat MoU ini sebagai solusi brilian untuk peningkatan transformasi digital UMKM di Indonesia. “Kami sangat antusias dan mendukung kerja sama ini.”

Kadin Indonesia dan 1ENGAGE berkomitmen memastikan setiap UMKM di Indonesia dapat memanfaatkan solusi digital yang inklusif, mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di era digital. Perilisan solusi digital khusus UMKM dijadwalkan pada Februari 2024 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here