Ade Rai – Jangan Mengejar Reputasi

www.marketing.co.id – Berbisnis asalkan dilandasi passion tentu akan langgeng. Hal inilah yang dialami oleh I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai atau yang akrab disapa Ade Rai, atlet binaraga sekaligus bintang iklan berbagai produk komersial. Awal ia terjun menjadi seorang pengusaha bukan karena melihat tren atau ikut-ikutan teman. Pertama-tama, bermula dari keinginannya memenuhi kebutuhan diri sendiri.

“Waktu itu saya kesulitan mencari fitness center yang bagus, makanya pada tahun 1998 saya mendirikan ‘Klub Ade Rai’. Ternyata animo yang didapat cukup tinggi. Fitness center ini pun terus berkembang hingga mencapai 12 cabang sekarang,” ujar peraih Musclemania World Professional, Overall Winner (2000) ini.

Baginya, prinsip memulai bisnis itu yang pertama harus sesuai dengan passion. Kedua, harus menjadi problem solver. Karena itu, setiap pebisnis wajib menambah terus pengetahuan di bidang yang ia geluti.

“Jangan mencari reputasi,” ujar Ade. Menurutnya, reputasi akan datang bila kita dapat memberi kepuasan kepada pelanggan. Kalau Anda menanyakan tentang definisi reputasi Anda kepada 100 orang, Anda akan mendengar 100 definisi yang berbeda juga.

So, be yourself and be the best,” tandasnya lagi.

Jangan pernah membiarkan nasib perusahaan Anda di tangan orang lain. Maksudnya, lakukan dan beri kepada pelanggan apa yang mampu disediakan. Tidak perlu berjanji memberi lebih kalau tidak sanggup. Dan satu lagi, harus mempunyai prinsip. “Saya melarang semua member dan trainer merokok, apalagi nge-drugs. Dan itu harus ditaati,” tegas bintang iklan Kuku Bima Ener-G Drink ini. (Andri Darmawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here