Inovasi Terbaru CIMB Niaga, Kantor Cabang Konsep Terbaru “Digital Branch” di PIK

Marketing.co.id – Berita Financial Services | PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) telah melangkah lebih jauh dalam menghadirkan layanan perbankan terbaik bagi nasabahnya dengan meresmikan Digital Branch pertama di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara pada Jumat, 25 Agustus 2023. Model kantor cabang masa depan yang mengusung konsep hybrid ini menjadi bukti konkret dari dedikasi CIMB Niaga dalam mengikuti perkembangan zaman dengan tetap menjaga sentuhan personal dan ramah yang selama ini menjadi ciri khas pelayanan mereka.

CIMB Niaga
CIMB Niaga Resmikan Kantor Cabang Konsep Terbaru Digital Branch di PIK

Digital Branch menggabungkan kemudahan layanan digital dengan kehangatan layanan personal yang telah dikenal dari CIMB Niaga. Nasabah kini bisa merasakan pengalaman perbankan yang tak hanya lengkap secara digital, tetapi juga tetap terjalin interaksi manusiawi yang memberikan kenyamanan dan kepercayaan.

Sebagai bagian dari upaya CIMB Niaga untuk memenuhi kebutuhan nasabah di era digital, layanan dalam Digital Branch mencakup fasilitas terkini seperti mesin Self Service Banking, Video Banking, perangkat Tablet, OCTO Vending Machine, dan berbagai fasilitas digital lainnya yang didukung oleh Digital Service Officer yang siap memberikan bantuan. Layanan-layanan ini menjadi pelengkap dari fasilitas utama yang sudah ada dalam kantor cabang konvensional, termasuk Customer Service, Teller, serta CIMB Preferred Lounge dan Safety Deposit Box.

“Kehadiran Digital Branch pertama di PIK merupakan wujud komitmen kami untuk terus memberikan layanan perbankan terbaik kepada nasabah dan masyarakat Indonesia menjelang Perayaan Ulang Tahun CIMB Niaga ke-68 pada September mendatang. Dengan layanan hybrid, nasabah dapat melakukan aktivitas perbankan sesuai dengan preferensi masing-masing, baik secara self service berbasis digital maupun dengan layanan personal dari Digital Service Officer dan staf CIMB Niaga,” kata Lani pada Peresmian Digital Branch di PIK, Jakarta, Jumat (25/8/2023).

Acara peresmian Digital Branch turut dihadiri oleh para eksekutif CIMB Niaga, seperti Chief of Network & Digital Banking CIMB Niaga Budiman Tanjung dan Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi. Momen ini juga menjadi langkah konkrit dalam transformasi layanan kantor cabang di CIMB Niaga yang semakin berfokus pada inovasi dan kenyamanan nasabah.

Selain menyediakan berbagai layanan perbankan yang praktis dan efisien, Digital Branch juga mengambil langkah progresif dalam mendukung keberlanjutan lingkungan. Konsep sustainability diaplikasikan dalam penggunaan kertas yang diminimalisir dan pemanfaatan furniture dari pengrajin UKM lokal. Langkah ini sejalan dengan green office policy yang diterapkan oleh CIMB Niaga dalam upaya mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Salah satu contoh implementasi konsep sustainability terlihat pada proses pembukaan rekening tabungan di mesin Self Service Banking. Calon nasabah tidak perlu mengisi formulir tercetak, cukup dengan KTP elektronik dan formulir digital yang tersedia, rekening tabungan dapat terbuka dalam waktu kurang dari 5 menit.

Lewat fasilitas Video Banking, nasabah bisa melakukan beragam transaksi finansial dan non-finansial, mengakses informasi produk dan layanan, serta berinteraksi langsung dengan seorang banking officer melalui layar sentuh, tanpa perlu mengisi formulir berbasis kertas. Pengajuan berbagai produk dan layanan lain dari CIMB Niaga juga dapat dilakukan secara mandiri, praktis, dan ramah lingkungan.

Digital Branch juga memberikan kontribusi positif dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Selama tahun 2022, CIMB Niaga berhasil mengurangi penggunaan kertas sebanyak 27,7 ton melalui penerbitan lebih dari 1,8 juta e-statement secara paperless. Ini setara dengan menghindari potensi emisi GRK sebanyak 13,86 ton setara CO2.

Optimalisasi penggunaan perangkat digital dalam Digital Branch juga memberikan manfaat efisiensi waktu layanan. Dengan sebagian besar aktivitas seperti pembukaan rekening dan layanan kartu dilakukan melalui Self Service Banking atau dibantu oleh Digital Service Officer, waktu layanan dapat dipangkas hingga 50%.

Komitmen CIMB Niaga terhadap inovasi dan pelayanan terbaik tidak berhenti di PIK. Lani mengungkapkan, “Setelah PIK, kami akan terus mengembangkan Digital Branch di kawasan lain sebagai solusi untuk mendukung beragam kebutuhan perbankan masyarakat di era yang telah berubah saat ini. Ke depan, kami berharap peningkatan layanan kantor cabang yang dilakukan secara bertahap ini dapat dinikmati nasabah CIMB Niaga di berbagai kota di Indonesia.”

Dengan merangkul teknologi dan inovasi, CIMB Niaga telah mengukuhkan posisinya dalam memberikan pelayanan perbankan yang tidak hanya canggih secara digital, tetapi juga tetap manusiawi dan ramah, menjadikan Digital Branch sebagai bukti nyata dari evolusi perbankan yang adaptif dan responsif terhadap kebutuhan nasabahnya di era modern.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here