10 Merek Global yang Paling Bernilai Tahun 2012

www.marketing.co.id –  Dalam dunia usaha mengalami pasang surut dalam kinerja sebuah merek setiap tahun mungkin sudah biasa. Tapi, alangkah gembiranya apabila sebuah merek bisa meningkat dan bernilai tinggi dengan lonjakan yang signifikan sehingga memberikan nilai tambah terhadap merek tersebut.

Baru-baru ini Interbrand memberikan peringkat tahunan kepada merek-merek global yang bernilai atau berharga. Pada penilaian kali ini, ada merek yang naik secara signifikan dan ada juga merek yang sudah terkenal mempunyai penurunan penilaian.

Dalam menentukan merek yang bernilai, Interbrand mempunyai  tiga faktor yang harus dipenuhi oleh merek tersebut:

  • Kinerja keuangan
  • Peran merek dalam proses pengambilan keputusan pembelian
  • Kekuatan merek

Untuk tahun ini Apple adalah salah satu merek yang meningkat tajam untuk penilaian, dengan peningkatan 129% Apple menempati peringkat ke-2. Sedangkan untuk tahun lalu Apple menempati urutan ke-8 dan naik 6 peringkat untuk tahun ini. Kenaikan yang signifikan yang diraih oleh Apple tidak menggoyahkan Coca-Cola dengan merek Coke yang menempati urutan pertama.

Walaupun merek Coke meningkat hanya 8%, tapi mempunyai nilai sebesar $ 77.9 juta US dan bisa bertahan selama tiga tahun berturut-turut.

Dalam penjelasannya Interbrand mengungkapkan dengan kenaikan Apple yang begitu besar, karena koneksi masyarakat terhadap Apple melampaui  kapasitas produknya.

Selain itu, IBM, Google, dan Microsoft menempati urutan lima besar merek yang paling bernilai. Dari sepuluh besar merek yang paling bernilai hanya Microsoft yang mengalami penurunan persentasenya.

Di samping itu, salah satu berseteru abadi Apple yakni Samsung mengalami peningkatan sebesar 40 persen. Sedangkan Amazon juga meningkat sebesar 46 persen.

Yang sudah diprediksi sebelumnya bahwa BlackBerry mengalami penurunan sebesar 39 persen. Selain itu, ada pendatang baru yang masuk ke jajaran 100 merek yang  bernilai secara global diantaranya, MasterCard, Prada, Ralph Lauren, Facebook, dan Pampers.

Berikut 10 besar merek berserta persentase kenaikan dan penurunan nilai merek tersebut pada tahun 2011-2012.

1. Coca-Cola (+8 persen)

2. Apple (+129 persen)

3. IBM (+8 persen)

4. Google (+26 persen)

5. Microsoft (-2 persen)

6. General Electric (+2 persen)

7. McDonald (+13 persen)

8. Intel (+12 persen)

9. Samsung (+40 persen)

10. Toyota (+9 persen)

 

Demikian tadi merek-merek global yang bernilai di tahun 2012. Adakah 10 merek di atas yang menjadi favorit Anda?

Pr Daily/ HN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here