Portal Lengkap Dunia Marketing

XX PR Hype

Ini Dia Senjata dan Teknik yang Digunakan Para PR

keyboard-grenadeBerperan menjaga citra positif suatu produk, PR dituntut untuk dapat menjaga komunikasi dengan baik kepada para konsumen secara berkelanjutan. Sama halnya dengan hubungan antar personal, komunikasi yang terputus akan membuat para konsumen kemudian menghilang, tak peduli seberapa dekat dulu.

Dalam menjaga hubungan yang baik itu, para PR memiliki senjata dan teknik jitu. Di antaranya adalah:

1.       Kehadiran di Acara Publik

Dengan hadir di acara publik, seorang PR dapat menarik perhatian berbagai individu dan kelompok. Ini akan memudahkan si PR untuk merangkul berbagai orang maupun kelompok yang menjadi calon konsumen. Hal ini karena dengan menghadiri acara-acara publik, secara tak langsung juga dapat menjangkau khalayak yang lebih luas.

2.       Press Release

Meskipun ini adalah cara paling kuno, tapi press release dinilai masih efektif untuk menyebarkan isu yang diinginkan PR. Hal itu dikarenakan, press release akan menjadi sumber informasi untuk diberitakan oleh berbagai media, baik itu media elektronik, cetak, ataupun online. Karena bersifat informatif, khalayak pun akan lebih mudah percaya jika dibandingkan dengan pemberitaan lewat iklan.

3.       Newsletter

Tidak hanya press release, mengirim newsletter juga dianggap efektif oleh PR. Selain bersifat informatif layaknya press release, newsletter juga dapat menjaga hubungan tetap kuat, karena ditujukan langsung kepada konsumen.

4.       Blogging

Press release memang bisa merambah dunia online, begitu pula dengan newsletter tapi para PR juga perlu menggunakan blogging dan microblogging untuk menjangkau khalayak oneline yang lain. Tidak hanya memperluas jaringan, blogging juga sangat efektif demi menjaga komunikasi dua arah tetap terjaga.

5.       Media Sosial Marketing

Seperti namanya, ini umum digunakan oleh bagian pemasaran. Namun semakin berkembangnya teknologi digital yang menuntut PR untuk terus kreatif, media sosial marketing pun menjadi salah satu senjata ampuh. Media Sosial Marketing dapat membantu PR untuk membangun komunikasi langsung dengan masyarakat, konsumen, investor, serta kelompok sasaran lainnya.

Jika Anda ingin menjadi PR yang baik, gunakanlah kelima senjata ini dengan maksimal. Tak hanya itu, cara kreatif lain juga diperlukan untuk membuat Anda berbeda dengan PR kebanyakan.

 

Sumber: ipr.org.uk

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top