Hari Inovasi Indonesia 1 November, Dorong Tumbuhnya Budaya Inovasi

Marketing.co.id – Berita Marketing | Setiap tanggal 1 November, kita memperingati Hari Inovasi Indonesia(HII). Inovasi menjadi perhatian penting karena hal ini menjadi salah satu pendorong bagi kemajuan perusahaan. Perusahaan yang tidak inovatif, ibaratnya tinggal menunggu kematian.

hari inovasi indonesiaInovasi, akan membuat perusahaan Anda menjadi trendsetter (terdepan atau paling awal menerapkan trend baru yang muncul). Inovasi seperti itulah yang biasanya dilakukan oleh perusahaan yang sukses, sekaligus menjadi pembeda antara trendsetter dengan follower.

Problem terbesar dari inovasi adalah mindset perusahaan yang juga merupakan koleksi dari mindset karyawannya. Mindset inilah yang akan menentukan apakah perusahaan memiliki budaya inovatif atau tidak. Tidak adanya motivasi untuk berinovasi, akan menciptakan budaya kerja yang statis dan akhirnya perusahaan tidak akan mampu bersaing lagi.

Budaya inovatif inilah yang perlu ditumbuhkan oleh para leader dan pelaku bisnis. Ini sebuah pekerjaan yang membutuhkan komitmen yang tinggi. Para leader perlu mendorong setiap individu untuk memproduksi gagasan dan ide yang inovatif dan memberikan arah bagaimana gagasan dan ide yang inovatif bisa diimplementasikan.

Latar belakang tersebutlah yang kemudian mendorong Handi Irawan mencetuskan Hari Inovasi Indonesia, 1 November. Handi Irawan, yang dikenal sebagai penggagas berbagai penghargaan dan hari penting seperti Top Brand Award, Rekor Bisnis (ReBi), Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA), Hari Marketing Indonesia dan Hari Pelanggan Nasional, merasa perlu menyerukan kepada para leader dan pelaku bisnis untuk menumbuhkan budaya inovatif di perusahaan.

“Hari Inovasi Indonesia akan diperingati oleh para individu dan pemilik merek setiap tanggal 1 November, harapannya adalah terciptanya budaya inovatif, produk inovatif dan layanan inovatif”, ujar Handi.

Menurut Handi, perusahan yang tidak inovatif, ibarat tinggal menunggu kematian. Pasalnya kemajuan teknologi dan perubahan perilaku pelanggan, sudah pasti menuntun perusahaan untuk melakukan perubahan melalui inovasi. Ini juga yang membuat perusahaan mampu menciptakan produk dan layanan baru guna memenuhi keinginan pelanggan.

Juga untuk mengingatkan pimpinan dan para pelaku bisnis untuk memiliki komitmen, mengubah gagasan serta ide inovatif menjadi produk dan layanan inovatif.

Dalam memperingati Hari Inovasi Indonesia, perusahaan dianjurkan untuk memilih dan memberikan reward‎ kepada “most innovative employee”, mengadakan kompetisi bagi karyawan yang memilki gagasan inovatif atau bisa juga meluncurkan program atau komunikasi inovatif. (mcoid/wf)

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing & Bisnis

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here