Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Hal yang Menurunkan Minat Konsumen E-Commerce

Minat Konsumen E-Commerce

Minat Konsumen E-Commerce

Tidak ada satu perusahaan pun yang ingin kehilangan pelanggannya. Namun di dunia kompetitif, kesalahan sekecil apa pun bisa membuat mood pelanggan berubah, dan akibatnya, mereka bisa saja pergi meninggalkan Anda.  Maka dari itu, penting untuk mengetahui kesalahan apa yang bisa berakibat fatal demi perkembangan bisnis Anda.

Dikeluarkan oleh Webgistix yang juga diposting oleh Entrepreneur, dibawah ini adalah infografik yang berisi tentang beberapa hal penting penyebab pelanggan bisnis online Anda kabur.

1.       Biaya pengiriman yang mahal

Ini adalah faktor utama yang menyebabkan pelanggan bisnis online Anda kabur. Menurut data yang diberitakan Entrepreneur, sebanyak 80% konsumen akan pergi jika ongkos kirim pada sebuah e-commerce dinilai terlalu mahal. Sebisa mungkin buat jangan terlalu mahal, kalau bisa gratis.

2.       Layanan pelacakan pesanan

Jika Anda membuka bisnis e-commerce, namun tidak menyediakan layanan yang memungkinkan pelanggan untuk bisa melacak barang pesanannya, maka waspadalah jika suatu saat pelanggan Anda pergi.

Sebanyak 75% dari mereka sependapat bahwa e-commerce harus menyediakannya. Setidaknya biarkan pelanggan Anda tahu bahwa barang yang dipesan sedang dalam tahap packaging, pengiriman, atau lain sebagainya.

3.       Jadwal pengiriman

Biarkan pelanggan Anda tahu kapan barang yang dipesannya tiba. Kejelasan ini akan membuat para konsumen yakin kepada perusahaan Anda. Bayangkan bila Anda tidak memberitahukannya? Mereka akan bingung dan terus berharap.

Perlu Anda ketahui, bahwa 60% konsumen benci terhadap e-commerce yang tidak memberitahukan, kapan tanggal pasti kedatangan barang.

4.       Cepat

Kecepatan dalam mengantar barang juga termasuk dalam salah satu hal yang perlu diperhitungkan oleh para penyedia bisnis click and mortar. Pasalnya, jika barang yang dipesan datang terlalu lama masa pengirimannya, besar kemungkinan bahwa pelanggan Anda akan pindah ke kompetitor.

5.       Kesalahan pengiriman

Begitu pula dalam kesalahan pengiriman. Misalnya jika konsumen Anda memesan tablet berwarna hitam, tapi yang Anda kirim justru berwarna perak, itu akan membuat mereka kesal meski masih satu merek. Maka mulai sekarang berhati-hatilah.

Ingat, bisnis online berkaitan erat dengan kepercayaan dan layanan. Jika Anda tidak memperhatikan kedua hal tesebut, bersiap-siaplah menerima kenyataan bahwa pelanggan Anda semakin berkurang.

infografik e-commerce

 

Sumber & Infografik: Entrepreneur | Foto: The Ecommerce Pro

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top