Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

Digitalisasi dan Inovasi sebagai Competitive Advantage

Di bidang inovasi layanan, Adira Finance selangkah lebih maju dengan sederet program transformasi digital. Selain menciptakan efisiensi bagi pelanggan dan perusahaan, inovasi juga meningkatkan daya saing perusahaan.

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Perusahaan tanpa inovasi yang tangguh akan tergerus oleh kemajuan teknologi. Tidak hanya soal produk, layanan juga harus dikembangkan secara berkala mengikuti kebutuhan pelanggan. Apalagi bila perusahaan tersebut bergerak di bidang yang mengutamakan pelayanan. Bisnis pembiayaan atau leasing misalnya. Berbeda dari bisnis jual-beli produk pada umumnya, transaksi pada bisnis leasing bersifat jangka panjang. Oleh sebab itu nilai kepuasan pelanggan akan setiap layanan yang diberikan sangatlah penting.

Bagi Adira Finance, definisi pelayanan setingkat lebih maju dalam hal pelayanan ketimbang kompetitornya. Dalam memberikan layanannya, pelanggan tidak lagi diposisikan sebagai pelanggan, melainkan menjadi sahabat. Hal ini terwujud dalam slogan pelayanan Adira Finance yakni SAHABAT, singkatan dari “Saya Hadir Buat Anda Tersenyum”. Filosofi di baliknya adalah selalu berupaya untuk menjadi sahabat yang memberikan solusi keuangan kepada pelanggan sepanjang perjalanan hidup mereka. Slogan ini sejalan dengan janji Adira Finance, yaitu “Sahabat Setia Selamanya”.

Hafid Hadeli (Direktur Utama Adira Finance). Foto: Istimewa.

Perusahaan pembiayaan ini memang terbilang pemain lama dengan business journey lebih dari tiga dekade. Fokus Adira Finance adalah pada pembiayaan otomotif sebagai produk unggulan di samping perabotan rumah tangga, gadget, alat-alat elektronik, serta dana multiguna. Hingga Juni 2021, Adira Finance memiliki lebih dari 2,1 juta pelanggan aktif.

Sejenak menengok ke belakang, pada tahun 2019, Adira Finance mencatatkan total piutang sebesar Rp54,8 triliun; meningkat 7% dibandingkan pencapaian tahun 2018 yaitu Rp51,3 triliun. Sedangkan sepanjang tahun 2020, perusahaan mencatatkan total piutang yang dikelola sebesar Rp44,0 triliun atau turun 20% y/y. “Penurunan ini terutama karena penurunan pembiayaan baru di tengah kondisi aktivitas ekonomi yang masih belum kondusif, dan penurunan penjualan otomotif sebagai dampak pandemi Covid-19,” ujar Hafid Hadeli, Direktur Utama Adira Finance.

Terlepas dari faktor pandemi yang menuntut banyak perusahaan melakukan transformasi digital, Adira Finance, tegas Hafid, dalam tiga tahun terakhir telah melakukan inovasi layanan berupa transformasi digital dan customer-centric. Dua hal ini diwujudkan di seluruh lini manajemen dari paling atas sampai dengan paling bawah.

“Adira Finance terus melakukan inisiatif transformasi bisnis ke arah digitalisasi pada pengembangan operasional bisnis, yaitu lebih tersistem dan paperless, sehingga perusahaan lebih efektif dan efisien dalam melakukan bisnis sehari-hari. Inisiatif ini bertujuan untuk memperkuat kehadiran brand Adira Finance di pasar dengan menghadirkan keunggulan layanan kepada pelanggan,” ujar Hafid.

Digitalisasi Layanan

Bentuk transformasi digital dalam pelayanan di Adira Finance terkait pemanfaatan teknologi aplikasi Adiraku, Loyalty Reward Adirapoin, Marketplace Digital (Momobil.id, Momotor.id, dan dicicilaja.com), Moservice, Cicil Dari Mesin (CDM), dan Adira Virtual Expo (AVE).

Aplikasi Adiraku, menurut Hafid, merupakan bentuk dari “layanan cabang digital” yang bisa diakses pelanggan selama 24 jam dari perangkat mobile phone. Aplikasi ini menyediakan berbagai informasi penting terkait kontrak pembiayaan, melayani pembayaran angsuran, pengajuan pembiayaan baru, layanan pengajuan kredit instan untuk berbagai produk pembiayaan dengan limit angsuran tertentu bagi pelanggan terpilih, sampai loyalty point.

Selain itu, ada pula marketplace digital untuk jual-beli mobil dan motor—baru ataupun bekas, yang pembeliannya bisa langsung dengan pembiayaan dari Adira Finance yakni Momobil.id, Momotor.id, dan dicicilaja.com. Kemajuan teknologi juga memungkinkan terwujudnya pameran multiproduk Adira Finance dalam bentuk virtual 3D dan dapat diakses masyarakat Indonesia di mana pun berada secara online selama 24 jam.

Untuk kebutuhan service, Adira Finance menyuguhkan fitur Moservice yaitu fasilitas online booking untuk berbagai service kendaraan bermotor di mitra Adira Finance, dengan berbagai benefit khusus. Tidak kalah penting, cabang Adira Finance dilengkapi dengan inovasi Cicil Dari Mesin (CDM) berupa mesin pembayaran angsuran seperti ATM untuk mengurangi antrean di teller.

Adira Finance pun berupaya menciptakan experience memuaskan hingga akhir lewat loyalty reward Adirapoin. Inovasi layanan tersebut merupakan poin reward yang diberikan kepada pelanggan melalui aplikasi Adiraku atau bisa juga daftar via SMS dan WhatsApp. Poinnya dapat ditukar dengan pengurangan pembayaran angsuran atau voucer pulsa, voucer PLN, dan voucer belanja.

“Transformasi digital Adira Finance tidak hanya menyasar layanan kepada pelanggan, kami sudah mendigitalisasi proses internal dari paper based menjadi paperless yang menciptakan keunggulan kecepatan proses. Melalui ad1Gate sebagai portal layanan untuk para mitra dealer otomotif, hubungan kami dengan para dealer juga sudah paperless sehingga proses penagihan dan pembayaran ke dealer juga paperless,” papar Hafid.

Baca juga: Adira Finance Raih 2 Penghargaan Corporate Image Award 2021

Guna mensosialisasikan transformasi digital dan penerapannya lewat berbagai inovasi layanan, Adira Finance gencar melakukan edukasi kepada karyawan mengenai pentingnya beradaptasi menggunakan teknologi digital. Selain itu, Adira Finance juga membentuk Digital Center of Excellence, yaitu tim dengan kompetensi di teknologi digital untuk mengedukasi dan mengajak karyawan melakukan digitalisasi di area pekerjaannya masing-masing.

Untuk pelanggan yang ingin menyampaikan keluhannya, Adira Finance dapat diakses melalui layanan pelanggan di Call Center – Dering Adira Finance (1500511), WhatsApp Chat ke 0811-811-5811, e-mail ke customercare@adira.co.id, atau akun media sosial resmi Adira Finance yaitu @adirafinanceid di Facebook, Twitter, Instagram, dan Tiktok.

Sementara untuk kemudahan pembayaran angsuran, Adira Finance menyediakan online channel seperti aplikasi Adiraku, transfer bank ke virtual account melalui ATM, mobile banking, internet banking, serta jaringan digital payment perbankan lainnya. “Metode pembayaran ini mendapat sambutan baik dari pelanggan kami yang sudah digital savvy, yang tinggal di perkotaan, dan cenderung yang berusia muda,” tandas dia.

Meski tengah mengarah ke transformasi digital, bukan berarti Adira Finance meninggalkan segmen pelanggan konvensional. Bagi pelanggan yang membayar cicilan secara tunai menggunakan uang fisik, Adira Finance menyediakan pilihan melalui Kantor Pos, Alfamart, Indomaret, atau datang ke 441 kantor cabang/satelit jaringannya.

Sejauh ini, Hafid menambahkan, inovasi pelayanan dalam bentuk transformasi digital menguntungkan bagi pelanggan sekaligus menjadi nilai lebih bagi perusahaan. “Secara eksternal, digitalisasi dan inovasi yang dilakukan membuat Adira Finance memiliki competitive advantage di tengah persaingan yang semakin ketat. Secara internal, proses digitalisasi dan inovasi membantu operasional perusahaan menjadi semakin efisien dalam mengelola proses pembiayaan. Hal ini sejalan dengan strategi perusahaan untuk menguatkan kehadiran Adira Finance di dunia digital/online,” pungkasnya.

#haripelanggannasional #haripelanggannasional2021

Adia Bimala

 

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top