Dampak Pandemi Terhadap Distributor FMCG dan Cara Mengatasinya

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Pandemi COVID-19 memberikan pukulan telak bagi berbagai macam industri bisnis yang ada di Indonesia. Proses supply chain yang melibatkan banyak pihak menjadi terganggu. Hal ini membuat sejumlah pelaku usaha memutar otak untuk mencari solusi terbaik agar tetap bisa bertahan dalam pandemi ini.

Baca Juga: Tantangan dan Peluang Distributor Obat

Secara umum, menurut Sugi Purnoto, Senior Consultant Supply Chain Indonesia, dampak terbesar dirasakan pada industri manufaktur, otomotif, dan industri besar lainnya dengan tingkat kontraksi hingga 60% – 70%. Selain itu, lini bisnis consumer goods juga termasuk sebagai salah satu jenis bisnis yang ikut terdampak terutama bagi pihak ritel dan distributor. Menyikapi hal ini, Paper.id melakukan wawancara dengan sejumlah pelaku usaha yang bergerak di bidang industri FMCG bertajuk “Interview with the Expert”.

Grosir dan Retailer mengalami dampak yang paling signifikan

Dalam wawancara yang telah dilakukan dengan sejumlah pihak principal, mereka mengaku tidak mengalami kesulitan yang berarti. Rikat Raksamiharja, Distribution Development Associate Manager Nutrifood mengaku, kalau ada beberapa jenis produk mereka yang mengalami kenaikan dalam tingkat permintaan dari konsumen.

Baca Juga: Penuhi Pasar Ekspor, Sunindo Bangun Pabrik di Jawa Tengah

Kenaikan tersebut diakui memberikan efek positif sehingga dapat menutupi hasil penjualan yang kurang memuaskan. Di lain pihak, Rikat melihat, dampak terburuk justru terjadi pada pihak grosir dan retailer. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat grosir dan retailer tidak dapat menjalankan usahanya secara lancar. Terkadang, mereka harus menutup toko sepenuhnya atau mengikuti tanggal ganjil/genap sesuai nomor toko.

Baca Juga: Menggarap Pasar dan Distributor Secara Virtual

Selain itu, permasalahan lainnya yang juga dialami adalah pembayaran piutang yang tidak lancar. Hal ini diakibatkan menurunnya daya beli konsumen yang lebih memilih untuk lebih selektif dalam belanja. Akibatnya, pihak grosir atau retailer mengalami penurunan dalam pemasukan dan tidak dapat membayar distributor.

Terkait masalah ini, sejumlah pelaku usaha memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengatasinya. Sr. Trade Marketing Manager PT. Mondelez International Varend mengatakan bahwa perusahaan harus memiliki manajemen Account Receivable (AR) yang baik dalam mengelola penagihan piutang usaha, terutama dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini.

Baca Juga: Saatnya Distributor Bertransformasi

Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan sistem Pareto untuk melakukan mapping akan masalah yang ada sehingga, bisa segera mengatasinya. Sebagai contoh, distributor bisa melakukan follow up dan mengingatkan retailer besar untuk kondisi finansial yang lebih baik secara konsisten. Selain itu, distributor juga bisa fokus dalam melakukan penagihan secara digital selama pandemi, mengingat tim sales mereka tidak bisa datang ke toko-toko.

Di sisi lain, COO Enesis Budiman Goh melihat bahwa masalah yang dialami grosir/retailer dalam pembayaran piutang kepada distributor bisa diselesaikan dengan invoice financing. “Hal ini bisa menjadi peluang bagi institusi-institusi P2P lending untuk masuk ke sana dan membantu mereka walaupun butuh edukasi khusus dalam proses implementasinya agar berjalan lancar” tuturnya.

Baca Juga: 1o Jurus Menjaring Principal Terbaik Bagi Distributor

Menindaklanjuti pernyataan-pernyataan sebelumnya, CEO Paper.id Jeremy Limman mengutarakan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan distributor untuk mengatasi arus kas yang macet seperti memetakan barang apa yang paling dibutuhkan masyarakat, menetapkan harga sesuai dengan potensi pasar saat ini, dan tidak menimbun produk yang dibutuhkan masyarakat.

Selain itu, Jeremy juga menyarankan untuk para distributor agar bisa tegas dalam membatalkan pesanan yang tidak memungkinkan, mulai melek dengan digitalisasi dan penggunaan transaksi online, memberikan promosi, hingga sesekali memberikan donasi kepada para tenaga medis atas support buat garda terdepan.

New normal : Bagaimana industri FMCG menghadapi apa yang akan terjadi selepas pandemi

Para pelaku bisnis di industri  FMCG memprediksi bahwa proses recovery dipastikan akan berjalan dengan lambat, meskipun dunia sudah pulih selepas pandemi berakhir. Budiman Goh memprediksi bahwa industri FMCG akan mengalami rebound hanya sebesar 80%.

Baca Juga: Memilih Kegiatan Promosi Distributor

Sementara itu, berita mengenai munculnya 2 jenis vaksin dengan tingkat efektivitas diatas 90% (Pfizer dan Moderna) dinilai tidak akan memengaruhi performa industri FMCG di lapangan. Hal ini diucapkan oleh setiap narasumber, karena mereka lebih fokus dalam menghadapi day-to-day activity sembari bersikap waspada agar bisa melihat keadaan yang terjadi di pasar sembari mempersiapkan solusi yang bisa dilakukan untuk bertahan.

Di lain pihak, Varend mengaku bahwa ada 2 hal yang harus diperhatikan selepas pandemi. Pertama, perubahan perilaku konsumen. Semasa pandemi, terjadi perubahan pola konsumsi konsumen mengikuti keadaan yang sedang terjadi.

Baca Juga: Menyiasati Rantai Pasok Perusahaan Saat Pandemi

Riset Nielsen menyebutkan bahwa pandemi COVID-19 mengubah perilaku konsumen yang lebih fokus kepada produk personal care seperti kesehatan, makanan dan kebersihan serta peningkatan akses ke marketplace untuk berbelanja kebutuhan mereka.  Tren tersebut diprediksi tetap akan bertahan selama 2021, mengingat pandemi COVID-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan selesai.

Terakhir, digitalisasi perlu dilakukan bagi perusahaan yang belum melakukannya. Varend menilai, pandemi menjadi sebuah “alarm” yang menyadarkan para pengusaha bahwa mereka perlu meningkatkan produktivitas dengan pengadopsian teknologi dalam kinerja mereka. Dengan begitu, man-power yang ada dapat terdistribusi dengan baik sesuai dengan sasarannya. (*)

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.