6 Penyebab Bisnis Online Anda Gagal

6 Penyebab Bisnis Online Anda GagalJumlah entrepreneur di Indonesia masih tergolong sedikit dibandingkan dengan Singapura. Perkembangan teknologi dan internet, seharusnya Indonesia akan mampu menaikkan jumlah entrepreneur.

Tentu hal ini memerlukan kerja sama antara pemerintah dengan para entrepreneur, paling tidak dalam pengunaan medium internet untuk mengembangkan bisnis mereka.

Kenyataanya, medium internet masih belum digunakan secara maksimal oleh para entrepreneur Indonesia. Padahal internet adalah medium yang powerful yang bisa mendongkrak bisnis.

Salah satu entrepreneur yang sukses menggunakan medium internet untuk memasarkan produknya adalah  Rendang Uni Farah (www.rendangunifarah.com). Kini pesanannya sudah merambah ke mancanegara.

Ada banyak faktor, kenapa para entrepreneur belum mendapatkan kesuksesan padahal sudah menggunakan medium internet.

Berikut 6 Penyebab Bisnis Online Anda Gagal:

Lupa mengembangkan versi mobile

Kebanyakan website para entrepreneur susah diakses menggunakan perangkat selular. Mereka membuat website namun lupa mengembangkan untuk versi mobile-nya. Versi mobile dapat menjadi pintu gerbang calon konsumen Anda untuk melihat-lihat produk lebih lama dan bahkan membelinya kemudian.

Jadi, ketika mengembangkan sebuah website untuk produk Anda, pikirkan juga mengembangkan versi mobile-nya. Percayalah sebagus apapun website tersebut, jika hanya bisa diakses versi desktop tapi susah diakses di perangkat handphone atau smartphone maka calon konsumen akan segera meninggalkan Anda.

Anti Media Sosial

Entrepreneur lupa terhadap platform media sosial, mereka lupa mengintegrasikannya kewebsite. Atau sebaliknya, mereka lupa mengintegrasikan website ke media sosialnya. Nah, jika Anda mempunyai akun Facebook, Twitter, Pinterest, Google+, LinkedIn, Foursquare, dan lain-lain, jangan lupa untuk mengintegrasikannya ke website.

Beruntungnya, saat ini semua platform media sosial sudah terintegrasi dengan website. Jadi, ketika Anda meng-update konten website maka secara otomatis akan ter-update di media sosial. Perlu diketahui, platform media sosial ini sangat ampuh untuk mendapatkan traffic ke website.

Tidak ada email ber-link

Entrepreneur lupa untuk me-link-kan email yang dicantumkan di website. Calon konsumen tidak diberikan kemudahan untuk mengklik email tersebut. Kebanyakan website hanya menaruh alamat email dan hanya bisa di-copy/paste.

Seyogyanya Anda tidak hanya menaruh alamatemail saja namun harus bisa diklik sehingga langsung ke email yang dituju. Mudahkanlah calon konsumen ketika mereka membutuhkan  lebih lanjut tentang produk Anda. Just click and go!

Tidak membuatkan form isian

Entrepreneur lupa dengan yang satu ini, yaitu form isian. Mereka tidak memberikan form isian di website-nya. Calon konsumen, terkadang ingin menanyakan beberapa hal terkait produk Anda. Hal ini akan lebih mudah dan cepat jika Anda menyiapkan form isian di website tersebut.

Form isian juga berguna untuk menjaring database calon pelanggan. Perlu diingat, ketika Anda akan membuatkan form isian, buatkanlah sesingkat mungkin. Jangan terlalu banyak kolom yang harus diisi. Cukup kolom nama lengkap, email, nomor handphone,dan komentar.

Nomor Telpon susah dihubungi

Terkadang, calon konsumen ingin cepat menghubungi Anda. Menghubungi melalui telepon adalah cara terbaik. Namun, terkadang beberapa nomor telpon yang ada di website susah dihubungi.

Jadi, pastikan nomor telpon yang Anda taruh di website adalah nomor aktif, sehingga ketika calon konsumen menelpon, mereka bisa menghubunginya.Sebaiknya, cantumkan juga nomor telepon lokal untuk melengkapi nomor handphone.

Lupa SEO

Para entrepreneur sering lupa pada SEO (Search Engine Optimization). Penyebab yang paling umum adalah ketidaktahuan tentang SEO dan bagaimana menggunakannya dengan baik dan benar. Padahal SEO sangat penting untuk sebuah website, karena hal ini membantu calon konsumen untuk menemukan website dan produk Anda. Bagi pemula, ada banyak tools gratis yang sudah disiapkan oleh para developer SEO. Anda hanya perlu memastikan keyword yang sesuai dengan produk Anda.

Anda bisa menggunakan Google Adwords untuk mencari keyword-keyword yang populer dan sesuai dengan produk Anda. Plugin SEO pun sangat banyak, Anda hanya tinggal meng-install plugin tersebut di website Anda, kemudian masukan keyword yang relevan.

Selamat mencoba, mari majukan dunia wirausaha di Indonesia. Entrepreneur Go Online! (KusnadiAssaini)

 

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.