Tokopedia Gencarkan Inisiatif Hyperlocal Bagi UMKM Indonesia

Marketing.co.id – Berita UMKM | Menyambut Hari Pahlawan 10 November 2023, Tokopedia terus memberi panggung bagi lebih dari 14 juta pelaku usaha di Indonesia. Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI mencatat jumlah persentase UMKM mencapai 99% dari seluruh unit usaha dan mampu menyerap tenaga kerja hingga 96,9%.

“Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal, mendekatkan penjual dan pembali di mana pun mereka berada. Terbukti dari beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah penjual di semester I 2023 dibandingkan dengan semester II 2019 prapandemi, yaitu Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan, dengan kenaikan rata-rata hampir 3 kali lipat,” ungkap Head of Regional Growth Expansion Tokopedia, Nafisah Wulandari dalam webinar yang berlangsung pada Rabu (8/11).

“Kenaikan sebesar 3 kali lipat juga terjadi di Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Bali dan Sulawesi Selatan. Adapun Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo hingga Papua Barat mencatatkan kenaikan rata-rata hingga hampir 8 kali lipat,” lanjut Nafisah.

Hampers dan Parsel Makanan, Kesehatan dan Gaya Hidup, serta Pertanian merupakan beberapa subkategori produk dengan kenaikan rata-rata hingga hampir 18 kali lipat.

Dari catatan tersebut terlihat bahwa deretan upaya yang dilakukan Tokopedia, sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers), yang bertujuan untuk membantu masyarakat menciptakan peluang tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo, termasuk Tokopedia.

Tiga pelaku UMKM Indonesia yang mewakili banyak pelaku UMKM di Tokopedia. UMKM lokal berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia. Foto: Ist.

Dalam webinar yang diadakan menyambut Hari Pahlawan, Tokopedia mengundang tiga pelaku UMKM yang berhasil mengalami lonjakan transaksi selama semester I 2023.

Seperti Precious One yang memberdayakan rekan difabel untuk menghasilkan beragam produk kerajinan tangan seperti masker kain, tempat tisu, tas, boneka, bandana, mainan dan lain-lain. Jumlah transaksi toko yang dimiliki oleh Ratnawati Sutedjo ini, mengalami lonjakan hampir 30 kali lipat di semester I 2023.

Tak jauh berbeda dengan Precious One, pelaku UMKM lainnya, Kraosan, memanfaatkan kampanye di Tokopedia yaitu Waktu Indonesia Belanja (WIB) dan figut TopAds, untuk mendongkrak penjualannya. Kraosan menggandeng ibu perajin di Magelang, membuat kemasan dari besek bambu sokase.

Pelaku usaha lain yang memanfaatkan kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB), Awi Coffee, berkat strateginya di Tokopedia, mencatat kenaikan hampir 3 kali lipat juga selama semester I 2023.

Awi Coffee yang merupakan usaha keluarga asal Binjai, Sumatera Utara yang telah berjalan selama tiga generasi kini dilanjutkan oleh Darwin Jaswin (Awi). Ia memberdayakan petani lokal kopi di Gayo dan Tanah Karo agar kopi lokap premium asal Sumatera Utara bisa dinikmati masyarakat di seluruh Indonesia.

Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal, akan terus berkomitmen memberikan ruang bagi pelaku UMKM Indonesia agar bisa punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang di mana pun mereka berada.

Marketing.co.id: portal berita marketing dan bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here