Portal Lengkap Dunia Marketing

PROPERTY & RETAIL

Toffin Luncurkan E-Learning Bisnis Kopi Pertama di Indonesia

Marketing.co.id – Berita Ritel | Kebijakan social distancing dan physical distancing selama pandemi Covid-19 membuat sebagian kegiatan tatap muka harus dilakukan di rumah, mulai bekerja, belajar, beribadah hingga berbelanja.

Guna mempermudah pebisnis kopi dan orang yang bergerak di industri kopi. Sebagai pemimpin pasar mesin kopi di Indonesia, Toffin Indonesia meluncurkan Toffin E-Learning Center, yaitu platform digital yang menyediakan program pengembangan dan pelatihan di industri kopi.

Baca juga: Tujuh Rekomendasi Meminimalisir Penyebaran Covid-19 di Kedai Kopi

Ario Fajar, Head of Marketing Toffin Indonesia, mengatakan, Toffin E-Learning Center hadir sebagai jawaban atas kebutuhan para pebisnis kopi, barista, serta orang yang bergerak di industri kopi, yang membutuhkan media pembelajaran yang praktis.  “Pembelajaran jarak jauh ini akan menjadi Number One Coffee Business Platform in Indonesia,” ujarnya.

Menurut Ario, pemilik bisnis dituntut untuk melakukan strategi pemasaran, penjualan dan promosi yang kreatif di tengah perubahan yang sangat signifikan di seluruh industri food and beverage. Sementara itu, para barista juga harus meningkatkan kompetensinya.

“Toffin E-Learning Center ini adalah kelas online yang tepat untuk menambah dan mengasah kemampuan,” imbuh dia.

E-Learning khusus bisnis kopi pertama di Indonesia ini menyediakan beragam pembelajaran, mulai dari kreasi menu, pengembangan bisnis, hingga pelatihan keterampilan, yang difasilitasi oleh mentor berpengalaman di bidangnya melalui daring baik video maupun workshop.

Para mentor ini terdiri dari master kopi internasional, juara kopi Indonesia, ahli teh, pakar cafe dan restoran, konsultan hingga praktisi di industri kreatif.

Adapun 3 program yang ditawarkan. Pertama, Skill. Program yang dibuat untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di industri kopi atau bisnis food and beverage agar lebih kompetitif.

Program ini diaplikasikan dalam bentuk video pelatihan barista, bartender, beragam teknik menyeduh kopi, pengoperasian peralatan kopi yang diajarkan oleh coffee dan tea master. Didukung juga dengan keterampilan lainnya seperti fotografi dan videografi mulai dari tingkat dasar hingga advance dari praktisi di industri kreatif.

Kedua, Menu Creation.  Program yang diciptakan untuk menjadi referensi bagi business owner, barista, bartender, atau departemen pengembangan menu untuk mengkreasikan minuman yang inovatif dan kompetitif.

Program ini dibuat dalam bentuk video menu tutorial yang dikembangkan oleh Toffin product development specialist, coffee, dan tea master mulai dari minuman berbahan dasar kopi, teh, rempah, cocktail, mocktail, dan bahan baku lainnya.

Ketiga, Business. Program yang dibentuk untuk memperluas wawasan, pengetahuan, strategi, bisnis industri kopi.

Program ini diaplikasikan melalui video pembelajaran mulai dari tahap perencanaan, operasional, hingga ekspansi bisnis seperti : marketing, branding, sales, keuangan, kepuasan pelanggan, tren pasar, sumber daya manusia, success story, hingga product specification, yang dipresentasikan oleh ahli dibidangnya.

Baca juga: ‘Kopi Cinta’ Bisnis OYO Indonesia di Luar Akomodasi

Sedangkan fitur-fitur dari program Toffin E-Learning Center antara lain, Free Access Video, video pembelajaran dan pelatihan yang dapat diakses oleh siapapun secara gratis.

Paid Access Video, video berbayar yang diisi oleh master & expert yang membahas topik atau pelatihan tingkat advance. Pembayaran fitur ini bisa melalui bank transfer, kartu kredit, Gopay, dan OVO.

Paid Seminar Class, seminar online interaktif yang diselenggarakan secara langsung yang difasilitasi oleh professional mentor berdurasi kurang lebih 2 sampai 3 jam.

On Demand Video & Class, disini publik diajak untuk berpartisipasi mengajukan topik yang kamu minati. Atau jika kamu adalah seorang profesional, master, expertise, bergabunglah menjadi bagian dari platform kami.

Willy Sidewalk, Head of Learning & Development Toffin Indonesia, menambahkan, Toffin E-Learning Center disiapkan sebagai masa depan dunia pendidikan agar siapapun bisa ikut berpartisipasi di dalamnya.

“Siapapun bisa ikut berkontribusi karena kami percaya setiap orang berhak mendapatkan pembelajaran dan setiap orang juga dapat berbagi ilmu tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. This is the future, this is Toffin E-Learning Center,” pungkasnya.

Toffin E-Learning Center ditargetkan untuk para entrepreneur start-up, cafe & restaurant owner, barista, bartender, tea & coffee specialist, F&B enthusiast, serta masyarakat umum yang ingin belajar mengenai bisnis kopi.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top