Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia UKM

Tujuh Rekomendasi Meminimalisir Penyebaran Covid-19 di Kedai Kopi

Marketing – Bisnis kedai kopi di Indonesia terus bermunculan bak cendawan di musim penghujan, bahkan jumlahnya diperkirakan mencapai ribuan gerai dan telah menjadi tempat masyarakat bersosialisasi sambil menikmati kopi.

Sayang pandemi virus Corona (Covid-19) membuat masyarakat mengurangi aktivitas ekonomi, seperti berbelanja kebutuhan tersier, termasuk mengonsumsi kopi di kedai kopi karena takut tertular wabah virus tersebut.

Dalam upaya mencegah dan mengurangi risiko penyebaran Covid-19. Perusahaan penyedia produk dan jasa disektor horeka (hotel, restoran, kafe), Toffin Indonesia memberikan rekomendasi kepada pelaku usaha kedai kopi untuk bekerjasama meminimalisir penyebaran virus ini dengan beberapa langkah, antara lain:

1. Thermometer

Pasang thermometer di pintu masuk utama kedai dengan menempatkan satu orang sebagai petugas. Jika kedai memiliki banyak akses, usahakan untuk mengurangi akses masuk dan keluar sehingga pemantauan bisa dilakukan dengan maksimal

2. Tidak menggunakan tumbler

Untuk sementara pengunjung tidak bisa menggunakan tumbler baik untuk dine-in atau take away

3. Cangkir sekali pakai (disposable cup) 

Hanya menyajikan minuman dengan menggunakan disposable cup yang langsung dibuang setelah dipakai

4. Masker bagi pelayan dan barista

Baik pelayan ataupun barista wajib menggunakan masker selama bertugas

5. Hand sanitizer & disinfectant

Pastikan ketersediaan hand sanitizer di beberapa sudut kedai atau cashier desk hingga penyemprotan disinfectant yang bisa dilakukan sebelum dan setelah toko beroperasi

6. Jaga jarak aman

Berlakukan jarak bagi pelanggan yang sedang mengantre untuk memesan minuman

7. Komunikasi

Di atas itu semua, komunikasikan prosedur tersebut dengan bahasa dan penyampaian yang jelas dan sopan sehingga pelanggan mengerti dan merasa nyaman.

Ario Fajar, Head of Marketing Toffin Indonesia, mengatakan, dalam situasi yang kurang kondusif seperti saat ini, pelaku usaha diharapkan lebih memfokuskan diri pada kesehatan karyawan dan kenyamanan pelanggan.

“Kami mengajak seluruh mitra dan pelaku bisnis lainnya untuk tetap menjaga kebersihan outlet, memastikan pekerja dalam keadaan prima dan membuat pelanggan merasa aman untuk datang dan menikmati produk mereka” jelasnya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top