Portal Lengkap Dunia Marketing

XX PR Hype

Tips Menulis Singkat

urlWilliam Strunk Jr dalam bukunya yang berjudul “The Elements of Style” menjelaskan, “Vigorous writing is concise.” Sebuah tulisan tidak harus menggunakan kata – kata yang tidak perlu, lebih baik menggunakan kata/kalimat pendek namun jelas, ketimbang kata/kalimat panjang yang tidak berbobot. Intinya, tulisan singkat yang berisi akan lebih dinikmati oleh para pembaca.

Sangat penting untuk menulis singkat, baik untuk menyusun pidato kampanye, menulis artikel, atau membuat siaran pers. Tujuannya adalah untuk mengkomunikasikan pesan Anda seefisien mungkin. Namun begitu, sangat sulit untuk membuat sebuah tulisan singkat, bahkan untuk penulis berpengalaman sekalipun. Untuk itu, berikut ada beberapa tips menulis, agar tulisan Anda menjadi lebih efektif dan efisien.

1.       Gunakan kata/kalimat yang kuat

Tak sedikit penulis yang menggunakan kata/kalimat yang tidak jelas, hal seperti ini akan memperlemah tulisan Anda. Jika Anda biasa menggunakan bahasa yang ambigu, coba ganti semuanya dengan tulisan yang tepat dan jelas.

Contoh:

–          Tulisan bertele – tele: Presiden membahas banyak manfaat mengintegrasikan media sosial ke dalam strategi Public Relations dalam laporan triwulanannya.

–          Tulisan singkat: Presiden memuji upaya pengintegrasian media sosial tim PR dalam laporan triwulanannya.

Intinya sama bukan? Tapi tulisan singkat akan lebih enak dibaca daripada yang bertele – tele.

2.       Hindari jargon

Tidak semua audiens Anda mengerti tentang istilah – istilah ilmiah yang Anda katakan, baik dalam bidang teknologi, industri, atau apapun itu. Sebaiknya hilangkan jargon yang bertele – tele dan sulit dimengerti.

3.       Jangan belebihan

Padatkan tulisan dengan membuang frase yang berlebihan. Meski hanya sedikit yang berubah, namun dampaknya akan jauh berbeda.

Contoh:

–          Kalimat berlebihan: Hampir semua Public Relation profesional di industri PR merupakan pembicara yang baik.

–          Kalimat singkat: Hampir semua PR merupakan pembicara yang baik.

Bukankah sudah jelas bahwa Public Relation itu bekerja di industri PR, jadi untuk apa ditambahkan kalimat “industri PR”, itu merupakan pemborosan kata.

Menulis dengan singkat dan jelas memang sangat sulit, tapi cobalah untuk belajar dengan membaca tulisan Anda atau orang lain, kemudian mengoreksinya, itu akan memperkuat naluri Anda menulis. Persempit beberapa pilihan kata dan struktur kalimat, dengan begitu, berarti Anda telah menguasai tips menulis singkat ini.

 

Sumber: PRDaily.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top