Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Tips Hadapi Wawancara Kerja Bagian Keuangan

Marketing.co.id – Berita Marketing I Memang tak bisa dipungkiri bahwa persaingan untuk mendapat posisi di bidang keuangan cukup ketat. Maka, tentu tidak mudah untuk dapat masuk ke tahap wawancara kerja. Namun, bila Anda mendapat undangan melakukan interview kerja di bidang keuangan, Anda bisa simak tips berikut untuk bisa sukses wawancara kerja.

Hasrat yang dimiliki terhadap pekerjaan 

Cara terbaik untuk menjawabnya adalah berdasarkan pengalaman pribadi Anda, bicarakan tentang aspek keuangan yang paling menstimulasi Anda, misalnya tentang tantangan sehari-hari dalam mengolah angka, lika-liku proses belajar yang sulit, imbalan finansial, dan lain-lain. Jelaskan secara spesifik dan sesuai dengan pribadi Anda—hal ini dapat menunjukkan hasrat dan keaslian Anda.

Kepribadian dan nilai

Cara terbaik untuk menjawabnya adalah dengan mengidentifikasi beberapa atribut dan bagikan pemikiran Anda dan kenapa Anda berpikir mereka penting. Anda dapat mengutip sebuah contoh dari manajer sebelumnya yang memiliki kualitas yang mirip, yang langkah-langkahnya Anda ikuti.

Anda merasa menjadi orang yang paling tepat

Cara terbaik untuk menjawab adalah Anda  harus bisa memberi rincian tentang bagaimana keahlian dan pengalaman Anda cocok dan melengkapi persyaratan pekerjaan serta nilai-nilai perusahaan. Tujuan Anda adalah dapat meyakinkan pewawancara bahwa Anda akan cocok dengan kultur perusahaan dan menjadi aset yang berharga bagi organisasi tersebut.

Gambarkan diri Anda

Cara terbaik untuk menjawab, memang penting untuk bersikap rendah hati dan jujur selama wawancara, tetapi di sini Anda perlu merefleksikan diri dan jujur tanpa menjadi terlalu percaya diri atau rendah diri. Menjaga keseimbangan sangatlah penting.

Akuilah area kekurangan dan peningkatan yang atasan Anda dan/atau rekan kerja pernah komentari, dan jelaskan apa yang Anda lakukan untuk berubah. Ketika menyoroti kelebihan Anda, lakukan dengan rendah hati tanpa terlihat terlalu sombong. Tidak ada yang menyukai orang yang terlalu pintar atau tahu semua hal.

Baca juga: Kebebasan dalam Memulai Bisnis Sendiri

Aspirasi Anda

Pergilah untuk wawancara dengan ide yang jelas tentang tujuan kemajuan karir Anda. Hal ini dapat memberikan informasi kepada pewawancara bahwa Anda tidak hanya menginginkan pekerjaan tersebut untuk uang. Hasrat Anda akan pekerjaan tersebut merupakan aspek yang penting yang dapat mempengaruhi produktivitas dan loyalitas Anda terhadap perusahaan.

Bagaimana Anda menghadapi tantangan

Ambil contoh ketika Anda menghadapi situasi yang membuat stres dan langkah-langkah yang diambil untuk mengatasinya. Jangan takut untuk berkata jujur. Katakan tentang area pekerjaan yang paling berat untuk Anda hadapi, dan apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kekurangan Anda. Yang terpenting adalah menunjukkan inisiatif dan keinginan Anda untuk maju dan memperbaikinya.

Pencapaian utama Anda

Pikirkan sebuah contoh spesifik yang mendemonstrasikan kelebihan dan kompetensi Anda sebagai profesional finance. Jika memungkinkan, ambil contoh ketika Anda membuat kontribusi yang bisa diukur terhadap perusahaan. Buatlah serinci mungkin dan masukkan langkah-langkah yang Anda ambil untuk menghadapi kesulitan yang ditemui saat melakukannya.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top