Teleshop Siap Gandeng 100 Ribu Sobate-UMKM

Teleshop sebagai merk dari PT Tele Utama Nusantara (TUN) yang dikenal sebagai bagian dari PT Ti-Phone Mobile Indonesia Tbk baru-baru ini meluncurkan Sobate (Solusi Berbasis Teknologi) untuk UMKM. Saat ini menurut data diketahui bahwa penetrasi UMKM masih pada kisaran 11% namun UMKM tetap bertumbuh dengan pesat. Teleshop menawarkan layanan yang dapat mendigitalisasi pelaku UMKM sehingga UMKM siap beralih rupa menjadi e-UMKM atau UMKM Elektronik.

Sobate yang diluncurkan oleh Teleshop ditargetkan pada tahun 2018 akan meraih 100 ribu UMKM yang ikut bergabung. Sedangkan dari 2016 sudah bergabung 25 ribu sobate dari seluruh Indonesia yang sudah lebih dulu menjadi reseller dengan menggunakan platform Online to Offline (O2O). Teleshop sendiri adalah platform berbasis android yang sangat mudah dioperasionalkan. Dalam prakteknya Teleshop merupakan layanan PPOB (Payment Point Online Bank) yang juga berfungsi sebagai merchant aggregator. Menggunakan sebuah alat, maka mitra sudah langsung bisa melakukan transaksi untuk konsumen setelah sebelumnya diberikan pelatihan terlebih dahulu seperti video berikut ini:
Dengan modal awal sebesar Rp 250 ribu, UMKM mitra Teleshop sudah bisa melayani transaksi mulai dari pembelian pulsa, pembayaran BPJS kesehatan, voucer PLN, pembayaran tagihan air, dll. Mitra hanya memerlukan perangkat handphone android. namun jika diperlukan kami bisa meminjamkan sebuah perangkat untuk mitra kami. Kami menggunakan strategi untuk masuk dari daerah pinggiran, menarik pelaku UMKM yang unbankable menjadi reseller yang terintegrasi dengan Teleshop, ujar CEO Teleshop, Slamet Riyadi yang ditemui di sela-sela acara konferensi pers.
CEO Teleshop, Slamet Riyadi optimis jumlah Sobate terutama dari kalangan UMKM akan terus berlipat ganda. Foto: Majalah MARKETING/Lialiliy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.