Strategi Social Media Marketing untuk “Si Kecil” (Bagian 2)

6. Belajarlah untuk Mendengarkan

Sangat mudah masuk dalam “broadcast trap” di mana Anda menghabiskan banyak waktu untuk  berbicara tentang betapa hebatnya produk Anda atau bagaimana luar biasa penjualan minggu ini. Di jejaring sosial Anda harus berhenti menyiarkan dan mulai mendengarkan apa yang pelanggan Anda katakan.

Orang menggunakan jaringan sosial untuk berkomunikasi, dan cara terbaik membangun hubungan sosial yang kuat dengan pelanggan adalah dengan menjadi “teman” yang bisa mendengarkan.

7. Aktiflah Bersosialisasi

Bisnis kecil juga harus menunjukkan keterampilan percakapan yang baik dalam menanggapi audiens. Ini merupakan cara terbaik untuk menunjukkan Anda sedang mendengarkan.

Inti dari jaringan sosial adalah untuk berkomunikasi, dan pelanggan akan merasa cepat bosan jika Anda tidak ikut serta dalam interaksi sosial.

Anda dapat menunjukkan kemampuan mendengar yang baik dan meningkatkan keikutsertaan dengan menanggapi secara langsung pertanyaan dan komentar pada waktu yang tepat.

Seperti halnya percakapan offline, sebaiknya Anda juga meminta pendapat dan mengajukan pertanyaan secara langsung kepada pelanggan dalam grup sosial Anda untuk membuat mereka merasa dihargai.

8. Cepat Tanggap

Keberhasilan pemasaran media sosial tergantung pada kemampuan Anda untuk menanggapi pelanggan secara tepat waktu. Anda bisa menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda seorang “teman yang dapat diandalkan,” jika terus aktif dan ikut serta dalam semua percakapan yang berhubungan dengan bisnis atau bidang keahlian Anda.

Jika Anda melihat pertanyaan baru atau komentar, pastikan untuk segera menjawab. Ini juga merupakan cara terbaik untuk “bersosialisasi” dengan melontarkan pertanyaan kembali ke pelanggan agar percakapan tetap berlangsung.

9. Memberikan Nilai Tambah

Bagi banyak orang, harus ada nilai dalam interaksi, dan Anda harus memberikan alasan kenapa orang harus tetap tinggal dan ikut serta dalam jejaring sosial Anda. Anda harus berkomunikasi dengan pelanggan secara teratur, namun Anda juga harus menyediakan cara bagi pelanggan untuk terhubung dan berteman satu sama lain untuk membangun komunitas sosial yang kokoh sebagai tujuan online popular.

10. Tawarkan Eksklusivitas

Jejaring sosial Anda jangan hanya menjadi tempat penawaran saja. Tidak ada salahnya membuat penggemar, teman-teman, dan para pengikut Anda merasa istimewa. Salah satu caranya dengan menawarkan hadiah atau promosi khusus kepada pelanggan di jejaring sosial.

Ingatlah bahwa promosi adalah sebuah panggilan langsung untuk bertindak (call-to-action), dan ketika Anda mungkin memiliki keberhasilan dalam jangka pendek bukan berarti Anda akan menarik minat konsumen berkualitas sosial.

Daripada melakukan penawaran kupon, Anda dapat mencoba sebuah program hadiah di mana hanya pendukung terbaik dan pelanggan sosial terbaik yang memenuhi persyaratan yang mendapatkan hadiahnya. (www.smallbusinesscomuting.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here