Sebanyak 90% Responden Gen Z Menggunakan YouTube Shorts

Marketing.co.id – Berita Digital | YouTube Works Awards Southeast Asia: The Finale 2023, platform ini merilis hasil survei terbaru dari Kantar dan Ipsos, yang menemukan bahwa YouTube merupakan layanan video yang paling banyak ditonton dan disukai Gen Z Indonesia. Salah satu alasannya, YouTube memungkinkan mereka mengakses berbagai jenis konten di satu tempat, baik itu konten pendek, panjang, maupun livestream.

YouTube juga dianggap memiliki koleksi konten yang begitu lengkap dan mendalam, sehingga orang dapat menggali lebih jauh topik yang mereka sukai dan memanfaatkan waktu secara lebih efektif daripada di platform video lain.

Ajay Vidyasagar, Regional Director, YouTube Asia-Pacific menjelaskan, generasi Z Indonesia, yang sejak lahir sudah akrab dengan smartphone dan koneksi internet sepanjang waktu, menunjukkan antusiasme sangat besar untuk menggunakan YouTube. Seiring dengan terus berkembangnya lanskap digital, preferensi dan perilaku penonton pun ikut berubah.

“Kami telah melihat pertumbuhan dan minat yang luar biasa untuk YouTube. Dari penjelajahan topik hingga pendalaman, baik sendirian maupun bersama orang lain, YouTube adalah satu-satunya platform yang memiliki kelengkapan dan kedalaman konten di satu tempat,” jelas Ajay.

Gen Z Indonesia mengonsumsi berbagai format video yang berbeda saat menonton. Malah, mereka cuma menghabiskan maksimal 24% dari waktu menonton mereka untuk mengonsumsi satu format. Namun, juga menemukan adanya peningkatan jumlah orang Indonesia yang menonton video pendek, dan 90% dari total responden Gen Z mengaku menggunakan YouTube Shorts.

YouTube telah menjadi platform berbagi video yang dapat memadukan iklan dengan konten tanpa mengganggu pengalaman pengguna, sehingga kredibilitas pun terbangun antara brand dan audiens mereka dan memberikan hasil bisnis yang nyata. Sebanyak 84% penonton YouTube di Indonesia percaya dengan iklan yang tayang di video YouTube. Bahkan, 80% penonton YouTube mengatakan bahwa video iklan di platform ini membantu mereka mengambil keputusan yang lebih mantap saat akan membeli sesuatu.

“Dengan mayoritas populasi berada di usia 15 hingga 64 tahun, brand tidak hanya harus hadir di tempat dan waktu yang tepat bagi audiens, tetapi juga harus mampu menggunakan berbagai alat untuk mengembangkan kreativitas, meningkatkan efisiensi, dan mencapai hasil bisnis yang nyata. Artinya, mereka perlu merancang materi dan strategi iklan yang sesuai dengan semua perubahan ini, mengingat brand yang menggunakan aset kreatif vertikal telah terbukti mendapatkan 10-20% lebih banyak konversi per dolar di YouTube Shorts daripada kampanye yang hanya menggunakan aset lanskap saja,” jelas Randy Jusuf, Managing Director, Google Indonesia.

Dalam rangka membantu brand terus hadir di tempat yang tepat bagi audiens dan mencapai hasil bisnis, YouTube memperkenalkan beberapa solusi berteknologi AI yang dapat digunakan untuk mengefisienkan bisnis secara signifikan, meningkatkan ROI, dan membuka lebih banyak peluang, misalnya Flip & Trim, Demand Gen, Video Views Campaign, serta Fitur pembuat sulih suara (dubbing) dan animasi teks otomatis berteknologi AI untuk materi iklan yang sudah ada.

Dalam rangka merayakan dan memberikan penghargaan kepada kampanye kreatif yang paling menarik dan efektif, YouTube Works Awards diadakan untuk ketiga kalinya melalui kemitraan dengan Kantar. Tahun ini, acara diselenggarakan pada tingkat regional untuk pertama kalinya, berjudul YouTube Works Awards Southeast Asia 2023, dengan Indonesia sebagai tuan rumah.

Sebanyak 8 finalis dari YouTube Works Awards seluruh Asia Tenggara bersaing di 9 kategori plus Best of Markets di negara masing-masing. Penyelenggara menerima lebih dari 750 kiriman karya dari seluruh kawasan, dan menobatkan kampanye Ramadan BCA #TibaTibaTenang sebagai pemenang kategori ‘Best of Indonesia’ dan ‘Best of Festive’, sementara kampanye mereka #TolakDenganAnggun juga meraih penghargaan ‘The Changemaker’. Selain itu, Procter & Gamble’s Pantene memenangi penghargaan ‘The Collaborator’ untuk kampanye ‘Recharged Hair Recharged Me’.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here