Raih Pendanaan Rp205,3 Miliar, Legit Group Siap Ekspansi Agresif di 2023

(Kiri-Kanan) Monica Evanti Andriani, CMO &Co-founder; Felix Nugroho Group CTO; Cendyarani, Strategic Advisor; Juliana Thamrin, COO; Bram Hendranata, Co-founder & Chairman Legit Group.

Legit Group raih pendanaan Seri A senilai Rp205,3 miliar untuk akselerasi ekspansi bisnis F&B

Marketing.co.id – Berita Digital | Perusahaan konseptor dan operator cloud kitchen multi-brand, Legit Group resmi mengumumkan keberhasilan mereka dalam meraih pendanaan seri A dengan total US$13,7 juta (Rp 205,3 miliar).

Putaran pendanaan ini dipimpin oleh MDI Ventures, perusahaan modal ventura dari PT Telkom Indonesia Tbk, diikuti SMDV, East Ventures, dan Winter Capital. Pada 2021, Legit Group juga sukses meraih pendanaan tahap awal (seed funding) senilai US$ 3 juta (Rp 43 miliar) dari East Ventures dan AC Ventures.

Didirikan pada 2021, saat ini Legit Group telah mengoperasikan empat merek ternama, mulai dari Pastaria, Sei’Tan, Sek Fan, dan Ryujin yang berlokasi di lebih dari 30 titik di Jabodetabek. Uniknya, brand-brand di bawah naungan Legit Group tidak memiliki lokasi offline, melainkan beroperasi menggunakan model bisnis cloud.

Pendanaan baru ini menambah optimisme Legit Group untuk menguasai pasar melalui strategi pemasaran yang tepat di industri F&B. Keyakinan ini didukung oleh traksi kuat perusahaan sejak putaran pendanaan awal, dengan penjualan mencapai sekitar tiga kali lipat dalam waktu satu bulan, dan peluncuran merek baru.

Bram Hendrata, Chairman Legit Group mengatakan, pendanaan ini dapat memperkuat komitmen Legit Group dalam menghadirkan lebih banyak makanan di berbagai tempat sambal terus berinovasi dan meningkatkan teknologi demi mencapai sistem operasi yang lebih efisien.

“Kami begitu antusias memiliki kelompok investor yang kuat untuk mendukung kami dalam menciptakan merek yang mengusung visi ‘Food for Everyone’ atau ‘makanan untuk semua’,” ungkap Bram yang merupakan veteran selama 15 tahun dalam industri F&B.

Saat ini, sektor bisnis Legit Group tengah berkembang pesat. Di saat sebagian besar pemilik bisnis cloud kitchen reguler baru berfokus untuk meningkatkan kemampuan dalam melayani lebih banyak konsumen di daerah baru, Legit Group telah melihat adanya potensi pada teknologi F&B generasi baru yang lebih berfokus pada pengembangan merek F&B dengan menerapkan teknologi untuk memaksimalkan keuntungan. Dengan demikian, Legit Group yakin bahwa fokus ini akan memberikan keunggulan kompetitif di pasar cloud kitchen.

Di tengah kondisi ekonomi makro yang kerap menuntut usaha rintisan agar tetap menguntungkan, Legit Group menetapkan prioritas utamanya, yakni untuk mencapai keseimbangan ekonomi sambil terus berupaya untuk mencapai unit ekonomi yang sehat.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, Legit Group turut mengumumkan rencananya untuk melakukan ekspansi di tahun 2023 dengan mengambil target di wilayah Jabodetabek dan kota-kota lainnya yang memiliki potensi pasar pengiriman yang besar, setelah sebelumnya 95% outlet Legit Group masih tersebar di beberapa titik di area Jakarta.

“Melalui dukungan dari berbagai pihak, pendekatan yang strategis serta komitmen kami terhadap keunggulan kualitas produk, kami yakin bisa terus menghasilkan produk yang relevan dengan kualitas terbaik di lebih banyak daerah di Indonesia,” tutup Bram.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here