Wednesday, October 29, 2025
Home Blog Page 772

Samsung Odyssey Ark untuk Pengalaman Gaming yang Beda

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Tech | Para gamer sejati boleh mulai melirik Odyssey Ark keluaran resmi Samsung Electronics Indonesia. Odyssey Ark ini merupakan monitor gaming 55 inci dengan kurvatur 1000R pertama di dunia, menambahkan form factor yang benar-benar baru ke jajaran produk unggulan Odyssey. Layar besar ini menawarkan resolusi UHD, refresh rate sebesar 165Hz, dengan waktu respons 1 ms (Gray to Gray. Satuan pengukuran kecepatan piksel. Digunakan untuk mengukur waktu respons monitor gaming.), ditambah Cockpit Mode baru dan pengontrol eksklusif, Ark Dial – menawarkan arena gaming terbaik dengan imersi yang tak tertandingi.

odyssey ark samsung 2022
Main game dengan experience yang beda menggunakan Samsung Odussey Ark.

“Menjawab keinginan para gamer yang selalu mendambakan pengalaman baru, kami sangat bangga untuk memperkenalkan monitor gaming terbaru kami, Odyssey Ark. Layar gaming curved 1000R 55 inci ini menyatukan kualitas gambar sinematik premium, surround sound yang imersif, dan antarmuka yang sangat fleksibel yang akan memberikan pengalaman gaming interaktif dan seru untuk para gamer. Odyssey Ark memberikan pengalaman yang sungguh intens dan berbeda, menetapkan standar baru di industri gaming, dan tentunya, membuka akses menuju kemenangan,” kata Ellya, Head of Display Business, Samsung Electronics Indonesia.

Pengalaman Sinematik yang Memanjakan Para Gamer

Pada Odyssey Ark, layar besar 55 inci melingkupi ruang pandang pengguna berkat kelengkungan 1000R-nya, mengisi seluruh sudut pandang. Hal ini dipertegas oleh Cockpit Mode, yang memungkinkan layar untuk berputar dengan fungsi HAS (Height Adjustable Stand), tilt, dan pivot untuk penggunaan layar yang optimal yang menciptakan nuansa baru yang benar-benar imersif. Nikmati perspektif layar yang baru seolah berada di dalam kokpit.

Odyssey Ark diperkuat Quantum Matrix Technology khas Samsung, menggunakan Quantum Mini LED yang memungkinkan kontrol yang sangat halus dan presisi terhadap LED yang digunakan. Dengan pemrosesan 14-bit yang baru ditambahkan, sebuah teknologi kontrol pencahayaan yang canggih, gamer dapat melihat adegan gelap maupun terang dengan jelas, termasuk 16.384 level warna hitam untuk grafik yang ultra-realistis.

Rasio kontras statis 1.000.000:1 menghadirkan detail paling halus sekalipun dengan kejernihan sempurna. Selain itu, Neural Quantum Processor Ultra meningkatkan kualitas konten dengan menggunakan data yang dihasilkan dari 20 neural network untuk menyempurnakan setiap detail visual, melakukan upscaling konten hingga resolusi 4K.

Untuk pengalaman sinematik superior, Odyssey Ark memanfaatkan Matte Display and Sound Dome Technology. Matte Display memberikan perlindungan anti-silau dan anti-pantulan, meminimalkan distraksi dan membuat pengguna tetap fokus pada konten di depan mereka, baik dalam ruangan yang diterangi cahaya matahari ataupun di malam hari. Odyssey Ark memperkenalkan audio yang luar biasa dengan ‘Sound Dome Tech’ yang membawa AI Sound Booster dan Dolby Atmos untuk meningkatkan pengalaman surround sound. Empat speaker, satu di setiap sudut, dan dua woofer sentral menghasilkan suara yang realistis dan kaya berkat 2.2.2 channel 60W dengan nada 45Hz terendah dari monitor gaming atau soundbar gaming mana pun.

Performa Gaming Superior yang Dioptimalkan untuk Pemain

Kini gamer dapat menikmati kecepatan bebas lag di layar yang lebih besar. Bersama dengan refresh rate sebesar 165Hz, Odyssey Ark menyatukan resolusi 4K (3.840 x 2.160) bersama waktu respons 1 ms (GtG) dengan AMD FreeSync Premium Pro, memaksimalkan akurasi di layar dan memberikan keunggulan kompetitif bagi para gamer di dunia game yang penuh pergerakan cepat.

Gamer juga semakin mengharapkan pengalaman bermain game yang dipersonalisasi dan dapat dikustomisasi. Odyssey Ark menyediakan berbagai fitur inovatif yang memungkinkan gamer menyesuaikan ukuran layar, posisi, dan bahkan rasio untuk pengaturan game yang optimal. Pertama, Ark Dial bertenaga surya – pengontrol eksklusif untuk Odyssey Ark – dapat dengan cepat dan mudah mengontrol berbagai setting, termasuk Flex Move Screen, Multi View, Quick Settings, dan Game Bar. Selain dilengkapi dengan panel surya, Ark Dial juga dapat diisi dayanya melalui koneksi USB Type-C, sehingga tidak memerlukan baterai sekali pakai.

Flex Move Screen memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan ukuran layar antara 27 hingga 55 inci, mengubah posisi layar dan bahkan mengganti rasio layar antara 16:9, 21:9 dan 32:9 – semuanya hanya dengan satu sentuhan pada Ark Dial. Kebebasan ini tidak hanya saat layar berada dalam posisi horizontal, tetapi juga vertikal, memberi pengguna lebih banyak kontrol untuk isi layar yang dilihat. Multi View memungkinkan pengguna untuk menggunakan layar besar secara maksimal dengan menampilkan hingga empat konten sekaligus saat horizontal, atau tiga saat dalam Cockpit Mode. Ini menghilangkan kebutuhan untuk setup multi-monitor, sehingga gamer dapat menikmati gaming setup yang rapih.

Game Bar (mendukung game PC & konsol ) adalah fitur mumpuni yang memungkinkan para gamer untuk dengan cepat dan mudah melihat status permainan mereka dan mengontrol setting penting tanpa harus meninggalkan layar permainan. Dari memeriksa FPS (Frames Per Second), HDR (High Dynamic Range) dan VRR (Variable Refresh Rate), hingga menyesuaikan pengaturan seperti rasio layar, waktu respons, dan Game Picture mode, Game Bar membuat pemain memegang kendali dan siap menuju kemenangan. 

Samsung Odyssey Ark tersedia untuk preorder pada tanggal 7 September – 2 Oktober 2022 pada harga Rp. 42.999.000 di toko online Samsung.com/id, Samsung Monitor Official Store di Tokopedia, JD.id, Blibli.com, Lazada, dan Shopee. Selama periode pre-order, dapatkan penawaran khusus berupa bonus hadiah ekslusif Sony Playstation 5 dan Sony PS5 Horizon Forbidden West senilai total Rp 9.600.000.

Seluruh lini Samsung Odyssey telah dilengkapi dengan garansi 3 tahun yang meliputi spare parts dan service.

 

Propan Raya Berhasil Raih “1ST The Best Human Capital 2022”

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Propan Raya berhasil meraih penghargaan 1ST The Best Human Capital 2022 dalam acara Human Capital Award VIII 2022 untuk Non-Public Company. Setelah dilakukan proses penjurian, Propan Raya akhirnya berhasil dengan nilai mencapai 89,76.

Propan

Chief Human Capital Officer Propan Raya, Erwin Widjaja menyebutkan, bahwa penghargaan yang diperoleh merupakan sebuah pengakuan dan validasi atas inovasi dibidang Human Capital pada Propan Raya. Penghargaan ini tentunya akan terus memotivasi tim HC Propan Raya untuk terus konsisten memperkuat sumber daya manusia di perusahaan yang didirikan oleh Dokter Hendra Adidarma pada tahun 1979.

“Propan Raya memiliki banyak sekali program penunjang di dalam bidang Human Capital. Kami memiliki Propan Learning Academy, Corporate Culture yang kuat, Propan Way sebagai bagian dari HR Innovator, dan SAP HRIS untuk Performance Management. Masih banyak program-program Human Capital lainnya yang membuat Propan Raya pantas untuk membawa pulang penghargaan bergengsi ini,” ujar Erwin.

Dia menambahkan, Indonesia Human Capital Award VIII 2022 merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada Human Capital di sebuah perusahaan yang bertujuan untuk mendorong dan memotivasi SDM guna meningkatkan produktivitas serta daya saing. Selain itu, penghargaan ini diharapkan dapat menjadi ajang yang sehat bagi para Human Capital untuk berkompetisi dalam berbagai inovasi demi memajukan perusahaan.

Proses penjurian “Human Capital Award VII 2022” melibatkan banyak pihak antara lain Perbanas Institute, Economic Review, NBO Indonesia, Thomas International, HC Bank & Lifetime HC Award Recipient, IPMI International Busniss School, dan HC Consultan, yang diketuai oleh DR. Stefanus M.S. Sadana, Drs, Msi yang berprofesi sebagai Peneliti, Dosen, dan Trainer HC Perbanas Institute.

Kriteria penilaian meliputi Business Impact, Human Capital Blue Print/ Strategic Map, Talent Management & Organizational Capabilities, Manpower Planning, Sourcing & Recuritment Strategy, HRIS & Technology, Learning & Development, Corporate Culture, Employee Engagement, Performance Management, dan Human Capital Director’s roles & significant achievement. Sedangkan proses pemberian penghargaan ini dihadiri dan disaksikan oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Dr. Ida Fauziah, M.Si., melalui platform zoom.

CEO Propan Raya, Kris Rianto Adidarma menambahkan, bahwa merupakan sebuah kebanggaan bagi Propan Raya berhasil memenangkan penghargaan 1ST The Best Human Capital 2022. Melalui penghargaan ini tentunya akan menjadi motivasi bagi Propan untuk terus berinovasi, terutama di divisi HC.

“Perusahaan yang memiliki kualitas SDM yang baik, maka akan berdampak pada performa dan kemajuan perusahaan. Sehingga bagi Propan Raya, pengembangan SDM harus selalu terus dilakukan dan diprioritaskan,” imbuh dia.

Samsonite Gandeng WWF Indonesia Gelar Lagi Luggagge Trade-in

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Samsonite, brand koper, perlengkapan, serta aksesoris travel terbesar dan ternama di dunia, kini kembali hadir lewat program tahunan unggulannya Luggage Trade-in. Tak hanya menawarkan rangkaian produk yang lebih bervariasi, Samsonite juga kembali bekerja sama dengan Yayasan World Wild Fund for Nature (WWF-Indonesia) sebagai bagian dari strategi dan komitmennya dalam memimpin industri yang berkelanjutan.

SAMSONITE WWF INDONESIA

Anda bisa menukarkan koper lama Anda dengan brand, ukuran, dan kondisi apa pun untuk mendapatkan 40% pada pembelian koper Samsonite NIAR, ENWRAP, dan VOLANT di semua toko resmi Samsonite, termasuk e-commerce. Pada akhir program, Samsonite akan mendonasikan Rp 100.000 dari setiap transaksi trade-in kepada WWF Indonesia melalui program Signing Blue, yang akan digunakan untuk perlindungan sumber daya alam dan pengembangan sistem wisata bahari yang lebih bertanggung jawab.

Periode promo ini berlangsung dari 7 September sampai 9 Oktober 2022, berlaku di semua toko Samsonite, department store, dan e-commerce di Indonesia.

Untuk dampak positif yang lebih menyeluruh, Samsonite juga bekerja sama dengan Plustik, perusahaan rintisan dari Indonesia yang berfokus pada pengelolaan daur ulang sampah plastik, dalam program Luggage Trade-in yang akan diselenggarakan dari tanggal 7 September hingga 9 Oktober 2022 mendatang.

Nadya Pertiwi, Country Head, Samsonite Indonesia menjelaskan “Tahun ini, Samsonite kembali bekerjasama dengan WWF Indonesia sebagai bentuk komitmen kami dalam mendorong wisata berkelanjutan di Indonesia. Luggage Trade-in merupakan inisiatif Samsonite untuk mengajak masyarakat berperan langsung dalam menciptakan masa depan yang lebih baik bagi semua. Kami percaya, lewat langkah kecil ini kita dapat mencapai tujuan yang lebih besar, yaitu terwujudnya ekosistem yang berkelanjutan dan bergerak menuju ekonomi sirkular.”

Dengan mengusung semangat pengembangan lingkungan yang berkelanjutan, Luggage Trade-in juga mendukung adanya peningkatan kesadaran di masyarakat terhadap pentingnya wisatawan yang bertanggung jawab. Samsonite berharap Luggage Trade-in dapat mendorong para wisatawan untuk mengambil pilihan yang lebih baik dan cerdas demi pelestarian lingkungan. Lewat cara ini, seluruh pihak dapat bersama-sama memberikan kontribusi positif dalam mengurangi dampak lingkungan di masyarakat, serta mewujudkan lingkungan berkelanjutan untuk generasi sekarang dan di masa depan.

4 Tantangan Ibu dalam Mengatur Keuangan

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial | Seorang ibu bertanggung jawab dalam menentukan berbagai pengeluaran keluarga. Kebutuhan yang beragam dan kian berkembang setiap harinya tentunya menjadi tantangan bagi ibu untuk tetap bijak dan hemat dalam mengatur keuangan keluarga. Berikut empat tantangan sekaligus solusi yang bisa diterapkan.

ShopeePay

Budgeting di awal bulan sesuai kemampuan
Salah satu trik andalan para ibu untuk menjaga pengeluaran sehari-hari adalah dengan membuat anggaran sesuai dengan kategori kebutuhan di awal bulan. Dalam penerapannya, berkomitmen untuk menerapkan pembagian anggaran tersebut dari awal hingga akhir bulan bisa menjadi sedikit menantang. Tak jarang, ibu membuat budget bulanan yang kurang realistis dengan kemampuan dan kebutuhan.

Padahal, membuat budget yang realistis bisa lebih memudahkan ibu untuk mengatur keuangan keluarga ketimbang budget yang semakin hemat. Agar makin teratur, lakukanlah alokasi budget pada pos-pos yang berbeda agar masing-masing budget tetap terjaga.

Catat pengeluaran berdasarkan kategori
Mengatur keuangan keluarga tidak hanya soal menekan pengeluaran keluarga agar cashflow makin sehat, namun juga soal pencatatan pengeluaran yang teratur. Memiliki skill pencatatan pengeluaran merupakan salah satu keahlian yang sangat penting.

Selain ibu bisa mengetahui kisaran pengeluaran keluarga selama satu kurun waktu tertentu, ibu juga bisa mengetahui kategori apa saja yang menjadi pengeluaran utama bagi keluarga. Dengan mengetahui kebutuhan dari masing-masing kategori, ibu bisa membuat budgeting yang lebih sesuai dengan kebutuhan kategori.

Manfaatkan teknologi untuk penuhi kebutuhan
Kehadiran teknologi bisa makin memudahkan tanggung jawab ibu sebagai menteri keuangan keluarga. Ibu bisa memanfaatkan berbagai macam aplikasi pencatat pengeluaran yang tersedia di smartphone sehingga proses mencatat makin praktis. Selain itu, kebutuhan sehari-hari pun bisa dipenuhi dengan makin mudah karena kehadiran kampanye dan promo yang kerap tersedia mulai dari kebutuhan dapur, rekreasi, edukasi dan mainan anak, dan masih banyak lagi untuk memenuhi berbagai kebutuhan keluarga.

Tak hanya itu, ibu juga bisa memenuhi berbagai kebutuhan transfer sehari-hari dengan makin hemat hanya dengan bermodalkan smartphone. Apalagi sejak hadirnya fitur Transfer ShopeePay yang bisa digunakan untuk transfer ke mana pun, baik ke sesama pengguna ShopeePay maupun ke berbagai rekening bank secara gratis biaya admin, tanpa batas kuota harian, dan langsung sampai. Praktis, fitur Transfer ShopeePay bisa diakses langsung melalui aplikasi Shopee tanpa perlu mengunduh aplikasi baru.

Evaluasi finansial di akhir bulan
Makin cakap dalam mengelola keuangan keluarga dengan melakukan evaluasi finansial di akhir bulan. Setelah di awal bulan telah membuat budget, ibu bisa mengevaluasi situasi keuangan di akhir bulan. Evaluasi beberapa poin seperti apakah budget tersebut sudah mencukupi kebutuhan keluarga; kategori pengeluaran apa saja yang bisa dihemat; atau mungkin ada kebutuhan tambahan yang membutuhkan budget khusus di bulan selanjutnya.

Itulah empat tantangan yang kerap dijumpai oleh ibu dalam mengatur keuangan keluarga. Terapkan solusi di atas agar semakin handal dalam menjadi menteri keuangan keluarga. Makin hemat, manfaatkanlah layanan pembayaran ShopeePay yang menawarkan fitur Transfer ShopeePay agar bisa transfer ke mana pun, secara gratis dan tanpa batas kuota harian.

Dengan begitu, pengaturan keuangan keluarga makin hemat dan praktis. Tak perlu khawatir, mengatur keuangan keluarga adalah sebuah perjalanan yang penuh dengan trial-and-error. Terpenting sebagai menteri keuangan keluarga adalah tetap semangat dan konsisten dalam menerapkan pengelolaan keuangan.

Gandeng Maestro Batik Cahyo, Lakon Indonesia Hadirkan “Lorong Waktu” dalam JF3 Fashion Festival 2022

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Memasuki tahun ke-5 Lakon Indonesia tetap konsisten bekerja sama secara langsung dengan pengrajin tradisional di daerah sehingga memberikan hasil yang nyata  dalam menggerakan roda perekonomian mereka. Setelah melalui pemikiran yang sangat panjang, tahun 2022 ini, Lakon Indonesia pun mulai mengangkat para seniman Indonesia yang selama ini tersimpan di belakang layar.

Lakon Indonesia

Salah satunya, terealisasi dalam koleksi LORONG WAKTU merupakan hasil kolaborasi Lakon Indonesia bekerjasama dengan salah satu seniman; ‘maestro’ batik Indonesia; CAHYO dari Pekalongan, Jawa Tengah. Cahyo dikenal dengan motif flora dan fauna nya yang sangat luwes dan halus dengan teknik pewarnaan yang sangat istimewa.

Thresia Mareta, Founder Lakon Indonesia mengatakan, sebenarnya perkenalan Lakon Indonesia dengan Cahyo telah dimulai jauh sebelum dimulainya koleksi Pakaiankoe di tahun 2020 yang lalu. Dia melihat jiwa dan rasa yang dituangkan Cahyo dalam batiknya. Cahyo memberikan indentitas, kedetailan, dan keunggulannya dalam teknik pewarnaan ke dalam batik itu sendiri sehingga menciptakan ciri khas dan kematangan yang menggambarkan kekokohan seorang Cahyo.

“Kami mengingatkan kembali mengenai prinsip-prinsip dasar budaya dan tradisi yang sudah mereka wariskan secara turun temurun, yang merupakan kekuatan dari karya mereka. Membantu mereka mengekplorasi berbagai macam material seperti katun, denim, kanvas, voile, taffeta, dan chiffon. Juga membantu mereka membuat perubahan-perubahan secara teknikal, mengajarkan cara kerja dan cara pembuatan yang lebih benar sehingga kematangan karya mereka dapat berkembang dengan lebih baik. Untuk mencapai kelangsungan kehidupan dan budaya secara jangka panjang,” ujar dia dalam gelaran JF3 Fashion Festival 2022.

Dengan pengalamannya bertemu, menikmati karya, dan bekerja sama dengan banyak seniman, Thresia Mareta memiliki standar tersendiri dalam penilaiannya terhadap karya, prinsip, dan teknik. Hal inilah yang membuat Lakon Indonesia sangat berhati-hati dalam memilih seniman yang akan bekerjasama dalam setiap presentasi.

Sama seperti presentasi-presentasi LAKON Indonesia sebelumnya, LORONG WAKTU ditujukan untuk menjadi suatu presentasi yang lebih dalam dan memberikan arti bagi usaha pelestarian budaya, dunia fashion, dan industri kreatif Indonesia. Termasuk juga merancang dan memikirkan secara detail keselurahan rangkaian upaya – mulai dari belakang layar bersama dengan para pengrajin, para seniman, UMKM, dan para pelaku industri kreatif, agar semuanya dapat memberikan manfaat ekonomi secara nyata bagi banyak orang secara luas seperti yang telah dihasilkan oleh presentasi-presentasisebelumnya, yaitu Pakaiankoe, Aradhana, dan Gantari.

“Tim kami bekerja dengan sepenuh hati dalam mengeksekusi pagelaran LORONG WAKTU untuk mencapai hasil yang maksimal dari segala eksplorasi yang telah dilakukan bersama. Bagaimana agar koleksi ini tidak hanya menjadi satu koleksi pakaian hasil produk lokal tetapi menjadi satu koleksi yang dapat mengangkat hasil karya tangan Cahyo bersama para artisan untuk menjadi sesuatu yang mempunyai nilai dan standar yang dapat diterima dunia Internasional. Sehingga dapat juga mengangkat nama Indonesia dan juga kota Jakarta yang merupakan jendela dari seni dan budaya Indonesia,” papar dia.

Thresia pun berharap bahwa semua kerja dan usaha tersebut dapat menjadi suatu titik balik dalam membuat perubahan-perubahan yang sangat diperlukan saat ini guna membangun budaya dan tradisi yang dapat menguatkan Indonesia untuk terus maju dan berkembang.

Permintaan Produk Perekat Tinggi, Alligator Kenalkan Produk Terbaru

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Produk perekat Alligator Indonesia lakban

Alligator Indonesia mengenalkan produk perekat terbarunya untuk UMKM dan eCommerce

Marketing.co.id – Berita Marketing | Kehidupan di kala Pandemik telah membawa perubahan dalam perilaku kehidupan masyarakat, salah satunya dengan adanya peningkatan tren pembelian melalui daring.

Hal ini dipandang positif bagi sejumlah pelaku usaha, dikarenakan pembelian melalui online turut mendorong tumbuhnya usaha-usaha mikro yang berbasis rumahan maupun UMKM.

Hal ini juga sejalan dengan data yang dipublikasikan Digital 2022 Global Overview Report, yang menempatkan Indonesia sebagai 5 negara yang warganya paling sering belanja online.

Indonesia masuk dalam peringkat ke- 5, dengan persentase pengguna eCommerce sebanyak 36%, angka ini ternyata masih kecil dibandingkan negara tetangga di kawasan ASEAN lainnya yakni Thailand. Thailand yang menjadi pemuncak sebagai negara yang warganya paling sering berbelanja online, dengan persertase mencapai 45,8%.

Dengan besarnya potensi penjualan online dan melihat tren penjualan berbasis daring, ternyata juga berimbas dengan peningkatkan permintaan atas produk tape (lakban), yang banyak diperuntukan dalam pengemasan produk, hal ini diungkap Product Manager Alligator Indonesia, Yance Farrel.

“Kondisi ini tentunya merupakan momentum yang baik bagi bisnis kami, dimana sebelumnya Alligator Indonesia sukses meluncurkan Nano Tape kini hadir dengan produk terbarunya yakni, Stationery Adhesive Tape”, jelas Yance.

Lebih lanjut Yance menambahkan kehadiran jenis dari kategori perekat ini, diharapkan dapat memberikan pilihan kepada konsumen dibandingkan produk serupa yang sudah ada dipasar, dengan harga yang lebih kompetitif serta kualitas lebih baik.

Dengan mengusung pesan utama “elastis, erat dan kuat”, Stationery Adhesive Tape Alligator ini diharapkan turut mendorong bisnis Alligator Indonesia untuk menjadi pemimpin pasar pada 3 tahun mendatang, khususnya dalam kategori perekat.

Stationery Adhensive Tape Alligator mulai dihadirkan pada September tahun ini, dan tersedia di pasar ritel maupun grosir di seluruh Indonesia, dengan 2 tipe, yakni 24 MM x 72 Yard dan 12 MM x 72 Yard.

Tidak hanya untuk keperluan penunjang bisnis online, Stationery Adhesive Tape Alligator diharapkan juga bisa menjadi pilihan konsumen untuk kebutuhan harian dari sekadar menyiapkan kado, menempelkan kertas, membuat prakarya hingga kebutuhan perkantoran,” tutup Yance.

KADIN Indonesia Tekankan Pentingnya Literasi Keuangan di Era Transformasi Digital

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Kemudahan mengakses jasa keuangan melalui fintech akan menyebabkan beberapa risiko apabila belum diiringi dengan tingkat pengetahuan yang memadai. Satgas Waspada Investasi (SWI) melaporkan bahwa total kerugian dari investasi bodong selama 10 tahun terakhir mencapai Rp117,5 triliun dan hingga Mei 2022 sekitar 1,120 platform investasi ilegal telah diblokir.

Fenomena tersebut menjadi fokus dari diskusi publik “Transformasi Digital sebagai Pendorong Pertumbuhan Literasi Keuangan” yang diadakan Badan Pengembangan Keuangan Digital KADIN Indonesia (KADIN BPKD). Diskusi ini bertujuan mengungkap upaya peningkatan literasi keuangan dari perspektif regulator, pelaku usaha, dan masyarakat.

Kepala KADIN BPKD Pandu Sjahrir berharap, diskusi ini dapat mendorong kolaborasi antar pemangku kepentingan untuk membangun kepercayaan publik terhadap sektor fintech yang tumbuh pesat dalam empat tahun terakhir.

“Saya suka menggunakan analogi fintech sebagai ‘bayi ajaib’ melihat pertumbuhan industri saat ini sangat pesat pada usia yang masih dini. Namun, kita harus mengejar pertumbuhan itu, karena pertumbuhan Inovasi Teknologi Sektor Keuangan yang telah memperluas akses jasa keuangan digital ini belum diimbangi oleh tingkat literasi keuangan yang baik di masyarakat. Jadi saat kita melalui tahap awal ini, fintech membutuhkan bantuan dari semua pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan memastikan ekosistem layanan keuangan digital yang sehat, inklusif, dan dapat dipercaya. Semakin banyak masyarakat yang memiliki pemahaman yang baik tentang jasa keuangan digital, tingkat kepercayaan publik terhadap layanan ini juga akan semakin tinggi,” ujar Pandu.

“KADIN BPKD mendorong para pelaku usaha untuk membangun dan memperkuat kepercayaan publik lewat sinergi dengan pemangku kepentingan di sektor layanan keuangan digital dalam menggagas upaya literasi keuangan yang konsisten bagi masyarakat,” tambah Pandu.

Kesenjangan antara tingkat inklusi dan literasi ini pun menjadi celah yang rentan dimanfaatkan pelaku penipuan berkedok investasi. Berdasarkan survei OJK tahun 2019, tingkat literasi keuangan masih berada di angka 38,03% meskipun tingkat inklusi keuangan sudah mencapai 76,19%. Artinya, sebagian besar masyarakat Indonesia yang sudah berpartisipasi dalam sektor keuangan belum benar-benar memahami produk dan jasa keuangan yang digunakan.

Upaya peningkatan literasi keuangan secara masif membutuhkan sinergi antar kementerian dan lembaga, maupun antara pemerintah dengan pelaku usaha dan masyarakat. Salah satu bentuk sinergi yang diangkat adalah inisiatif pelaku industri untuk membuat kode etik bersama melalui asosiasi, sebagai bentuk self-regulation yang melengkapi pengaturan dari pemerintah.

Diskusi “Transformasi Digital sebagai Pendorong Pertumbuhan Literasi Keuangan” merupakan hasil kerja sama antara Pluang dengan KADIN Indonesia untuk meningkatkan cakupan skala aktivitas literasi keuangan.

[Studi] Prospek eCommerce Indonesia Tetap Positif Seiring Peningkatan Belanja Online Konsumen 

[Reading Time Estimation: 4 minutes]
Belanja online Prospek eCommerce Indonesia
Belanja online melalui smartphone tetap perlu hati-jati

Laporan Meta and Bain & Company menjabarkan perkembangan konsumen digital di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, dan prospek eCommerce yang menjanjikan seiring dengan bertumbuhnya populasi konsumen digital di wilayah ini. 

Marketing.co.id – Berita Digital | Hampir tiga tahun memasuki masa pandemi, konsumen digital Indonesia terus mengandalkan beragam kanal atau omnichannel untuk tetap dapat menikmati berbelanja online dan berkunjung ke toko-toko di pusat perbelanjaan.

Menurut laporan tahunan SYNC Asia Tenggara Meta dan Bain & Company yang mengusung ekonomi digital dan masa depan e-commerce di wilayah tersebut, lebih dari 80% konsumen Indonesia menjalani proses pra dan pasca-pembelian mereka di saluran online, dan kanal offline masih dianggap sangat penting pada saat tahap pembelian.

Apabila kita melihat prospek jangka panjang di kawasan Asia Tenggara, angka ini sangat menjanjikan dengan melihat proyeksi pertumbuhan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Asia Tenggara dari 2022 hingga 2023 yang diperkirakan akan melampaui sebagian besar pasar lain seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, dan China.

Studi ini menunjukkan Asia Tenggara diperkirakan tetap menunjukkan pertumbuhan sebesar 5,1% dibandingkan dengan pasar lain seperti Amerika Serikat (1,3%), Uni Eropa (2,1%), dan China (4,7%) pada akhir tahun 2023. Tingkat inflasi tahunan yang diproyeksikan di Asia Tenggara dari 2022 hingga 2023 juga diperkirakan akan berjalan lebih baik daripada sebagian besar rekan-rekannya dan diproyeksikan menurun dari 4,2% menjadi 3,3% pada akhir 2023. Sementara di Indonesia, prospek belanja digital secara keseluruhan tetap positif, dengan eCommerce Gross Merchandise Value meningkatkan pangsanya menjadi 56 Miliar juta Dolar Amerika Serikat.

Hal ini sebagian besar didorong oleh pertumbuhan stabil populasi konsumen digital Indonesia yang merupakan yang tertinggi di antara Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam dengan 168 juta konsumen digital Indonesia, dimana sekitar 46% dari populasinya berusia 15 tahun ke atas. Terlebih lagi, populasi konsumen digital di Asia Tenggara masih terus bertumbuh dan diperkirakan akan mencapai 370 juta orang pada akhir tahun 2022, dimana terhitung 82% dari total populasi adalah konsumen berusia 15 tahun ke atas. Angka ini diproyeksikan akan meningkat lebih lanjut menjadi 402 juta orang pada tahun 2027.

“Evolusi baru konsumen digital ini tidak diragukan lagi akan menjadi kekuatan pendorong pertumbuhan nilai barang dagangan bruto (GMV) eCommerce Asia Tenggara” kata Edy Widjaja, Partner di Bain & Company. “Dengan profil demografis jangka panjang yang menguntungkan, dan karena Asia Tenggara memimpin dalam adopsi teknologi masa depan, bisnis yang fokus untuk tetap berada di jalur yang tepat di wilayah ini, membangun strategi kanal yang terintegrasi dan kapabilitas yang diperlukan, memiliki rantai pasok yang tangguh, dan memanfaatkan alat dan teknologi terbarukan untuk terlibat dengan konsumen digitalnya akan muncul sebagai pemenang.”

 

Pieter Lydian, Country Director Meta Indonesia menyatakan temuan penting lainnya dalam studi ini adalah konsumen digital Indonesia memanfaatkan banyak saluran yang terintegrasi seperti video dan pesan bisnis (business messaging) dalam proses pembelian mereka. “Kami melihat video dan business messaging terus bertumbuh dan memainkan peranan penting dalam pembelian konsumen di tanah air. Orang Indonesia menghabiskan 44% lebih banyak waktu untuk mengonsumsi video dan 55% lebih banyak waktu untuk mengirim pesan. Bisnis dan brands dapat memanfaatkan peluang ini untuk memberikan pengalaman berbelanja yang mulus dan terintegrasi yang memungkinkan mereka melangkah antara kanal online dan offline dengan lancar di era endemik dunia ini. Vital bagi bisnis untuk terhubung dan bertemu pelanggan di mana mereka berada, sehingga mendorong pengalaman pelanggan ritel yang lebih memikat.” kata Pieter.

Lebih dari 30% responden Indonesia mengatakan video adalah salah satu dari 3 (tiga) saluran teratas mereka untuk menemukan dan mengevaluasi produk. Ini adalah pembuktian dari adanya keinginan kuat mereka untuk bereksperimen dan ikut terlibat yang mendorong munculnya pesan bisnis (business messaging) dan konsumsi video di ruang belanja digital. Saluran teratas untuk penemuan video pendek adalah iklan media sosial, postingan media sosial yang organik, dan iklan streaming video.

Indonesia juga terdepan di kurva regional dalam hal adopsi teknologi baru. Meskipun masih dalam tahap awal, Metaverse merupakan babak baru dari inovasi teknologi yang memberikan banyak harapan di berbagai negara – Indonesia diantaranya. Teknologi terkait Metaverse mendapatkan daya tarik di mana sekitar 72% responden Indonesia telah menggunakan teknologi tersebut dalam satu tahun terakhir. Variasi dalam jenis teknologi terkait Metaverse yang digunakan di negara ini termasuk cryptocurrency (46%), augmented reality (34%), dunia virtual (29%). Ini diikuti oleh NFT dan VR.

“Seiring kemajuan teknologi, munculnya teknologi terkait metaverse akan membangun jembatan ke pengalaman yang imersif di masa depan. Metaverse akan membuka peluang baru bagi orang, komunitas, dan bisnis dan kami akan terus fokus pada kesiapan infrastruktur, membangun ekosistem untuk kreator, peningkatan keterampilan, dan peningkatan alat untuk mempersiapkan kami dan talenta-talenta Indonesia menghadapi masa depan, yang tidak terlalu jauh dari sekarang,” tambah Pieter.

Studi ini juga menemukan bahwa Asia Tenggara melihat lebih banyak investasi asing langsung disalurkan ke wilayah ini. Investasi asing langsung menyumbang proporsi yang lebih besar dari total investasi pada tahun 2021, sebesar 17% berbanding dengan 15% di tahun 2015 dan hanya 9% di tahun 2009. Peningkatan investasi asing yang stabil ini merupakan bukti kepercayaan investor di Asia Tenggara dan mendorong pertumbuhan teknologi baru seperti fintech.

Studi ini juga menemukan bahwa Asia Tenggara menunjukkan penetrasi e-Wallet, mata uang kripto dan non-fungible tokens (NFT) yang lebih tinggi dibandingkan pasar lain seperti China, Amerika Serikat, Uni Eropa dan Jepang, dengan hampir 70% di Asia Tenggara menggunakan setidaknya satu teknologi yang berkaitan dengan Metaverse dalam periode setahun terakhir.

Menurut penelitian tersebut, pengalaman teknologi terkait metaverse seperti augmented reality, virtual reality, dunia virtual, mata uang kripto, dan NFT akan berkembang dari aplikasi 2D yang banyak digunakan saat ini, menjadi pengalaman 3D virtual yang imersif dalam 2-3 tahun ke depan. Studi ini memperkirakan virtual reality untuk ranah bisnis seperti pelatihan, pengembangan, ruang kerja dan penyelenggaraan acara sosial di dunia virtual akan tersedia di wilayah tersebut dalam 10-15 tahun ke depan.

 

Studi SYNC Asia Tenggara didasarkan pada survei yang melibatkan sekitar 16.000 konsumen digital dan mengumpulkan wawasan dari wawancara dengan lebih dari 20 Chief Experience Officer (CXO) di enam negara di Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Konsumen digital yang disurvei adalah mereka yang telah melakukan pembelian online setidaknya dalam dua kategori produk selama tiga bulan terakhir dan berusia di atas 15 tahun.

 

Kertasive Hadirkan Terobosan Baru Teknologi Laminasi Furnitur dan Interior

[Reading Time Estimation: 4 minutes]

Marketing.co.id – Berita Property & Retail | Kertasive, meluncur pada 2019 di bawah naungan STARTHA GROUP, menjawab kebutuhan pasar akan produk laminasi/finishing yang mampu memuaskan keinginan konsumen. Dengan terobosan baru teknologi laminasi, kehadiran Kertasive menjadi brand premium PVC interior film pertama di Indonesia sebagai produk yang dapat digunakan sebagai bahan pelapis furnitur dan interior.

KERTASIVE 2022
Kertasive untuk interior, menambah nilai estetika.

Dalam dunia desain interior, laminasi atau finishing merupakan hal yang sangat penting dalam mewujudkan hunian idaman. Para penggiat dan pemerhati laminasi/finishing ini harus selalu bisa menawarkan terobosan dan tren terbaru kepada para konsumen, baik dari sisi desain maupun material.

Kertasive selalu memberikan pelayanan terbaik dengan menyediakan material finishing yang beragam dan berkualitas untuk memenuhi segala kebutuhan pasar dunia, baik bagi perusahaan, interior maupun perorangan. Bahkan mendorong UMKM lokal berkembang cepat dalam menciptakan hunian idaman dengan furnitur berkualitas.

Kertasive terbuat dari bahan material premium dengan pilihan warna beragam sehingga menyempurnakan dan menciptakan furnitur idaman dengan suasana interior futuristik. Kertasive juga mengusung teknik pengaplikasian yang mudah dan efisien pada proses pemasangannya di berbagai media. 

Detail Produk

Kertasive memiliki warna, motif dan tekstur yang beragam untuk memenuhi berbagai konsep perancangan interior sehingga dapat memberikan nilai estetik pada setiap project. Kertasive memiliki ketebalan 0,18 – 0,22 mm untuk Non S Series, sedangkan untuk S Series memiliki ketebalan 0,22 – 0,26 mm, sehingga sangat memungkinkan digunakan untuk media-media berbentuk profil dan melengkung.

Dengan dimensi PVC interior film mencapai 50 meter dan tinggi 1,22 meter pada setiap roll, Kertasive menjadi pilihan paling tepat jika bidang yang akan dilaminasi merupakan bidang yang luas tanpa adanya sambungan. Sementara untuk dimensi PVC interior edging tersedia dengan panjang 50 meter dan lebar 2,2 cm dengan ketebalan 1,4 mm di setiap roll-nya.

Kertasive hadir dengan 8 pilihan kategori pattern, yakni Wood Series, Marble Series, Solid Series, Linen Series, Steel Series, Leather Series, Concrete Series dan Terrazo Series.

Untuk Kertasive S Series, konsumen kini bisa memilih Wood Series, Marble Series dan Solid Series. Sementara untuk PVC interior edging, Kertasive hadir di semua Wood Series, Solid Series dan Linen Series.

Sebagai pionir PVC interior film, Kertasive akan selalu mengedepankan teknologi dan warna-warna baru sesuai tren pasar untuk membantu dan memberikan pelayanan terbaik kepada para penggunanya. 

Keunggulan

Ruang lingkup penggunaan Kertasive sangatlah luas, salah satunya dapat digunakan untuk perancangan tata ruang seperti hotel, perumahan, mal, retail, rumah sakit dan semua tempat yang dapat menunjang area interior.

Produk PVC interior film dan PVC interior edging Kertasive memiliki kelenturan dan fleksibilitas tinggi sehingga dapat digunakan pada permukaan datar maupun melengkung seperti meja, lemari, panel untuk dinding, nakas maupun furnitur lainnya. Tak hanya itu, sebagai material finishing yang sudah dibekali dengan lapisan perekat, sehingga dapat digunakan langsung untuk melapisi beragam media, menjadikan Kertasive sangat baik digunakan pada media plywood, MDF, HMR, particle board hingga material berbahan  logam.

Dalam proses pengerjaan laminasinya pun konsumen cukup menggunakan peralatan seperti cutter/gunting, penggaris dan hair dryer untuk melapisi furnitur idaman secara sempurna. Sementara pada bagian belakangnya atau released paper, Kertasive telah menyediakan modul yang membantu mempermudah konsumen dalam memotong Kertasive sesuai kebutuhan tanpa harus membuang bahan terlalu banyak.

Kertasive menyediakan ragam pilihan warna dan tekstur yang sangat cocok dipadupadankan untuk menghadirkan suasana ruangan baik dengan tema klasik maupun tema modern. Memiliki teknologi anti gores, anti air, soft touch dan anti rayap, Kertasive menjadi produk pilihan utama untuk menjawab kebutuhan konsumen dengan tidak mengesampingkan aspek ramah lingkungan.

Konsumen kini dapat dengan mudah menemukan Kertasive di pasaran, karena Kertasive telah hadir di banyak kota-kota besar seluruh Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Tangerang, Lampung, Pekanbaru, Makassar, Tasikmalaya, Samarinda, Padang, Pontianak, D.I. Yogyakarta, Balikpapan, Solo, Palembang, Bekasi, Bogor, Manado, hingga Banjarmasin. Penyebaran di seluruh indonesia ini akan terus dilakukan guna memfasilitasi kebutuhan masyarakat luas sampai ke daerah pelosok.

Beraktivitas Lebih Produktif dan Berwarna dengan Kertasive

Mempunyai tempat kerja yang nyaman dan indah adalah impian setiap karyawan dikarenakan karyawan menghabiskan waktu mereka sebanyak 8 jam dalam seharinya. Untuk itu, diperlukan ruangan yang nyaman dan indah untuk menunjang kinerja produktivitas mereka dalam suatu pekerjaan di setiap harinya.

Sales Director STARTHA GROUP, Anne Valerye Janias mengatakan, Kertasive sangat memperhatikan hal detail dalam menciptakan suasana nyaman dan indah. Untuk itu pada 2022, STARTHA GROUP membuka kantor baru dengan konsep colourfull dan dilengkapi dengan hiasan yang mempercantik tampilan dinding di setiap ruangan. “Pemilihan warna yang didominasi warna nude yang memperlengkap keindahan ruangan didukung dengan desain minimalis,” ujar Anne.

Menariknya, semua desain yang ada memakai produk Kertasive untuk pelapis dinding, lemari, dan furnitur yang didominasi penggunaan varian Wood Series, Solid Series dan juga Marble Series.

Dirinya mengatakan, kantor baru STARTHA GROUP itu dilengkapi beberapa fasilitas, seperti ruang kerja yang tertata rapih dan bersih, showroom tempat menampilkan produk-produk, di mana salah satunya adalah produk Kertasive, yang dapat dikunjungi oleh para kontraktor, interior designer serta calon distributor.

Dengan demikian setiap pengunjung dapat melihat dan mengetahui varian produk yang dimiliki secara langsung. Selain itu, studio untuk keperluan konten produk juga tersedia yang tentunya diisi oleh beragam material yang sudah dilapisi dengan Kertasive.

STARTHA GROUP pun kembali membuka kantor baru pada akhir Agustus 2022. “Dibukanya kantor baru ini diharapkan tim semakin kompak, produktivitas antar tim semakin meningkat, bertambahnya distributor dan partner dari Kertasive,” tandas Anne.

 

Mengenal Apa Itu Ekosistem Metaverse Nusameta

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

ekosistem metaverse Nusameta akan siap untuk dijelajahi pengguna secara utuh pada 2023.Ekosistem metaverse Nusameta akan memberikan pengalaman interaksi dunia nyata dan dunia digital melalui teknologi AR, VR, dan AI.

Marketing.co.id – Berita Digital | WIR Group (PT WIR Asia Tbk) mengenalkan Nusameta, ekosistem metaverse Indonesia yang terdiri dari platform dan integrasi O2O (online-to-offline) yang memungkinkan pengguna mewujudkan pengalaman interaksi antara dunia nyata dengan dunia digital melalui teknologi AR, VR, dan AI.

Prototipe ekosistem metaverse Nusameta ditampilkan untuk pertama kalinya di ajang WIR Group Presents NXC International Summit 2022 di Bali pada 31 Agustus 2022. Nantinya, Nusameta akan siap untuk dijelajahi pengguna secara utuh pada 2023.

Melalui Nusameta masyarakat dapat dengan mudah untuk mulai memasuki dunia metaverse secara nyata dan mulai merasakan pengalaman unik yang imersif, menggali berbagai potensi dan memperoleh berbagai benefit.

“Hadirnya Nusameta merupakan wujud komitmen dan visi kami untuk menghadirkan teknologi tinggi metaverse yang dapat dinikmati dan dirasakan semua orang dimana WIR Group memiliki visi untuk a liveable world of metaverse for everyone dalam memasuki era web 3.0,” ujar, Stephen Ng, Chief Metaverse Officer WIR Group dan CEO Nusameta di Jakarta.

“Kami menilai ini saat yang tepat untuk memperkenalkan metaverse dalam wujud nyata kepada masyarakat karena kami berharap masyarakat dapat mulai memahami apa itu metaverse mulai dari fase paling awal sehingga nantinya akan dengan mudah dapat mengikuti perkembangannya yang lebih mutakhir. Kami juga mempertimbangkan tingginya akselerasi perkembangan teknologi di dunia, sehingga masyarakat Indonesia dapat segera ambil bagian dalam tren teknologi global dan dapat memperoleh berbagai manfaat,” ujarnya.

Menurut Stephen, membangun metaverse adalah proses panjang yang membutuhkan ketekunan untuk menyempurnakannya. “Partisipasi aktif masyarakat untuk mulai berinteraksi di platform metaverse tentunya akan berkontribusi positif dalam mendukung pengembangan ekosistem metaverse Nusameta. Untuk itu di samping terus mengembangkan dan menyempurnakan platform metaverse, WIR Group melalui Nusameta menilai perlunya melibatkan masyarakat untuk dapat secara aktif turut membangun ekosistem platform metaverse yang tengah kami kembangkan.”

Stephen lebih lanjut memaparkan, pada fase awal Nusameta menawarkan fitur pembuatan avatar yang berfungsi sebagai representasi digital pengguna di dunia metaverse dengan mudah. “Untuk memudahkannya, pembuatan avatar untuk Nusameta dapat dilakukan melalui aplikasi Nusameta yang segera tersedia di Google Play Store untuk Android dan di mesin DAV – layar pintar berbasis IoT (internet of things) yang terdapat di ribuan gerai Alfamart,” ujarnya. Mesin DAV sendiri akan menjadi salah satu portal yang akan memudahkan pengguna mengakses metaverse.

Melalui aplikasi Nusameta di ponsel dan mesin DAV, pengguna dapat melakukan kustomisasi avatar dengan memilih berbagai bentuk wajah, rambut, tubuh, hingga pakaian dan aksesoris yang tersedia. “Nantinya pengguna juga dapat memilih pakaian dan aksesoris eksklusif yang disediakan oleh brand (branded items) yang bekerjasama dengan Nusameta. Pakaian dan aksesoris eksklusif dari brand juga akan memiliki utilitas dunia nyata (real-life utilization) seperti promo untuk pembelian produk-produk brand tersebut,” lanjut Stephen menjelaskan.

Selanjutnya, Nusameta juga menawarkan dunia virtual yang dapat dieksplorasi dengan berbagai pengalaman interaktif menggunakan avatar mereka. “Beberapa pengalaman interaktif yang dapat dilakukan di dunia virtual Nusameta ke depannya antara lain event-event virtual seperti Jakarta Fashion Week, konser musik dan berbagai pameran interaktif, sebelum nantinya akan semakin banyak pengalaman yang dapat dilakukan oleh pengguna pada 2023,” pungkas Stephen.

 

Empati Karyawan Melahirkan Kepuasan Pelanggan?

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

customer care blibliMarketing.co.id – Berita Marketing | Dalam kompetisi bisnis yang semakin tajam seperti saat ini, menjaga kepuasan pelanggan menjadi perhatian semua marketers. Tujuannya hanya satu, mempertahankan pelanggan.

Sebab, jika seorang marketers tidak mampu mempertahankan pelanggan yang telah diraihnya secara susah payah, hal itu akan memengaruhi kinerja bisnis. Pada akhirnya, mempertahankan pelanggan menjadi praktik bisnis yang abadi. Karena, di situlah kunci keberhasilan jangka panjang sebuah bisnis.

Mengingat pentingnya pelanggan, banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk merebut hati pelanggan. Berbagai jurus mereka keluarkan untuk ‘menggoda’, bahkan tak segan mengumbar ‘janji surga’ demi uang yang akan mereka belanjakan.

COO Blibli Lisa Widodo mengatakan, kepuasan pelanggan berawal layanan tulus dan penuh empati. Kepuasan pelanggan hanya bisa dihadirkan jika semua karyawan memiliki empati kepada pelanggan.

Salah satu hal penting yang dilakukan Blibli adalah bagaimana tim customer care selalu berusaha memberikan sentuhan personal dengan layanan yang setulus hati agar bisa melampaui harapan pelanggan.

Menurutnya, layanan pelanggan berbasis empati, serta didukung dengan teknologi yang membantu produktivitas dan fleksibilitas bekerja 24/7 darimana saja, membuat tim customer care Blibli memberikan layanan yang melampaui harapan pelanggan.

Terbukti, lebih dari 98% pelanggan menunggu kurang dari 20 detik untuk dapat tersambung dengan agen customer care Blibli. Kemampuan tersebut melebihi standar industri yang pada umumnya membutuhkan waktu 46 detik menunggu. Keberhasilan dalam memastikan kenyamanan pelayanan purna beli ini, pada akhirnya menciptakan loyalitas pelanggan.

“Di era digital saat ini, Blibli percaya bahwa teknologi yang di kembangkan dengan empati akan dapat menghadirkan pengalaman yang menyenangkan bagi semua pelanggan. Hal ini dilakukan Blibli mulai dari inovasi yang dihadirkan dengan menempatkan kepuasan pelanggan sebagai fokus utama, hingga memastikan bahwa semua agen customer care dilatih untuk memiliki kepekaan (high touch) ketika berkomunikasi dengan pelanggan,” katanya.

Upaya yang dilakukan Blibli untuk melayani pelanggan dengan baik tersebut membuahkan hasil. Deretan pengakuan atas kinerja layanan pelanggannya mendapatkan penghargaan seperti Global Contact Center World Awards – World 2021, Global Contact Center World Awards – Asia Pacific 2022, The Best Contact Center Indonesia pada 2020/2021 dan Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) 2020.

Lebih lanjut Lisa mengatakan, banyak “AHA Moment” yang terjadi pada pelanggan ketika Blibli menghadirkan layanan yang penuh empati. Dimana customer care berhasil membantu pelanggan memenuhi harapannya. Salah satu momen AHA yang paling berkesan adalah saat tim customer care membantu pelanggan mendapatkan barang yang dipesan untuk dibawa ke luar kota.

Berawal dari keluhan yang disampaikan pelanggan karena barang yang dipesan yang akan dibawa keluar kota tidak kunjung diproses seller. Memahami urgensi pelanggan tersebut, agen premium care berinisiatif mengganti pesanan ke seller lain, lalu mengambil pesanan di toko pesanan tersebut dan mengantarkannya ke pelanggan yang hendak pergi ke luar kota. Pelanggan merasa terkejut dan tersentuh atas upaya yang diberikan tim customer care untuk memenuhi pesanan tersebut.

Di momen Harpelnas 2022, Blibli meluncurkan program khusus ‘Senyum Untuk Kamu’ dan ‘Senyum untuk Mereka’. Program Senyum Untuk Kamu secara khusus mengajak mitra dan pelanggan untuk berbagi senyum ke lebih banyak orang utamanya mereka yang kurang beruntung dengan menggandeng brand partner Pepsodent untuk didonasikan melalui Benih Baik. Dalam program ini, pelanggan bisa mendapatkan T-shirt gratis hingga menikmati cashback sampai 70%.

Sementara program Senyum Untuk Mereka, Blibli mengajak para pelanggannya untuk berdonasi bagi pengobatan anak-anak dengan bibir sumbing. Blibli akan menyalurkan sebagian dari hasil penjualan produk dari Official Store Pepsodent. Penggalangan donasi ini akan berlangsung pada 3–30 September 2022.

“Pada Harpelnas 2022, kami memperkuat komitmen kami untuk menciptakan senyum terbaik di wajah pelanggan, karena senyuman pelanggan adalah kebahagiaan kami,” pungkas Lisa.

Utamakan Karyawan, JDL Express Ciptakan Sepatu Edisi Khusus untuk Kurir  

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Sebanyak 500 pasang sepatu akan dibagikan JDL Express Indonesia kepada kurir sebagai dukungan keselamatan berkendara dan apresiasi kinerja. 

Marketing.co.id – Berita Marketing | JDL Express Indonesia (PT Jaya Express Transindo), penyedia layanan logistik di Indonesia menunjukan komitmennya dalam memprioritaskan keselamatan rekan kurir saat bekerja mengantarkan paket, melalui kolaborasi penyediaan sepatu edisi khusus bersama NAH Project, brand sepatu lokal asal Bandung. Kolaborasi ini juga menjadi bentuk dukungan JDL Express kepada brand lokal.

Sepatu edisi khusus ini akan diberikan kepada rekan-rekan kurir berprestasi di seluruh wilayah dimana JDL Express beroperasi di Indonesia, dengan harapan dapat mendukung kinerja dan keselamatan rekan kurir saat berkendara mengantarkan paket kepada konsumen, sekaligus memeriahkan hari jadi ke-7 pada 15 Agustus 2022 lalu.

Pemakaian sepatu saat berkendara motor sendiri merupakan hal penting untuk diperhatikan, hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 12 Tahun 2019 yang menghimbau untuk menggunakan sepatu bagi pengemudi yang mengendarai sepeda motor. Oleh karena itu, JDL Express dan NAH Project berkolaborasi membuat sepatu edisi khusus dengan desain identitas brand JDL Express Indonesia.

Barry Lim, CEO JDL Express Indonesia mengatakan, selain menjadi prioritas keselamatan rekan kurir, pemberian sepatu khusus ini juga merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh rekan kurir, yang telah bersama-sama membawa JDL Express menjadi perusahaan logistik yang dipercaya masyarakat hingga tahun ke-7 saat ini.

“Kolaborasi dengan NAH Project ini juga harapannya dapat menginspirasi masyarakat, khususnya seluruh rekan JDL Express untuk lebih cinta dan bangga terhadap produk lokal,” lanjut Barry.

Pemberian sepatu NAH Project ini diwakilkan kepada 7 kurir yang saat ini telah menjadi leader di sejumlah drop point di wilayah Jabodetabek dan Pulau Jawa oleh Chief People & Culture Officer JDL Express Indonesia Eko Pramudito.

Ia menambahkan, “Kurir-kurir kami juga sosok penting bagi perjalanan JDL Express, terutama dalam memberikan layanan terbaik kepada konsumen. Memberikan pelayanan terbaik merupakan komitmen rekan kurir. Oleh karena itu, apresiasi dan dukungan yang diberikan dalam bentuk pemberian sepatu ini sangat berarti.”

Creative Director NAH Project San Teresia Penglipurati mengaku senang dipercaya menjadi bagian dari upaya JDL Express dalam memberikan perlindungan dan apresiasi kepada sosok paling penting bagi perjalanan JDL Express Indonesia dalam memberikan pelayanan terbaiknya.

“Kami secara khusus mendesain sepatu ini dengan inspirasi dari sports car dengan warna merah luxury yang menggambarkan kecepatan, inovasi dan akselerasi dari JDL Express itu sendiri. Dan, berhubung sepatu ini akan menjadi courier kit-nya driver JDL Express, kita ganti dan sesuaikan material yang biasanya menggunakan canvas menjadi faux leather agar mudah dibersihkan, nyaman dan membawa kesan terbaik untuk rekan kurir JDL Express itu sendiri,” terangnya.

Kelima ratus pasang sepatu yang secara bertahap akan didistribusikan kepada kurir JDL Express ini diharapkan dapat mendukung peningkatan keselamatan dan kinerja rekan kurir, sehingga dapat terus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

Dimana hal ini sejalan dengan semangat ulang tahun JDL Express Indonesia yang ke-7 untuk menjadi perusahaan logistik yang terpercaya dan dapat diandalkan, termasuk layanan dan fasilitas bagi para rekan kurir yang bertugas.

Kolaborasi IUIGA & PURANA Hadirkan Koper Limited Edition Bernuansa Indonesia

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Sebagai salah satu rangkaian dalam acara ulang tahun ke-2, IUIGA Indonesia berkolaborasi PURANA menghadirkan koleksi eksklusif dan terbatas untuk produk koper. Sebuah kolaborasi lintas industri yang dihadirkan dalam koleksi eksklusif ini bertujuan untuk saling memberikan inspirasi destinasi lokal bagi masyarakat Indonesia.

IUIGA

William Firman, Managing Director IUIGA Indonesia mengatakan, “Sebuah kebanggaan bagi IUIGA bisa berkolaborasi dengan salah satu brand fashion ternama di Indonesia dan menghadirkan koleksi terbatas bagi para fashionable traveler. Sesuai dengan tema anniversary ke-2 kami yaitu Be Truthful, kami berharap dengan kolaborasi ini dapat meningkatkan rasa bangga dan rasa cinta kita sebagai bangsa Indonesia melalui destinasi wisata domestik terbaik.”

Kolaborasi produk yang dihadirkan IUIGA & PURANA adalah koper dengan desain khusus dan terbatas. Koleksi koper best seller IUIGA dimodifikasi dan mendapat sentuhan visual bernapaskan retro dari tim desain Purana sehingga menghasilkan sebuah produk koper yang berbeda dari yang lain.

Kolaborasi desain ini mengggambarkan destinasi wisata di Indonesia yang dicetak langsung pada permukaan koper menggunakan teknologi UV printing, menjadikannya sebuah koleksi terbatas dan eksklusif dari IUIGA & PURANA yang tidak hanya kaya akan karakter nusantara tetapi juga memiliki ketahanan material yang sangat baik.

Ide desain koleksi ini berawal dari tema ulang tahun IUIGA yang ke-2 yaitu #BeTruthful. IUIGA & PURANA ingin mendorong seluruh masyarakat indonesia untuk selalu jujur dan bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia dengan seluruh kekayaan alam serta perbedaan suku dan budayanya.

Untuk mendukung tema ini, desain yang diterapkan pada koper kolaborasi adalah daerah destinasi wisata hingga hidden gem dari timur hingga barat Indonesia. Koleksi koper ini juga hadir dilengkapi mini booklet berisi travel bucket list petualangan menjelajah Nusantara.

Co-founder dan Direktur Kreatif PURANA Indonesia, Nonita Respati menambahkan, “Bukan hal yang baru dalam kolaborasi lintas industri di masa sekarang ini, semua bersama-sama saling membantu dan bekerjasama untuk bisa menghadirkan produk yang menarik dan berguna bagi banyak orang. Dengan menggunakan produk kolaborasi ini ketika travelling keluar negeri, semua orang sudah menjadi ambassador bagi industri pariwisata Indonesia dan memperkenalkan kekayaan serta keindahan alam Indonesia”.

Produk kolaborasi ini sudah bisa didapatkan mulai 27 Agustus 2022 dan dapat dipesan di seluruh gerai IUIGA Indonesia maupun aplikasi IUIGA yang dapat diunduh di Google Play Store atau Apple Store. Produk ini eksklusif dan hanya dibuat dalam jumlah terbatas dan dapat dipesan dengan sistem pre-order.

Big Bad Wolf Books Kembali Hadir di Bandung dengan 35 Ribu Judul Baru

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Bazar Buku Internasional “Big Bad Wolf Books” kembali digelar secara offline di Bandung menyapa warga Bandung dan Jawa Barat setelah dua tahun vakum dari pandemi COVID-19 melanda dunia. Rangkaian tour Big Bad Wolf Books Indonesia 2022 ini menghadirkan 35.000 judul baru dan diskon meriah 50-90%. Bazar Buku Big Bad Wolf Books akan segera mengobati kerinduan para penggemar buku di Bandung, pada 2 – 11 September 2022 di Parahyangan Convention, Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat.

Big Bad Wolf Books

Bagi pecinta buku Bandung dan sekitarnya yang berhalangan hadir secara offline ataupun penggemar buku diluar kota Bandung, Big Bad Wolf Books juga hadir secara online di Tokopedia pada tanggal yang sama, 2 – 11 September 2022. Dengan keuntungan yang sama dengan bazaar offline, bazar online hadir dengan potongan harga hingga 90%. Para pecinta Bazar Big Bad Wolf Books tetap bisa menikmati kemeriahan bazar buku internasional yang sama dari mana pun di seluruh Indonesia.

Bazar buku online di Tokopedia ini juga ditujukan untuk meningkatkan dan mengakselerasi literasi digital. Berdasarkan Indeks Literasi Digital Indonesia 2021 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jawa Barat mendapat skor literasi digital yaitu 3,47 (dari nilai tertinggi 3,71) dari 34 provinsi di Indonesia. Skor ini diambil dari 3 pilar digital yaitu budaya digital, etika digital, dan kecakapan digital.

Meningkatkan literasi dan menyebarkan budaya gemar membaca sejak dini adalah komitmen Big Bad Wolf Books untuk Indonesia dengan menghadirkan akses buku internasional yang bermutu dengan harga terjangkau bagi semua genre. Juga ini menjadi langkah kontribusi Big Bad Wolf Books untuk turut serta mewujudkan misi Jabar Juara melalui literasi.

“Kegiatan membaca adalah kegiatan positif yang bisa dilakukan di mana pun dan waktu kapan pun, terbukti pada masa pandemik kegiatan membaca terus berlangsung giat. Masyarakat yang mempunyai budaya membaca tinggi, akan menjadi suatu negara yang maju dan juga memiliki angka kekerasan yang rendah,” ujar Uli Silalahi, Presiden Direktur Big Bad Wolf Indonesia.

Selain menghadirkan buku-buku internasional, Big Bad Wolf Books offline di Bandung juga menyuguhkan buku-buku lokal dari lebih 25 penerbit Indonesia. Juga ragam program dan kompetisi menarik akan diadakan pada Bazar Buku Big Bad Wolf Books di Bandung, diantaranya program Beli 2 Gratis 1 Buku LittleHippo, buku yang disertai perlengkapan anak, serta banyak lagi program khusus yang diperuntukkan bagi para member Big Bad Wolf Books. Bagi para penggila buku, Big Bad Wolf Books juga akan mengadakan berbagai kontes dengan hadiah terbesarnya adalah 1 buah troli penuh dengan buku-buku yang bisa dibawa pulang langsung oleh pemenangnya.

Semangat dan komitmen meningkatkan budaya baca dan literasi ini yang diusung Big Bad Wolf Books ini juga didukung oleh Bank Central Asia (BCA). “Kami menyadari kegiatan ini memiliki spirit yang positif untuk mendukung literasi membaca masyarakat Indonesia. Perhelatan yang digelar secara offline ini juga mendorong kami untuk memfasilitasi pembayaran yang modern bagi seluruh pengunjung dengan menghadirkan pembayaran Cashless untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi,” ujar Anne Surawirdja Vice President Kantor Fungsional Perbankan Transaksi BCA Bandung.

Untuk mewujudkan misi dalam meningkatkan minat baca dan akses buku yang luas ke seluruh Indonesia termasuk yang berada di pelosok tanah air, Bazar Buku Big Bad Wolf Books memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bernama Red Readerhood (RRH). Program ini mengajak para pengunjung yang hadir untuk berpartisipasi dalam menyebarkan kebaikan melalui buku, kepada mereka yang berada di pelosok tanah air dengan cara mendonasikan buku-buku yang disediakan di korner Red Readerhood (RRH).

Selepas bazar buku di Surabaya dan Yogyakarta, kini Bandung menjadi kota ketiga yang menjadi tujuan Big Bad Wolf Books menjumpai para pencinta buku dalam rangkaian tour5 kota besar di Indonesia. Selanjutnya, kota berikutnya adalah Semarang dan Jakarta.