Thursday, September 18, 2025
Home Blog Page 611

Edukasi Pembuatan Pelumas, ExxonMobil Ajak PERTAABI Kunjungi Pabrik

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

exxon

Marketing.co.id – Berita Otomotif | PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) terus memberikan edukasi seputar pembuatan dan teknologi pelumas kepada pelaku industri di Indonesia. Diantaranya, mengajak Perkumpulan Tenaga Ahli Alat Berat Indonesia (PERTAABI) mengunjungi salah satu pabrik pelumasnya di Cilegon.

Pabrik pelumas dari afliasi PT EMLI dan PT Federal Karyatama (PT FKT) ini sebelumnya memproduksi produk Federal Oil, dan saat ini telah memproduksi beberapa produk dari merek Mobil Lubricants untuk pasar Indonesia, dengan memanfaatkan kapasitas pabrik yang mencapai lebih dari 700 ribu barrels per tahun yang telah berstandar internasional.

exxon

Tujuan dari program kunjungan ini adalah untuk menguatkan kepercayaan atas jaminan kualitas dari produk-produk Mobil Lubricants yang telah digunakan para anggota PERTAABI untuk mendukung kegiatan operasionalnya.

“Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan dan menguatkan kepercayaan para tenaga ahli alat berat dari berbagai industri yang tergabung dalam PERTAABI.Bahwa produk-produk Mobil Lubricants yang digunakan selama ini diproduksi dengan peralatan dan tenaga ahli yang kompeten, dan didukung juga teknologi yang sudah sesuai standar dari ExxonMobil global,” kata Syah Reza, President Director PT EMLI.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 12 orang dari anggota PERTAABI seperti Rochman Alamsjah (Direktur PERTAABI), Tommy Wisudawan (Sekjend PERTAABI), Totok Haryanto (Ketua DPD KalTim) dan Vavioza (Dewan Pakar PERTAABI).

Menurut Rochman Alamsjah, Direktur PERTAABI, kunjungan ke fasilitas produksi produk Mobil Lubricants ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan kolaborasi dan kerjasama antara PERTAABI dengan PT EMLI.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi secara berimbang dan profesional kepada seluruh stakeholders alat berat mengenai fasilitas produksi produk – produk Mobil Lubricants di Indonesia yang ada saat ini, sehingga dapat menghasilkan produk yang berkualitas,” jelasnya. (AM)

Mitigasi Tepat, Kehadiran PLTA Batang Toru Jaga Kelestarian Orang Utan Tapanuli

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Polemik seputar PLTA Batang Toru dan Orang Utan Tapanuli terus bergulir di tahun 2023 ini, walaupun pada tahun 2020 lalu, sebuah studi bernama Managing the Potential Threats of Tapanuli Orang Utan (Pongo Tapanuliensis) telah dilakukan dilakukan oleh Tim Universitas Nasional (UNAS) yang melibatkan sejumlah ahli orang utan dan pakar biodiversitas, antara lain: Dr. Jito Sugardjito, Dr. Barita O. Manullang dan Yokyok Hadiprakarsa dan dipimpin oleh Didik Prasetyo, PhD.

PLTA Batang Toru

Pada studi tersebut disebutkan bahwa hanya 6 individu orang utan yang memiliki habitat inti di lokasi terdampak (AOI) atau lokasi PLTA Batang Toru. Sementara jumlah tersebut hanya mewakili 0,8% dari estimasi total 700 individu yang ada di seluruh ekosistem Batang Toru. Dengan langkah mitigasi yang tepat, kehadiran PLTA Batang Toru justru dapat menjaga kelestarian orang utan Tapanuli dan tidak menyebabkan punahnya orang utan Tapanuli.

Hal senada, juga dikemukakan oleh Wiluyo Kusdwiharto, Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan PLN pada diskusi publik mengenai masa depan orang utan Tapanuli dan ekosistem Batang Toru yang diadakan pada Kamis, 09 Maret bertempat di Tebet, Jakarta Selatan.

Wiluyo mengatakan, ”PLTA itu harus berkelanjutan, bagaimana mungkin  PLTA itu beroperasi terus bila catchment area rusak. Tidak mungkin itu terjadi padahal nilai investasinya besar. PLTA Batang Toru ini dibangun sebagai peaker atau pemikul beban puncak.”

Ketidakhadiran ahli orang utan pada saat diskusi publik juga dipertanyakan oleh kebanyakan peserta yang terdiri dari para mahasiswa, anggota LSM dan awak media. Hal ini sangat disayangkan, mengingat seharusnya diskusi publik ini menjadi ajang diskusi dan kolaborasi dari seluruh pemegang kebijakan ekosistem Batang Toru dengan semangat keterbukaan.

Alih-alih melibatkan ahli orang utan, penyelenggara acara yaitu Satya Bumi dan The Society of Environmental Journalist (SIEJ), malah menghadirkan ahli tanaman bakau, Onrizal dari Universitas Sumatera Utara sebagai narasumber untuk berbicara mengenai orang utan.

Dr. Barita O. Manullang pada saat Dies Natalis UNAS ke 70, pernah mengatakan, ”Dengan menunjukkan kepemimpinan dan regenerasi para pakar orangutan Indonesia ke dunia, maka asumsi-asumsi yang keliru mengenai orangutan dapat dihilangkan. Tentunya dengan dasar-dasar keilmuan yang tepat”.

Selain isu orang utan yang dikemukan pada diskusi publik ini, PLN juga menampik keberpihakan PLN kepada pelanggan industri daripada pelanggan rumah tangga. “Kalau berbicara tentang energi, maka itu harus berkeadilan. Artinya semua orang harus punya akses akan energi itu. 75 juta pelanggan PLN di Indonesia itu adalah rumah tangga,” tambah Wiluyo.

Hal ini tentunya menjawab pertanyaan tendensius para narasumber lainnya yang terlibat dalam penulisan liputan investigasi kolaborasi beberapa waktu yang lalu. Hal ini terjadi karena pemahaman akan pembangunan PLTA Batang Toru tidak benar.

“Diskusi ini harus dilanjutkan per topik sehingga kita semua memiliki pemahaman yang sama, tidak mungkin hanya dibahas dalam waktu 15 menit saja. PLTA Batang Toru hadir untuk masyarakat di sekitarnya. Pemerintah punya komitmen zero emission di mana artinya listrik yang dihasilkan oleh PLTU-PLTU yang ada, harus digantikan. Di sanalah negara hadir lewat PLN,” tutup Wiluyo.

Kolaborasi Mazda & Jeffry Tan di GAIKINDO Jakarta Auto Week 2023

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Agen Tunggal Pemegang Merek dan distributor Mazda di Indonesia, turut meramaikan gelaran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023. Serangkaian acara Mazda di GJAW 2023 mulai dari kolaborasi eksklusif dengan salah satu fashion designer ternama tanah air Jeffry Tan hingga talkshow bersama Fitra Eri, Mazda ingin memberikan suasana inspiratif kepada pengunjung yang bisa dilihat di Assembly Hall booth AS2 Mazda pada 10-19 Maret 2023 di Jakarta Convention Centre.

Mazda

Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia menyampaikan, keterlibatan PT EMI di GJAW 2023 merupakan dukungan konsisten untuk terus terlibat dalam perkembangan industri otomotif di tanah air, terlebih lagi setelah pandemi. Selain itu, hadir lini produk dengan unit terbatas, promosi penjualan khusus, dan merchandise eksklusif hanya di pameran otomotif ini.

“Kami berharap, dapat berkontribusi memberikan dampak positif bagi pertumbuhan industri otomotif, lifestyle, dan ekonomi Indonesia dan semakin memperkuat eksistensi merek kami di masyarakat,” ujar dia.

GJAW 2023 mengangkat tema otomotif dan lifestyle dengan tujuan bisa memberikan wadah inspiratif sekaligus menghadirkan suasana baru yang menarik. Sejalan dengan tema tersebut, Mazda Indonesia menunjukkan konsistensinya dalam mengkolaborasikan otomotif dan fashion. Setelah sebelumnya pernah bekerja sama pada Jakarta Fashion Week (JFW) 2023, Mazda Indonesia kembali berkolaborasi dengan Jeffry Tan di GJAW 2023 untuk menghadirkan sinergi otomotif dan fashion lewat koleksi collaboration merchandise “Exclusive Mazda Curated Jacket by Jeffry Tan” dengan tema “Jinba-Ittai”.

Pramita Sari, Marketing and Communications General Manager PT Eurokars Motor Indonesia menyampaikan, koleksi exclusive merchandise Mazda Curated Jacket dengan Jeffry Tan kaya akan filosofi yang selama ini erat dipegang Mazda yaitu Jinba-Ittai. Dalam hal fashion, filosofi Jinba-Ittai bisa dilihat dari bagaimana cara berpakaian dan gaya yang membuat nyaman dan sesuai membuat merasakan adanya kesatuan dan koneksi dengan diri sendiri.

“Berpegang erat pada filosofi tersebut, PT EMI mengajak Jeffry Tan untuk membuat merchandise eksklusif dan terbatas yang diberikan untuk pembeli unit Mazda selama ajang GJAW 2023 berlangsung. Kami akan mengadakan talk show seputar fashion, dan menampilkan koleksi fashion Jinba-Ittai. Semuanya hanya dapat ditemukan di booth Mazda pada gelaran GJAW 2023,” papar dia.

Koleksi Exclusive Mazda Curated by Jeffry Tan menghadirkan merchandise berupa Takumi Jacket. Dalam bahasa Jepang, “Takumi” memiliki arti master craftsmen. Takumi Jacket ini merupakan pakaian serbaguna yang dapat dikenakan dalam berbagai occasion, mulai dari kasual hingga formal. Koleksi terbatas ini hanya tersedia bagi pengunjung dengan tiket raffle yaitu mereka yang telah membeli unit Mazda dan memiliki Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). Sebanyak 10 pemenang yang terpilih mendapatkan Exclusive Mazda Curated Takumi Jacket by Jeffry Tan ini.

Untuk semakin memeriahkan GJAW 2023, Mazda Indonesia juga menyelenggarakan Mazda Talks berjudul “Unleashing the Perfect Harmony of Fashion” bersama Jeffry Tan pada tanggal 11 Maret 2023. Pada perbincangan menarik ini, Jeffry Tan akan membagikan tips dan trik terkait menemukan harmoni yang sempurna saat mendesain pakaian dan filosofi Jinba-Ittai yang menjadi inspirasi karyanya kali ini.

Jeffry Tan juga akan mempersembahkan filosofi Jinba-Ittai lewat model exhibition dan showcase bertajuk “Celebrating Mazda’s Jinba-Ittai by Jeffry Tan” pada tanggal 18 Maret 2023. Selain itu, pengunjung dapat menyaksikan daily talk show dengan berbagai narasumber inspiratif di sepanjang gelaran acara.

Pada gelaran GJAW tahun ini, Mazda juga menampilkan 5 (lima) jajaran produk andalannya di beberapa segmen dengan masing-masing keunggulan, yakni Mazda CX-9 AWD Soul Red Crystal, Mazda CX-3 Polymetal Grey, Mazda2 Sedan Platinum Quartz Metallic, Mazda CX-5 AWD EMI 6th Anniversary Rhodium White Metallic, dan Mazda MX-5 RF Manual Transmision dalam balutan warna Soul Red Crystal.

Terdapat berbagai penawaran menarik untuk beberapa unit di atas seperti down payment dengan harga rendah sebesar 10%, harga khusus untuk produk tertentu, cashback hingga puluhan juta rupiah, dan program 5 Years Warranty, yaitu layanan garansi kendaraan selama 5 tahun atau 150.000 KM (mana yang tercapai terlebih dahulu). Pelanggan akan mendapatkan jaminan atau warranty terhadap mobil yang dimiliki selama periode waktu dan syarat yang telah ditentukan.

Selain tahun masa garansi yang lebih panjang, Mazda juga menyediakan layanan MYMAZDA SERVICE yang sudah tercakup dalam setiap pembelian unit Mazda. Pemilik Mazda bebas dari beban biaya perawatan berkala untuk jasa dan suku cadang selama 3 tahun atau 60.000 KM (mana yang tercapai terlebih dahulu), pelayanan ERA (Emergency Roadside Assistance) untuk wilayah tertentu, dan·kartu keanggotaan MOC (Mazda Owners’ Club).

Kominfo Kembali Gelar Startup Studio Indonesia Batch 6

0
[Reading Time Estimation: 4 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI resmi memulai program akselerator intensif Startup Studio Indonesia (SSI) Batch ke-6. Tahun ini, seiring dengan minat dan antusiasme yang kian meningkat, Kominfo pun memilih 17 startup tahap awal untuk memulai rangkaian pelatihan SSI Batch 6.

Startup Studio Indonesia (SSI) Batch ke-6

Sonny Hendra Sudaryana, Koordinator Startup Digital, Kominfo RI mengatakan, sejak diperkenalkan di tahun 2020, hingga saat ini para startup early-stage secara konsisten terus menunjukkan antusiasmenya untuk mengikuti sesi coaching yang dihadirkan oleh SSI di setiap batch-nya. Dibandingkan dengan batch sebelumnya, ada variasi baru dari latar belakang bisnis para startup yang mendaftarkan diri di program ini.

“Misalnya, di batch-6 ini terdapat startup yang fokus pada industri olahraga dan enterprise software. Ini menunjukkan bahwa teknologi dan digitalisasi sudah semakin berkembang ke segala sektor kehidupan serta adanya peningkatan kesadaran dari para startup dalam memanfaatkan hal tersebut untuk keberlanjutan bisnisnya,” ungkap Sonny.

Startup yang berhasil melalui proses seleksi ketat pada Batch 6 ini adalah: AMODA (perusahaan properti dan konstruksi berbasis teknologi), Assemblr (platform ekosistem Augmented Reality), AYO Indonesia (aplikasi komunitas sepak bola), Baskit (SaaS khusus untuk toko grosir dan distributor), DEUS Human Capital Services (platform manajemen personalia/HR dengan gamifikasi), Inventing (penyedia layanan printing digital).

Ada juga Lakuliner (aggregator penyedia cloud kitchen untuk brand F&B), Looyal (aplikasi manajemen bisnis untuk usaha online dan offline), Medi-Call (layanan kesehatan on-demand di rumah), OneKlinik (penyedia jasa kesehatan dasar berbasis teknologi), Pajak.io (platform solusi kebutuhan perpajakan), Payable (platform all-in-one checkout), Rooma (penyedia jasa dan produk desain interior), SMEs Pack (aggregator ekspor untuk UMKM), Tweak (platform fitness on-demand), Tokban (marketplace toko bahan bangunan), dan RASA (sebelumnya Warjali – platform penyedia bahan baku, informasi, dan pendanaan UMKM, warung, dan petani).

Tujuh belas startup terpilih akan mengikuti sesi Founder’s Camp selama tiga hari mulai dari tanggal 9-11 Maret 2023, dan 1-on-1 Coaching selama tiga bulan hingga Juni 2023. Sesi Founder’s Camp akan diadakan secara offline yang ditujukan untuk menciptakan acara yang intim dengan menghadirkan suasana santai namun tetap kondusif bersama para founder.

Dengan begitu, harapannya para peserta startup tahap awal dapat bertukar pikiran antara satu sama lain sekaligus mendapatkan pengalaman yang lebih nyata dalam mengoptimalkan bisnis startup mereka. Salah satu tempat program ini akan berlangsung adalah Kantor Pusat IDN Media di Jakarta.

Founder’s Camp merupakan mentoring atau brainstorming dengan para founder startup berpengalaman untuk mendiskusikan ilmu praktis yang harus dikuasai dalam perkembangan skala usaha. Sementara, 1-on-1 Coaching merupakan sesi privat dimana tiap startup mendapatkan konsultasi dan supervisi eksekusi bersama founder startup berpengalaman dan para ahli yang relevan di bidangnya, program ini akan dilakukan secara intensif selama 11 minggu.

Beberapa praktisi startup ternama yang memfasilitasi SSI Batch 6 adalah:   Benedicto Haryono (Co-Founder KoinWorks), Doni Hanafi (Co-Founder & CEO, Bridestory), Utari Octavianty (Co-Founder & CSO, Aruna), Alfatih Timur (Co-Founder & CEO, Kitabisa.com), Suwandi Soh (CEO, Mekari), Christopher Madiam (Co-Founder & CEO, Sociolla), Brian Marshal (Founder & CEO, SIRCLO), Agung Nugroho (Co-Founder & CEO, Kudo), Rama Notowidigdo (Co-Founder, Sayurbox & AwanTunai), Adrianus Hitijahubessy (Co-Founder & CEO, JULO).

Rangkaian program Startup Studio Indonesia Batch 6 akan ditutup dengan acara puncak Milestone Day, dimana para startup berkesempatan memaparkan model bisnis dan pencapaiannya di depan para stakeholders industri startup. Untuk itu, melalui rangkaian kegiatan ini, diharapkan para startup mampu memanfaatkan setiap bentuk dukungan agar mampu menciptakan strategi bisnis jangka panjang yang lebih efektif.

Lingga Madu selaku salah satu coach di program SSI sekaligus Partner Ventura di Monk’s Hill Ventures menjelaskan, bahwa startup perlu fokus pada metriks retention (R) dan virality (K) sebagai indikator pertumbuhan organik dan keberlanjutan bisnis. Keuntungan utama fokus ini yaitu R dan K merupakan fungsi dari produk dan ada dibawah kontrol internal startup tersebut. Dengan memastikan rumus R+K>1, startup dapat mencegah meledaknya biaya akuisisi customer (CAC — yang merupakan fungsi dari pasar external dan tidak dibawah kontrol internal startup).

“Dengan mengimplementasikan strategi dan fitur untuk mengajak dan mempertahankan pengguna, dan mendesain produk untuk virality, startup dapat mencapai lifetime value (LTV) yang lebih tinggi,” tambahnya.

Kehadiran program akselerator seperti SSI memainkan peran yang semakin penting dalam pengembangan ekosistem digital Indonesia. Pasalnya, sektor teknologi secara global sedang mengalami fenomena tech winter – yang disebabkan oleh penurunan cash flow dan investasi, serta lesunya pertumbuhan pasar.

Pada tahun 2022, Kominfo memprediksi bahwa tren aliran pendanaan startup di wilayah Asia menurun hingga 60% secara year-on-year. Data CB Insights juga menunjukkan, pendanaan startup global mengalami penurunan nilai sekitar 30% dibandingkan tahun 2021.

Namun demikian, 66% dari total pendanaan global tersalurkan kepada startup tahap awal, sehingga para founder harus memiliki optimisme dan kepercayaan diri untuk mengembangkan ide inovatif yang mereka punya. Program seperti SSI pun menjadi wadah akselerasi agar founder dapat mencapai PMF dan skalabilitas yang lebih luas.

Diluncurkan pertama kali pada September 2020, melalui program Startup Studio Indonesia (SSI), Kominfo menargetkan untuk mencetak 150 startup digital pada 2024 yang mampu mengembangkan skala bisnisnya, dari segi jumlah pengguna, jumlah pendapatan, penyerapan tenaga kerja, dan pendanaan.

Seiring berjalannya waktu, Startup Studio Indonesia terus berkembang menjadi salah satu program akselerasi startup terbaik di Indonesia. Program ini menjadi ujung tombak untuk memperkuat dan melengkapi program pemberdayaan startup digital Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dan Hub.id yang telah lebih dulu dijalankan oleh Kominfo.

Jelang Ramadan, SiCepat Perkuat Pelayanan dan Infrastruktur Pengiriman

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]
sicepat 1
SiCepat Ekspres menggelar kegiatan Sortation Tour bersama rekan-rekan media nasional untuk melihat secara langsung proses operasional di kawasan logistik Puninar, Cakung, Jakarta Timur.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Dalam mempermudah pengiriman selama Ramadan 1444 H yang diproyeksi melonjak hingga 20% dibandingkan dengan tahun lalu. SiCepat Ekspres telah mempersiapkan beragam strategi dari sisi bisnis maupun operasional.

“Dari sisi bisnis, kami telah mempersiapkan berbagai kolaborasi untuk dapat menjangkau target market yang lebih luas. Salah satunya dengan bergabungnya SiCepat ke dalam ekosistem Droper (Drop Point Bersama) melalui 7.775 titik yang tersebar di 25 wilayah Indonesia,” kata Imam Sedayu Pusponegoro, Chief Commercial Officer SiCepat Ekspres, di sela – sela kegiatan Sortation Tour bersama rekan-rekan media nasional.

Dengan memanfaatkan jaringan Droper, SiCepat berharap dapat semakin memudahkan masyarakat untuk bisa menikmati layanan pengiriman terbaik SiCepat. Selain itu, kami juga memaksimalkan kerja sama dengan TikTok Shop yang saat ini tengah popular sebagai salah satu platform belanja online.

Selain kolaborasi bersama partner untuk memperluas jangkauan layanan, SiCepat Ekspres juga terus melakukan enhancement dari sisi digital melalui SiCepat SuperApp agar dapat terus memenuhi kebutuhan para customer.

Kesiapan SiCepat untuk menyambut momen Ramadan juga ditunjukkan dari sisi operasional secara end-to-end. Diantaranya mempersiapkan manpower dan infrastruktur untuk mempercepat proses operasional demi mempertahankan Service Level Agreement (SLA) yang telah ditentukan.

sicepat 2

‘’Saat ini, kami telah mengoptimalkan penyortiran paket menggunakan mesin sortir otomatis yang ada di 4 wilayah yaitu Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Karawang. Mesin ini dapat menyortir hingga 100-130 ribu pada hari biasa dan 350 ribu paket per hari pada peak season. Dalam menghadapi lonjakan volume di bulan Ramadan, kami optimis dapat memastikan SLA tetap terjaga.’’ Murwanto selaku Chief Operating Officer SiCepat Ekspres.

Senior Manager Grand Operation SiCepat Ekspres, Randi Eko Saputro, menambahkan, strategi lainnya yang dilakukan adalah memperkuat fleet dan kapasitas infrastruktur jaringan pengiriman. Dimana SiCepat telah memiliki 3.200 armada baik mobil, truk muatan besar hingga motor listrik Volta.

“Strategi yang dilakukan diharapkan dapat memudahkan pengirim, mempercepat proses, sekaligus memangkas waktu pengiriman,” ujar dia.

Link Net & TEA Networks Hadirkan Layanan Wi-Fi Generasi Terbaru

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Teknologi | PT Link Net Tbk (Link Net) melalui merek First Media, bersama TEA Networks (TEA) mengumumkan keberhasilan serangkaian proof of concept (PoC) menggunakan TEA Predictive Optimization Technology (TEApot), yakni solusi manajemen Wi-Fi yang siap menghadirkan layanan Wi-Fi generasi terbaru di rumah.

Link Net

 

Edward Sanusi, Director & Chief Technology Officer PT Link Net Tbk mengatakan, tak dapat dipungkiri bahwa internet di rumah memiliki peran penting dan membutuhkan kinerja WiFi yang andal, sehingga menjadi layanan inti yang ditawarkan banyak penyedia jasa internet di dunia. Namun, banyak WiFi masih bergantung dengan perangkat keras yang sulit dikelola untuk menjamin kualitas penggunaan internet, sehingga penanganan masalah pada WiFi menjadi terkendala tanpa mengirimkan teknisi ke rumah.

“Kolaborasi ini akan menciptakan solusi menyeluruh dan wujud nyata optimalisasi layanan yang terus Link Net lakukan untuk pelanggan residensial. Kehadiran perangkat Wi-Fi andal yang didukung dengan keunggulan TEApot Cloud dan TEApot Devices akan semakin mendukung kami dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan,” imbuh dia.

Dia menambahkan, solusi ini memungkinkan First Media dalam mengoptimalkan keandalan kecepatan koneksi internet dengan tingkat latensi hingga 75 persen lebih baik. Dengan demikian, dapat meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan.

Dengan peluncuran solusi manajemen TEApot Home Wi-Fi, Link Net akan memiliki solusi untuk memperkuat kualitas layanan internet broadband, dengan menawarkan konektivitas Wi-Fi paling andal. Selama uji coba, TEA Networks telah menunjukkan manfaat TEApot Cloud dan TEApot Devices yang dilengkapi teknologi Artificial Intelligence (AI), yang memungkinkan pemantauan Wi-Fi secara mandiri bagi para pelanggan agar tetap terhubung dengan Wi-Fi rumah yang cepat dan andal.

Sean Kim, Chief Strategy Officer TEA Networks menambahkan, Link Net adalah penyedia jasa internet pertama di Indonesia yang menggunakan solusi TEApot. TEA Networks bangga dapat menjadi bagian dari uji coba dengan Link Net, untuk menunjukkan nilai solusi TEApot dalam penyediaan solusi penanganan mandiri (self-healing) yang canggih bagi Link Net, sehingga para pelanggan dapat menikmati layanan WiFi yang lancar dengan performa optimal.”

Enesis Group Dukung Perayaan HUT KOSTRAD KE-62

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Enesis Group memberikan dukungan protokol kesehatan kepada anggota Kostrad dalam rangka menyambut HUT Kostrad ke 62. Sebanyak 1000 healthy kit diberikan yang berisikan masker, Antis, Plossa, Soffell dan minuman ready to drink seperti Adem Sari Chingku, Amunizer, dan Coolant.

Penyerahan secara simbolis dilakukan pada Rabu, 1 Maret 2023 oleh CHRO Enesis Group, Bambang Cahyono kepada Kas Kostrad Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad, S.I.P. dalam acara yang dihadiri oleh Kakes Kostrad Kolonel Ckm dr. Robert Simanjuntak, M.A.R.S.

Bambang Cahyono mengatakan bahwa ini merupakan salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility dari Enesis Group, sebagai komitmen kami untuk bersinergi dan berkolaborasi mengutamakan kesehatan masyarakat.

“Dalam kesempatan ini kami ingin memberikan apresiasi kepada Tentara Nasional Indonesia sebagai garda terdepan bangsa Indonesia, yang harius kita perhatikan juga kesehatannya sehingga kami memberikan dukungan produk-produk kesehatan dari Enesis Group” ujarnya.

Sesuai dengan Tema Peringatan HUT Kostrad tahun ini adalah “Disiplin, Militan, Profesional dan Dicintai Rakyat”. Diharapkan bantuan yang di berikan oleh Enesis Group ini menjadikan prajurit Kostrad terus semangat dalam pengabdian kepada bangsa, negara, selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta Kostrad dapat menjadi panutan dan pengaman bangsa Indonesia, karena saat ini Kostrad merupakan satuan elit terbesar yang dimiliki TNI.

Dalam situasi pandemi Covid yang belum benar-benar berkahir dan ditambah dengan musim pancaroba saat ini, tubuh kita perlu bekerja lebih keras untuk menyesuaikan diri. Perubahan suhu udara yang drastis dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko terkena virus dan bakteri, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), Flu, Diare, dan Tifus yang sering muncul selama musim pancaroba.

Untuk membantu menjaga kesehatan anggota Kostrad, Enesis Group menyediakan produk-produk kesehatan seperti Adem Sari dan Amunizer yang mengandung vitamin C, Antis handsanitizer sebagai pembersih tangan yang efektif dalam membunuh kuman dan bakteri hanya dalam 4 detik. Selain itu, Plossa sebagai minyak angin aromaterapi yang dapat meredakan pusing, pegal-pegal, dan masuk angin serta Soffell sebagai lotion untuk melindungi kulit dari gigitan nyamuk dan mencegah penyakit DBD juga tersedia.

 

Musim Hujan Pakai Jaga Hujan Agar Terproteksi

[Reading Time Estimation: < 1 minute]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Kondisi hujan akhir-akhir ini membuat kewaspadaan dalam berkendara menjadi lebih tinggi. Curah hujan tinggi, jarak pandang pengemudi yang terbatas, kondisi jalan yang tidak baik dan kondisi kendaraan yang tidak prima menjadi beberapa faktor penyebab.

Asuransi JAGADIRI dan Asuransi HARTA, berkolaborasi dengan Income Insurance Ltd, OTTO dan OttoPay, bersama-sama mewujudkan sebuah solusi perlindungan dengan nama JAGA HUJAN. 

Produk ini merupakan adaptasi dari produk serupa dari Singapura. JAGA HUJAN menjadi sebuah solusi untuk mengatasi masalah yang dialami para pengguna transportasi online, baik itu motor maupun mobil di saat hujan. 

“JAGADIRI memahami pentingnya perlindungan bagi masyarakat di saat kondisi cuaca saat ini. Asuransi JAGA HUJAN kami luncurkan sebagai sebuah inovasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna transportasi online dengan biaya yang sangat terjangkau, yaitu Rp 2000 per hari.” ujar Reginald Hamdani, Direktur Utama JAGADIRI.

“Produk ini dikembangkan dengan menyesuaikan kebiasaan masyarakat saat ini menggunakan aplikasi digital untuk kesehatian, termasuk aktivitas finansial. Masyarakat yang tertarik dengan JAGA HUJAN dapat mengakses laman resmi kami untuk mendaftar, melakukan pembayaran, serta klaim secara online yang dibayarkan melalui aplikasi OTTO ke dalam uang elektronik,” tambah Reginald.

JAGA HUJAN memberikan manfaat perlindungan kecelakaan yang terjadi pada saat hujan bagi pemegang polis sampai dengan Rp10 juta, juga memberikan perlindungan kenaikan tarif transportasi online sampai 60% atau maksimal Rp150ribu per hari dari total biaya perjalanan.

Jika pada hari perjalanan terjadi hujan, maka JAGA HUJAN akan mengganti tarif transportasi sampai dengan 60% dari total harga atau maksimal Rp50.000,- untuk motor dan Rp150.000,- untuk mobil. 

“JAGA HUJAN merupakan bentuk nyata dari komitmen Asuransi JAGADIRI untuk memberikan produk yang berpusat pada konsumen, memahami masalah yang terjadi dan solusinya. Kami sangat senang untuk menawarkan produk ini kepada nasabah kami dan berharap dapat terus mengeluarkan inovasi-inovasi baru.” tutup Reginald.

Marketing.co.id: portal berita marketing dan bisnis.

Softex Meluncurkan Film Pendek dan Pameran Karya “Ana & The Red Wings”

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Softex kembali melanjutkan kampanye sosial dalam mendukung UNICEF Indonesia dan meluncurkan film pendek Ana & The Red Wings. Film pendek ini, terinspirasi dari pengalaman menstruasi pertama para remaja putri di Indonesia Timur dengan segala keterbatasan yang ada. Selain itu, pameran karya Ana & The Red Wings juga dihadirkan mulai dari tanggal 10 hingga 12 Maret 2023 di Gedung Sarinah, Jakarta.

Softex

Film pendek Ana & The Red Wings merupakan aspirasi bagi para para remaja putri Indonesia untuk menerima momen menstruasi pertama dengan lebih siap dan percaya diri. Simbolisasi Red Wings yang ditekankan Softex pada film ini, melambangkan suatu tanda pendewasaan.

Kadir Gunduz, Presiden Direktur, PT Softex Indonesia mengatakan, “Sebelumnya, program ini telah membawa dampak positif bagi remaja putri di daerah Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur. Kami berharap kemitraan ini dapat membangun kesadaran masyarakat tentang masalah seputar Manajemen Kesehatan Menstruasi (MKM) serta meningkatkan kesejahteraan remaja di wilayah Indonesia Timur. Inisiatif ini juga merupakan dukungan nyata kami terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB 2030.”

Menurut data Profil Sanitasi Sekolah 2022 yang dipublikasikan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bersama UNICEF, 52% sekolah di Indonesia memiliki fasilitas toilet perempuan dan akses kebersihan menstruasi yang kurang layak. Dalam upaya mengatasi isu tersebut, Softex melalui Kimberly-Clark Foundation memberikan bantuan sebesar 15 miliar rupiah kepada UNICEF Indonesia untuk program penyediaan akses fasilitas air bersih, sanitasi, dan kebersihan yang mempertimbangkan aspek kesetaraan gender dan inklusi sosial serta meningkatkan kualitas hidup remaja putri di Indonesia melalui promosi dan edukasi tentang kesehatan dan kebersihan menstruasi.

Kerja sama ini akan berjalan hingga tahun 2024, dimana Softex mendukung UNICEF untuk membantu 10.000 remaja putri di Indonesia Timur mengelola menstruasi mereka dengan aman dan higienis serta membantu 80.000 orang, terutama remaja putri, di Indonesia Timur untuk hidup dalam lingkungan yang bersih dan higienis. Intervensi perusahaan untuk pengembangan Manajemen Kesehatan Menstruasi (MKM) ini merupakan upaya untuk memberikan dampak bagi masyarakat dan menciptakan dunia yang lebih baik untuk generasi mendatang.

“Kurangnya pemahaman tentang kesehatan dan kebersihan menstruasi dapat mengganggu kinerja remaja putri di sekolah, dan seringkali menjadi penyebab stres dan rasa malu yang tidak perlu. Dalam kasus yang jarang terjadi, bahkan dapat menyebabkan kehamilan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, pengetahuan yang benar tentang menstruasi penting bagi remaja putri – dan juga laki-laki,” jelas Gregor Henneka, Direktur Penggalangan Dana dan Kemitraan, UNICEF Indonesia.

Selain film, Softex juga menyelenggarakan sebuah pameran karya Ana & The Red Wings dengan menggandeng seniman lokal Ika Vantiani dan Rachel Ajeng. Pameran karya ini menghadirkan 2 karya inspiratif dan interaktif yang menginterpretasikan simbol Red Wings sebagai lambang menstruasi pertama pada remaja berdasarkan pengalaman, maupun perasaan dari tiap seniman, yang terinspirasi dari film pendek Ana & The Red Wings.

Dimulai sejak tahun 2019, Softex mendukung UNICEF Indonesia melalui kampanye sosial #DariSaudari telah berkontribusi menjangkau 44.000 remaja putri dan 1.327 sekolah di Indonesia Timur dan mengkomunikasikan perilaku hidup bersih dan praktik manajemen kebersihan menstruasi di Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.

Gandeng Kader PKK, Frisian Flag Dorong Pentingnya Sarapan Gizi Seimbang 

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | PT Frisian Flag Indonesia (FFI) menggandeng 1.500 kader PKK dan komunitas perempuan di Tangerang, Dinas Kesehatan setempat, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan BPOM, menggelar edukasi pentingnya sarapan gizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk bangun daya tahan alami keluarga. FFI melalui produk FRISIAN FLAG® Susu Kental Manis Full Cream Gold, juga menginspirasi para ibu dalam menyiapkan sarapan bergizi yang mudah dan nikmat melalui kehadiran Resep Mantul (Manis Nikmat dalam 7 Langkah).

“Untuk membantu menyelesaikan permasalahan gizi dan kesehatan yang tengah kita hadapi, edukasi dan intervensi terkait gizi seimbang menjadi langkah yang perlu segera diambil. Pembiasaan pola hidup aktif juga penting untuk terus disuarakan guna membangun generasi yang sehat, dimulai dari keluarga. Menyadari urgensi dari kondisi ini, FFI berupaya untuk menyamakan langkah bersama pihak-pihak terkait melalui kegiatan edukasi dengan melibatkan komunitas perempuan, sebagai sosok penggerak penting dalam keluarga,” ungkap Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro.

Ketua TP PKK Kota Tangerang, Hj Aini Suci Wismansyah ST.  mengatakan, “Sebagai komunitas yang menaungi para ibu sebagai penggerak keluarga, PKK ingin berperan lebih aktif lagi dalam menemani para ibu untuk sigap menyiapkan sarapan sehat guna membangun kesadaran pentingnya sarapan bergizi seimbang dan penerapan gaya hidup aktif. Inisiatif dari Frisian Flag Indonesia, yang secara aktif memberikan edukasi dan inspirasi yang tentunya sangat kami butuhkan.

Turut hadir dalam kegiatan edukasi ini, Dina Mariana, S.Si, Apt, M.P selaku Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Madya Direktorat Pengawasan Peredaran Pangan Olahan dari BPOM. “Pada saat membeli pangan olahan, penting bagi para ibu untuk mencermati label pangan yang tertera pada kemasan, mulai dari informasi kedaluwarsa, komposisi gizi, nama produsen, kehalalan produk, hingga nomor izin edar. Penting bagi ibu untuk membaca dengan seksama Informasi Nilai Gizi pada pangan olahan, untuk disesuaikan dengan kebutuhan gizi harian anggota keluarga. Jadi, jangan lupa untuk Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa).”

Urgensi edukasi terkait pemenuhan gizi seimbang juga digaungkan pemerintah, salah satunya melalui pedoman Isi Piringku. Dokter yang juga aktif mengedukasi masyarakat melalui media social, dr. Gia Pratama menyatakan, permasalahan gizi merupakan gerbang dari berbagai isu kesehatan lainnya. Pemenuhan gizi seimbang menjadi hal yang mutlak dibutuhkan. Menjadi momen terpenting dalam memulai hari, pemenuhan gizi seimbang saat sarapan menjadi pondasi untuk mendukung gaya hidup aktif dan menjalankan berbagai kegiatan harian. Pedoman Isi Piringku dapat dijadikan acuan dalam mempersiapkan asupan untuk keluarga.

“Dalam mempersiapkan asupan keluarga perlu diingat oleh para ibu, bahwa kebutuhan setiap anggota keluarga tentu berbeda. Jika pada dewasa umumnya pedoman asupan Isi Piringku terdiri dari 50 persen sayur dan buah, sedangkan 50 persen lainnya karbohidrat dan protein – pada anggota keluarga yang membutuhkan energi lebih, kebutuhan karbohidrat dan protein pada setiap porsinya lebih besar dibanding sayur dan buah. Apalagi di pagi hari, ketika kebutuhan energi dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas harian,” ujar dia.

Membantu para ibu menyiapkan sarapan berenergi dan bergizi seimbang, FFI melalui produk andalannya FRISIAN FLAG® Susu Kental Manis Full Cream Gold menghadirkan Resep Mantul (Manis Nikmat dalam 7 Langkah) – kumpulan kreasi makanan yang nikmat, dan mudah dibuat, juga memanfaatkan bahan pangan lokal yang mudah ditemukan. Tak hanya membantu meningkatkan rasa dari berbagai jenis asupan, FRISIAN FLAG® Susu Kental Manis Full Cream Gold juga melengkapi asupan gizi pada makanan, karena terbuat dari susu sapi segar dan mengandung 9 vitamin dan 5 mineral.

“Inisiatif edukatif yang dilakukan FFI, menjadi wujud komitmen kami dalam mendukung terciptanya masyarakat Indonesia yang Sehat, Sejahtera dan Selaras – sesuai dengan visi perusahaan ‘Nourishing Indonesia to Progress’. FFI juga ingin terus menjadi bagian dari keluarga Indonesia, khususnya menemani di momen sarapan sebagai salah satu waktu terpenting dalam pemenuhan energi dan gizi untuk memulai hari, serta membantu membangun daya tahan alami seluruh anggota keluarga,” tutup Andrew.

 

Berikan Edukasi bagi Para Ibu, Asuransi Astra & Ajinomoto Menggelar Talkshow KITA #PerempuanBermakna

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Memahami perempuan sebagai ujung tombak keputusan yang bijaksana, Asuransi Astra bersama Ajinomoto menggelar literasi keuangan dan kesehatan yang dibungkus melalui acara talkshow KITA (Kesehatan & Literasi Keuangan Keluarga) #PerempuanBermakna untuk komunitas ibu secara offline. 

Asuransi Astra

 

Pada sesi awal, KITA #PerempuanBermakna ini membahas mengenai perencanaan dan pengelolaan keuangan dari perspektif seorang Ibu hebat yang dibangun dari pengalaman manis hingga pahit seorang Nucha Bachri, public figure yang berkonsentrasi di bidang empowerment, yang menekankan pentingnya transparansi dengan pasangan terkait pengelolaan keuangan keluarga.

Tak hanya itu, Angela Anindita, Head of PR & Activations Asuransi Astra juga melengkapi sesi sharing dengan membawakan materi manajemen risiko dan urgensi kepemilikan asuransi sebagai salah satu bentuk proteksi keuangan keluarga. Terlebih, di tengah menjalani perannya, para perempuan khususnya seorang Ibu ditunjuk sebagai “decision maker” dan didorong untuk lebih bijaksana dalam mengambil keputusan terhadap beragam keadaan seperti sisi materi atau keuangan.

Head of PR, Marcomm, & Event, Laurentius Iwan Pranoto mengatakan, menjadi seorang Ibu bukanlah hal yang mudah. Seperti diketahui, peran yang harus dilakoni beragam. Tidak hanya berperan sebagai istri dalam rumah tangga yang turut andil dalam pengambilan keputusan di rumah tangga yang perlu dijalani dengan terampil, cerdas, dan bijak. Para Ibu bukan manusia dengan kekuatan super, segala upaya tetap selalu dikerahkan yang terbaik.

“Namun, hidup adalah belajar sehingga jika kurang sempurna dan menimbulkan kesalahan, maka perlu diperbaiki dan dipelajari kembali. Karena itu, acara ini semoga dapat membantu ibu-ibu menjalankan perannya terutama mengalokasikan keuangan yang tepat guna,” kata dia.

Beralih ke bidang kesehatan, acara dilanjutkan dengan sesi yang diinisiasikan oleh Ajinomoto yakni edukasi pentingnya nutrisi yang baik pada makanan untuk keluarga yang dibawakan oleh dr. Raissa Edwina Djuanda, M. Gizi, Sp. GK. Tidak sendirian, dr. Raissa ditemani oleh Mona Ratuliu, seorang  Ibu dan influencer sosial media yang turut membagikan tips cermat hingga pengalaman sebagai seorang ibu dalam mengatur makanan yang bernutrisi untuk keluarga.

Ajinomoto juga bekerjasama dengan Chef Aboudd yang memberikan demo masak “Masako Ayam Kecap” dan “Sup Bakso ala Masako” yang diambil dari Dapurumami.com. Acara ini diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan kemampuan serta membangkitkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terutama seorang Ibu terhadap pentingnya penerapan gizi seimbang dalam keluarga yang dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan yang lebih baik.

Head of Public Relations Department Ajinomoto, Grant Senjaya menambahkan, “Ini juga sebagai bentuk ajakan kepada Ibu yang hadir dan masyarakat Indonesia untuk berani mencegah stunting pada pertumbuhan anak-anak melalui penyajian makanan yang bergizi. Ini merupakan salah satu langkah konkret kami sebagai Health Provider dalam membantu meningkatkan harapan hidup sehat keluarga Indonesia,” ujar Grant.

Kegiatan literasi keuangan bagi kelompok perempuan dan kolaborasi dengan Ajinomoto ini merupakan bagian dari kampanye kehumasan #PerempuanBermakna yang diinisiasikan oleh Asuransi Astra dalam mendukung SDG’s poin 5, mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan kaum perempuan selama bulan Maret 2023. Kampanye ini diharapkan dapat memberikan dampak berkelanjutan dan peace of mind bagi jutaan perempuan bermakna dengan sejuta keistimewaannya di Indonesia.

Bidik Milenial dan Gen Z, Samsung Kenalkan Galaxy A14

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Bidik Milenial dan Gen Z, Samsung Kenalkan Galaxy A14Samsung Galaxy A14 dilengkapi dengan fitur-fitur yang dibutuhkan generasi milenial dan Z.

Marketing.co.id – Berita Digital | Generasi milenial selama ini menjadi topik dalam berbagai diskusi marketing. Generasi ini dianggap menarik karena berada pada masa peralihan media konvensional ke media internet. Generasi ini pun memiliki daya beli yang patut diperhitungkan. Kekuatannya ditopang baik oleh kedua orang tua maupun dari jerih payah mereka sendiri.

Generasi milenial yang sudah memiliki penghasilan sendiri lebih leluasa membelanjakan uang mereka, terlebih mereka yang belum punya tanggungan atau berkeluarga. Mereka punya bujet untuk memenuhi kebutuhhan mereka, termasuk membeli gadget.

Begitu pun dengan generasi Z, mereka kelahiran 1995 ke atas. Generasi Z adalah mereka yang tumbuh di tengah-tengah pesatnya perkembangan teknologi, terus-menerus terhubung ke dunia dengan akses cepat dan lebih banyak mendapatkan informasi. Mereka sangat terpapar media internet, sangat terbiasa dengan media sosial, rutin berkomunikasi dengan aplikasi pesan instan, suka swafoto, dan tumbuh besar dengan ponsel.

Kebanyakan dari Gen Z juga memiliki hobi gonta ganti gadget. Selain untuk mendapatkan gadget dengan kualitas yang lebih baik, kebiasan gonta ganti gadget dilakukan agar mereka tidak ketinggalan zaman.

Hobi gonta ganti gadget ini pun ditangkap brand smartphone sebagai peluang untuk mengeluarkan produk terbaru yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang telah disesuaikan dengan kebutuhan milenial dan Gen Z. salah satu brand smartphone yang berupaya menjangkau generasi ini adalah Samsung.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Ricky Bunardi mengatakan, generasi milenial terutama generasi Z sangat suka travelling. Selain itu, mereka juga sangat kreatif dan suka membuat konten. Smartphone sangat membantu pekerjaan atau kegiatan mereka sebagai kreator. Oleh karena itu, mereka membutuhkan sebuah smartphone yang tidak hanya canggih namun juga memiliki baterai yang tahan lama. “Generasi Z adalah creatorSmartphone menjadi teman sehari-hari mereka untuk mendokumentasi setiap akitivitas,” ujarnya.

Untuk menjawab kebutuhan mereka, Samsung Electronics Indonesia pun mengenalkan smartphone terbarunya Galaxy A14. Samsung Galaxy A14 dibekali dengan baterai 5.000 mAh, sudah support 15W fast charging, diperkuat dengan prosesor Exynos 850 Octa-Core dan RAM hingga 6GB yang bisa diperluas serta dibekali triple camera yang terdiri dari kamera utama 50MP, lensa ultra-wide 5MP, dan lensa 2MP. Yang tak kalah penting, umur pakai Samsung Galaxy A14 panjang dan aman karena OS-nya bisa di-upgrade dua kali plus fasilitas security update sampai 4 tahun.

Bidik Milenial dan Gen Z, Samsung Kenalkan Galaxy A14Samsung Galaxy A14 didesain dengan pilihan warna Dark Red, Black, dan Silver serta aksen stripe di belakang untuk memancarkan aura premium dan stylish. Dilengkapi NFC untuk mendukung aktivitas digital penggunanya, Samsung Galaxy A14 dibanderol dengan harga retail Rp2.399.000 (4GB/128GB) dan Rp2.699.000 (6GB/128GB).

Berikut Spesifikasi Galaxy A14

Spesifikasi Galaxy A14
Layar Ukuran 6.6” FHD + PLS LCD
Resolusi
Layar Infinity-V
Kamera Belakang 50MP + 5MP (Ultrawide) + 2MP (Macro)
Depan 13MP
Prosesor Exynos850 (Nacho)
Memori RAM/ROM 4GB/128GB, 6GB/128GB
Micro SD Up to 1TB
Baterai Kapasitas (Tipikal) 5.000 mAh
Charging 15W Charging
Dimensi 167,7 x 78,0 x 9,1 mm
Warna Dark Red, Black, Silver

 

Total Dana Kelolaan Allianz Indonesia Turun 4,6% di Tahun 2022

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Financial Services | Berdasarkan Laporan Keuangan Q4 2022, Allianz Indonesia membukukan total dana kelolaan sebesar Rp 42,1 triliun (termasuk Dana Pensiun Lembaga Keuangan/DPLK Allianz), turun sebesar 4,6% dibandingkan tahun sebelumnya, sebagai imbas dari sentimen negatif kondisi perekonomian global. Demikian disampaikan Ni Made Daryanti, Chief Investment Officer Allianz Life Indonesia.

“Walaupun demikian, kami senantiasa mengelola dana dengan prinsip kehati-hatian, menerapkan strategi sesuai dengan mandat masing-masing fund dan melakukan monitoring berkala terhadap kinerja fund, serta melakukan penyesuaian jika diperlukan untuk menyesuaikan dengan kondisi pasar,” kata Ni Made.

Tahun 2022 merupakan tahun kelanjutan pemulihan aktifitas ekonomi setelah terkontraksi akibat pandemi. Namun di tengah-tengah pemulihan, kondisi ekonomi global kembali menghadapi tantangan, dimana inflasi meningkat di berbagai negara, sebagai dampak dari beberapa kejadian beruntun dimulai dari banjirnya stimulus untuk mengatasi kelesuan perekonomian di 2021, eskalasi geopolitik Rusia-Ukraina pada akhir Februari 2022 yang menyebabkan kenaikan harga komoditas, kemudian menimbulkan peningkatan biaya energi, terutama untuk negara-negara barat yang menghadapi inflasi lebih tinggi sejak akhir 2021. Ditambah terganggunya rantai pasok dan agresifnya Bank Sentral Amerika Serikat The Fed, menaikkan Fed Funds Rate (FFR) sejak Maret 2022 untuk mengendalikan angka inflasi. Kemudian bank sentral negara-negara lain turut menempuh langkah yang sama untuk menurunkan inflasi.

Baca juga: Joe Biden Menang, Tensi Perang Dagang AS – Tiongkok akan Menurun?

Kebijakan “Zero-Covid Policy” yang diterapkan Tiongkok sejak awal pandemi 2020 dan baru dilonggarkan di akhir Desember 2022, menyebabkan pelemahan ekonomi yang mendalam dan berdampak pada melemahnya perekonomian berbagai negara.

Dengan ketidakpastian yang terjadi secara global sepanjang 2022, kinerja fund unitlink Allianz turut terdampak baik pada fund onshore maupun offshore. Berbagai penyesuaian pada pengelolaan fund dilakukan di kuartal tiga dan empat, sejalan dengan kondisi ekonomi yang terjadi.

Selama tahun 2022, Allianz Indonesia mengelola aset di 33 jenis fund. Beberapa fund yang paling banyak dipilih oleh nasabah sepanjang 2022, adalah Smartlink Equity Fund dengan dana kelolaan Rp 9,2 triliun, Smartlink Balanced Fund dengan dana kelolaan Rp 1,8 triliun, dan Smartlink Fixed Income Fund dengan dana kelolaan sebesar Rp 1,6 triliun.

Semester pertama 2023 masih terdampak dari pengetatan kebijakan moneter secara global yang cukup agresif sepanjang 2022. Potensi kenaikan suku bunga global tidak lagi seagresif tahun lalu, sehingga dapat memberikan harapan pada kondisi ekonomi ke depannya.

Optimisme pada ekonomi Indonesia berbasis dari fundamental ekonomi Indonesia yang cukup solid. Berdasarkan APBN 2023, pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2023 dapat tumbuh hingga 5,3%. Untuk nilai tukar, ditargetkan berada pada kisaran Rp14.800 per dolar AS dan inflasi 3,6%. Proyeksi tersebut dinilai cukup realistis dengan mempertimbangkan pemulihan ekonomi yang dalam jangka menengah hingga panjang masih akan bergantung pada arah inflasi global, harga komoditas, dan efektivitas kebijakan moneter serta fiskal pemerintah.

Allianz Indonesia

Berbeda dengan pemerintah, IMF memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mengalami perlambatan dari 5,3% menjadi 5%. Hal ini disebabkan oleh beberapa tantangan yang akan dihadapi, seperti harga komoditas yang lebih rendah, perlambatan pertumbuhan ekonomi global yang diperkirakan akan mempengaruhi investasi, serta berkurangnya investasi pada sektor manufaktur karena biaya pinjaman yang lebih tinggi.

Di sisi lain, hingga saat ini separuh dari ekonomi Indonesia masih ditopang oleh konsumsi rumah tangga. Sehingga, dengan pulihnya aktifitas masyarakat setelah pandemi, ditambah memasuki tahun persiapan 3 pemilihan umum (pemilu) 2024 (pilpres, parlemen, dan pilkada) akan terjadi secara bersamaan, konsumsi rumah tangga diperkirakan masih akan tetap solid dan mampu mencegah penurunan pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih lanjut.

Baca juga: Hadapi Tantangan Ekonomi 2023, Yuk Intip 4 Jurus Jitu Perkuat Strategi Bisnis

Dalam mengelola fund dan menghadapi tantangan yang mengikuti kondisi pasar, Allianz Indonesia menerapkan strategi dinamis dengan memperhatikan kondisi makro dan mikro ekonomi, serta pasar modal domestik maupun global.

“Dengan dinamisnya kondisi di pasar lokal maupun global, kami selalu menghimbau nasabah untuk melakukan tinjau ulang polis secara rutin. Tujuannya adalah untuk melihat kembali tujuan, jangka waktu, serta toleransi risiko atas investasi yang terdapat pada polis asuransi jiwa yang dimiliki nasabah. Pilihan investasi sesuai profil risiko, jangka waktu dan alokasi aset yang tepat akan dapat membantu untuk memaksimalkan imbal hasil yang dapat dihasilkan oleh instrument investasi yang dipilih.” tutup Ni Made.

HSBC Ingin Mantapkan Posisi sebagai Best Wealth Manager di Indonesia

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Financial Services | Persaingan antar bank di kategori layanan Wealth Management tampaknya akan semakin ketat di sepanjang tahun 2023. Kategori layanan ini memang menjadi medan persaingan antar bank-bank besar, baik itu bank nasional maupun bank asing. Karena hanya di bank-bank besar sajalah biasanya orang kaya menyimpan dananya, dengan harapan dananya bisa terus berkembang dan menikmati berbagai layanan ekstra.

Di kuartal pertama 2023, PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) memberikan tekanan persaingan kepada kompetitornya dengan berambisi memperkuat posisinya sebagai Best Wealth Manager di Indonesia

Sebagaimana disampaikan Lanny Hendra, Direktur Wealth dan Personal Banking HSBC Indonesia, layanan Wealth Management HSBC Indonesia bertumpu pada tiga pillar utama yaitu pengelolaan kekayaan, pendidikan internasional, dan penawaran eksklusif seputar lifestyle dan travel secara lebih berkesinambungan.

Pada pilar lifestyle dan travel, HSBC Indonesia membuat gebrakan dengan menawarkan beberapa fitur baru bagi nasabahnya yang sering pelesir ke luar negeri. Beberapa fitur terbaru bagi nasabah HSBC Premier yang gemar bepergian ke luar negeri meliputi, pemberian poin reward sebesar 5x untuk semua transaksi kartu kredit Premier Mastercard di dalam dan luar negeri, yang memungkinkan nasabah untuk melakukan perjalanan lebih sering melalui penukaran poin reward; nilai tukar mata uang asing yang kompetitif untuk segala transaksi di luar negeri, dan layanan antar jemput bandara. Selain itu, HSBC Indonesia juga memberikan fasilitas cicilan 0% selama tiga bulan untuk semua transaksi.

Baca juga: Total Dana Kelolaan Investasi BCA sudah Lebih dari Rp130 Triliun

“HSBC mengerti bahwa nasabah Premier kami semakin sering bepergian ke luar negeri baik untuk berlibur maupun kebutuhan bepergian lainnya. Oleh karena itu, fokus kami yang pertama di tahun 2023 ini adalah meningkatkan kenyamanan, keamanan, serta layanan bagi nasabah Premier kami yang senang bepergian melalui penambahan fitur pada kartu kredit Premier Mastercard,” ujar Lanny Hendra, Direktur Wealth dan Personal Banking HSBC Indonesia, di Jakarta, Rabu (8/3/23).

HSBC Indonesia
Jumpa pers kerjasama HSBC Indonesia dengan ANA

Untuk melindungi nasabah Premier selama perjalanan, pengguna kartu kredit Premier Mastercard juga mendapatkan layanan asuransi perjalanan gratis, dan proteksi pembatalan tiket dan bantuan medis untuk menjamin perlindungan optimal selama nasabah di luar negeri dengan kisaran hingga Rp 10,5 miliar.

Lalu, untuk akomodasi perjalanan ke luar negeri, HSBC Indonesia memperkuat kemitraan dengan perusahaan penerbangan nomor satu di Jepang, ANA. Keduanya sepakat untuk memberikan pengalaman dan penawaran isitmewa yang berkesan bagi nasabah Premier saat merencakan perjalanan mereka. Pilihan bermitra dengan ANA didasari oleh tingginya jumlah nasabah Premier HSBC yang bepergian ke Amerika Serikat dan Jepang selama lima tahun terakhir.

Di HSBC-ANA Travel Fair 2023 yang berlangsung pada 9 – 12 Maret 2023 di Laguna Atrium, Central Park Mall, HSBC Indonesia memanjakan nasabah Premier dengan harga diskon khusus rute Jepang dan Amerika Serikat dan Kanada, serta tambahan cash back hingga Rp 4 juta rupiah.

Sebagai maskapai partner, ANA menyediakan kursi kelas bisnis dengan harga khusus. “Kerja sama dengan HSBC memperkuat komitmen kami sebagai maskapai penerbangan nomor 1 di Jepang dan no.4 di dunia untuk menghadirkan perjalanan luar negeri berkesan bagi nasabah Premier HSBC,” ujar Akira Nishigori, Chief Representative ANA.

Data ANA menunjukkan, bahwa total jumlah penumpang udara dari Indonesia ke Jepang dan AS mencapai sekitar 130.000, naik 327% di sepanjang tahun lalu, dibandingkan dengan sebelum pandemi. ANA memprediksi, penerbangan ke Jepang dan AS akan terus meningkat positif di tahun ini seiring dengan penambahan frekuensi yang dilakukan maskapai, dan status endemi.

Baca juga: Danone Tandatangani MoU dengan Kemenparekraf dalam Membantu Pengembangan Desa Wisata

Akira menambahkan, sejumlah tujuan populer di Jepang yang menjadi favorit wisatawan Indonesia yakni Tokyo dan Osaka. Mayoritas konsumen affluent asal Indonesia mengunjungi Jepang dengan tujuan liburan, pendidikan, dan sebagainya.

Pertumbuhan Nasabah Kaya

Berdasarkan hasil riset dari Global Data “Indonesia Wealth Management: Market Sizing and Opportunities to 2026”, meskipun terjadi pandemi pada 2020, pasar nasabah makmur atau affluent tetap tumbuh 11,6%, dengan segmen high net worth (HNW) atau orang super tajir, meningkat 8,5% dan segmen kaya (mass affluent) naik 11,8%.

Riset Global HSBC menunjukkan, bahwa nasabah bersedia memprioritaskan perjalanan dan liburan serta memotong pengeluaran diskresioner lainnya untuk memastikan mereka dapat bepergian dengan operator tur yang mendapat manfaat dari perlindungan perjalanan. Di samping itu, terjadi peningkatan penggunanaan kartu kredit di luar negeri sebesar 260% dan pembelanjaan tiket penerbangan sebesar 242% yang dilakukan oleh nasabah HSBC Premier di sepanjang 2022.