Sunday, September 14, 2025
Home Blog Page 197

Semarakkan Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2024: Badan Bahasa Kemendikdasmen Gelar 12 Kegiatan

0
[Reading Time Estimation: 6 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Setiap Oktober kita memperingati Sumpah Pemuda, sebuah ikrar kebangsaan yang dirumuskan melalui keputusan dalam Kongres Pemuda Kedua yang digelar pada Oktober 1928 yang lalu.

Pada saat itu, para pemuda dari berbagai latar belakang daerah, suku, dan agama berkumpul untuk menyatukan pikiran dan keyakinan mereka tentang tanah air, bangsa, dan bahasa persatuan yang kemudian mereka sebut Indonesia.

Peristiwa yang sangat bersejarah, Sumpah Pemuda tersebut, menjadi sebagai tonggak yang sangat penting untuk persatuan Indonesia dan itu harus senantiasa dipahami dan dimanifestasikan dalam kehidupan nyata oleh semua generasi penerus bangsa.

Untuk mendukung hal itu, sejak tahun 1980, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa atau dikenal dengan Badan Bahasa, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) secara konsisten mengembangkan kegiatan kebahasaan dan kesastraan yang kemudian menjadi ikon perayaan yang berpusat pada setiap bulan Oktober yang kita sebut dengan Bulan Bahasa dan Sastra (BBS).

Perayaan Bulan Bahasa dan Sastra dilandasi oleh sebuah semangat dan kesadaran, bahwa mengutamakan bahasa Indonesia, di samping melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing, merupakan tindakan untuk memperkuat bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan identitas nasional kita.

BBS tahun 2024 digelar untuk memajukan peran bahasa dan sastra Indonesia di ranah nasional serta internasional. Pada tahun ini, rangkaian acara Bulan Bahasa dan Sastra diselenggarakan secara hibrida, melibatkan partisipasi daring dan luring untuk menjangkau lebih banyak kalangan di seluruh Indonesia.

BBS tahun ini dirayakan dengan mengusung tema “Berbahasa Cerdas untuk Generasi Emas”. Dengan tema tersebut, seluruh elemen masyarakat diajak untuk merenungkan “kecerdasan berbahasa” para pejuang pergerakan Angkatan 1928 melalui berbagai kegiatan kebahasaan dan kesastraan sebagai ajang untuk bertukar gagasan, berkompetisi, dan berbagi apresiasi serta informasi.

Bulan Bahasa dan Sastra (BBS) 2024
Foto: JPNN.com

Tema “Berbahasa Cerdas untuk Generasi Emas” juga sejalan dengan harapan bangsa Indonesia untuk meraih cita-cita Generasi Emas 2045 dalam rangka menyongsong 100 tahun proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Badan Bahasa bersama seluruh satuan kerja di bawahnya, baik yang berada di pusat maupun di balai atau kantor bahasa yang tersebar di 30 provinsi di Indonesia mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam aneka kegiatan dalam rangka perayaan dan peringatan Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2024.

Berikut rangkaian Kegiatan BBS Tahun 2024

1.       Penghargaan Sastra Kemendikdasmen

Penghargaan Sastra Kemendikdasmen merupakan penghargaan yang diberikan kepada para sastrawan yang memiliki karya sastra berkualitas dan konsisten dalam berkarya. Penghargaan ini diselenggarakan sejak tahun 1989 untuk memberikan apresiasi pada karya-karya sastra Indonesia yang membawa manfaat dan pengaruh positif dalam pembangunan karakter bangsa serta kepada sastrawan Indonesia yang secara konsisten mendedikasikan hidupnya dalam dunia sastra dan memberikan inspirasi bagi sastrawan lainnya. Calon penerima penghargaan diusulkan oleh para penerbit, komunitas, perorangan, dan balai/kantor bahasa di seluruh wilayah Indonesia. Penghargaan ini terdiri atas lima kategori, yaitu novel, naskah drama, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, dan kumpulan esai sastra.

2.       Penghargaan Wajah Bahasa Lembaga Tingkat Nasional

Penghargaan Wajah Bahasa Lembaga Tingkat Nasional merupakan apresiasi yang diberikan oleh Badan Bahasa pada lembaga-lembaga yang memiliki sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Sikap positif terhadap bahasa Indonesia tersebut diwujudkan dengan adanya kemauan setiap lembaga untuk mengutamakan bahasa Indonesia di ruang publik dan dalam dokumen lembaga berdasarkan hasil pembinaan yang telah dilakukan oleh Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra maupun balai/kantor bahasa. Penghargaan Wajah Bahasa Lembaga Tingkat Nasional diberikan sebagai upaya penguatan bagi lembaga binaan yang tersebar di setiap provinsi agar terlibat aktif dalam program pengutamaan bahasa negara.

3.       Anugerah Tokoh Cermat Berbahasa Indonesia

Anugerah ini diberikan kepada individu yang memiliki kepedulian, sumbangsih, dan pengaruh terhadap pembinaan bahasa Indonesia. Selain itu, anugerah ini ditujukan untuk memberikan keteladanan, motivasi, dan menumbuhkan sikap peduli terhadap bahasa dan sastra .

4.       Apresiasi Giat UKBI Adaptif Merdeka

Sejak tahun 2021 Badan Bahasa melalui Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra menyelenggarakan program Giat UKBI Adaptif Merdeka yang ditujukan kepada pelajar SMP dan SMA sederajat. Dalam rangkaiannya, Badan Bahasa memberikan apresiasi bagi sekolah SMP dan SMA sederajat yang secara aktif menyelenggarakan program Giat UKBI Adaptif Merdeka di sekolahnya. Karena antusiasme sekolah dan manfaat yang diperoleh oleh peserta didik serta testimoni agar program ini tetap berlanjut, pada tahun 2024 Badan Bahasa tetap melaksanakan program Apresiasi Giat UKBI Adaptif bagi sekolah SMP dan SMA sederajat. Program ini bertujuan agar sekolah memiliki wadah untuk berbagi praktik baik pelaksanaan Giat UKBI Adaptif Merdeka di sekolahnya.

5.       Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional

Kegiatan ini diselenggarakan secara rutin setiap tahun sejak 1988 sebagai salah satu upaya meningkatkan sikap apresiatif generasi muda, khususnya siswa di tingkat SMA/SMK/MA terhadap karya puisi. Sebagai sebuah bentuk adaptasi hidup pada era kenormalan baru, sejak 2020, kegiatan ini dilaksanakan dalam format digital. Peserta kegiatan berkarya di rumah saja, merekam karyanya dalam bentuk digital (video), dan mengunggah karyanya untuk dilombakan melalui media YouTube. Tahun ini kegiatan dilaksanakan secara hibrida, yakni seleksi awal berupa penilaian video para peserta dan penjurian final berupa penilaian langsung yang dilakukan juri terhadap penampilan musikalisasi puisi para finalis.

6.       Festival Film Pendek Berbahasa Daerah

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya melindungi bahasa dan sastra daerah serta memperkaya data bahasa daerah dalam bentuk film. Melalui festival ini, Badan Bahasa memberikan kesempatan bagi para peserta didik, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk mengeskpresikan kreativitas, membuat inovasi, membangun semangat kebinekaan di Nusantara, dan meningkatkan kecintaan terhadap bangsa Indonesia di tengah kebinekaan yang diwujudkan dalam bentuk film pendek berbahasa daerah.

7.       Festival Handai Indonesia

Handai Indonesia merupakan jenama yang diberikan oleh Badan Bahasa, Kemendikdasmen kepada warga negara asing yang mampu berbahasa Indonesia serta memahami peradaban, masyarakat, dan kebudayaan Indonesia. Untuk menyediakan wahana unjuk kemahiran dan kreativitas handai Indonesia dalam bertutur dan menulis kreatif dengan menggunakan bahasa Indonesia, Badan Bahasa melalui Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa menyelenggarakan Festival Handai Indonesia (FHI). FHI diselenggarakan sejak tahun 2020. Ada tujuh lomba dalam FHI tahun 2024, yaitu berpidato, bercerita, bernyanyi, berpuisi, berpantun, membawakan reportase, dan bersurat.

8.       Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional

Kegiatan Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional dilaksanakan dengan misi untuk senantiasa melahirkan generasi muda yang siap menerjemahkan dan menyelaraskan cita-cita pemuda angkatan 1928 dalam tindakan nyata sesuai dengan dinamika perkembangan zaman serta mampu memantik peran dalam memantapkan fungsi bahasa Indonesia guna memperkuat jati diri dan daya saing bangsa. Kegiatan ini diikuti oleh generasi muda usia 18 sampai dengan 25 tahun yang diseleksi oleh Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra serta balai/kantor bahasa di seluruh wilayah Indonesia. Para generasi muda yang menjadi duta bahasa memiliki peran untuk mempromosikan dan mengimplementasikan Trigatra Bangun Bahasa, yaitu mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing.

9.       Lomba Cerdas Mengulas Buku

Salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca dan meningkatkan literasi masyarakat adalah dengan kegiatan membaca nyaring (read aloud). Dalam rangka memperingati Hari Membaca Nyaring Sedunia (World Read Aloud Day) dan untuk ikut mendukung kegiatan Gerakan Indonesia Membaca, Badan Bahasa bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional meyelenggarakan kegiatan Lomba Cerdas Mengulas Buku (LCMB). Kegiatan Lomba Cerdas Mengulas Buku bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak dan merangsang imajinasi serta kecerdasan anak dalam mengulas buku literasi yang sesuai dengan minat dan usianya. Selain itu, lomba ini bertujuan untuk menyosialisasikan bahan bacaan literasi yang telah disusun oleh Badan Bahasa dan termuat di laman budi.kemdikbud.go.id. Kegiatan ini diikuti oleh siswa yang duduk di bangku PAUD, SD kelas rendah, dan SD kelas tinggi.

10.   Lomba Mendongeng bagi Penyandang Disabilitas Netra

Kegiatan Lomba Mendongeng bagi Penyandang Disabilitas Netra dilaksanakan sebagai upaya peningkatan literasi siswa penyandang disabilitas netra melalui dongeng. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh minimnya wadah atau media pengembangan diri bagi penyandang disabilitas netra. Lomba Mendongeng bagi Penyandang Disabilitas Netra diharapkan dapat menjadi alternatif wadah atau media kompetisi dan pembelajaran bagi para siswa penyandang disabilitas netra di Indonesia agar terus berkarya dan mengembangkan diri. Sasaran kegiatan ini adalah siswa setingkat SMP yang bersekolah di sekolah luar biasa atau sekolah inklusi di seluruh Indonesia.

11.   Lomba Monolog Pesan Pujangga

Kegiatan Lomba Monolog Pesan Pujangga yang merupakan akronim dari Pesan sang Pujangga merupakan upaya untuk mengenalkan kembali dan mengapresiasi sastrawan dan karya sastra Indonesia kepada generasi muda. Kegiatan ini hadir di tengah masyarakat untuk meningkatkan ketertarikan generasi muda terhadap sastra Indonesia melalui alih wahana karya sastra para sastrawan Indonesia dalam bentuk monolog. Pada tahun ini, Lomba Monolog Pesan Pujangga mengangkat tema “Menyelami Karya A.A. Navis” dengan sasaran kegiatan mahasiswa di seluruh wilayah Indonesia.

12.   Menjalin Indonesia

Kegiatan Menjalin Indonesia bertujuan untuk mengintegrasikan kegiatan kebahasaan dan kesastraan yang dilaksanakan oleh Badan Bahasa. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan secara nasional program unggulan dari tiap-tiap balai/kantor bahasa yang memperlihatkan kekhasan program kebahasaan dan kesastraan di wilayah kerja balai/kantor bahasa dan diharapkan memberi gambaran dari banyak kegiatan balai/kantor bahasa yang memberi makna kepada masyarakat dan bangsa Indonesia. Tema Menjalin Indonesia tahun ini adalah “Peringatan 100 Tahun A.A. Navis”.

Rangkaian kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra dilakukan secara luas dan menyeluruh melalui seluruh media informasi Badan Bahasa serta balai/kantor bahasa dan ikatan duta bahasa yang tersebar di 31 provinsi. Seluruh rangkaian kegiatan BBS Tahun 2024 ditutup dengan Acara Puncak yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 28 Oktober 2024. Dalam acara ini dilaksanakan, antara lain, pengumuman hasil kegiatan, penyerahan penghargaan, dan pementasan seni budaya. Selain itu, dalam acara ini diluncurkan produk Badan Bahasa. Acara ini dilaksanakan bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda, yaitu 28 Oktober 2024.

Bagaimana Cara Berinteraksi dengan Milenial dan Gen Z?

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]
Indonesia Millennial and Gen Z Report 2025 (Dok. Internal IDN)

Indonesia Millennial and Gen Z Report 2025 menyajikan analisis mendalam tentang perilaku, nilai, dan aspirasi generasi Milenial dan Gen Z, menjadikannya panduan strategis bagi pelaku bisnis dan pembuat kebijakan.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Indonesia Millennial and Gen Z Report 2025 resmi diluncurkan pada pembukaan Indonesia Millennial & Gen-Z Summit 2024, yang diselenggarakan di The Tribrata, Jakarta, pada 22 Oktober 2024. Laporan hasil kerja IDN Research Institute dengan dukungan riset kuantitatif dari Populix ini memberikan analisis mendalam tentang perilaku, nilai, dan aspirasi generasi Milenial dan Gen Z di Indonesia.

Dengan menyajikan wawasan yang komprehensif tentang kontribusi mereka terhadap perubahan sosial, politik, dan ekonomi, laporan ini menjadi panduan strategis bagi bisnis, pembuat kebijakan, akademisi, dan masyarakat umum untuk memahami dinamika generasi yang menjadi pilar penting pembangunan bangsa.

Generasi Milenial (28–43 tahun) dan Gen Z (12–27 tahun) merupakan kekuatan utama di balik transformasi Indonesia saat ini. Mereka tidak hanya beradaptasi dengan perubahan, tetapi juga memimpin berbagai inisiatif untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Laporan ini menyoroti peran sentral kedua generasi dalam berbagai sektor penting seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan mental, serta partisipasi politik dan sosial. Dengan fokus pada keberlanjutan, inklusivitas, dan kesetaraan, visi mereka untuk masa depan Indonesia berakar kuat pada nilai-nilai tersebut.

Dalam pernyataannya, Chief Operating Officer IDN William Utomo menegaskan bahwa generasi Millennial dan Gen Z bukan hanya pengamat, melainkan agen perubahan aktif. “Generasi ini tidak hanya beradaptasi dengan perubahan, tetapi menjadi penggerak utama dalam masyarakat. Kami berharap laporan ini dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang tantangan dan peluang yang mereka hadapi, serta bagaimana semua pemangku kepentingan dapat berkolaborasi untuk mendukung aspirasi mereka,” ujarnya.

Laporan ini terdiri dari tujuh bab utama yang membahas berbagai aspek kehidupan generasi muda, seperti Family and Values, Personal Finance, Education and Careers, Mental Health and Wellbeing, Media Consumption, Entertainment and Hobbies, serta Politics and Social Engagement. Setiap bab menggambarkan bagaimana generasi ini terus menyeimbangkan kehidupan profesional dan pribadi, dengan semakin tingginya kesadaran akan kesehatan mental dan keterlibatan dalam isu-isu sosial.

Laporan ini juga mengenalkan Generasi Alpha, anak-anak yang lahir sejak 2010, yang diperkirakan akan memiliki dampak besar pada masa depan Indonesia. Generasi Alpha tumbuh dalam lingkungan digital, dan laporan ini memberikan wawasan awal tentang bagaimana mereka akan memengaruhi sektor teknologi, pendidikan, dan keberlanjutan.

Kania Aisha Pasaman dari IDN Research Institute menambahkan, “Memahami Generasi Alpha sejak dini penting bagi pemangku kepentingan untuk merancang strategi jangka panjang. Kami berharap laporan ini menjadi panduan strategis untuk pelaku bisnis dan pembuat kebijakan.”

Laporan ini didukung oleh data dari 1.500 responden di 12 kota besar, termasuk Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Penelitian dilakukan antara Mei hingga Agustus 2024, dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Temuan ini memberikan gambaran mendalam tentang keadaan generasi muda Indonesia saat ini.

Dengan pandangan yang komprehensif tentang tantangan dan aspirasi Millennial dan Gen Z, Indonesia Millennial and Gen Z Report 2025 memberikan panduan berharga bagi perusahaan dan lembaga dalam membangun strategi interaksi yang efektif dengan generasi ini. Panduan ini juga mencakup peluang yang ditawarkan Generasi Alpha, yang diproyeksikan akan memainkan peran penting dalam masa depan teknologi dan keberlanjutan di Indonesia.

Sharp Indonesia Gandeng Vidio, Sinergi Inovatif untuk Hiburan Digital Terbaik

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Sharp Indonesia baru-baru ini mengumumkan kolaborasi menarik bersama aplikasi streaming Vidio dalam rangka memperluas akses hiburan berkualitas pada produk TV mereka. Melalui kerja sama ini, mulai pertengahan Oktober 2024, aplikasi Vidio kini tersedia di berbagai model Android dan Google TV dari Sharp, memberikan pengguna akses gratis selama tiga bulan ke Vidio Platinum saat membeli TV Sharp berukuran 32 hingga 75 inci.

Sharp dan Vidio Hadirkan Pengalaman Streaming Maksimal dengan Seamless Activation

Pengaktifan layanan ini dibuat sangat mudah berkat fitur seamless activation. Pengguna cukup membuka aplikasi Vidio di layar utama Sharp Google TV. Pilih opsi “Ambil Bonus” pada banner promosi, lalu melakukan login ke akun Vidio. “Jika belum memiliki akun, pengguna cukup mendaftar dengan langkah sederhana untuk segera menikmati berbagai konten premium,” jelas Ardy, Head of Product Strategy Group AUVI & Smartphone Division di PT Sharp Electronics Indonesia.

Langganan Vidio Platinum memungkinkan pengguna menikmati berbagai pilihan konten menarik. Seperti siaran langsung olahraga seperti BRI Liga 1 dan UEFA Champions League. Serial asli Vidio yang dibintangi oleh selebritas seperti Dian Sastrowardoyo, Laura Basuki, dan Jefri Nichol. Serta film Hollywood terbaru, drama Korea populer, anime, dan tayangan edukatif anak-anak.

Komitmen Sharp Beri Pengalaman Terbaik

Menurut Ardy, kolaborasi ini merupakan bagian dari komitmen Sharp untuk memberikan pengalaman pelanggan yang terbaik. “Dengan Vidio di TV Sharp Android dan Google TV, konsumen dapat merasakan hiburan praktis dan menyenangkan, dilengkapi kualitas visual dan audio yang optimal,” ujarnya.

Momen ini adalah kesempatan bagi konsumen untuk meningkatkan pengalaman menonton mereka dengan Sharp. Kini tidak hanya menawarkan televisi berkualitas tinggi tetapi juga akses ke beragam hiburan yang cocok untuk semua anggota keluarga. Televisi Sharp dengan akses eksklusif Vidio ini sudah tersedia di toko elektronik offline di seluruh Indonesia serta melalui platform e-commerce.

Tentang PT SHARP Electronics Indonesia (SEID)

SHARP telah memulai perjalanan panjangnya di Indonesia sejak tahun 1970. Bermula dari PT Yasonta, yang didirikan pada tahun 1970 sebagai perusahaan nasional. Pada tahun 1994 SHARP Corporation menjadikan PT Yasonta perusahaan patungan PMA. Dengan mengakuisisi PT Yasonta dan mengubah namanya menjadi PT SHARP Yasonta Indonesia (SYI). Sejak Mei 2005 berubah nama menjadi PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) seperti yang dikenal sampai saat ini.

6 Strategi Membangun Bisnis Online di Tengah Persaingan Yang Ketat

0
[Reading Time Estimation: 4 minutes]

6 Strategi Membangun Bisnis Online di Tengah Persaingan Yang Ketat

Marketing.co.id – Berita UMKM | Lembaga riset eCommerce dari Jerman, ECDB, memproyeksikan pertumbuhan eCommerce di Indonesia mencapai 30,5% pada 2024, hampir tiga kali lipat dibandingkan rata-rata pertumbuhan global.

Angka ini menempatkan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan eCommerce di dunia, melampaui negara Asia Tenggara lain, seperti Thailand, Malaysia, dan Filipina. Temuan ini juga menggambarkan aktivitas ekonomi masyarakat Indonesia yang tinggi, serta menciptakan peluang bagi pelaku bisnis untuk bertumbuh di ekosistem digital.

Akan tetapi, di samping potensi ekonomi yang besar, pertumbuhan ini juga menghadirkan tantangan baru bagi pelaku bisnis, khususnya UMKM. Kementerian Koperasi dan UKM pada 2023 menargetkan 30 juta UMKM di Indonesia bergabung dalam ekosistem digital pada 2024. Hal ini berarti pelaku UMKM akan menghadapi lebih banyak pesaing dalam aktivitas bisnis online-nya. Untuk dapat bersaing, dibutuhkan strategi cermat agar bisnis dapat bertahan dan berkembang.

Ika Puspa Sari, salah satu penjual online Lazada juga turut merasakan perkembangan ekosistem bisnis digital yang kian dinamis. Ika dan Supriyadi, suaminya, mendirikan toko offline dan online yang dinamakan “Al-Mubarokah Herbal” pada 2018. Toko tersebut menjual madu, kurma, dan beragam produk herbal. Hingga saat ini, Al-Mubarokah Herbal menangani ribuan pesanan setiap harinya dan terus mencatatkan pertumbuhan pembelian positif.

Berkaca pada keberhasilan Al-Mubarokah Herbal, Ika membagikan strategi membangun bisnis online di tengah persaingan yang semakin ketat.

Fokus cari jeneng bukan jenang 

“Cari jeneng, jangan cari jenang” atau “cari nama, jangan cari materi” adalah mantra yang selalu dipegang Ika dalam menjalankan bisnis online-nya. Bagi Ika, membangun brand yang kuat adalah prioritas utama dibandingkan mengejar keuntungan semata. Brand yang telah dikenal dan dipercaya konsumen akan dengan sendirinya mendatangkan keuntungan material. Sebaliknya, brand yang hanya berfokus pada angka atau nilai material cenderung akan meredup dan kehilangan daya tariknya dalam jangka panjang.

Branding adalah pintu pembuka untuk pertumbuhan bisnis. Saya ingin konsumen mengasosiasikan madu dengan Al-Mubarokah,” tutur Ika, mengungkapkan mimpinya mengikuti jejak brand-brand besar yang kini berhasil menjadi top-of-mind konsumen.

Bangun mental

Banting setir dari pekerjaannya sebagai dosen dan bidan, Ika mengaku banyak orang yang menyayangkan pilihannya untuk menjadi pebisnis online. “Saya sering ditanya, ‘memang yakin bisa mencukupi kebutuhan keluarga hanya dari jualan online?’. Padahal omset saya sehari mungkin bisa lebih dari gaji sebulan,” beber Ika.

Bagi Ika, modal terbesar memiliki brand bukan modal materi, tetapi modal kesiapan mental dan hati. Meski memulai bisnis hanya dengan modal sebesar Rp500.000, mental seorang pebisnis harus lebih dari itu. “Mengubah persepsi diri kita itu yang paling penting dan paling mahal. Modal rupiah itu kecil dan bisa dicari, tapi mentalitas itu tak bisa dibayar,” tutur Ika.

Mulai lihat peluang di sekitarmu

Berawal dari ajakan sang suami, Ika memulai bisnis online dengan menjadi reseller. Akan tetapi, kesulitan mendapatkan stok membuatnya dan suami memutuskan untuk memulai bisnis mereka sendiri. Bisnis yang mereka pilih adalah bisnis madu. Pemilihan bisnisnya tak hanya didasari oleh latar belakangnya di dunia kesehatan, namun juga diambil karena melihat peluang pasar yang menjanjikan.

Keselarasan antara latar belakang atau keahliannya dengan peluang yang terbuka lebar, akhirnya memantapkan Ika untuk terjun ke bisnis online bersama suaminya. “Orang sakit tidak selalu langsung ke dokter. Umumnya, mereka terlebih dahulu mencari penanganan lain yang dirasa aman yang umumnya bersifat non-medis, contohnya madu,” jelas Ika.

 Jangan terburu-buru, cek pasar dulu!

Kekhawatiran utama pemula saat akan memulai bisnisnya adalah tingkat keberhasilan produknya di pasar. Sebagai pemain bisnis online berpengalaman, Ika membagikan strateginya di awal pendirian Al-Mubarokah Herbal, yaitu tes pasar. Ika menyoroti pentingnya tes pasar dalam memahami kebutuhan konsumen, yang berhubungan dengan tingkat keberhasilan produk di pasar.

Salah satu produk Al-Mubarokah Herbal, madu yang diperuntukkan untuk anak dengan speech delay (keterlambatan bicara), awalnya dijual ke pasar sebanyak 20 botol yang langsung ludes di pasar, menunjukkan tingginya minat konsumen dan peluang pasar bagi produk ini. Dengan tes pasar, penjual mampu mendapatkan gambaran tentang performa produk yang akan dijual di pasaran, sehingga memperkecil risiko gagal.

Identifikasi unique selling point untuk tarik konsumen 

Persaingan pasar yang kian sengit sering kali membuat penjual kesulitan untuk menarik perhatian konsumen. Karenanya, penting untuk mengidentifikasi keunikan atau unique selling point (USP) dari produk yang dijual.

Al-Mubarokah Herbal, misalnya, tetap mampu mempertahankan posisinya di mata konsumen di tengah maraknya penjual madu di marketplace. Hal ini, ungkap Ika, tak terlepas dari beberapa USP yang ditawarkan produk-produknya, antara lain: harga kompetitif yang mengakomodasi berbagai kalangan, sertifikasi yang lengkap, hingga produksi mandiri dengan quality control ketat.

Selain itu, layanan pelanggan yang unggul juga turut memberi nilai plus dari sisi pengalaman pelanggan. Ilmu kesehatan yang ia kuasai membantunya memahami dan menyediakan produk yang menjawab kebutuhan pelanggan dengan lebih tepat dan terpercaya.

Optimalkan fitur dan layanan eCommerce

Platform eCommerce seperti Lazada menyediakan beragam fitur untuk membantu para penjual meningkatkan kinerja toko. Penting bagi penjual untuk mempelajari dan memanfaatkan fitur-fitur tersebut demi meningkatkan penjualan.

Namun, karena karakteristik toko yang berbeda-beda, Ika menekankan bahwa penting bagi penjual untuk mencoba berbagai fitur dan melihat mana yang paling efektif untuk toko masing-masing. Al-Mubarokah Herbal, misalnya, sering menggunakan fitur voucher, iklan, serta Flexi Combo yang ditawarkan Lazada untuk mendongkrak penjualan.

Selain itu, Ika, yang juga sering menjadi mentor untuk banyak penjual baru di Lazada, menyoroti beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan penjual pemula, seperti terlalu banyak menggunakan uang tanpa perhitungan matang, mengikuti tren produk yang tidak sesuai keahlian dan peluang pasar, serta terlalu terpengaruh orang lain.

Ika menyarankan penjual, khususnya pemula, untuk fokus pada bisnis yang sesuai dengan keahlian dan peluang pasar, membangun usaha secara bertahap, serta mau melewati tahap trial and error dalam membangun bisnisnya. Bergabung dengan platform eCommerce seperti Lazada, bisa menjadi salah satu cara mudah untuk mendapatkan pasar.

Kesuksesan yang diraih Ika melalui Al-Mubarokah herbal membuktikan bahwa kesuksesan di era digital yang kompetitif bukan hal yang mustahil bagi UMKM. Dengan memahami peluang, fokus pada branding, serta memanfaatkan platform digital secara optimal, siapa pun dapat mengikut jejak Ika dan penjual online sukses lainnya.

Lepas dan Segar! Rasakan Serunya Fri-yay bersama Coca-Cola

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Dalam era digital, di mana koneksi virtual sering mendominasi, generasi Gen Z kerap merindukan kebersamaan yang nyata dan autentik. Coca-Cola memahami kebutuhan ini dan meluncurkan kampanye “Rasain Segarnya Fri-yay” sebagai perayaan persahabatan dan semangat “Fri-yay!” di Jakarta pada 21-25 Oktober 2024, berlokasi di kawasan Dukuh Atas dan Taman Literasi Blok M.

The Power of “Nongkrong”: Lebih dari Sekadar Kegiatan Sosial

Bagi masyarakat Indonesia, nongkrong adalah bagian dari budaya sosial yang melekat. Nongkrong bagi Gen Z, terutama di tengah kehidupan modern yang serba cepat, menjadi momen penting untuk relaksasi dan bersantai bersama. “Kami melihat bahwa Gen Z gemar bersosialisasi, terutama melalui kegiatan nongkrong. Kami ingin mengajak mereka untuk merayakan momen kebersamaan ini,” jelas Fitriana Adhisti, Frontline Marketing Director Coca-Cola Indonesia. Kampanye ini bertujuan menghidupkan suasana nongkrong agar lebih seru dan bermakna, dengan Coca-Cola sebagai teman di setiap momen tersebut.

Friday Nongkrong dan Kegiatan Menarik 

Hari Jumat menjadi waktu yang ditunggu-tunggu, terutama sebagai kesempatan untuk melepas kepenatan dan mempererat persahabatan. Kampanye “Rasain Segarnya Fri-yay” menawarkan berbagai kegiatan spesial, termasuk penampilan selebriti Rendy Pandugo dan Oslo Ibrahim pada 25 Oktober 2024 di Taman Literasi. Pengunjung juga dapat bersantai di COKE Lounge sambil menikmati Coca-Cola gratis.

Guerilla Interactive: Tampilkan Ekspresi Dirimu

Di area Dukuh Atas, Coca-Cola mengundang pengunjung untuk mengekspresikan suasana hati melalui stiker pesan di instalasi interaktif. Dengan cermin ajaib dan stiker-stiker kreatif, setiap orang dapat membuat kenangan baru yang unik dan menyenangkan. Pesan-pesan yang ditempelkan juga akan dipamerkan melalui COKE Mobile Truck yang akan berkeliling Jakarta, menyebarkan semangat Fri-yay di seluruh kota.

Sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 1927, Coca-Cola terus menghadirkan beragam produk, termasuk Sprite & Fanta. Kini, perusahaan ini memproduksi berbagai produknya di delapan pabrik yang tersebar di Indonesia, mencerminkan komitmen perusahaan untuk menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia.

MMKSI Luncurkan Perangkat Lunak Terbaru untuk Desain Kendaraan di KidZania Jakarta

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Teknologi | PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan pengalaman desain yang lebih interaktif dan futuristik di Mitsubishi Motors Car Design Center, KidZania Jakarta. Dalam acara tersebut, MMKSI mengundang media dan keluarga untuk merasakan inovasi terbaru ini yang bertujuan memperkaya pengalaman anak-anak dalam mendesain kendaraan impian mereka.

Perangkat lunak yang baru dikembangkan ini menawarkan pengalaman desain yang lebih komprehensif. Anak-anak kini dapat berperan sebagai desainer kendaraan masa depan, mulai dari menyusun detail kendaraan, memilih warna favorit, hingga melihat hasilnya dalam bentuk visual 3D. Teknologi terkini ini tidak hanya merangsang imajinasi, tetapi juga memberikan pengalaman desain yang lebih interaktif dan mendidik.

Intan Vidiasari, General Manager of Marketing Communication & PR Division PT MMKSI, menyatakan, “Pengembangan ini adalah bukti nyata komitmen MMKSI untuk mendukung kreativitas anak-anak di Indonesia. Kami percaya teknologi adalah alat efektif dalam pengembangan anak. Dengan perangkat lunak ini, kami ingin memberikan kesempatan bagi mereka untuk mewujudkan imajinasi dalam desain kendaraan yang nyata dan futuristik. Kami berharap update ini memberikan ruang bagi eksplorasi ide-ide secara menyenangkan dan edukatif.”

Dalam sesi desain, anak-anak dapat merancang mobil yang mencerminkan kepribadian mereka, termasuk custom car dan future car yang inovatif. Tampilan visual 3D yang canggih memberikan dimensi baru bagi desain mereka, membuat setiap pilihan warna dan aksesoris menjadi lebih hidup.

Perangkat lunak ini dilengkapi dengan beberapa peningkatan utama. Pertama, visual 3D yang memungkinkan desain tampil lebih nyata dan mendetail. Kedua, konsep baru sehingga memberi ruang lebih bagi kreativitas anak untuk menciptakan kendaraan impian. Ketiga, user interface futuristik yang menyediakan pengalaman visual yang lebih menarik dan intuitif. Keempat, pilihan background beragam sehingga anak-anak dapat memilih latar belakang sesuai preferensi mereka. Terakhir, proses desain dan pencetakan yang efisien, dimana seluruh proses dilakukan lebih cepat dan terintegrasi.

Peningkatan ini adalah bagian dari komitmen MMKSI untuk terus berinovasi di seluruh lini bisnisnya, dengan harapan dapat tumbuh bersama masyarakat Indonesia menuju kehidupan yang lebih baik. MMKSI percaya bahwa dengan memberikan alat yang tepat, anak-anak dapat mengeksplorasi kreativitas mereka dan membangun fondasi yang kuat untuk masa depan.

Melalui inisiatif ini, MMKSI juga berupaya menanamkan kesadaran akan pentingnya inovasi dan desain dalam industri otomotif di kalangan generasi muda. Dengan keterlibatan langsung dalam proses kreatif, anak-anak tidak hanya belajar tentang desain, tetapi juga mendapatkan pengalaman yang berharga mengenai teknologi dan engineering.

Dalam kesempatan ini, MMKSI mengundang seluruh orang tua untuk mendampingi anak-anak mereka di KidZania Jakarta, dan memberikan mereka kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengalaman belajar yang menyenangkan ini. Melalui program ini, MMKSI berharap anak-anak dapat merasakan kegembiraan dalam menciptakan, yang akan memicu minat mereka terhadap industri otomotif di masa depan.

 

Mie Sedaap Hadirkan Ahn Hyo Seop, Chef Devina, dan Ariel dalam ‘Come See Mie: Meet the Stars of The Ultimate Journey’

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Mie Sedaap mengumumkan acara Come See Mie edisi Meet The Stars of The Ultimate Journey yang diselenggarakan di CGV Central Park, Jakarta Barat. Acara ini menghadirkan tiga bintang tamu spesial Ahn Hyo Seop, aktor asal Korea; Chef Devina Hermawan; dan Ariel ‘Noah’, penyanyi legendaris Indonesia. Dimana, ketiga figur ini merepresentasikan varian-varian baru Mie Sedaap.

Katria Arintya Anindyantari, Head of Marketing Food WINGS Group Indonesia, menjelaskan, “Mie Sedaap selalu berkomitmen untuk membawa rasa ke kehidupan masyarakat. Kami ingin menghadirkan pengalaman rasa dan keseruan yang ultimate bagi generasi muda, terutama Gen-Z. Di usia 20 tahun ini, Mie Sedaap tidak hanya bertahan, tetapi terus berinovasi dan menjangkau hati konsumen dengan varian rasa serta aktivitas yang relevan. Kami mengajak anak muda untuk bertemu ‘stars of the ultimate journey’ yaitu varian-varian baru Mie Sedaap itu sendiri.”

Dalam acara ini, setiap brand ambassador membagikan perjalanan mereka menemukan the ultimate taste. Ahn Hyo Seop memulai sesi dengan berbagi momen spesial dan interaksi seru dengan para penggemar yang hadir. Interaksi yang seru, sesi tanya jawab, dan kesempatan untuk berfoto bersama membuat momen ini berkesan bagi para konsumen setia Mie Sedaap.

Di tengah kuatnya gelombang budaya K-Pop di Indonesia, Mie Sedaap merespons tren ini dengan meluncurkan inovasi terbaru dari Mie Sedaap Korean Spicy Chicken. Dengan lebih dari 25 acara Korea di Indonesia pada tahun 2023, kesuksesan K-Pop yang terus berlanjut menunjukkan bahwa minat terhadap makanan Korea semakin berkembang. Mie Sedaap Selection Korean Series telah mendominasi industri mie instan rasa Korea di Indonesia. Untuk semakin menambah daya tariknya, Mie Sedaap Korean Spicy Chicken kini hadir dengan topping seaweed crunch yang menggugah selera.

“Tidak hanya rasa ayam pedas Korea dari mie, tetapi juga tekstur mienya yang tebal dan kenyal, serta topping baru dengan rumput laut yang renyah!” ujar Ahn Hyo Seop dengan bangga.

Tidak hanya Ahn Hyo Seop, Mie Sedaap juga secara resmi mengumumkan kolaborasi dengan Chef Devina Hermawan, yang meluncurkan Mie Sedaap Goreng Ala Chef Devina, mie goreng ala chef pertama di Indonesia. Mie Goreng ini menawarkan tekstur mie yang pipih, lebih tebal, dan kenyal, ditambah topping spesial kremesan kriuk dan sayuran kering.

“Luar biasa inovasinya Mie Sedaap, sangat berarti bagi saya, karena apa yang saya racik bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia kapan saja dan di mana saja. Mie Sedaap bukan hanya sekadar mie instan, tetapi bagian dari kehidupan sehari-hari banyak orang,” ujar Chef Devina.

Sementara Nazril Irham atau yang akrab disapa Ariel juga berbagi perjalanan menemukan ultimate taste. Ariel mengungkapkan bahwa soto adalah comfort food-nya. “Di masa roadshow untuk konser, soto selalu jadi comfort food saya. Mie Sedaap Soto selalu enak dan menjadi teman setia,” ungkap Ariel.

Acara Come See Mie bukan hanya peluncuran produk baru, tetapi juga perayaan penuh keseruan. Berbagai aktivitas menarik seperti kuis berhadiah, sesi tanda tangan, dan pertunjukan musik akan menghibur semua yang hadir. Suasana hangat dan penuh semangat menciptakan pengalaman tak terlupakan bagi para konsumen setia Mie Sedaap.

 

Morizora, Hunian Perpaduan Arsitektur Jepang dan Budaya Indonesia

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Property | Melalui kolaborasi strategis antara PT. Sumitomo Forestry Indonesia dan PT. Olympic Bangun Persada (OCBD), cluster Morizora, hunian bergaya Jepang, akirnya akan hadir pada medio November 2024 mendatang dengan teknologi ramah lingkungan.

Proyek yang berada di bawah bendera PT. One Sentral Bogor ini, mengusung green house yang memiliki kualitas bangunan yang tinggi. President Director PT. One Sentral Bogor, Imelda Fransisca, mengungkapkan, “Filosofi hunian ini tidak hanya kembali ke alamn, namun juga memberikan sesuatu untuk alam. Rumah-rumah di cluster Morizora akan dilengkapi dengan teknologi insolasi yang dilengkapi panel surya dan gas bawah tanah, sehingga penghuni tidak perlu menggunakan tabung gas lagi. Hal ini adalah konsep baru untuk hunian yang lebih ramah lingkungan.”

Imelda Fransisca, President Director PT. One Sentral Bogor (ketiga dari kanan) saat acara Agent Gathering Morizora pada hari Kamis, tgl 24 Oktober 2024 di Fullbelly OCBD Bogor

Berlokasi di kawasan Kedunghalang, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat, cluster ini berada tepat di kawasan One Central Business District (OCBD) yang dikembangkan oleh PT. Olympic Bangun Persada.

OCBD sendiri memiliki lahan seluas 25 Ha dengan akses tol langsung menuju Tol Bogor Ring Road dan terintegrasi dengan kawasan residensial, bisnis juga komersial. Morizora diambil dari perpaduan Mori, yang dalam bahasa Jepang bermakna hutan dan Zora, yang bermakna langit dalam bahasa Jepang.

Morizora menghadirkan tiga pilihan unit hunian, yaitu Mejiro (LT 84m2, LB 100m2), Hibari (LT 105m2, LB 138 m2), serta Kiji (LT 120 m2, LB 156m2). Semua hunian terdiri dari dua lantai, dikemas dalam balutan nuansa Jepang lewat penggunaan material kayu yang dominan menguatkan kesan alami.

Tiga arsitek ternama Jepang—Takahiro Fuwa, Masatsugu Wada, dan Shoko Yuzawa—berkolaborasi dengan Sontani + Partners, sebuah firma arsitektur lokal Indonesia, untuk menciptakan ruang hunian yang mencerminkan perpaduan arsitektur Jepang dan budaya Indonesia.

Semua hunian di Morizora telah meraih sertifikasi EDGE Advanced. Ini artinya, hunian ini menggunakan 40% lebih sedikit energi, 20% lebih sedikit air dan energi yang tersimpan dibandingkan dengan rata-rata bangunan rumah

 

 

Edukasi Bahaya NPD, Kartika Soeminar Luncurkan Buku Broken But Unbroken

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]
Kartika Soeminar meluncurkan buku pertamanya berjudul “Broken But Unbroken” di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Sabtu (26/10)

Melalui buku ini Kartika Soeminar ingin membuka wawasan tentang NPD (Narcissistic Personality Disorder) secara menyeluruh, termasuk perilaku sebenarnya para narsistik yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari

Marketing.co.id – Berita Marketing | Kartika Soeminar, seorang NPD abuse survivor, meluncurkan buku pertamanya berjudul “Broken But Unbroken” di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Sabtu (26/10). Buku ini menceritakan kisah perjalanan panjangnya hidup berdampingan bersama seorang penderita NPD. Melalui buku ini, Kartika Soeminar ingin membuka wawasan tentang NPD secara menyeluruh, termasuk perilaku sebenarnya para narsistik yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Buku ini ditulis Kartika sekaligus untuk menjadi corong bagi terbukanya edukasi mengenai pembahasan NPD yang akhir-akhir ini mengemuka di berbagai lini masa. Di ranah teknologi, NPD dikelompokkan sebagai salah satu gangguan patologis atau kejiwaan. Pengidapnya memiliki kepribadian narsistik berlebihan, bersifat superior, haus pujian dan validasi, minim empati serta menganggap dirinya paling benar.

Namun, pengidap NPD sering tak menyadari gangguan psikologis ektrem ini dalam diri mereka. Data epidemiologi pada 2023, menunjukkan bahwa sebagian besar kasus gangguna kepribadian narsistik terjadi pada remaja dan dewasa muda, dengan 75% dialami oleh pria. Gejalanya memburuk seiring bertambahnya usia orang yang terkena dampak.

Karthika Soeminar telah berjuang melawan depresi selama 23 tahun akibat perlakuan abusive dari seorang dengan gejala NPD. Berdasarkan kisah hidupnya, Kartika bekerja sama dengan Komunitas Emak Blogger (KEB) membagikan pengalamannya dalam sebuah kampanye #BrokenButUnbroken sejak April 2024. Tujuan dari kampanye ini adalah meningkatkan kesadaran Masyarakat tentang pentingnya memahami dan mengatasi gangguan narsistik. Kampanye ini dilaksanakan di 7 kota besar: Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Denpasar. Memasuki puncak kampanye ini, Kartika Soeminar mengungkapkan seluruh kisah dan perjalanannya dalam buku berjudul ‘Broken But Unbroken’.

“Hidup berdampingan dengan seorang NPD bisa merusak kesehatan mental apabila tidak memiliki support system dan kesadaran yang cukup. Melalui buku ini, saya ingin berbagi edukasi untuk memahami lebih lanjut tentang NPD dan dampaknya bagi kesehatan mental orang di sekitarnya. Semoga buku ini dapat memberi kekuatan dan harapan bagi pembaca yang sedang berjuang untuk pulih,” ujarnya.

Buku Broken But Unbroken

Dra Prabowatie Tjondronegoro, psikolog senior yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa pengidap NPD cenderung krisis empati terhadap lingkungan sekitar akibat pola pengasuhan masa kecil yang terlalu sering dipuji. Kekerasan psikologis yang dilakukan pengidap NPD kepada orang di sekitarnya akan meninggalkan jejak luka dan trauma yang cukup serius.

“Para korban ada kecenderungan menyalahkan diri sendiri (self-blaming). Kalau dia bertahan maka resikonya mental hancur. Sementara, jika dia meninggalkan pasangannya yang NPD, korban akan takut dengan komentar orang lain karena khawatir dicap sebagai pasangan yang buruk,” ujarnya.

Lebih lanjut Dra. Prabowatie menjelaskan bahwa NPD merupakan gangguan kepribadian yang pengidapnya sering kali merasa lebih baik drai orang lain. Sehingga, membuat orang-orang di sekitarnya merasa harus memuji dan mengaguminya. “Gejala obsesi kompulsif sangat melekat pada NPD di antaranya manipulatif dan butuh dikagumi. Hal ini karena lingkungan masa kecil tidak mendidiknya bahwa dia bisa saja salah. Bedanya dengan narsisme biasa, NPD cenderung tidak sadar kalau dirinya memiliki ciri-ciri itu,” ungkapnya.

Walaupun bukan penyakit mental menular, pengidap gangguan kepribadian narsistik ini perlu diwaspadai. Kesadaran akan gejala-gejala yang mungkin bisa timbul dari pengidapnya harus kita ketahui. Para korban NPD disarankan segera melakukan observasi dan konseling kepada ahli jika dirinya sudah pada tahap depresi dan tertekan secar psikologis. Umumnya, ahli akan menyarankan pemulihan trauma melalui metode psikoterapi, hypnoterapi, self-healing, hingga family therapy.

Di Indonesia sendiri edukasi mengenai kesehatan mental, utamanya gangguan NPD masih cukup terbatas. Oleh karenanya, dengan diluncurkannya buku ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat lebih komprehensif dalam mengenali gejala NPD, meningkatkan kesadaran mengenai NPD di kalangan kaum perempuan hingga proses melepaskan diri dari orang dengan NPD. Melalui buku ini, Kartika mengajak masyarakat untuk menjadi bagian dari gerakan perubahan menuju generasi masa depan yang lebih berwawasan, kuat, tangguh dan mencintai diri sendiri.

Menuju Sekolah “WellBeing”: Apa yang Akan Terjadi?

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Perkembangan teknologi di berbagai bidang tidak bisa diabaikan. Penggunaan kecerdasan buatan (AI) di industri membuat pendidikan pun harus beradaptasi. Dalam diskusi mengenai integrasi AI dan kesejahteraan yang berlangsung pada Jumat (26/10/24) di Binus School Serpong, Tangerang Selatan, dibahas pemanfaatan AI yang telah diterapkan di kelas 5. Penggunaan AI ini tetap diawasi sesuai kemampuan siswa.

Gerald Donovan, Direktur Binus School Serpong, menjelaskan bahwa di kelas konvensional, pengajaran sering kali tidak merata, menyebabkan beberapa siswa merasa bosan sementara yang lain kesulitan. AI membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi tantangan global melalui pembelajaran yang terus menerus, adaptasi, dan inovasi.

Gerald Donovan, Direktur BINUS SCHOOL Serpong dan Meghan Lee Hidayat, President Council Batch 16 sekaligus siswa kelas XII BINUS SCHOOL Serpong. Foto: marketing.co.id/lialily.

Walaupun metode menghafal masih relevan, proporsinya semakin berkurang. “AI memungkinkan kami menantang siswa sedikit di atas kemampuan mereka, mendorong mereka berpikir kritis dan terlibat aktif dalam kelas. Sekitar 10-15% pembelajaran di sekolah kini menggunakan AI, tergantung pada jenjang pendidikan,” tambah Donovan.

Dengan lebih dari 30 tutor AI yang terintegrasi dalam proses belajar, sekolah ini mengedepankan pembelajaran yang dipersonalisasi, memungkinkan setiap siswa belajar sesuai kecepatan mereka.

Untuk lebih memotivasi siswa, semester ini Binus School Serpong meluncurkan program Bring Your Own Device (BYOD) untuk siswa kelas 4 dan di atasnya, dengan tujuan jangka panjang mengintegrasikan teknologi ke setiap ruang kelas.

Meghan Lee Hidayat, Presiden Council Batch 16 dan siswa kelas XII, menekankan bahwa pelajaran di sekolahnya dibuat menyenangkan dan relevan dengan era sekarang. Ia merasakan dukungan dari penggunaan teknologi AI dalam pembelajaran, sambil tetap mengedepankan nilai-nilai dasar seperti saling menghargai, menghormati, dan integritas.

Sekolah ini juga fokus pada kesejahteraan murid, guru, dan lingkungan sekolah. Salah satu program utamanya adalah sistem manajemen perilaku bertingkat, yang memberikan dukungan sesuai kebutuhan individu siswa. Ini membantu siswa mengembangkan perilaku positif dan keterampilan hidup, seperti manajemen waktu, kontrol emosi, dan komunikasi melalui lokakarya.

Donovan menambahkan, “Dalam 2 hingga 3 tahun ke depan, kami menargetkan Binus menjadi sekolah yang fokus pada kesejahteraan. Akan ada Wellbeing Coordinator yang memperhatikan kesehatan mental siswa, agar mereka dapat berkembang baik secara akademis maupun emosional untuk menghadapi masa depan.”

 

Dealer BAIC Akan Hadir di 10 Kota Besar di Indonesia

0
[Reading Time Estimation: < 1 minute]

Marketing.co.id – Berita Otomotif | Setelah resmi masuk ke Indonesia pada bulan Mei 2024 lalu melalui PT JIO Distribusi Indonesia, produsen kendaraan listrik BAIC akan segera membuka serangkaian dealership resmi di berbagai kota di Indonesia hingga bulan Desember 2024.

BAIC akan segera membuka serangkaian dealership resmi di berbagai kota di Indonesia hingga Desember 2024. Foto: Ist.f, k

“Pembukaan dealer di seluruh Indonesia ini adalah bagian dari komitmen kami untuk menjadi lebih dekat dengan konsumen kami dan memberikan  kemudahan akses terhadap produk dan layanan BAIC secara maksimal,” ujar Dhani Yahya, Chief Executive Officer PT JIO Distribusi Indonesia.

Dealership-dealership BAIC baru ini akan segera hadir di 10 kota besar di Indonesia, yaitu Bandung, Jakarta Utara (PIK), Jakarta Timur (Cibubur), Medan, Surabaya, Batam, Samarinda, Bekasi, Semarang, Bali, dan Makassar.

Setiap dealer BAIC dilengkapi dengan fasilitas modern yang siap memberikan layanan purna jual terbaik. Konsumen BAIC dapat mengandalkan dealer-dealer ini untuk mendapatkan layanan servis berkala, suku cadang asli, dan dukungan teknis dari para teknisi yang terlatih khusus.

 

Puncak Ekrafest 2024: Bincang Film, Peluncuran Buku Literasi, dan Diskusi Inspiratif Bersama Menparekraf

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id — Berita Lifestyle | Hari ini menjadi puncak perayaan Hari Ekonomi Nasional (Hekrafnas) dalam rangka Ekrafest 2024, momen penting bagi Indonesia untuk merayakan keberhasilan serta merencanakan masa depan di sektor ekonomi kreatif. Perayaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai ekonomi kreatif dan perannya dalam pembangunan.

Ekrafest 2024 diselenggarakan selama dua hari di Sarinah, Jakarta, menampilkan berbagai kegiatan menarik, mulai dari talkshow inspiratif hingga pertunjukan musik. Di hari kedua, acara dimulai dengan talkshow film “Ketika Esok Ibu Tiada” yang disutradarai oleh Rudi Soedjarwo, dengan penampilan bintang film ternama, Christine Hakim.

Acara dilanjutkan dengan peluncuran buku “Literasi Ekonomi Kreatif” yang ditulis oleh Nissa Rengganis. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi generasi muda untuk lebih memahami dan mengembangkan potensi di sektor ekonomi kreatif.

Diskusi Seru Bersama Para Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Sesi diskusi santai menghadirkan para Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2015-2024, termasuk Sandiaga Salahudin Uno, Wishnutama, dan Triawan Munaf. Diskusi ini menjadi ajang berbagi pengalaman dan tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif di Indonesia.

Wishnutama, Menparekraf 2019-2020, mengungkapkan, “Tantangan utama saat itu adalah menghadapi gelombang COVID-19. Kami harus benar-benar memutar otak untuk menyelamatkan sektor pariwisata yang sangat terdampak.”

Sandiaga Salahudin Uno, Menparekraf 2020-2024, menambahkan, meskipun banyak kemajuan yang dicapai, tantangan ke depan masih besar. Kita perlu fokus pada peningkatan produktivitas tenaga kerja, memperkuat UMKM, dan mengembangkan infrastruktur yang mendukung kegiatan ekonomi.

“Di balik tantangan ini, ada banyak peluang untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia, terutama melalui inovasi dan pemanfaatan teknologi digital,” lanjut Sandiaga.

Triawan Munaf, Kepala Badan Ekraf 2015-2019, menekankan pentingnya peran generasi muda, terutama Gen Z, dalam memajukan ekonomi kreatif. “Dengan kemampuan digital dan kreativitas tinggi, generasi ini bisa menciptakan inovasi yang mendobrak pasar tradisional,” jelasnya.

Kawendra Lukistian, Ketua Umum DPP Gekrafs, menyatakan, “Kami sangat bersyukur dengan peluncuran buku literasi ekonomi kreatif ini. Buku ini diharapkan dapat menginspirasi generasi muda dan mencetak pengusaha baru.”

Ketua Komite Acara Ekrafest 2024, Abcandra Akbar Supratman, menambahkan, “Puncak Ekrafest 2024 ini sangat meriah dan inspiratif. Kami berharap ini menjadi semangat bagi pelaku industri kreatif di tanah air.”

Acara ditutup dengan penampilan spesial dari Teater Tanah Air, Kidunghara, Manshur Angklung, Meiska, Ishlah Bio, Nareil, dan Fourtwnty, yang telah ditunggu-tunggu oleh para penggemar. Penampilan ini menandai akhir dari perayaan yang penuh semangat dan inspirasi bagi pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia.

 

Dapat Sokongan dari J.P. Morgan, YBP Siap Lahirkan Pengusaha di Komunitas Marjinal Jakarta

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita UMKM | Tingkat pengangguran di Indonesia, terutama di DKI Jakarta, menjadi perhatian serius. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia mencapai 5,32% hingga Februari 2024. Jakarta sendiri mencatat angka 6,03%, menempatkannya di peringkat ke-4 untuk TPT tertinggi di Indonesia.

Dengan hampir seperempat penduduk Indonesia berusia antara 16 hingga 30 tahun, dan lebih dari separuhnya tinggal di Pulau Jawa, tingginya angka pengangguran ini mendorong masyarakat untuk mencari alternatif melalui usaha sendiri. Hal ini menjadi latar belakang Yayasan Bulir Padi (YBP) untuk mengembangkan “Program Kewirausahaan YBP”.

Manulife Indonesia dan MES Tingkatkan Ketahanan UMKM Melalui Program Literasi Keuangan

Program tersebut ditujukan untuk mendukung 60 anak bina dan alumni YBP berusia 16 hingga 33 tahun melalui pelatihan dalam memulai, mengelola, dan mengembangkan usaha.

Program ini diperuntukan bagi mereka yang tinggal di komunitas marjinal di Jakarta, termasuk Palmerah, Bidara Cina, dan Marunda. Dalam menjalankan program ini, YBP bermitra dengan J.P. Morgan Indonesia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, serta Yammy Babeh.

Tahun ini, kami bermitra dengan J.P. Morgan Indonesia untuk melaksanakan Masterclass Entrepreneurship Program selama satu tahun ke depan dan berkolaborasi dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dalam pelatihan serta mentoring peserta program pada bulan Oktober-November. Kami juga bekerja sama dengan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berpengalaman, Yammy Babeh, dalam Program Mentorship Kewirausahaan YBP,” ujar Ketua Yayasan Bulir Padi, Tia Sutresna.

Program Kewirausahaan YBP

Seiring dengan tingginya angka pengangguran, banyak individu berusaha membuka Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai alternatif. International Labour Organization melaporkan bahwa lebih dari 60% pekerja berada di sektor informal, dan 4 dari 5 bisnis beroperasi di ekonomi informal.

Selain itu, World Economic Forum mencatat bahwa usaha kecil dan menengah menyumbang 97% dari semua pekerjaan di negara berkembang. Namun, pelaku UMKM sering menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan pengetahuan dan sumber daya.

LPEI dan ASEI Perkuat Kerja Sama Tingkatkan Daya Saing Ekspor UKM

UMKM sering kali memiliki sumber daya manusia (SDM) yang terbatas, sehingga memerlukan bimbingan dan inovasi untuk bersaing dan mempertahankan usaha. Program Kewirausahaan YBP hadir untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Diharapkan, program ini dapat membantu mengatasi masalah ekonomi di komunitas marjinal dengan melibatkan masyarakat langsung sebagai pelaku bisnis dan membekali mereka dengan strategi yang tepat untuk mengembangkan usaha mereka,” jelas Tia.

Peserta Program Kewirausahaan YBP akan mempelajari berbagai aspek kewirausahaan, termasuk Design Thinking (kerangka untuk melakukan kewirausahaan skala kecil), Business Model Canvas, serta cara membuat proposal usaha. Materi yang diajarkan mencakup Business Profile, Marketing Plan, Operation Plan, dan Management and Financial Plan.

Di akhir pelatihan, peserta akan mengikuti Kompetisi Business Plan YBP. Tiga proposal terbaik akan menerima dana untuk usaha mereka serta mentorship online dengan Yammy Babeh selama tiga bulan

Bank Swasta ini Makin Tajir, Laba Bersihnya Tumbuh 12,8%

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Financial Services | PT Bank Central Asia Tbk (IDX: BBCA) dan entitas anak membukukan peningkatan total kredit sebesar 14,5% secara tahunan (YoY) menjadi Rp877 triliun per September 2024.

Laba bersih BCA dan entitas anak tumbuh 12,8% YoY menjadi Rp41,1 triliun pada sembilan bulan pertama tahun 2024, ditopang ekspansi pembiayaan berkualitas serta peningkatan volume transaksi dan pendanaan.

Peningkatan kredit hingga September 2024 merefleksikan komitmen BCA dalam mendukung pertumbuhan perekonomian nasional. Kami juga melihat permintaan kredit konsumer yang baik, tercermin dari pelaksanaan BCA Expoversary 2024 dan BCA Expo 2024 yang mampu mengumpulkan total aplikasi KPR dan KKB lebih dari Rp78 triliun,” tutur Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja.

Bank Muamalat Optimistis Target KPR Hijrah Baitullah Tumbuh 5 Kali Lipat akan Tercapai

Pada event lain, kami menggelar BCA UMKM Fest 2024 diikuti lebih dari 1.700 tenant pengusaha produk lokal sebagai bagian BCA Bangga Lokal dan UMKM binaan Bakti BCA, yang menawarkan beraneka produk seperti makanan, minuman, fesyen, serta berbagai kebutuhan made in Indonesia. Sementara itu, BCA Wealth Summit 2024 mencatatkan lebih dari 2 juta pengunjung, baik secara online maupun offline,” lanjut Jahja.

Penyaluran pembiayaan per September 2024 ditopang kredit korporasi yang menjadi segmen dengan pertumbuhan tertinggi, naik 15,9% YoY mencapai Rp395,9 triliun. Kredit komersial naik 11,8% YoY menjadi Rp135,3 triliun, dan kredit UKM tumbuh 14,2% YoY hingga Rp120,1 triliun.

Adapun total portofolio kredit konsumer naik 13,1% YoY menjadi Rp216,5 triliun, didorong KPR yang tumbuh 10,7% YoY mencapai Rp130,4 triliun serta KKB sebesar 17,9% YoY menjadi Rp64,1 triliun. Outstanding pinjaman konsumer lainnya (mayoritas kartu kredit) naik 15,0% YoY mencapai Rp21,9 triliun.

Penyaluran kredit ke sektor-sektor berkelanjutan tumbuh 10,7% YoY menyentuh Rp214 triliun per September 2024, berkontribusi hingga 24,3% dari total portofolio pembiayaan.

Gedung BCA di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat
Gedung BCA di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat

Di sisi pendanaan, total dana pihak ketiga (DPK) naik 3,4% YoY menyentuh Rp1.125 triliun. Dana giro dan tabungan (CASA) berkontribusi sekitar 82% dari total DPK, tumbuh 5,2% mencapai Rp915 triliun. Terjaganya pertumbuhan CASA selaras dengan peningkatan total frekuensi transaksi BCA sebesar 21% YoY mencapai 26 miliar pada sembilan bulan pertama tahun 2024.

AMAR Jadi Bank Digital Pertama di 2024 yang Bagi-bagi Dividen

Frekuensi transaksi mobile banking dan internet banking mencapai 23 miliar, naik 24% YoY. Jumlah nasabah yang menggunakan BCA Mobile mencapai lebih dari 31 juta. Sementara itu, pengguna myBCA tumbuh 8 kali dalam 2 tahun terakhir menjadi lebih dari 6 juta.

Optimalisasi myBCA terus berjalan secara konsisten melalui perluasan kerja sama serta penambahan berbagai fitur yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Salah satu fitur baru myBCA adalah ‘Proteksi’ yang memungkinkan nasabah membeli asuransi secara mudah dan praktis. BCA juga memperluas kerja sama penjualan e-SIM dari mitra perusahaan jasa telekomunikasi, dan membuka akses bagi nasabah untuk memperbarui profil risiko investasi melalui fitur ‘Welma’ di aplikasi tersebut,” kata Jahja.