McDonald’s nyaris selalu identik dengan junk food dan gaya hidup tidak sehat. Untuk mengikis ini, McDonald’s aktif menggunakan sport marketing.
Sebagai official restaurant FIFA World Cup 2014, McDonald’s telah bersiap menyambut pesta olahraga akbar tersebut. Mulai dari mendandani seluruh restoran dengan nuansa dan berbagai pernak-pernik Piala Dunia, hingga menyelenggarakan berbagai aktivitas bertema Piala Dunia.
Tak hanya itu, McDonald’s juga meluncurkan promo McSpicy Samba Fiesta yang menyediakan paket menu bertema Brasil, yaitu McSpicy Peri-peri Deluxe. Menu spesial menyambut FIFA World Cup Brasil ini sudah tersedia di semua restoran McDonald’s di seluruh Indonesia sejak 16 Mei lalu.
Sutji Lantyka, Associate Director of Communications, McDonald’s Indonesia mengatakan Piala Dunia adalah peristiwa yang sangat penting. Bukan hanya karena McDonald’s merupakan sponsor resmi, tapi juga karena peristiwa ini menyedot perhatian dan menjadi pembicaraan orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia.
Untuk itu, McDonald’s melakukan berbagai program bertema Piala Dunia, termasuk menghadirkan menu yang dinilai cocok untuk dimakan saat menonton Piala Dunia nanti.
Berbagai aktivitas bertema Piala Dunia juga telah diselenggarakan, seperti program “Jadilah Duta Cilik FIFA World Cup 2014”. Ini adalah kompetisi pencarian satu anak Indonesia untuk menjadi player escort atau pendamping pemain memasuki lapangan. Melalui seleksi ketat dari 7000 peserta, Theodore Job Tedjosutikno (9 tahun) asal Jakarta berhasil keluar sebagai pemenang.
Bukan hanya Theodore yang beruntung berada di arena pertandingan final Piala Dunia nanti. Ermin Iswandi, konsumen McDonald’s asal Jakarta juga beruntung mendapatkan paket menonton final Piala Dunia lewat program undian berhadiah “Jadilah Saksi Sejarah Final 2014 FIFA World Cup di Brasil”.
“Program tersebut diadakan sebagai bentuk apreasiasi kami terhadap konsumen. Selain diharapkan akan meningkatkan awareness terhadap McDonald’s sebagai restoran resmi FIFA World Cup 2014,” lanjut Sutji.
Menurutnya, McDonald’s ingin ketika orang melihat McDonald’s mereka tahu bahwa McDonald’s peduli akan kesehatan. Intinya, McDonald’s ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa perusahaan sangat peduli terhadap kesehatan dan perkembangan generasi muda untuk menjadi generasi penerus yang berprestasi dan ceria sesuai dengan visi perusahaan. Salah satu caranya melalui olahraga.
Editor: Sekar Ayu
Artikel-artikel menarik tentang bagaimana merek memanfaatkan sport marketing dapat Anda baca di Majalah Youth Marketers edisi 12 “Melibatkan Olahraga untuk Mendongkrak Penjualan“. Klik di sini untuk mengunduhnya.