Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

LazMall Dukung Strategi Ekspansi Brand Secara Online

Marketing.co.id Berita Digital I LazMall, virtual mall terbesar di Asia Tenggara milik Lazada, tahun ini mencatat pertumbuhan traffic di Indonesia sebesar 80% dan  pertumbuhan jumlah order dua kali lipat dalam festival belanja 9.9 Lazada Big Brands lalu. 

Lazada LazMall

Data Lazada di Asia Tenggara di paruh pertama 2021 menunjukkan pelanggan baru di kanal LazMall bertumbuh  hampir dua kali lipat dari tahun ke tahun dibandingkan di periode yang sama tahun sebelumnya dengan nilai belanja konsumen di LazMall tercatat dua kali lipat lebih banyak dari rata-rata belanja konsumen di kanal lain pada platform Lazada. 

Lia Kurtz, VP of FMCG Category, Lazada Indonesia mengatakan “Saat ini ada lebih dari 32.000 mitra brand di Asia Tenggara yang bergabung di LazMall, termasuk juga brand lokal asli Indonesia. Di Indonesia sendiri, minat konsumen untuk berbelanja di LazMall juga terus meningkat. Di Festival Belanja 9.9 yang lalu, Lazada mencatat pertumbuhan pembelian dua digit untuk kanal LazMall.

Melanjutkan kesuksesan LazMall, di bulan Februari 2021, Lazada juga meluncurkan LazMall Prestige, sub-kanal khusus dari LazMall, untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan produk-produk yang tergolong premium. LazMall Prestige dikunjungi ratusan konsumen setiap bulannya, serta menaungi puluhan brand premium ternama yang telah dikurasi dalam tiga kategori besar, yakni kecantikan, fashion dan lifestyle.

Bahkan, sebagian brand menjadikan LazMall dan LazMall Prestige channel eCommerce eksklusif mereka, diantaranya seperti Nike, Converse, Skechers,SKII, Lancome, Estee Lauder, MAC Cosmetics,  Shiseido, dan yang paling terbaru produk perawatan kulit premium La Mer yang memilih untuk hadir eksklusif di LazMall Prestige – melengkapi portofolio produk kecantikan di LazMall Prestige.

La Mer, brand kecantikan ultra premium, bulan Agustus yang lalu hadir secara eksklusif lewat kemitraan di Asia Tenggara dan tersedia di  Lazada Indonesia, serta di platform Lazada di lima negara lainnya yaitu Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand dan Filipina.

Sarah Damanik, Brand Manager La Mer Indonesia mengatakan, bahwa melihat potensi pasar kecantikan premium di Indonesia sangat besar, sayangnya selama ini belum sepenuhnya bisa terjangkau karena saat ini flagship store La Mer, baru tersedia di tiga kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya dan Bali. Menjadi bagian dari LazMall Prestige telah membantu mendekatkan brand kami dengan lebih banyak konsumen di seluruh Indonesia.

“La Mer kini mampu menjangkau konsumen di kota-kota lain, termasuk kota-kota sekunder, seperti Banyuwangi, bahkan kami mampu menjangkau konsumen di ujung timur Indonesia, seperti Manokwari. Dengan LazMall Prestige, kami bisa memiliki eksistensi secara online sambil tetap menjaga identitas brand kami sebagai brand yang selalu memberikan pengalaman belanja yang premium,” ungkapnya.

LazMall tidak hanya menaungi brand internasional, namun juga menjadi wadah bagi ratusan brand lokal untuk berkembang, diantaranya Eiger dan Endless Love. Dua brand asal Kota Bandung ini juga telah sukses memperluas jangkauan pasar, meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand mereka dan menjangkau konsumen dari seluruh wilayah di Indonesia tidak hanya terbatas pada area lokal mereka saja.

Jason Edward Wuysang, eCommerce General Manager Eiger mengatakan “Sebelum memulai perjalanan kami di eCommerce, Eiger sendiri sudah memiliki konsumen setia yang sebagian besar berasal dari komunitas pecinta alam. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kami memutuskan untuk masuk ke ranah digital dengan tujuan untuk memperluas pasar, terutama generasi Z yang belakangan ini kami lihat mulai menunjukkan minat akan aktivitas luar ruang dan terbukti, sejak kami bergabung dengan LazMall di tahun 2016, kami berhasil merambah pasar yang lebih luas terlepas dari gerai offline yang telah kami miliki.” ungkapnya

Berbeda dengan Eiger yang merambah ke pasar online setelah memiliki ratusan outlet, Endless Love brand produk bedding asal Bandung bergabung bersama Lazada sejak awal merintis usahanya, hingga akhirnya masuk ke dalam kanal LazMall setelah kian berkembang di Lazada. 

Nanang Hidayat, Business Development Manager Endless Love mengatakan “Keputusan kami memasuki ranah ecommerce merupakan sebuah strategi untuk menyiasati beberapa tantangan yang dihadapi Endless Love sebagai brand pendatang baru kala itu. Lazada merupakan eCommerce pertama bagi Endless Love, sebagai brand baru saat itu, fitur di Lazada memungkinkan kita meningkatkan awareness bahkan dengan budget yang sangat terbatas sekalipun, berbeda dengan ketika kita masih merintis sendiri, dimana semuanya harus kita lakukan sendiri termasuk dalam hal beriklan,” ujarnya. 

Seiring dengan berkembangnya LazMall kian menegaskan komitmennya untuk memberikan kenyamanan dalam berbelanja online bagi konsumen yaitu dengan garansi 100% keaslian produk yang disertai dengan garansi uang kompensasi  2x lipat jika terbukti barang tidak asli, 15 hari kebijakan pengembalian barang,  serta fitur “Brand Mega Offer” yang menampilkan brand yang sedang memiliki diskon ataupun promo menarik, sehingga memudahkan konsumen mendapatkan penawaran terbaik. LazMall Prestige, juga menawarkan fitur “Pre – Order” untuk berbagai produk eksklusif dari sebuah brand yang memungkinkan konsumen untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan dari jauh-jauh hari.  

 

“LazMall merupakan sebuah solusi bagi konsumen untuk berbelanja online dengan nyaman serta bagi brand dalam melakukan ekspansi  dan pengembangan bisnis mereka. LazMall terbukti telah menjadi pilihan berbelanja yang tepat untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan, mulai dari kebutuhan akan produk perawatan diri dan kecantikan, bagi mereka pencinta petualangan outdoor, juga untuk mereka yang senang mempercantik rumah. Kami berharap LazMall dan LazMall Prestige dapat terus berkembang berasama mitra brand kami, dan bersama-sama memberikan pengalaman belanja terbaik bagi konsumen kami,” tutup Lia.  

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top