Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Gara-gara Sebut Sponsor di Twitter, Wayne Rooney Dapat Teguran

Photo: REUTERS

marketing.co.id- Pemain bintang Machester United, Wayne Rooney telah ditegur oleh pengawas periklanan setelah menggunakan akun Twitter pribadinya untuk mempromosikan merek olahraga Nike.

Rooney menggunakan feed Twitter miliknya untuk menyebutkan sponsornya Nike, dengan mengalirkan pesan promosi sebagai komentar pribadi tanpa menunjukkan secara jelas apakah itu iklan.

Pesan tersebut diyakini sengaja dibuat atas kerjasama yang telah disepakati tim pemasaran Nike, termasuk slogan “Make It Count”  dan link web untuk sebuah video promosi.

Ternyata bukan hanya Rooney yang melakukan perbuatan tersebut. Pesepakbola lainnya Jack Wilshere juga melakukan hal serupa dengan link yang sama untuk perusahaan yang sama.

Karena ada pengaduan kepada Advertising Standards Agency (ASA) pengawas kini memerintahkan tweets tidak jelas tersebut diidentifikasi sebagai pemasaran atas nama Nike karena dianggap melanggar kode etik.

Dalam akun Twitternya Rooney menulis: “My resolution-to start the year as a champion, and finish it as a champion… #makeitcuont.gonike.me/makeitcount”

Sementara itu, Wilshere menulis “ In 2012, I will come back for my club- and be ready for my country. #make itcount.gonike.me/Makeitcount.”

Selama ini, dua bintang Liga Inggris ini memang dikenal sebagai bintang iklan Nike. Untuk itu Nike mengatakan bahwa tweet itu tiidak menyesatkan dan bukan iklan terselubung bagi jutaan follower Wazza sapaan Rooney dan Wilshere.

Kini, kedua pemain telah dilarang untuk mengulangi pesan serupa seperti, dan Nike telah diperingatkan dan memastikan bahwa semua iklan di Twitter sangat mudah untuk diidentifikasi.

Telegraph

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top