Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

Dampak Radiasi Ponsel Masih Belum Pasti

Radiasi ponselwww.marketing.co.id – Radiasi adalah energi yang bergerak dalam bentuk gelombang ataupun partikel. Kita mengenal berbagai jenis radiasi, beberapa di antaranya dapat dimanfaatkan dalam ilmu kedokteran untuk mendiagnosa suatu penyakit. Namun ada juga yang berbahaya seperti radiasi ionisasi senjata nuklir.

Ponsel yang menemani keseharian kita pun memancarkan radiasi. Radiasi ponsel merupakan radiasi elektromagnetik yang muncul karena adanya gelombang radio.

Radiasi ponsel memang tergolong radiasi kecil, namun bukan berarti tidak memberi pengaruh pada tubuh kita. Hasil riset menemukan bahwa ada perubahan pada tekanan darah dan pemanasan pada otak ketika seseorang bertelepon. Ditambah lagi penelitian terakhir di Swedia menemukan penyakit tumor otak dua kali lebih sering ditemukan pada orang yang menggunakan ponsel daripada yang tidak.

Ramai dikabarkan bahwa radiasi ponsel dapat menyebabkan penyakit-penyakit seperti tumor, kanker, gangguan ingatan, dan kerusakan otak. Namun sampai sekarang, belum ada penjelasan atau bukti yang kuat mengenai bagaimana radiasi ponsel dapat menimbulkan penyakit-penyakir berbahaya tersebut.

Menanggapi hal tersebut, tidak ada ruginya kita melakukan antisipasi. Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalkan pengaruh radiasi ponsel.

Gunakan hands free

Hands free membuat kita tidak perlu terlalu dekat dengan ponsel untuk bertelepon. Menjauhkan ponsel juga bisa meminimalkan radiasi yang kita terima. Menurut hasil riset, menjauhkan ponsel sejauh 20 cm dapat mengurangi efek radiasi sebesar 98%.

Jangan telepon terlalu lama

Jika tidak menggunakan hands free, ada baiknya untuk tidak bertelepon terlalu lama. Hal tersebut untuk mengantisipasi agar otak kita tidak terkena pengaruh radiasi terlalu lama.

Jangan letakan ponsel didekat kepala ketika tidur

Ponsel tetap memancarkan radiasi selama gelombang radionya aktif, walaupun tidak sebesar ketika digunakan untuk telepon. Maka dari itu jangan meletakkan ponsel di bawah bantal atau di meja dekat kasur. Ada baiknya lagi untuk menon-aktifkan ponsel ketika kita tidur.

Radiasi ponsel memang memberi pengaruh pada tubuh kita, namun bahayanya masih belum bisa dibuktikan secara pasti. Oleh sebab itu, sebelum hal-hal buruk menimpa diri kita, ada baiknya kita meminimalkan radiasi tersebut.

 

(sumber: www.uswitch.com)

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top